Ketika Indonesia mumet dengan sirkuit.....Malaysia malah pusing dengan penonton !!!

106
wsbk sepang malaysia (2)
“Sepinya suasana WSBK di Malaysia….”

Iwanbanaran.com – Balada balap dinegeri ini memang seperti lakon ketoprak mzbro. Alasan klasik tentang sirkuit masih menjadi masalah terbesar diIndonesia. Celakanya semua pihak seperti berusaha tampil didepan….menjanjikan  dan memberikan angin segar bahwa sirkuit siap bisa digarap mereka. Walau akhirnya  “nggedobos” menguap tidak berbekas…yang penting lelakon yang mereka tampilkan sukses diliput media. Kondisi ini berbeda dengan Malaysia.  Negeri jiran satu rumpun dengan Indonesia ini sukses membuktikan sebagai negara yang memperhatikan dunia racing lewat dibangunnya sirkuit internasional mumpuni. Namun masalah yang dihadapi mereka ternyata tidak kalah pelik kangbro……
MBtech-iwanbanaran.com (22 Jun-15 Jul'16)

 

Pada saat ajang WSBK bersama Pirelli, IWB melihat betapa sepinya penonton di Sepang Malaysia. Tribun yang begitu luas hanya dihuni segelintir penonton. Aksi Sykses ataupun Rea seakan garing tidak terlalu greget. Tidak ada teriakan penonton karena suara mereka kalah dengan ruangan motor satu liter. Lawong cuma sak iprit yang nonton….mau teriak kayak apa juga percuma. Pertanyannya….kenapa diajang WSBK yang notabene termasuk balap internasional bergengsi penontonnya sangat sepi??….

Penonton diMalaysia kurang. Tidak banyak yang menyukai dunia racing makanya yang datang sedikit….“seru teman IWB yang seorang jurnalis Malaysia bernama Firdaus. Doi sendiri juga terlihat cukup menyayangkan ademnya minat penonton Malaysia terhadap WSBK. “Iya….hanya Motogp yang ramai karena ada Valentino Rossi. Banyak fans Rossi di Malaysia. Lalu Marc Marquez, Lorenzo dan pembalap lain. Mereka datang karena mengidolakan pembalapnya. Tidak tahu apakah tahun depan WSBK datang ke Malaysia kembali. Dengar-dengar sih tidak karena penonton sepi...”tutup Firdaus. Weladalah…..mumet juga yak….

wsbk sepang malaysia (1)
“WSBK Malaysia 2016……”

Nah…fakta tersebut tentu cukup menarik mzbro. Disaat kita ditanah air memiliki penonton racing militan…Malaysia sebaliknya. Disaat kita tidak memiliki sirkuit berkualitas, Malaysia sebaliknya. IWB sendiri berani bertaruh jika WSBK berlangsung di Indonesia…itu tempat duduk pasti penuh. Jangankan tribun, bisa jadi dipagar-pagar penonton bergelantungan. Lawong balap pasar senggol wae laris manis….iyo ora…

Last….masalah selalu datang dinegeri ini. Memiliki simpatisan racing mumpuni bukan berarti membuat para petinggi negeri ini tergerak untuk membangun sirkuit serius. Yang patut diingat…Sepang adalah sirkuit pemerintah Malaysia, bukan swasta. Seharusnya mereka bisa mencontoh negeri Jiran demi majunya ibu pertiwi. Lawong sepi pendukung wae pemerintah Malaysia tetap semangat bangun sirkuit. Mosok dengan supporter yang bejibun dinegeri ini pemerintah ogah-ogahan. Mung iso ngelus bathuk cak-cak…..(iwb)

wsbk sepang malaysia (3)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

106 COMMENTS

  1. 1
    ah sudahlah.. says:

    org malysia pendisikan no.1 lek iwan…

  2. 2
    jarot says:

    11-12 lah

    • アℜ㊣∂ąț❂ℜ_---- says:

      pindahin z sepang ke indon

      ntar tak kesana ✈

      ✵✴❄❅❆❇❈❉❊❋❖❤❥❦❧ ☀

    • Nurdin says:

      bikin sirkuit sendiri aja waaa ,,,
      jual noh panigale ame pesawat sukhoi , waaa ?

    • FiX JKW GATOT..

      Seder Hana saja.. Mulailah dari hal kecil..

      Membuang sampah pada tempatnya.. 1hal itu aja Mustahil terwujud.. Di indonesia.

      ORG INDO Itu KONYOL.. Di kritik malah ngamuk…

      FIX# 1 Contoh NGABIDIN..

  3. 3
    eno says:

    walah

  4. 4
    jarot says:

    Beda tipis..antara pemasukan dan biaya..

  5. 5
    ringgo says:

    pendidikan no.1 klo malaysian..

  6. 6
    アℜ㊣∂ąț❂ℜ_---- says:

    gw malah bingung pilih raisa / isyana

  7. 7
    juaragan merchon says:

    Di sini aja balapan pasar senggol ampe luber luber penontonnya, apa lagi di kasih WSBK ekekekke

  8. 8
    93 says:

    Pertimix

  9. 9
    Joko lelur says:

    Penjahate eh pejabate cen dho kakehan ndobos kok kang… elek e neh posisi2 strategis tangan kanan presiden diisi sko hasil bagi2 kekuasaan…. udu wong sik bner2 berkompeten di bidangnya

    • アℜ㊣∂ąț❂ℜ_---- says:

      lu owlang pikirin z bsk mkn apa

      wes gk usah melu² wolak waleke jaman….

      haiyyaaa Chéng gōng zài yōu diǎn de fǎ huī, shī bài shì quē diǎn de lěi jī

  10. 10
    gludug says:

    kita oelang ma cuma sirkuit karung goni uda cukup lek..

  11. 11
    abdul says:

    Klo ada launching CBR250RR pasti rame lek di Indonesia..?

  12. 12
    gowes says:

    begitu ada harga tiket, lgsg sepi penonton. jamin
    rakyat sini mah demen geratisan geratisan

  13. 13
    FBO says:

    Disini ada budaya buruk yaitu ada proyek = ada korupsi, warga gak taat bayar pajak, pendapatan perkapita Indonesia yg msh rendah, ditambah warisan hutang negara yg melimpah.
    Proyek banyak peminat tapi kalo gak nguntungin pemerintah ya sama aja proyek wacana namanya..

  14. 14
    Bruud says:

    Negara ini uange akeh kang.. cuman mlebu kantonge pejabat dewe dewe… yo mana bisa bangun infrastruktur y bagus. apalagi buat sirkuit sebagai hiburan. hora urus mereka. y penting kantonge dewe tebel

  15. 15
    tigerist says:

    ahhh,, negeri ini mah,,, pemimpin nyaaa tidak kredibel… tau nya cuma duduk di ruang ber-AC, terima gaji yg jumlah nya mengenyangkan, ricuh masalah politik, dan tidur saat rapat…

    MUAK !

    Yahhh… mudah2an negeri ini mengalami suatu kejadian yg bisa mengubah para pemimpin termasukk para rakyat nya untuk jadi lebih baik…

    mudah2an…. aaminn

  16. 16
    Bruud says:

    Proyek renovasi sentul gk jadi kang.. maklum proyek belum jalan uange udah abis di korupsi bagi bagi penjahat… eh pejabat. yo wes Wareg buyar mole dewe-dewe kang..

  17. 17
    Silent Reader says:

    Belum tentu juga lik, liat harga tiket nya dulu

    • Andy Sanz says:

      Betul sekali bro… mungkin harga tiketnya wsbk setara cicilan 1 bulan cicilan motor hehehe

  18. 18
    Nurdin says:

    nunggu indonesia cuma jakarta aja tuh ..
    kan rakyat di mari gaboleh nyari pekerjaan di ibukota jakarta , ea toh ..?

  19. 19
    fby garis keras says:

    kok gw gak liat yamaho ya di wsbk…?

  20. 20
    Old lady biker says:

    Indonesia bingung dengan seles ahaemocin yg makin semrawut di jalan raya

  21. 21
    triatmontok says:

    juragan benci sama hahaem..

    kok bisa2 nya bikin fitur2 yg belum ada dimotor sembahan juragan

    itu sungguh mubazir

  22. 22
    triatmontok says:

    buat apah bikin fitur ride by wire di motor 250cc

    bikin mubazir saza..

  23. 23
    fby garis keras says:

    nyesel dah gw beli r series yang katanya motor dewa .. lah di suruh balapan kagak ngelawan.. masa kalah ama clan cibi jadol yg kemaren juara itu

  24. 24
    Andryasha says:

    baca artikel mas iwan saya jadi sedih sendiri…gimana enggak..negeri ini punya potensi…penonton bejibun…tapi gag ada sirkuit yg memadai…berbanding terbalik dengan negara tetangga malaysia…penonton gag ada..sirkuit bagus..coba deh sepang di geser aja ke indonesia bisa gag..hee semoga ada petinggi negeri ini yg baca artikel sampean..dan mata mereka terbuka…

  25. 25
    medsos says:

    Makin ke bawah…makin melenceng komentar ny…
    dasar fanboy…

  26. 26
    Fandy says:

    Jadi ingat pas kang iwan jadi komentator motogp…saat itu klo g salah ada kritik kang iwan tentang sirkuit sentul…. Eh langsung di cut iklan…..???

  27. 27

    keinginan indonesia untuk punya sirkuit sekelas motogp akan kandas sepertinya

  28. 28
    handoyo says:

    Kelak di Indonesia juga tetap pusing dengan (polah) penonoton

    • triatmontok says:

      kowe yen dadi kacong ku seng bener!

      ojo ngasi mubazir koyo fitur2 anyare cbr250rrr

      betoel…??

  29. 29
    Z250 rider says:

    Motogp ramai krn penonton indonesia… dulu ke sepang naik bus nyaman2 aja… bus pertama pun mulai jam 10 pagi… sejak indonesia bebas fiskal keluar negeri, sepang penontonnya membludak… ramainya sampai bus pp sepang KL kewalahan… sejak 2014 kemarin masalah bus ke sepang br agak teratasi…

    • Z250 rider says:

      Wsbk jg demikian, thn pertama msh tampak penonton indonesia dgn bimbingan tur di sepang, thn ini wsbk gk tampak penonton indonesia lg…

  30. 30
    SEN25 says:

    Menterix si imam nahrowi kayak gt ,lah gimana mau berharap?Sok2 mau ngatur sepakbola, Sea Games aja indonesia terburuk sepanjang sejarah, gimana gak buruk, kaos seragam aja atlet dapat 30menit sebelum tanding, bagusan roy suryo

  31. 31
    jangkik says:

    pejabat indo mah yg penting keluarganya makmur.nggak mikirin rakyatnya kang.

  32. 32
    Tiger26 (The Power of Dream) says:

    Siapa yg gak tau jokowi dan menteri2nya…..to the point sj kang iwb,,,,yg goblok dan tolol, peak dan gak punya otak itu yg milih, modal pencitraan uda bs dikepret. Skrg rasain loeeee!!!!!!!
    Ngoahahaha 😆

  33. 33
    widyoistanto says:

    wsbk di sepang berapa lek tiketnya? apa sama wae mahalnya sama moto gp? tahun lalu meh nonton malah duitnya cukup buat umroh yawes umroh saja dl, utamakan ibadah hehe….. impiannya pengen dapetin ttd guintoli sama sykes di helm shark replika punya mereka

    • Ex Z250 rider says:

      2 thn pertama 100ringgit, thn ini cm 60ringgit… harga main grand stand…

    • widiyoistanto says:

      Wah yakin? Murah tenan, muga ada deh di tahun berikutnya
      Kadang kasian liat pebalap wsbk, jarang banget yang punya fans, sekelas jules cluzel aja dikit tok yg pada minta ttd brda ama rea dan sykes

    • Moses says:

      Wsbk baru bisa rame dan bisa punya fans klu ada tv nasional yg nayangin kyk motogp t7. Klu nonton aja ga pernah gmn mau ngefans, gmn mau kenal..

    • Ex Z250 rider says:

      3 thn hadir trus… 🙂 thn pertama ada special guest mick doohan, thn kedua ada max biaggi… thn ini cm andalin nicky hayden aja… 😀

  34. 34
    petirabang says:

    aq tak melu ngelus jenggot kang…..

  35. 35
    honduts says:

    bikinin berita dong cerita di atas

  36. 36
    arvi says:

    Kalo di indonesia tiketnya ada yg kelas lesehan, harganya 25 ribu.. khusus buat kaumnya mbah darmo..

    Kehkehkeh….

    • dorameong says:

      xixixi,
      mbah darmo sekalian jual mizon*
      mijon mijon….. made in dharmo alias air ciliwung
      nguuuuukkkk

  37. 37
    koplak says:

    bicara sekarang ya, enggak bisa langsung juga diambil kesimpulan kalo wsbk digelar di indonesia udah pasti ramai, belom tentu juga, saya kira gejala tidak hanya di malaysia, tetap saja motogp lebih seru dan meriah, karena ada icon badut badut lintasan macam… ehm gak usah disebut deh.

  38. 38
    wawan says:

    dulu di sirkuit shanghai. tribun track lurus 1.5 km tak ada seorangpun penonton. walaupun ada rossi.

  39. 39
    motoriskampus says:

    hahaha balap pasar senggol, udah kaya bombomcar

  40. 40
    Are wege says:

    Kirim fbh Dan fby kang ke sepang pasti membludak…. ekekekek

  41. 41
    margondes says:

    Badut lintasan macam Marquez dan lorenzo

  42. 42
    Ngeri bro says:

    harusnya yang jadi Presiden sampean kang

  43. 43
    ariel says:

    mana nih data aisi nya lek

  44. 44
    Mastur (mantri pekok) says:

    Jgn lupa pak , vaktor kesehatan lingkungan klo mau buat sirkit sndiri
    Misal sisi MCK yaitu toilet yg memadai dan bersih tentunya
    Perlu dibuat tmpat penampungan septicktank yg besar / ukuran septicktank raksasa agar memadai

  45. 45
    almond says:

    pemerintah malaysia suruh investasi aja di indonesia.

    tp tangan deh..
    traumah sama supporter sepak bola..
    nanti klo jagoan dr salah satu FBH/FBY kalah..
    sirkuit nya di bakar masa..

    hahahahaha…

  46. 46
    Mastur (mantri pekok) says:

    Aduh sekarang kalau komentar suka ilang ilang sndiri , udh capek ngetik pdhl hahahaha
    Apa vaktor septicktank penuh ya , hehehe
    Perlu update nih septicktank yg besar / raksasa

  47. 47
    Darsono Pangling says:

    Sepang jg bakal was2 kalo pemerintah Indonesia jadi bikin sirkuit sendiri…pangsa pasar motogp mreka bakal berkurang banyak!
    Makanya mreka malaysia “berharap” Indonesia tetap bgini, tetep ga punya sirkuit motogp, tetep di bawah mreka…jadinya kita cuma jadi sapi perah mreka…oh Indonesia mana Tajimu?!
    Note: lek tolong di follow ke PP IMI dan kemenpora, biar mreka tau kalo mreka tidak lebih baik dari negeri seberang!!! Jadi jangan “ngedobos” aja bisanya!

  48. 48
    Ir Petruk Tampani says:

    ijol mentri oleh po ora lek ?
    menpora malaysian di sini, yg sini suruh minggat ae rono..

  49. 49
    amare says:

    yang berbau milik pemerintah biasa nya udah di bangun gk terurus. jarang dj rawat.

  50. 50
    Men drow says:

    Lah malaysia pemerintah nya ga korup, jgn disamakan ama indonesia, indonesia sejak 1998 itu mundur 50 thn kebelakang lg. Br mo jalan lg di era jokowi ini aja terseok2. Mungkin klu hukuman pancung buet koruptor baru indonesia bisa bebas korupsi.

  51. 51
    gAyus says:

    96. Gayus – July 13, 2016

    T5E02R11L0 MT –> CBR150 NJKB 22.500.000
    P5E02R22M1 MT –> new CBR150 NJKB 19.500.000
    old cbr lebbihh weww, drpd new cebong led 2016.????
    Reply
    97. Gayus – July 13, 2016

    BG7 MT –> XABRE150 NJKB 22.500.000
    2PK —>>> R15 NJKB 26.800.000
    Nah.. LOh..????
    Reply
    98. Lucy Wirtono – July 13, 2016

    Apa Mungkin ini yg disinggung” ke honda..??
    soal monopoli…?
    Reply
    99. gAyus – July 13, 2016

    H5C02R20M1 MT —>> New CB150 R NJKB 19.800.000
    Reply
    100. gAyus – July 13, 2016

    2TP –>>> NEW viXion Advanced NJKB 22.400.000

  52. 52
    iwakbeneran says:

    di sini balap karung ala yamaha aj ramai ya kang

  53. 53
    dewa says:

    Nonton balap lebih enak diTV daripada nonton langsung.lebih bisa ngikutin serunya balapan.kalo langsung wus siA didepan,nanti wus siC didepan,kapan nyalipnya?lain dgn nonton Bola/Basket/Tenis/Bulutangkis,kelihatan semua bahkan sampai siAtlet tenis cewek ganti kaos dipinggir lapangan.

  54. 54
    Wayne wondo says:

    Cooooooooookk
    Batal nonton moto gp nek sentull
    Wong nduwuran mung golek bathine dewe
    Teraahh yooow aaaanccoook

  55. 55
    rdy says:

    ekekekek

    ngedobosss. koyokk petinggi maHooondaaa suka pencitraan diliput media salam tempel media
    turun temurun ke kroco kroconya

    salam baginda dobos

    hayayayayayay

  56. 56
    Kak ridan says:

    Klo disini ada balapan apapun pasti rame,apalagi wsbk atau motogp udh pasti bejubel tuh penonton. belum lama aja disentul ada marq n dani aja gw gak dapet tempat duduk hahah.

  57. 57
    motor cool says:

    sirkuit pasar senggol bae tiap akhir pekan rame lek smpe gk muat terus klo ndelonsor penontone bs nyawa taruhan bukan bikerny bae lek … ngoahaha…

  58. 58
    uyipmotoblog says:

    Pemerintah lagi pokus sama bola yg makin hari makin nyungsep…..

  59. 59
    AchmadM46 says:

    Beh artikel e balas dendam mri riyayan lek ditinggal 2 dino wds klewatan akeh aq.

  60. 60
    bukan orang waras says:

    kalo sesuatu itu hanya sedikit yg bisa di ambil keuntungannya (korupsi), kayaknya susah untuk dipenuhi.

  61. 61
    Dwi says:

    Ojo ngelus elus bathuk e kimc*l lho kang iwan..
    Dorna…eh doosa.. ngekekekek

  62. 62
    tomcat says:

    Pejabat kita mh omong doang yg gede…kalo gd intruksi dr ketua umum ..jgn harap pemerintah mo bangun sirkuit..koar koar dimedia mlh mnunjukan sberapa jauh kuslitas mereka…smoga ada org kaya yg sinting mo pertaruhkan duitnya bwt bikin sirkuit yg jauh lbh megah dr sepang…jauh lbh keren dr yas marina abu dhabi…teluk jkt yg direklamasi hrs nya salah satu pulaunya dibikin sirkuit…ahok tinggal todong para pengusaha klo emang proyek mau dilanjut…mrk pst mau

  63. 63
    mirzafawaid says:

    Indonesia mau bangun sirkuit milik negara? Imposible…… Kalopun jadi pasti aspalnya dikorup ama pejabat/oknum pemerintah itu sendiri, selanjutnya biaya perawatan juga pasti dikorup

    INDONESIA=KORUPSI

  64. 64
    try says:

    iki critone pembalap nonton dewe diguyu dewe bang iwan, trus istilahe pembalap nonton penonton wkwkwkwkwkwkwkwkwkw

  65. 65
    Bruud says:

    Pake sirkuit jalanan aj lek… asal jangan di jakarte. gk jadi balapan malah jadi angota klub Macet kongkow kongkow di jalan sampe brengose putih gk finish finish…

  66. 66
    Djoko Tole says:

    Daripada bayarin R10 balapan kaga jelas mendingan duit sebanyak itu buat bikin sirkuit kan udh bsa di nikmati se indonesia raya.. gak cuma muasin keluarga R10 yg pngen balapan kga jelas…

    R10 lbh baik masih d GP2, bayar mesin plg joss jadiin JurDun dlu, ntr baru di lirik tim2 gede.. Sayang R10 udh g muda lagi.,….

  67. 67
    lisyanto says:

    berharap ada pengusaha yg mau investasi bangun sirkuit kang. jangan ngarepin pemerintah, bisa jadi lahan korupsi. dijamin dalam kurun waktu 5-10 tahun wes balik modal.. 😀 😀 😀 😀

  68. 68

    Tinggal jual ke negara laen aja orang Indonesah khan kayah rayah

  69. 69
    (penikmat cikopi+gorengulen dipagi hari) says:

    wkwkwkwk….

    malaysia kebanyakan duit jadi bisa bikin sirkuit…
    indonesia kekurangan duit jadi ga bisa bikin sirkuit…

    itu bedanya

  70. 70
    acongk says:

    Indonesia negara guyon
    Banyak proyek ini itu tapi realisasinya nulll
    Mak mblekedussss

  71. 71
    firman affandi says:

    Liat harga tiketnya om..
    Kl mahal pasti anak2 alay pada ngerusakin pagar ?

  72. 72
    Sableng says:

    Tuh contoh Malaysia yg bikin Sirkuit pemerintah, gak usah banyak omong manfaatnya apa buat Negara. “NDOBOL TOK”

  73. 73
    goozir says:

    judulnya indonesia oh indonesia…. tapi emang bukan balap saja si yang harus di urus…

    Aprilia RSV4 di PRJ , kerennnn>>goozir.com

  74. 74
    ™arday™ says:

    Pemerintah Indo ndableg lek ga pernah dengar suara rakyat.. ga pernah ada infrastruktur & fasilitas buat menyalurkan hobi bagi rakyat tercinta, kalah sama tetangga sebelah.. #MIRIS

  75. 75
    ? says:

    Ngak usah WSBK nya di kirim ke indo, penjahatnya… eh pejabat nya sj yg di tukar.

  76. 76
    metikwae says:

    ngko digawe sirkuit do nyinyir maneh nyalahne pemerintah maneh gawe sirkuit buat apa?? 😀 😀

  77. 77
    Farrel says:

    Oh kirain mumet karena penontonnya kebanyakan, ternyata sebaliknya.

  78. 78
    Mikir says:

    Gue heran ama pak imam sbgy mentri dya sering umbar wacana yg sangat waah tp cuma sekedar omongan .dlu mau suppor rio .moto gp dll .datengin jose morinho .uwalah mending kerjain dulu pak baru di omongin .sya termasuk yg palinh kecewa dulu udh seneng bgt moto gp 2016 geser 2017 geser lg 2018 .klo cuma wacana ya gk bakal kesampaian .harusnya ada usaha nyata buat bikin sirkuit pribadi milik pemerintah

  79. 79
    NASIB RAKYAT KECIL says:

    Mau gimana lagi orang pejabatnya aja lagi sibuk memperkaya diri sendiri untuk modal pensiun nanti .. (Koruptor everywhere)

  80. 80
    wong awam ae says:

    pasti ora sumuk neng sepang.. lha wong neng VIP nduwur’e paddock kang.. ^_^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here