iklan iwb
Home Honda Mengintip harga skutik dealer Motkas……gapnya seperti nggak logis !

Mengintip harga skutik dealer Motkas……gapnya seperti nggak logis !

“Gambar hanya ilustrasi….jepretan lawas ki cak…”

Diakui atau tidak…..peran para makelar dalam merontokkan suatu produk sangat besar kangbro. Dan saat ini IWB melihat trennya sudah kebalik khususnya untuk harga bekas skutik. Jika sebelumnya dikuasai Yamaha karena banderol Mio cukup tinggi namun sekarang posisinya betul-betul tergenjet oleh Honda. Baik harga baru ataupun bekas. Kondisi ini IWB temukan ketika ngintip harga skutik bekas di salah satu dealer motkas kota Depok….

Saat IWB sambangi dealer tersebut….berjejer line up yang didominasi merk Honda. Mulai dari Vario, Scoopy hingga Beat. Sedang sport terlihat CB150R versi SE dengan sasis dilabur merah. Yang unik..IWB hanya segelintir melihat produk Yamaha. Bahkan Suzuki malah blas nggak terlihat. Weksss….koq aneh yak. Namun karena kepalang tanggung IWB pun langsung masuk kelokasi untuk sekedar bertanya-tanya. Akting sebagai pembeli cak :mrgreen: …..

“Mz….ini Vario 150 berapa?” tanya IWB. Si penjaga langsung mengintip price list. “18,6juta mz…”serunya singkat. ?IWB mengerutkan dahi. Wah iki ora beres ki banderolnya. “Lhooo….koq masih tinggi benar?” uber IWB. “Iya….ini kan 2016 mz..”?jawabnya santai. Mata IWB menyapu satu persatu jualan si abang dealer Motkas. Asli….sejauh mata memandang 80 persen brand Honda. Opo karena saking banyaknya populasi ya cak. Soal inipun IWB menanyakan ke doi. Jawabannya….

Ada sih mz…tapi agak jarang karena kita memang prioritaskan matic Honda. Lakunya lebih cepet...”tuturnya. Yup…sebuah jawaban yang hanya berpijak pada orientasi bisnis. Artinya mereka memilih motor yang cepet muter karena pengaruhnya pada profit. Sebagai informasi motkas ini banyak bermain dilevel bawah. Terbukti?IWB tidak menemukan sport 150cc keatas. Artinya yang dibicarakan doi pastinya model skutik pada range 18 juta kebawah.?“Ditahun sama…antara Beat vs Mio bedanya bisa antara 1,5-2 juta. Mio lebih murah..”serunya lagi membuat IWB tercengang….

Yamaha Mio M3 vs Honda Beat (1)

Dari penuturan diatas bisa kita simpulkan…peran makeler dan pedagang sangat dominan. Ketika mereka menganggap produk perputarannya lambat….maka nawarnyapun seenak udele dewe. Inilah yang merusak harga jual sebuah produk. Dan yang menjadi korban sekarang adalah skutik Yamaha. Cukup sulit memang mengintervensi mereka karena setiap tindakan berdasarkan keuntungan bisnis belaka. Sebagus apapun produk jika dianggap kurang direspon pasar dengan baik….siap-siap nasibnya kurang beruntung untuk resale value….

Last…Yamaha Mio yang sempat dominan dan memiliki harga pasar bekas tinggi kini tinggal masa lalu. Sebuah fakta mengejutkan mengingat gap banderol juga tidak logis. Tentu Yamaha harus bergerak dan berusaha membuat produk mereka kembali digandrungi pasar. Berat memang tapi harus dilakukan. Karena habit dan budaya konsumen dinegeri ini sebelum membeli produk selalu bertanya…“harga bekase duwur (tinggi) ora?“. Nah…kalau sudah begini kembali skutik Honda diuntungkan. Btw ditempat sampeyan sendiri piye kang…..sama dengan Depok nggak ki ? (iwb)

MVAI-Banner-1

192 COMMENTS

  1. lha koq heran lek… kan wajar itu, kalo demand naik, harga ikut naik, kalo demand turun harga ikut turun…

    hukum ekonomi

  2. Yg dikata diatas memang benar matik honda memang lebih cepat laku dan harga bekas memang lebih tinggi, bahkan jual matik yamaha bikin modal ngendap lama dan kadang terpaksa jual balik modal dgn syarat kredit pake finance untuk nutupin rugi. Yg bersaing harganya hanya sport yamaha sj bahkan cenderung nvl libih mahal kebanding cb lama.

  3. kl kredit emang bagusnya beli baru…, tp kalau cash?
    bagusnya ya yang second 1-2 tahun. Kenapa ?
    Garansi masi ada, motor nga perlu inreyen, nga perlu nunggu BPKB/STNK/plat nomer jadi, bisa langsung ngacir. Motor belum “capek” Dan yang penting ada sisa dana dari selisih Harga sama yang baru untuk model yang sama

  4. ….didaerah saya domisili rata rata motkas nggak begitu dicari krn harga jual dianggap tinggi tp bekas, lha mending tambang 2-5 juta dpt baru khan lbh nyaman…..

  5. Untuk saat ini memang sekutik honda yang lagi unggul bang iwan, tapi ini hanya untuk Honda Beat, saya juga heran kenapa bisa seperti ini. Honda beat tahun 2012 masih bisa tembun diatas 10Jt. tapi untuk sekutik lainnya sama saja. yang paling ancur justru harga PCX, beli PCX 2014 harga 20,5Jt (emang ada kerusakan di sektor CVT dan body baret waktu beli makanya murah) setelah diperbaiki hanya bisa jual 26,8Jt, yang bikin males ngendapnya lama sampai 4 bulan baru bisa kejual lagi.

  6. yang bekas mending langsung pemakai boss… tanpa calo apalagi sales… bisa cek kondisi… dan cash…

    kalo baru nyari cash dijamin susah wong pada disuruh nyicil min 1th/11bln…

    balik lagi sesuai kebutuhan dan budget nya boss…

Comments are closed.

Exit mobile version