Tol Kanci-Pejagan....jalur neraka buat para pemudik !!

83

PicsArt_07-07-11.00.30Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian…..saat ini ketika artikel rilis, IWB baru saja tiba diJawa Timur. Perjuangan pulang kampung dari Jakarta sejak H-2 dengan maksud ingin sholat Id dirumah….gagal total akibat keganasan tol Kanci-Pejagan serta jalur Brebes dan Tegal. Jalur neraka bagi yang merasakan…dan IWB mengalaminya langsung !!

MBtech-iwanbanaran.com (22 Jun-15 Jul'16)

Entah kenapa….tahun ini beda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Kemacetan dalam pandangan IWB sudah masuk dalam batas tidak normal.  Sebutannya bukan lagi macet tapi parkir!. Sebenarnya informasi macetnya jalur Brexit serta Brebes dan Tegal sudah IWB ketahui. Makanya kepulangan pun IWB undur hingga H +2. Tapi siapa sangka…. mau maju atau mundur tidak ada perbedaan sama sekali. Memasuki tol Kanji-Pejagan…..kendaraan sudah tersendat. Lalu hanya butuh beberapa menit untuk membuatnya berhenti total. Nah….ini nih awal muasalnya yang bikin IWB mules….

Ngecek via Google Maps kemacetan mencapai sekitar 25 km. Jalur berwarna merah semua tapi kita tidak ada pilihan lain kecuali terus nyemplung karena sudah kadung terjebak. Mau memilih jalan biasa Pantura juga sami mawon mzbro. Kegananasan jalur Kanji Pejagan adalah….lamanya kendaraan berhenti. Sampeyan bisa bayangkan….butuh setengah jam bagi kita untuk melahap 3-5 meter sebelum berhenti kembali. Bahkan ada satu momen dimana kendaraan berhenti total hingga 45 menit. Mesin terus idle dan akhirnya semuanya menyerah…..

PicsArt_07-07-11.06.16Terpaksa kita matikan mesin untuk menghemat komsumsi BBM. Tiap detik dan menit berlalu terasa sangat lama. Hawa tol yang biasanya sejuk berubah panas. Dalam mobil pengap membuat kita harus membuka jendela lebar-lebar. Jadi kalau sampeyan berdiri dan melihat kebelakang…..akan terlihat bayangan mobil mencapai puluhan kilometer…..seperti pasrah tidak bisa berbuat apapun. Seluruh mesin dimatikan…..

Para pengendara mulai keluar mobil…..mondar-mandir stres. Untuk mengurangi kegelisahan….beberapa kali mereka keluar masuk ditemani sebatang rokok ditangan. Bahkan IWB melihat ada pemudik yang melepaskan baju dan hanya menggunakan kaos dalam saking panasnya hawa. Tapi seluruh pengendara langsung semburat masuk kemobil ketika lampu kendaraan didepan terlihat menyala di kejauhan. Artinya kendaraan sudah berjalan. Kontak diputar on….masuk gigi….dan….seluruh kendaraanpun mulai berjalan….

Ketika proses tersebut terjadi….jingkrak kegirangan dalam hati bak mendapatkan rejeki nomplok. Sayang…semua hanya fatamorgana semu. Kendaraan geser 3 meter dari posisi sebelum rem dipaksa bekerja. Ditunggu lama…momen itu tidak jua datang. Masa dimana kaki menginjak gas….dan ternyata kita kembali harus menunggu hampir setengah jam untuk mengoperasikannya. Engine off….siksaan panasnya hawa malam di Kanji-Pejagan kembali dirasakan. Rasa frustasi…kesal…marah….kecewa menjadi satu. Entah kepada siapa kita harus menyalahkan….

PicsArt_07-07-11.04.38Sejak jam 7 malam nyantol ditol Kanci-Pejagan….waktu mulai menunjukkan jam 12 malam. Saat IWB cek GPS….dengan rentang periode tersebut kendaraan hanya mampu melahap 10 km. Lelah sudah menyerang dengan indikasi mata pedas….kepala serasa berat dan pusing. Leher seperti menyangga 5 kepala. Bau asap kendaraan menyengat tiada henti kedalam mobil karena jendela kita buka lebar-lebar berharap mendapatkan semilir angin. Untunglah sikecil tidak rewel mzbro. Akhirnya…fisik IWB menyerah. Jam 2 pagi IWB melipir kepinggir tol…parkir dan tidur. Dilokasi tersebut berjejer para penjual bensin eceran yang dijual dengan harga fantastis….

Dibalik jendela lamat-lamat IWB mendengar aksi tawar menawar antara penjual Pertamax pada sebuah mobil. Mereka mematok angka 20 ribu perliter….ediannn !. Tapi karena nggak ada pilihan lain….bensin itupun tetap diembat mzbro. IWB dan keluarga akhirnya baru bisa keluar dari Kanji-Pejagan lewat Brexit sekitar jam 6 pagi. Lega…gembira dan ngeplong. Tapi hanya sementara kangbro sebab jam 8 pagi…kembali IWB dihadang kemacetan total di Brebes dan Tegal. Lebih menyiksa karena sengatan panas matahari menjadikan seluruh situasi menjadi bak neraka. Perjuangan tiada ujung dan pada Maghrib jam 6….IWB baru tiba diKendal Jawa Tengah. Ke Jawa Timur??. Sik suwe pakde………

Fisik, materi dan waktu terkuras habis. DiKendal inilah….sekuat-kuatnya fisik, IWB ambruk juga. Mual karena kurang istirahat serta wajah kuyu sikecil dan nyonya merenggut keteguhan IWB untuk egois melakukan sholat Id dikampung halaman. Pahit memang…tapi tiada pilihan lain. DiKendal inilah IWB akhirnya bermalam. Suara sayup-sayup Adzan Isyak bak alunan indah yang membuat IWB pun tenggelam untuk berusaha melupakan kenangan mengerikan terjebak diTol Kanci-Pejagan…..(iwb)

PicsArt_07-07-11.14.42

PicsArt_07-07-11.08.21 PicsArt_07-07-11.03.01 PicsArt_07-07-11.02.02 PicsArt_07-07-11.01.13

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

83 COMMENTS

  1. 1
    アℜ㊣∂ąț❂ℜ__ says:

    untung maren naik ✈ 1 jm sampe waaa

    • Woooh modon lanud iswahyudi gae payung yo rul.. Dengaren muleh nk AE.. Po urepmu wes penak waaa????

    • Stevanie says:

      Mudiknya bulan agustus aja.., garansi 100% di jamin lancar., ????????????????

    • reader netral says:

      Kita ouwlang 15menit sampe waa, lu ouwlang kalah cepat wa.. Mudik cuma beda kecamatan.. Ekekekek

    • mbahmu says:

      Main psikologi aja ya. Predator kalo ngomong khas tionghoa secara ilmu psikologis dia bukan orang tionghoa. Predator sering ngomong naik pesawat. Secara ilmu psikologis dia gak pernah naik pesawat. Anda akan tahu kalau ilmu saya benar . Kalo gak percaya tanya langsung si predator

    • AMOKKERE says:

      pesawat nya gemuk nian, persis kyk punya ane waktu kecil, minta ditiupin sama babe

    • Arema Sejati says:

      Ora sido tuku mobil q, q tak tuku helicopter Chinok ae

  2. 2
    tanur says:

    Waw luar biasa, jalur selatan katanya lebih kosong

    • AMOKKERE says:

      Jalur selatan cocok buat mereka yg ga suka tantangan di perjalanan…,
      Atau yg tingkat kesabarannya masih tipis

  3. 3
    DIRMAN banjarnegara says:

    dari cikarang pulang ke banjarnegara bergkat minggu jam 4 sore sampe rumah selasa jam 11 siang…mantap Egga.

  4. 4
    FBO says:

    Knp gk pke kereta atau pesawat lek?
    Mending naik kendaraan umum itu meski hrganya lbh mahal dan inden tiketnya bulanan tp setidaknya gk dpt macet slma perjalanan + sampai tujuan jauh lbh cpt.
    Utamakan kendaraan umum aja klo mudik lek..

    • AMOKKERE says:

      Kurang seru mas naik transportasi umum. Tu moda transport buat yg ga punya nyali nembus kemacetan

    • Jonih says:

      Kurang seru mas naik transportasi umum. Tu moda transport buat yg ga punya nyali nembus kemacetan

      ————————————–
      Ente mau mudik apa mau uji nyali?

  5. 5
    Tom says:

    Happy holiday gaess

  6. 6
    Tvs draken says:

    Bihhhh ngeri…

  7. 7
    a says:

    Wih enak yo bloger naik boil bagus kalah si alex yg gajinya 15 jeti harus kredit honda(daihatsu) sirion gak selesai2
    Sepurane yo lex

  8. 8
    NSZ225 klingon boy says:

    penuh perjuangan yg mengharukan ber cucur peluh keringat berkorban fisik dan mental demi tanah leluhur nenek moyang yang kuat terpatri di setiap insan perantauan pantang menyerah ga ad cerita ga putar balik kucing,walaupun rintangan terjal menghadang demi momen istimewa berlebaran bersama sanak keluarga ….salut buat para mudikers sejati..

  9. 9
    palentino says:

    karma!!! blog warung roda dua, kenapa mudik roda empat!! pengkhianat!! sukuuur

    • NSZ225 klingon boy says:

      penghianat mbuah muu..pake roda dua depok tulungagung puncak arus mudik????bisa tepos pantat.

      IWB bisa kurus mendadak …..NGOOOHHAA…HHAAA

    • Sabar says:

      Contoh orang yang masa kecilnya kurang bahagia..haha #ngomong gak muikiiiiirrr…✌✌??

    • AMOKKERE says:

      memang lebih afdol nunggang montor
      Samplouk swallow
      plak plouk
      kapok kon

  10. 10
    david says:

    ngertio ngunu penak lwt jalur selatan lek. longgarr. macet ya macet tp gk sparah jalur utara. parah bgt.

  11. 11
    agus says:

    sy 32jam cirebon-demak… rasane ky arep smaput

  12. 12
    Yamahatiku says:

    Kendaraan umum?? Kereta?? Pesawat??
    dua moda tersebut cuma sanggup menampung puluhan ribu orang sejak H-10 sampe H+10..

    Sementara yg mudik ada jutaan orang.. Pilihan yg tersisa tinggal naik bus AKAP, naik motor, sama mobil.. Mau ga mau harus merasakan jalur neraka!!

  13. 13
    royco ( sempak oversize ) says:

    itu murni kesalahan pemudik coba gak mudik pasti gak macet itu jalan….

    ♯kataceebonger
    #yangpentingaduPANCO

  14. 14
    Tambenk says:

    Mampus dah lu pada jamet.
    Mending ga usah balik ke jakarta lagi

    • MT_Rider says:

      Emang org jkt bisa hidup tanpa pendatang? Keluar aja dari indo diriin negara jkt..tolol loe bukan maen!!!

    • AMOKKERE says:

      Pasti bisa
      optimis saja…..

      coba direnungkan, gimana kalau ga ada jakarta, pasti mereka cari kota laen

    • jawir says:

      Sirik ya?
      makanya kerja yg bener, biar perusahaan gak nyari dr kampung..

  15. 15
    Joni says:

    Salahku sendiri lek merantau sampai ke Depok Jabar, Suroboyo bukannya kota di sana lek koq tidak menyerap tenaga kerja se-Jawa timur. bloger R2 penghianat katanya mestinya mudik pakai R2 lek sampean

    • AMOKKERE says:

      Ini masalah boyok bro,
      punggung bagian bawah dan pinggang dan yg laen.
      Beda sama anak baru lulus kuliah.
      Hati-hati bro dgn kata pengkhianat. Samplouk swallow plak plouk

  16. 16
    lotnok (bojoe kowab) says:

    Biyen kae lak wes tak omongi… Boilmu vioZ ditambahi sayap ben iso berubah dadi pesawat.. Dadi pas kejebak macet isok digae mabor… Nek wes ngene iki yo rasakno dewe pul ipul… ????????

  17. 17
    Semprul says:

    Kecebong sibuk bikin TOL LAUT, dan kereta cepat (cina)….eh jalan darat di abaikan. Si kecebong malah jalan-jalan ke sumbar. Para menteri nyalahin pemudik, yah….terima aja milih si kecebong jadi presiden…..

  18. 18
    jbat says:

    Bloger R2 ga harus pake R2 terus, loe pikir pebalap motogp buat transportasi sehari2 pake R2 apa? Piss.. eh peace..

    • AMOKKERE says:

      Bilang peace aje kliru piss
      Tipikal orang terlalu cerdas
      Kebanyakan makan tahu bulat wkekekek

  19. 19
    wandy says:

    Marah pada kemenhub bang, soalx kemenhub rezim2 sebelumx belum ada yg begini “prestasix” sampai byk yg tewas kelelahan

  20. 20
    wistyo says:

    Rekosone pengen ndelok biyung direwangi mlumah murep neng ndalan , yo ngono kuwi perjuangane arep Rioyoan penuh perjuangan dan itu akan terbayar tuntas disaat kita sudah bertemu family dikampung.

    Joss Lek , aku wingi Bekasi-Madiun kena 28 jam tapi tetep semangat.

    Besok rencana arep nang Ngunut TA oleh mampir ora kie ?

  21. 21
    mat bogank says:

    ngerti macet pas nang gerbang tol koq yo gak dialihkan jalur lain ambek petugas e?? opo petugas e sibuk ngatur bagindane bagi” sembako nang padang????? eh bagindane wes sungkem nang wong tuwone ta??? cma pengen tauuuu

  22. 22
    reader netral says:

    Ditotal brp jam kang Iwan buat sampe tempat tujuan?

  23. 23
    ndra says:

    Program dp motor 0% serta program mobil murah LCGC yg d tanda tangani pemerintah bikin makin bnyk yg membeli mobil.. alhasil makin bnyk yg mudik bawa kndaraan pribadi terutama mobil yg meningkat drastis, tanpa d dukung infrastruktur dan etika berkendara yg baik

    • cuz+ says:

      Yang ini komen bener neh…

    • AMOKKERE says:

      Lagian bawa mboil ke kamvung tu luwih greugeut euiy
      Besok kalau gue uda punya mboil n vulang kamvung trus ada yg bilang ” pamer nih ye…”
      Langsung aje gue samplouk sendal tu orang Plak Plouk
      Biar kapok

    • eric says:

      LCGC kl gak salah menteri perindustrian ya..

  24. 24
    rider supra says:

    Mas iwb mudik pake scudo ya?? Habis berapa mas bensin nya??

  25. 25
    snoopy says:

    aku dr kalijati jam 12:30 nympe pmlg jam 17:00 brgkt H+1 lewat jalur alternatif.. pejagan. slawi. pangkah . dongkal lancar jaya

  26. 26
    Thiwul Lover says:

    Klo dari bentuk spionnya…kang iwan naek pajero..hehehe

  27. 27
    azril says:

    lha…om ane dari cikarang minggu pagi nyampek kab. nganjuk hari rabu siang…

    • AMOKKERE says:

      Ga macet, ga da cerita….. cuman oleh-oleh doang….. kagak seru tuh….. palagi heroik……

  28. 28
    Brandalz says:

    Mobil baru lek?? (Sebut aja innova) wkwkkwkwk

  29. 29
    Ronaldo says:

    Minal Aidin… Minal Aidin…

    nikmati aja macetnya. Emang semuanya begitu.

  30. 30
    gsx_rider says:

    Kalau diluar negeri itu penyedia tol dah dituntut krn kemacetan…ada kejadian serupa d salah satu negara sampe dituntut..cm indonesia ini kan negara hukum yang ga berhukum…apalagi menteri PU nya orang ga tau malu cm bisa komen tapi ga bs kerja…komen sama komunitas penambal jalan, komen ga percaya ada yang meninggal krn kelelahan mudik..trus dia mau bilang suruh siapa mudik..ya elu jd pemimpin yang becus kl ga bs kerja ga usah naik jd menteri..dasar menetri tolol

  31. 31
    oyil says:

    wah. nk ngerti leren kendal yo tak ampiri lekkk

  32. 32
    Agista says:

    Mudik memang punya berjuta cerita.. suka dan duka..

    Tapi walaupun saat d perjalanan penuh dengan rintangan mudik.. macet, ban kempes, antri di spbu, dll.. semua berubah.. dan lebaran sesungguhnya sangat terasa setelah berkumpul dengan keluarga besar.. suasananya indaaahhh banget..

    Aku yakin d kampung halaman om iwb pasti seru banget setelah kumpul bareng dengan keluarga..

    Spt d rumah mbah sekarang..
    Malah keluarga aku.. ada yg mudik dari sumatra riau-malang lewat darat 6hari 5 malam.
    Dan ceritanya g selesai satu malam jika d bahas.

  33. 33
    jamal indag says:

    podoo om.. kakean kendaraan.

  34. 34
    Boy says:

    Yg komen ngeri ngeri…
    Mosok macet dibilang tantangan…
    macet tu krna kbnyaran roda 4 dan kndraan berat yang jalannya lemot..
    Emg bner hrusnya pajak kendaraan dibkin mahal sekalian..
    biar pada mkir 2x kalo mau beli ke daraan..

    • Neutral says:

      Kendaraan berat kayak truk maksud ente kali gan??? Ngaco lu wwkwkwk, wong truk barang kecuali truk bbm ama sembako aja udah dilarang lewat tol h-2

  35. 35
    1NZFE says:

    saya dr tajur bogor ke garut brangkat 11.30 malem sampe 6.00 pagi..macet lumayan dr nagrek sampe kadungora…staun skali macet macetan parah mas krn sy bukan pkerja ibukota yg harus kena macet tiap hr Jd its ok lah kena macet sjem 2 jem doank

  36. 36
    tomcat says:

    Alhamdulillah macetnya udah bergeser ke brebes..dulu tiap taun macet total spnjang klari karawang…smoga tol transjawa sgera dpt direalisasikan shingga mobil yg kearah jawatengah jawatimur bs langsung lewat dn tdk ada pnumpukan di brexit…u jalur baru jkt ckp bagusnya pk jalur elevated ..jalur bwh u mobil truk bus..jalur atas u mobil kecil…pertantaanya pke duite sopo? Pst pinjem lg ke tiongkok….

  37. 37
    Gowes says:

    tol brebes itu tdnya surga, tapi smnjak lglc dan pemudik menyerang. semua berubah jd neraka

  38. 38
    anak pantai says:

    Selamat Idul Fitri kang iwan. saya mau ngasih info bisa dicoba, saya mudik dari bogor ke arah pelabuhan ratu terus ke arah surade, pamengpeuk lurus ketimur sampai pangandaran, langsung ke arah cilacap, karangbolong, jogja. jalan mulus tapi sepi. untuk pamengpeuk sampai jogja sdh ramai. klo jarak lebih jauh dari pada jalur utara atau selatan tapi In shaa Allah bebas macet.

  39. 39
    k!ng_julien says:

    Mayan kang,nggo cerito,bek ngne kan artikele jadi seru bgt,sayang galeri gambare kurang..
    Lain kali bikin artikel khusus serba serbi mudik kang,kyke seru nih..

  40. 40
    YsF says:

    Jalur selatan kalo boleh dikata 50-70% lebih lengang daripada tahun kemarin. dan angka kemacetan pun turun drastis.

  41. 41
    @agengpria says:

    Huwaaaa nyerah di Kendal sampai ga ngetwett followermu yang di kota ndeso ini, ngerti gitu tak parani tak gawakke minyak gosok karo krupuk rambak khas Kendal Mas Iwan… hadeeehhhhhh, melas temen, pokok’e joss!

  42. 42
    sisil says:

    kendal mampir nggonku lek…weh weh telat ngerti aku..

  43. 43
    adit says:

    kl ane liat2 banyakan org bawa boil ke kampung hanya pengen pamer dan dikatakan sukses, pdhl kl dihitung masih ngiritan naik kereta drpd bw boil sendiri

    • Yanto says:

      Ga juga…..saya sekeluarga naik boil jakarta – Indramayu pp cuma abis bbm 200ribu plus tol 30ribu, coba kalo naik kereta ato bis kota 6 orang habis berapa?

  44. 44
    ahsan says:

    yang salah ya PEMERINTAH..
    ga’ becus ngurus mudik..!

  45. 45
    paino says:

    Moco artikele marai ngeri dewe wa, alhamdulillah ra domisili neng jekardaah

  46. 46
    Hadi tanjung says:

    Q numpak kereto mas, brgkt jm 4 sore, jam setengah 2 mlm udh nyampe di rmh bojonegoro,jatim

  47. 47
    wangi says:

    Pemerintah sekarang gak siapdan parah.menterinya harusnya malu dan mundur.kecuali tdk punya urat malu.seharusnya dipersiapkan langkah untuk mengatur lalu lintas.contoh dilosari seperti yg saya alami tetjadi macet.ternyata gara2 isi bbm di pom.sehatusnya dibuat 1 lajur khusus untuk idi bbm sehingga 1 jalurnya bisa untuk mobil langsung lurus dan ditambah 1 jalur kontra flow.yg saya amati 5x pom bbm macet semua.saya gatau usaha polantas di brebes tapi yg jelas penanganan masih lbih baik di tegal dengan membuat jalur untuk antrian bbm sehingga relatif lbih lancar.efek dari macet ini brebes,tegal pemalang bbm langka.eceran dijual minimal 25 rb/liter.itupun klo ada….apakah pemerintah masih ngelak alasan macam macam.12 org meninggal efek macet .krn pembanding dari tahun2 sebelumnya gak separah ini.akui saja klo memang GAGAL.

  48. 48
    whitejezzy says:

    berhati hatilah mas
    brebes tegal adalah neraka para pemudik

    kebetulan rumah saya di sekitar jalur pantura tegal kota

  49. 49
    reireirei says:

    Btw penasaran aja Kang, dari awal kok nggak di planning lewat jalur alternatif aja?

  50. 50
    romeo says:

    banyak yang bilang mudik pake mobil dikatakan pamer dll, coba kalo dipandang dari sisi lain, angkutan umum seat nya terbatas, tak mungkin keangkut semua, dan angkutan umum hanya dari bandara ke bandara, stasiun ke stasiun, terminal ke terminal, sedangkan mereka yang tempat asalnya dari pedalaman yang tak ada terminal, bandara, stasiun, akan susah mencari angkutan terusan dari tmpat berkumpulnya angutan umum, apalagi yang mudik dng keluarga, harus berpikir 5kali drpd kalo kita masih single. minta jemput sodara?? iya kalo sodaranya bisa jemput, kalo ga bisa?? lagipula, pilih mana mudik kita repot sendiri ato merepotkan orang lain?? mungkin kalo kita masih single, kita bisa tahan gelantungan, gencet2an, terlantar. itulah mengapa mudik dengan kendaraan pribadi, terutama mobil, sampai kapanpun tetap menjadi pilihan.

  51. 51
    imotorium says:

    lah kalo ke jatim saya mending lewat selatan .. lek iwan tetap nekat itu tau itu tol macet gila. kan udah ada gps lek di smartphone.. ikutin itu, cari alternatif..

    muter dikit buang bensin lebih ngga apa2 dibanding harus nongkrong disana

  52. 52
    dik dik says:

    Coba klo lewat kuningan luragung banjarharjo ketanggungan slawi bablas lwat banjarnegara jalur tengah dijamin ga bakalan macet,wlopun lebih jauh yg pnting lancar jaya…ane dh kapok lewat tol brebes…kaya thun kemarin kejebak dipejagan.

  53. 53
    ian says:

    kemaren H-1 ane lewat selatan kang nagrek lancar puol ora macet samasekali berangkat abis subuh nyampe kampung ane sruweng kebumen jam 7, itu karna kebanyakan berhenti jalan nyantai wae hehehe

  54. 54
    bima says:

    sampah yg tak terelakkan, Indonesia bgt…

  55. 55

    demi keluarga dikampung jihad mudik ke kampung halaman…barokallah cak

  56. 56
    Farrel says:

    Ya ampun ngeri banget macetnya om. Untung aku gak mudik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here