Sudah CKD....kenapa Kawasaki Ninja 250 FI tidak lebih murah ??. Berikut jawabannya...

139

Pirelli_diablo (3)

Bro dan sis sekalian…..mungkin tidak banyak yang tahu bahwa status line up Ninja 250 FI sudah tidak lagi didatangkan secara CBU (completely built up) pertahun 2016. Untuk menekan beban pajak….KMI sukses melakukan import dari Thailand dengan sistem CKD (completly knock down). Dengan kondisi tersebut banyak pembaca yang mempertanyakan pricing….kenapa dengan sistem CKD Ninja 250FI tidak lebih murah dan tetap manteng pada harga sebelumnya ??. Untuk menjawab pertanyaan tersebut IWB langung bertanya kepada Michael C. Tanadhi serta Sucipto (Marketing Deparment PT KMI). Dan berikut jawabannya….

Seperti yang kita tahu, mayoritas produk Kawasaki diproduksi di Thailand termasuk Ninja 250 FI. Sejak awal motor ini dipasarkan secara CBU…yakni import utuh dari negeri gajah putih. Namun seiring waktu berjalan….PT KMI akhirnya memutuskan untuk mendatangkan secara CKD (complety knock down). CKD sendiri berarti barang dibawa dari Thailand dalam bentuk terurai lalu kembali dirakit ditanah air. Dari sistem import CKD ini jelas pajak dan bea masuk jauh lebih murah….

Jika tidak salah PT KMI sukses melakukannya pada Ninja 250FI sejak awal tahun kemarin. Namun pertanyaannya….kenapa banderol paralel cylinder ini tidak lebih murah?. Kenapa Ninja 250 FI masih nongkrong diposisinya seperti banderol CBU yang dianka 58-68 jutaan?. Itulah pertanyaan pembaca yang banyak mampir ke newsroom IWB. Nah…ketimbang banyak berspekulasi…IWB pun akhirnya berinisitif menanyakan langsung ke Michael C. Tanadhi serta Sucipto (Marketing Deparment PT KMI). Jawabannya adalah….

Kan inflasi dan nilai tukar rupiah terhadap dolar berbeda. Jadi seharusnya harga Ninja 250 FI sudah naik kalau status CBU. Namun dengan CKD kita bisa pertahankan  diharga lama dan tidak ada kenaikan...”ujar Michael. OOOooooo ngono to (panjang bener rek O-nya :mrgreen: ). Artinya…jika saja Kawasaki tidak meng CKD-kan Ninja 250FI, pasti motor fairing ini sudah naik signifikan kangbro. So…dengan sistem import CKD yang sudah berjalan, maka banderol Ninja dari dulu hingga sekarang jadi relatif stabil. Ngono cak….

Last…status CBU ke CKD pada prakteknya ternyata tidak serta merta membuat banderol produk jadi turun signifikan. Beberapa pengalaman masa lalu menjadi bukti kongkret tak terbantahkan. Ambil contoh saja Satria F150 gen awal yang import utuh (CBU) dari Thailand lalu di CKD-kan PT SIS. Sekarang Ninja pun demikian. Jadi sampeyan jangan tanya lagi pakde…kenapa nggak turun….nyapo banderol tetap…kudune mudun dan bla-bla terhadap Ninja 250 FI CKD. Sebab jika tidak di CKD…..banderol Ninja harusnya sudah naik. Gitu kira-kira. Wis mudeng ya cak…..(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

139 COMMENTS

  1. 1
    kuntul says:

    prestige

    • Ipo3l makin taj1r brow says:

      Duluh iya sekarang ma sami mawon.

      Ipo3l joss
      -? ?AHASEM
      -??KMI

    • アℜ㊣∂ąț❂ℜ Ⅲ ♂ says:

      mo cbu / ckd gk ngaruh soal harga
      secara kualitas yg bicara
      sbg kawasaki lover kita ouwlang sih harga no 666
      yg penting prestice n highclass

      by: Owner Z1000

    • Rider Tua Bangka says:

      Sekalian pesen poster gambar aZtrea 100 tor…. motor ZeZembahanmu itu tor… muehehehe…. masa bodo ah… mau harga tetap atau naik juga,wong gw kagak mampu beli juga.

    • Old lady biker says:

      NGERI JGA .MOTOR IMPIAN KK SAYA KENA KARTEL

    • Marquezz says:

      Sengaja dibuat tetep mahal,uangnya buat pabrik perakitan,peremajaan dealer,gak lucu ninja 250fi dijual harga 40jt an.dibuat gap,antara naked dan full fairing harga berjenjang.40 an sampai 70 an jt.

    • Old lady biker says:

      KAWASAKI KARTEL JGA KEKNYA

    • Old lady biker says:

      NINJA MOTOR KAR#EL

    • Old lady biker says:

      KMI MAIN K**T*L JUGA TERNYATA

    • phat2 says:

      hmmm… disinyalir jorok nih

  2. 2
    Sebut saja bunga says:

    Overprize
    Look what ktm just did

    • ALEX says:

      CBR250RR non ABS gag nyampe’ 68jt Mas-Bero,
      Tenang zaza’__

      Sudah terbukti Yamaha YZR-R25 yg lebih murah OTR dibanding Ninja 250 Fi, gagal membendung Hegemoni keluguan kebanyakan masyarakat Indonesia,, yg mengklaim bahwa Ninja 250 Fi itu motor kencang, motor keren’ ,, bla,bla,bla,,,,,

      Kita tunggu kiprah CBR250RR non ABS yg dijual estimasi 64jt OTR Jabodetabek,
      Saya yakin kalo harga itu 64jt Fix, Ninja 250 Fi bakal facelift dan follow fitur CBR250RR seperti USD, Banana arm, TBW, LED lamp, Riding Mode’

      Mikir Mas-Bero, mosok’ uang 58jt, cuman dapat Barang CKD, tenaga 31HP, Arm kotak, Lampu Bohlamp biasa, Stang model jadul, Body berat banget,,

      Please,, Pemuda Indonesia,, jangan CULUN githu’ ahh’__ Value’nya mana dengan uang 58jt yg telah kalian keluarkan,,

      Mikir,,,

    • pendekar lampung says:

      Tenan’e harga cbr fix segitu??
      Klo sampek kowe ngapusi lek, tak goleki kowe!! Sampluk linggis congormu!!
      Wes kadung indenki…

  3. 3
    bandot says:

    Alasan teoritis management lah

    Aslinya mah, belum untung gw kalo kasih harga di bawah CBU, pan gw harus bikin pabrik perakitan, tar kalo dah untung (untung ya bukan balik modal) bikin perakitan baru dah gw kasih murah dikit

    Hwhehehehehhe

  4. 4
  5. 5
    ali26 says:

    terus knp d kasus ktm stelah ckd (akan ckd) bsa jauh lebih murah mas iwan ?

  6. 6
    irfan says:

    Minta emailnya kawasaki gan,blm ada 2 thn speedo meter z250 fi sy mati

  7. 7
    nimo rider says:

    pertelon,,idem,prestige

  8. 8
    Gemplo says:

    Sirik ya bang. Kacihannn nguwheheh

  9. 9
    Imouto says:

    mungkin di baliknya mereka bergumam,

    “dari pada impor utuh, untungnya tipis. mending ckd-in aja tapi harga tetep. untung makin berlipat. kasih aja alesannya dolar mahal. wkwkwkwk…. “

  10. 10
    sempakrabit says:

    page one

  11. 11
    Mazulix ijavanese says:

    KTM bisa, kawak? Are you kidding me KMI?

  12. 12
    Sarip says:

    Motornya si Boy ?

  13. 13
    rdy says:

    ekekekekekek

    masih Banyak yg Minat SEperti Yamaha R25

    jangan kayak MaHooondaa Baru Belajar bikin motor 250 cc 2 Silinder Koar Koarr Pecitraan Bareng dirilisss Motornya Bousokkkkk Rompalogy dan Protology Dan Ngowosisasi

    hayayayyayayayaya

    • Marquezz says:

      Yg terbukti bozzzok r25,daerahku g ada yg minat,harga bekasnya pun turun drastis.r25 2015 40 jt an.itu aja g ada yg minat beli??????malah ninja fi250 harga 50 keatas yg laku

    • FBO says:

      CBR250R jomblo gmn pak sales?
      Udah gak usah dijawab, pasti 0 unit di daerahmu.. ?
      Ngmg pake data AISI, jgn ngmg pke data jualan daerahmu klo mau obyektif..

    • Pengamat komentar says:

      Gausah sok make FBO.. ente kan FBY

    • FBO says:

      Hei tukang ganti” nickname, mslh buat lu gw make nick fbo? Ini nick gw sjk awal komen dimari.. 😀
      Hak” gw, lu yg sewot..
      Lagian sotoy amat lu jadi orang kayak dukun aja, gak kshn sm diri sndiri, jd gak tenang tu idup lu..

    • bejo says:

      Cbr jomblo kan emg udh gak dijual,wajar klo nol..piye sehhhh?

    • Dhimas says:

      Ente Ga malu ngebutin prothology dan rompalogy bro?
      R25 banget lho

      CBR250RR emang blm terbukti, Namanya produk blm brojol.

      Klo R25 udah terbukti rompalogy dan prothology

      Hayo ente pilih mana, motor yg blm tentu bosok atau motor yg udah pasti bosok?

      Wkwkwk

    • addicz says:

      rdy on August 30, 2016 at 12:17 pm
      ekekekekekek
      masih Banyak yg Minat SEperti Yamaha R25
      jangan kayak MaHooondaa Baru Belajar bikin motor 250 cc 2
      Silinder Koar Koarr Pecitraan Bareng dirilisss Motornya
      Bousokkkkk Rompalogy dan Protology Dan Ngowosisasi
      hayayayyayayayaya
      —————————————————————
      Klihatan neh anak kemaren sore gak ngerti sejarah otomotif

    • kamenrider says:

      jangan kayak MaHooondaa Baru Belajar bikin motor 250 cc 2
      Silinder Koar Koarr Pecitraan Bareng dirilisss Motornya
      Bousokkkkk Rompalogy dan Protology Dan Ngowosisasi
      hayayayyayayayaya
      —————————————————————
      Ada mas honda 250cc yg twin juga malahan itu motor2 tua sekedar berbagi info, contoh nya
      Honda vtr 250
      Honda cb 250 twin
      Malahan mereka udah pernah punya 250 yg inline 4 silinder yaitu cbr 250 lansiran tahun 1986–1996 bukanya mau jadi fbh tpi mau meluruskan saja

    • marqovet says:

      250 4 silinder pabrikan y,s,k,h punya semua bro.dan sorry ya powernya cbr inferior saat itu.
      ???

    • bejo says:

      Masa sih mbak?

    • kamenrider says:

      Yap betul sekali, karena pabrikan jepang dari dulu sudah saling mempengaruhi dan berebut pasar, disaat satu pabrikan mengeluarkan motor dengan spesifikasi tertentu pasti yg lain akan ikutan nimbrung, makanya dari itu pabrikan jepang tidak memiliki ciri khas atau brand image yg jelas, mungkin mereka hanya memiliki ciri khas di warna seperti yamaha biru, kawasaki hijau dst. Tidak seperti pabrikan eropa atau amerika yg memiliki pasar masing2

  14. 14
    go belog says:

    Dah mudheng blum?
    Go belog kalo gak mudheng
    Samplouq swallow matane….

  15. 15
    FBKTM says:

    sponsorin sinetron, jadinya main harga

  16. 16
    アℜ㊣∂ąț❂ℜ Ⅲ ♂ says:

    haiyyaaa klean ouwlang jgn ngaku pemuda sukses kalo blm punya minimal ninfi250 waaa

    by: Owner Z1000

  17. 17
    Tvs says:

    Ya udah,anggap sj kita percaya.terusin aja strateginya…. Hukum pasar akn berbicara….

  18. 18
    Renhan says:

    Karna harga cbr250 udah nongol n keliatan overprice banget maka di contra dg artikel ini, pandai tp tdk cukup pintar, coz konsumen level ini udah tau mana yg berkualitas mana yg bukan, mana yang butuh bantuan blogger mana yg tdk wkwkwkwk ridiculous

  19. 19
    FBO says:

    Kawasaki ikutan indikasi kartel kalau gini..

  20. 20
    Penunggang 250 Anti Slow says:

    dari dulu saya tidak pernah minat motor berat ini dan sejenisnya karena bobot adalah segalanya.

  21. 21
    ciririt says:

    ini baru ckd.
    lah yg buatan lokal dan masspro malah makin naik harganya.
    kata blogger sih kekuatan masspro akan menguntungkan.
    sapa yang untung?

    semuanya akal2an cuy. gak motor gak makanan (daging contohnya) sama saja.

    bisa gak ini mas joko babat habis kartel dan monopoli yang merupakan teman suap dan korupsi.

  22. 22
    Penunggang 250 Anti Slow says:

    yang nentuin harga itu bukan ongkos dan pajak doi buat tapi ada lawan ga di pasar.

  23. 23
    vio says:

    Tapi saya pernah berkunjung k main dealer kmi d Bandung, katanya antara ckd sama cbu beda…masih berat y cbu..kalau ckd ringan…apakah ada material yg beda antara cbu vs ckd? Secara barang sama sama dari Thailand tapi d peretelin aja…

    • ferdy lukman says:

      Bang kl ada sales kaya gitu tuh sales bego.. dari mana dia bisa bilang kaya gitu.. tanyain sumber informasinya yg sah..

      “bego kok di plihara kambing di plihara bisa gemuk -kasino-“

  24. 24
    chico ciswoyo says:

    That’s the kuwontuwollest bike ever. The antidjadoel design looks nice from every angle. Absolutely setrong mashine. No one got bored of this awesome bike. Sooooo cool……

  25. 25
    Aladin says:

    CKD kan tetap impor barang dari thailand , cuma ngerakitnya doank yang dimarih…
    begitu bukan??
    jadi wajar harga masih mahal..
    CMiiW

    beda kasus kalau komponen dibuat di sini dan kandungan lokalnya banyak..
    mungkin harga bisa ditekan

  26. 26
    batok says:

    sing penting batine gede…

  27. 27
    ikhwandi says:

    r25 paling laris maa. ? yang lain laku sak crit

    • recall overlap ngebull dan boross says:

      Hag.. R25???? Amit amit.. Motor bozzokkk

    • FBO says:

      Apalagi CBR250 jomblo, sampe pernah 0 unit sebulan.. ?
      Mau ngmgin CBR250RR twin? Blm dijual.. hahaha
      Semangat BC-nya bro sales..

    • Dhimas says:

      Apalagi klingon sampai Ga laku

    • Sabar says:

      Ente jg sales ??

    • bib says:

      Lucu lu brooo…bersembunyi dari kedok asli…tiap ada yg nyela yamaha ente lgsung bela..
      Alay ko dipiara..
      Anjing dipiara ja nurut majikan
      Yamaha majikannya dan elu anji*g nya…

  28. 28
    hotjox says:

    Komen sales komen as*

  29. 29
    Rocker says:

    Hari gini ngomongin inflasi? Kayak yang baru nemu aja, kelaut aja luh! Buka itungannya kayak ktm (di tmcblog) kalo berani. Inflasi terhadap dolar, nggak direct terhadap bath, pabrikannya aja yang angkuh!

  30. 30
    john smith says:

    jangankan yang ckd, lah wong yang buatan lokal aja harganya beda dikit sama cbu, kecuali ktm by penta jaya…..

  31. 31
    Elang says:

    Hm..dollar dari awal 2015 perasaan bertengger di angka 13 ribuan terus alias stabil, kok kurang pas yo kl dollar yang dijadikan alesan

  32. 32
    Fbh seneng says:

    Overprice bentar lagi juga bangkrut ngikut sisikil…apalagi klx mesin canggihan Verza harga diatasi ncb….fbk sama dongonya Ama fby

  33. 33
    mekaniksemuamerk says:

    KMI jawabannya menurut saya c masih belum lengkap. faktor no.1 yg bikin harga ninja 250 tetap segitu itu ya pastinya gara2 kuantitas produksi yang tidak bisa banyak sprti R25. sama bedanya, komponen r25 udah lebih banyak yg buatan lokal jadinya bisa lebih murah…

  34. 34
    spyder says:

    Menurut saya untuk kawasakai sekarang yg sudah CKD harga bisa turun dari sebelumnya yang masih CBU.
    Hitung hitunganya udah jelas dari segi manapun pajak CKD akan lebih ringan dari CBU…bisa di bilang harga sekarang agak overprice.

  35. 35
    komodobunting says:

    pada dikibulin jepang kok nurut aja lo semua.. selama motor dan mobil jepang berkuasa disini, maka harganya bakalan mahal2. mereka kelihatannya bersaing, tapi aslinya bersatu dalam menentukan harga jual yang tinggi untuk mengeruk duit orang indonesia aja.
    seandainya nanti brand eropa atau india mampu menyodok dominasi jepang, pasti motor2 jepang akan turun harganya.

  36. 36
    renvx says:

    sesama negara ASEAN impor masih menggunakan USD?

  37. 37
    Kawasangkur says:

    Alasan aja tuh, nyari untung gede. Kawak kan dr dulu songong, mahal aj byk yg beli masak diturunin.

  38. 38
    Ebod says:

    Mau aja di booingin…. apa kita kelihatan terlalu bodoh apa ya.

  39. 39
    ferdy lukman says:

    Lah bukannya dari awal tahun udh 13 ribuan ya dollar dari akhir tahun 2015 malah udh nyentuh angka segitu, silahkan cek kang.. gak make sense tuh omongan, bilang aja biar bisa tetep merauk untung gede.. kalo pun inflasi dollar gak akan semahal gitu kok.. lagi pula di peraturan kita di bilang kl motor di bawah 250 cc itu gak kena pajak http://kanwiljogja.pajak.go.id/ppajak.php?id=3264

  40. 40
    yans says:

    Mencoba membodohi masyarakat, jawaban yg benar ialah karena ingin untung besar…. biaya impor dari thailand lebih murah jika dibandingkan dgn biaya import dari india/china, tp kenapa harganya jauh lbh murah motor” yg di import dari india/china…

  41. 41
    Marquezisasi says:

    Membaca dari komentar KMI, ada 2 hal yg bisa disimpulkan :

    1. Bisa aja ngelesnya … (dari sisi konsumen)
    2. Ninja 250 itu tulang punggung KMI, sama seperti Satria FU
    di Suzuki motor. Kalo harga diturunkan, profit berkurang,
    gimana caranya mbayar gaji semua karyawannya … ???
    Kecuali line-up yg lain juga laku keras, lain ceritanya …

    Mungkin mirip dgn kasus R25 … CKD / buatan lokal tapi harga
    CBU mepet Ninja 250. Lha wong yg jadi tulang punggung YIMM
    kan Vixion dan line-up 150cc yg lain, kalo matic kalah pamor
    sama line-up Honda. Makanya cari profit via R25 yg berharap
    laku keras … supaya bisa mbayar gaji semua karyawannya
    yg tentunya lebih banyak daripada KMI / Suzuki. Tapi apesnya
    penjualan R25 mungkin tak sesuai harapan, maka diekspor.

    Kalo Honda ??? All New CBR250RR harga sangat tinggi.
    Indent pun cukup lumayan … tapi apakah awalnya saja
    atau seterusnya … mungkin laku ya syukur, ndak laku ya
    gak masalah kan ini hanya sbg flagship dan reminder aja
    kalo ini lho Honda punya motor 250 bagus … toh penjualan
    mereka sudah cukup via skutik yg laku keras, bebek pun
    lumayan, dan line-up 150cc yg makin menggila …

    Ya intinya wajarlah KMI gak turunin harga … pun pula R25
    yg mepet harga dgn Ninja … Nah kalo CBR250RR ???
    Krn memang menang fitur, teknologi dll … masih masuk akal.

  42. 42
    tolet teblum says:

    Dulu ada yang bilang kalo harga R25 itu overprice karena mendekati harga Ninja 250 FI yg CBU. sekarang pada kemana tuh? Kan udah lama kalo Ninjanya CKD.

  43. 43
    bdt says:

    yach jgn bandingin ama ktm lah.

    country of orygin nya ja beda kok, satu dari thai satu dari india,

    yach pasti harga beda dari sononya

    • Robert says:

      Barang dari India harusnya lebih mahal dari Thailand karena India tidak masuk AFTA

  44. 44
    Mesinrompal says:

    suka beli, gitu aja ko repot.

  45. 45
    PEMBORONG POSTER Z1000™ says:

    DIKIBULIN TUH,

    OH IYA FBK KAN BELO-ON YA MANGAP2 AJA AWKEAWKEAWE

  46. 46
    Sebut saja bunga says:

    AftA
    asean free trading association

  47. 47
    roin jr says:

    Nahlo.naloh… muehee… ayyoo cek lariss kmi

  48. 48
    Bruud says:

    Cuman motor Ploduk Ploduk yaMaho aj y Seeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeemakin Nyungsep di depan….. Gudang

    • Bruud says:

      Mbeeeek mbweeeeekk Honda seeeeeemaakin banyak Nipu Konsumen …….

    • Pengamat komentar says:

      Ternyata si Bruud ni ada jelmaan lain jg dan nyamar sebagai fbh/fby. Ati2 aja kemakan adu domba ni orang

  49. 49
    siapa bukan sih says:

    zzzzz, harga dolar

  50. 50
    Bruud says:

    Kl pengen murah ya beli motor dari india aj broo… kl malu pake merk India tp pengen y murah juga ada… tuh lirik yamaho Rhoembeng Plastik25… motor bener merk jepang tapi daleman mesin All Import dari India sebagai pusat yaMaho.. makae harga bisa di tekan murah..

    Sebagai cntoh jelas lihat aj Sock sama Pelk gk ad merknya Import India atos glodakan broo… udah gitu dapet Voucher Recall lagi. murah kan..

  51. 51
    Bruud says:

    KMI bisa ko menekan harga motornya lebih murah… lihat aj yaMaho bisa lebih murah asal Part partnya Import dari india… tapi ya gtu siap siap aj Voucher Recallnya di sebar dlu.. alamat Ambrol bin Prothol broo..

  52. 52
    bawang dayak says:

    nai mobil kawasaki juga perlu pake helm bos, biar sehat dan aman. Kalo mau sehat jaga pola hidupmu jangan lupa

  53. 53
    meong says:

    Dollar kok dijadiin alesan. mrekel.. Mrekel.. guoblookkk aka poekooookkk… sblm 2015 dollar hampir tembus 14K. . Awal 2016. Dollar mkin trun skrng stabil di 13K . Pembodohan publik. .!! Bosokkk utekee

  54. 54
    Marques says:

    Haduhhh mas bruud…..ngomongin ninja dan R25 apa ga malu mas bruud?????ente cuma punya motor beat aja blagu ngomongin ninja dan R25….sadar mas bruud kere bin kisminnnn……gaji pas pasan sok gaya….

  55. 55
    Nur Kholik Sy says:

    Yang Koment Nyuruh harga murah berarti gak punya duit muehehe

  56. 56
    Damen says:

    “Kan inflasi dan nilai tukar rupiah terhadap dolar berbeda. Jadi seharusnya harga Ninja 250 FI sudah naik kalau status CBU. Namun dengan CKD kita bisa pertahankan diharga lama dan tidak ada kenaikan
    —-
    yang bener aja…

    kan situ bilang Z250 masih CBU,kenapa harga Z250 gak naik kalo situ bilang nilai tukar rupiah melemah hayooo…

    kalo bilang CBU harusnya lebih mahal,harga Z250 yg masih built up pasti di atas Ninja 250 made in Cikarang

    btw, simak aja deh bandrol moge-moge kawasaki made in Thailand ,gak naik secara signifikan kan kalo alasannya nilai rupiah menurun

    jadi menurut sy sih KMI tetep kakean bathi

    wes ngunu ae Lek..

  57. 57
    Damen says:

    btw..suspensi depan Ninja Mono buatan India…bukan Kayaba,ataupun Showa

    kok harga motornya lebih mahal dari KTM Duke 250 yang pake asepdon WP

    …uhuuukkk..

    masih mendingan Kaze dan Blitz dong..suspensinya branded, SHOWA,meskipun bikinan Showa Cikarang gak urusan,yang penting Branded

  58. 58
    uwok says:

    harusnya KMI dari dulu CKDnya

  59. 59
    vampire ringsek says:

    Mslh tidak berubahnya harga saat cbu ke ckd mgkin jwbannya adalah mslh kemauan aja, bs jd kmi pnya pertimbangan dlm hal margin profit saat harga ckd itu target idealnya dibanding saat launch awal versi cbu

    Startup strategy saat release versi cbu dgn paket harga saat awal jg uda bagian dari proses gambling alias pertaruhan bisa direspon positif atau sebaliknya oleh market (bisa jd saat cbu itu marginnya sangat tipis tp no problem toh cuma cbu ga rugi2 amat di sisi lokalnya dlm hal aset produksi atau sumberdayanya klo gagal) dan jika ternyata sukses (ini targetnya) artinya ya ckd skrg ini margin profit ideal yg diharapin, contoh scenario yg gagal hrga cbu ya ktm tp bedanya ktm masuk kembali ke scenario startup strategy plan b dgn cara obral n justru mslhnya ketika (misalpun nanti jd) di ckd-an apa margin profitnya cukup (??) dgn harga yg beda jauh saat harga cbu hehehe…

    Tp dgn prinsip konsistensi exclusivitas kmi kynya ga akan pakai scenario macam ktm, apalagi scenario sbelahnya lg yg pake part swadaya tp harga mepet part branded ckckckckck…

  60. 60
    yonyon says:

    Jadi bener ya, adanya kartel

    Alasan yg tdk masuk akal karena inflasi dsb.

    Yg lebih tidak masuk akal lagi adalah mengapa produk KTM bisa turun 40% yak ?

    Kog Ninja Fi tetap ?

    Ada yg tahu ?

    #asli beneran gak tahu,,

  61. 61
    ogoh says:

    crottt ah, inflasi sih retorikaaaaaa…aslinya ya utk dpt margin yg sebesar2nya doonk

  62. 62
    bakul telo says:

    Arah dari isi artikel ke pengiringan opini

  63. 63
    kupaw says:

    sebenernya bisa murah, tp karena bayar cicilan pabrik yang belum lunas, ya gitu deh.

    lagi pula ni ninja bukan motor perang, ninja 250 2014 temen kantor ku buat trek surabaya – gresik tiap hari, udah banyak masalah, mesin sering mati sendiri dll, ni motor manja buat jalan2 doang.

  64. 64
    rdy says:

    Oooooooooooooooooooo

  65. 65
    klotok says:

    ngibul

  66. 66
    Bruud says:

    Untuk motoro sekelas 50jtan keatas harga naek turun 1-2 juta hora masalah kang….

    yang penting Kwalitas material terjamin.. jangan kayak sebelah itu tu… masak motor 50jt an ko daleman mesin Plastik Ambrol bin Prothol Import india.. Ostosmastis Recall bongkar mesin broo

  67. 67
    Old lady biker says:

    Ppak tanadhi jujur aja klo ninja ini termasuk motor ka#tel

  68. 68
    FBO says:

    opercr00ttt.

  69. 69
    iwan kasmaran says:

    di bohongin KMI……………..xixixi

  70. 70
    yudisukanyabatangan says:

    Tanadhi jelas gk mau kalo cm untung dikit lah.. coba bsk kalo dollar turun harga ninja ikut turun gk.

  71. 71
    Theo says:

    Ya iyalah
    Jk hrg diturunin byk prtanyaan nih downgrade ya??
    Jk hrg diturunin krn CKD keuntungan ttp stagnant, sdg motor msh booming jd ksempatan cari untung tinggi, mk nya ini perlu adanya kompetitor
    Klu inflasi coba hitung saja, hk jauh kok prbedaannya..

  72. 72
    Grand Livina Owner says:

    Tujuan CKD adalah untuk menekan harga krn biaya operasi/perakitan di Indonesia akan lebih murah (upah buruh di Indonesia lebih murah). Selain itu pajak yg dikenakan ke barang CKD lebih rendah drpd CBU. Seharusnya harga jual akan lebih murah. Tp kita ga tau kenapa harga CKD masih sama dg CBU? Mungkin selama barangnya masih laku “penjualan stabil” produsen cuek aja, tp kalo sudah mulai ga laku pasti akan turun harga.

  73. 73
    yudisukanyabatangan says:

    artikel 15JUTA iki….

  74. 74
    gilaroda2ga says:

    Wah kok tumben metu kolom komene

  75. 75
    rico says:

    sebenarynya masalahnya bkn dsitu bro semakin tahun semua harga naik liat bahan pokok daging dll fenomenal bukan?nilai rupiah semakin ga berharga contoh kecil tukang parkir dulu dikasih gope dah seneng skrg?2000-3000,, padahal kurs usd turun hmm aneh…yg terpenting skrg itu berantas korupsi tul kita itu djajah sm negara sendiri,, terserah pabrikan mw kasih harga Motor brp klo merasa kemahalan y gausah dibeli toh klo ga laku bakal bangkrut tuh pabrik,, wong handphone yg kecil z ada yg harga 6-7jtan z ada yg beli paling modalnya brp

  76. 76
    rico says:

    gausah bahas kartel gimana klo bahas hilangkan sistem kredit w yakin tuh motor ga bakal naik melainkan harganya turun,, harga cash itu cuma tempelan doank mw beli cash y susah,klo mw liat harga motor jgn liat cashnya tapi hitung jumlah kreditnya…

  77. 77
    Kawasaki says:

    Ada artikel ini karena siap” cbr250rr harga nya bakal ngilani eduannnn mahal bingit jd ninja di ekspos harga nya

  78. 78
    Cebret says:

    Pertinyiin nyi.. kenapa r25 yg notabene ckd buatan dan rakitan dalam negri harganya mepet2 dgn ninfi ckd import? Tanya kenapa??

  79. 79
    matic aja says:

    KMI invest dong disini jgn jualan doang. Bangun pabrik kek, biar produksi full dlm negeri. Biar ninin turun harga jd smakin byk yg beli trus bs bwt modal ikut motogp ?✌

  80. 80
    mm93 says:

    Emang dasar wong indo buta merk dikasih hrga kartel msh pda mau beli alasane prestise lah wah wah lah…pekok..

  81. 81
    Bima Bt says:

    Klo kata gue sih emg sengaja ga dturunin, klo pola pikir ‘mereka’ dengan harga cbu aja laku knp mesti diturunin? Jd untungnya lbh ganda. Rupiah dan inflasi, akal”an mereka aja itumah

  82. 82
    Cebret says:

    Lek komenku td komenku muncul kog trz ga ada sampeyan hapus knp? Apa ada yg slh klo sy menanyakan komparasi antara ninfi dan r25 yg mana sama2 ckd yg satu import yg satunya lg produk sini kog harganya mepet? Tlg jwb lek..

    • iwanbanaran says:

      Saya malah garuk-garuk bathuk ki sampeyan bilang begitu soale baru ngintip komen dari tadi koq dibilang hapus yak

  83. 83
    sukhoi utang says:

    sy msh inget, dulu waktu rupiah melemah thdap dollar, kawasaki ngomong hrg motornya gk ikut naik krn impor Cbu gk pake kurs dollar tp pake yen jepang/bath thailand (sy agak lupa),,,makanya hrg ninja Cbu tetep stabil
    Lhaa kok skrng alesannya inflasi dollar???

    plis deh, kita hidup dijaman internet, berita apapun mudah didapat, jgn menipu konsumen

  84. 84
    PANITIA SUNAT MASSAL . . . ! ! ! says:

    Alesan tipu-tipu ..

  85. 85
    aman says:

    Sapa sih yg gak suka duit ?..menurut aq itu cuma alibi. Taon depan juga kira2 jg naik.

  86. 86
    komeng says:

    sekalian tanyain bang ipul, kenapa harga toyota fortuner ga turun malah cenderung naik, padahal udah produksi lokal..

  87. 87
    ndbdjdjdnbdb says:

    Hati-hati karma, ngibulin konsumen nanti penjualan ninja nya di libas pabrikan sebelah. Walo sama-sama kartel harga juga wkwkwk..

  88. 88
    Didi Supriyadi says:

    Ooooooo

  89. 89
    kaoskaki says:

    – margin perusahaan naik buat ngembaliin infestasi pabrik perakitan
    – malu sm konsumen sebelumnya yg membeli CBU
    – bs lebih murah lg kalo local conten naik tp tetep perlu infestasi dan waktu lama mencari fendor

  90. 90
    SEN says:

    Trus Mas Iwb percaya gt aja???? Apa pura pura bodoh? Percaya alasan inflasi bla bla…pret….!!!! Dy pikir rakyat indonesia bodoh semua ga bisa perbandingan inflasi, kurs rupiah – bath, tinggal nunggu kapan neh pabrikan ditinggal

  91. 91
    dewa says:

    85. komeng – August 30, 2016

    sekalian tanyain bang ipul, kenapa harga toyota fortuner ga turun malah cenderung naik, padahal udah produksi lokal..
    ===================================
    All new fortuner dilengkapi dengan banyak fitur terkini , lah kalau Ninja250FI ngak ada perubahan berarti kecuali stripping bobot paling berat dan terlemot dikelasnya

  92. 92
    cbu ke ckd says:

    sama” dari CBU ke CKD. sama” berdasarkan Kurs Rupiah.
    sama” Huruf depan nya (K).
    Yg satu Turun Harga (K*M), yg satu harga tetep (K*I).

    Iki kamsud te opo toh?
    ra ngerti aku?
    Iso kemebul sirah ku.
    yo weis, sak karep mu ae.

  93. 93
    masbro says:

    Ah itumah cerita lama,simplenya selama tuh jualannya KMI masi laku y gak bakalan diturunin walaupun udah CKD.klo udah gak laku ya paling juga sama kek ktm yang diskon harga dengan alasan sudah CKD dimari.jikalau ninja udah gak dilirik konsumen trus mau diskon layaknya KTM lah trus mau alasan apa lagi,CKD juga?? Kan sekarang udah di CKD in. nahlo mau alasan apa ?

  94. 94

    Dan terjadi lagii jreeng genjreng

  95. 95
    senam sehat says:

    mimpi yang tidak terwujud wujud,, kapan yah bisa beli nih motor impian … semoga bisa deh kaya mas iwan banaran, seenggaknya ngincipin naik sepeda ini 😀

  96. 96
    Siapaya says:

    ya ampun, udh ckd to.. nek alasanya seperti itu berarti material ninja 250 apakah mahal2??? lha cbr 250rr yang lokal aja berani kasih material bagus..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here