Hati-hati banyak motor rusak akibat pengecer BBM ilegal...!

86

16pompa-pertamini-ktb

Bro dan sis sekalian…kalau sampeyan diluar Jawa pasti merasakan betapa sulitnya kadang untuk menemukan SPBU resmi. Jarak yang ampun bikin ngowoh tak ayal membikin kita harus pintar-pintar mengatur pengisian BBM. Kondisi inilah yang dipergunakan oleh para pengecer BBM ilegal untuk mencari keuntungan. Dilaporkan oleh bro Ryasta via surel…ternyata banyak korban berjatuhan akibat bensin yang dijual mereka. Waduh….

Bro Ryasta menceritakan….lokasi SPBU yang mencapai 7 km dari kampung mereka membuat pangecer BBM ilegal menjamur. Kenapa dibilang ilegal ?…sebab menurut informasinya, bensin dari pengeboran sendiri di Palembang (bukan pertamina). Dan dari BBM yang mereka jual itulah banyak korban motor injeksi bertumbangan satu persatu. Berikut surel doi ke IWB…

Assalamualaikum kang. Saya pembaca dari Bekri, Lampung. Begini kang, kemarin saya ke bengkel langganan ganti gear dan ngobrol ngalor ngidul sama mekanik (yang punya bengkel). Sampailah ke topik bensin. Mekanik bilang ati-ati beli bensin eceran (di kampung saya pom bensin jauh 7km) jadi kebanyakan beli eceran…

Kata mekaniknya…akhir-akhir ini banyak motor masuk bengkelnya terutama yang injeksi karena bensin eceran…di tempat saya ada 2 jenis bensin eceran. Yang pertama dari pengecer ngambil dari pom bensin langsung (bensin dari SPBU Pertamina terdekat) dan kedua pengecer ngambil dari agen bensin yang di bikin manual bensinnya dari Palembang….

Nah…yang kedua ini bensin dari pengeboran sendiri di Palembang (bukan pertamina). Saya langsung tanya ke pengecernya pernah juga di tawari yang pake drum dari Palembang tapi nggak mau takut di tangkap. Saya tanya emang kenapa…kata pengecernya itu ngebor sendiri dan masih mentah alias penyulingan nggak sesuai peraturan masih bercampur dengan zat yang lainnya. Masalah yang di alami pemilik motor (injeksi) brebet dan pagi susah hidup kang….

bensin eceran

Nah…itulah surel dari pembaca yang masuk kenewsroom IWB. Tentu sangat menarik karena IWB pun baru tahu ada bensin model ngebor langsung. IMHO sepertinya memang keluar secara ilegal mzbro. Dengan informasi diatas IWB bisa meraba sepertinya bensin yang dijual dari pengecer ilegal ini memiliki kualitas dibawah standart. Mogok dan susah distarter dari analisa kasar adalah kinerja injector yang terganggu. Bisa jadi tersumbat mzbro. Oleh karena itu….

IWB himbau kepada sampeyan semua yang kebetulan membaca artikel ini dan berdomisili didaerah Palembang, lampung dan sekitar untuk hati-hati dan memilih bensin dari para pengecer jalanan. Jika tidak terpaksa bener mending hindari serta langsung datang ke SPBU resmi. Kepengecerpun monggo pilih yang pertama agar motor sampeyan tetap sehat. Preventif lebih baik ketimbang memperbaiki. Mumet soale kalau sudah kena. Nah….ada yang punya pengalamam buruk soal ini nggak?. Biar para pembaca lain lebih waspada kangbro…….(iwb)

Noted : Gambar hanya ilustrasi

 

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

86 COMMENTS

  1. 1
    bocah says:

    opo2 kog palsu…herman saiia..

  2. 2
    nurdin says:

    ngoahahhhaa premium ready …

  3. 3
    aturaja says:

    mantap

  4. 4
    nurdin says:

    ngoahahaha bensin disana seliter berapaan ya lek ,,,
    nyampe 10ribu gak ,melas yang pake xeon entar gak jadi horang kayah lagi …
    ekkkekeee ?

  5. 5
    Sunartosili says:

    Saya pernah tinggal ditanjung pinang(2004-2005).disana malah aneh,jual bensin eceran tetep laris padahal jarak dari pom bensin cuma sekitar 600m.saat itu satu botol aqua dijual 10ribu rupiah

    • Geran says:

      Gk di pinang aja,di batam juga.klo menurut saya ini karna panjangnya antrian pom bensin.penyebab utamanya karna tidak efektifnya sistem kerja pom bensin disini.bayangin aja tiap tempat punya 12 pom,tpi yg aktif cuma 2 pom buat motor(premium dan pertamax),3pom buat mobil(premium,pertamax,bio solar),7 pom lagi tiap hari gk ngapa2in.ngapain dipasang cba kan.mungkin cara pemilik pom hemat pengeluaran dengan hanya memakai sedikit pekerja

  6. 6
    pendekar ngek-ngok says:

    7 km kl pake motor dekat kok, kecuali jalannya batu terjal semua

  7. 7
    nurdin says:

    kuwi bensin atau oplosan lek…
    botolan ngono ?

  8. 8
    Masriyono says:

    Ati ati bro, sis, bang, neng. Kalo bensin gituan, di cek dulu warnanya, kalo warnanya bening agak kekuningan itu 90% bagus. Kadar impuritis ato pengotornya dikit. Tapi kalo keruh agak kehitaman ati ati, bisa jadi itu msh ada gum.nya yg bisa bikin buntu lubang injektor ato karbu

  9. 9
    nurdin says:

    bensin kok kayak air nira ,, tua k tua kkk ..

  10. 10
    nurdin says:

    enakan di jawa ya lek , pom bensin aja banyak yang gulung tikar, sedangkan saudara kita dsana berbalik 180derajat ,,,
    mungkin ahok sama jokowi harus pindah kantor di luar jawa biar ya pbangunan lebih merata

  11. 11
    nemplok says:

    biasakan tangki penuh

  12. 12

    wah yang ini nh mantaf 😀

  13. 13
    nurdin says:

    kuwi bensin sing bening di ombe nee cebong di jamin muter muter kaya kipas angin ..

  14. 14
    coey91 says:

    bbm sulingan ilegal mgkn ronnya jauh d bawah standart atau masih tercampur tanah dan air imho

  15. 15
    bang herman says:

    yang premium dari pertamina aja kotorannya udah kayak lumpur
    apalgi yang masih mentah hasil ngebor sendiri (katanya).
    emangnya ada ya ngebor langsung berupa bensin siap pakai 😀

  16. 16
    Dhani says:

    gak pernah isi bensin eceran lek

  17. 17
    slamet says:

    Alhamdulilah kang

    Setelah menetap di ibukota madrid disini bensin aman2 aja ..

    Malahan apartemen tetanggaan sm CR7

    Ngoahahahahahahahaha

    • slamet says:

      Kiiimmpeett kiimpeett

      Gravatarku nongol koyo raine marno …

      Ngoahahahhaha

  18. 18
    Ikan bakar says:

    Bensin campur nenen…. Jadi keracunan dahhh…

  19. 19
    Ikan bakar says:

    Bensin campur nenen…. Jadi keracunan dahhh… Wallaahh…

  20. 20
    vahlefi says:

    walaah,, dulu pas masih tinggal di kalsel, spbu terdekat jaraknya 30an km dari rumah kang, tiap hari beli bensin ya eceran, pas langka-langkanya harga melambung bisa sampe 20ribuan perliter,,,

  21. 21
    Lemon says:

    Apalagi motor palsu ala ahaem, dikasih bensin pom aja bocor..

    Kkkkkk.. kena tipu lo.

    • Marquezz says:

      Sohc yiemm dikasih bensin bener tetap ngebul 8000 rpm..apalagi bensin oplosan???ngeriii..

  22. 22
    Bejo says:

    Kang kalo gtu..gimana klo ada yang mau ngada’in touring luar jawa..misal solo touring..yg notabene gak hafal dmna aja titik pom bensin…kalo tau2 habis d tengah pjlanan trus jauh pom bensin trus adanya bensin XX bgtu…

    Apa di mbah gogel map ada fitur letak pom bensin kang..maaf hp saya jadul kang..jdi gak tau…

    Mohon jgn d bully..hehe

    • Nino mix max says:

      Ada lh pom biasanya keliatan d map

    • Andy Sanz says:

      Tenang aja kalo di google maps ada ko informasi pom bensin terdekat,selama masbro masih di kota sih aman. Kalo agak ke pelosok tau deh ada sinyal atau engga buat buka internet hehehehe

  23. 23
    PREDATORâ„¢ says:

    biarin saza waaa
    mereka ouwla cari nafkah waaa

    haiyyaaa cilaka luwa welas waaa

  24. 24
    gayuhh says:

    Njengat tenan Lek..
    Kok bisa pengeboran ilegal nggak tercium jejak.nya sama polisi atau pihak terkait?
    Jelas merugikan ini..dari sisi konsumen sama negara..
    Menghalalkan segala cara kalo ini mah..?

  25. 25
    Reinaldi Lawrence says:

    Kayaknya bensin yg dlu saya beli dicampur sunlight kali ya biar mesin bersih jadknya warna ijo hahaha..

  26. 26
    Goyang Tubeless says:

    ini penulis ngasi pesen: “makanya pakai motor irit!!”

  27. 27
    Reinaldi Lawrence says:

    Weleh bru tau ada bensin begituan lek iwan.. klo di tamgerang sih ada bensin eceran pernah beli sekali 1 botol aqua 600ml karna kepepet mogok tengah jalan (kondisi motor baru kluar dealer dan otw spbu tpi mogok tengah jalan), anehnya bensinnya warna ijo hahaha (mungkin dikasih sunlight kli bermaksud untuk membersihkan mesin haha).. motor pas itu langsung berisik banget dan wuanehh.. dan stelah itu saya langsung pke vpower aja karna cuocok jos gandoozzz.. hati2 ya lek yg di tangerang hehehe..

  28. 28

    belum lama ini sudah byk truk muatan minyak ilegal dijaring polisi. kasus yg terakhir kemarin dg memanipulasi truk bak biasa dan dikasih /dibikinkan tangki bentuk kotak mengikuti bentuk bak truk. jadi polisi dibuat terkecoh. nah kebetulan kemarin pas tertangkap itu tidak sengaja sedang melakukan operasi malah 3 truk tersebut keciduk. dan ketahuan.

    #jaring

  29. 29
    FBO says:

    Mau bnran aman ya beli bensin minimal wajib di pertamina.
    Klo misal perlu, mending beli bensin dimasukin jerigen sendiri untuk persediaan..
    Klo mau prjlnan jauh, tinggal bawa persediaan bensin sckpnya.

    • Mas gandhi says:

      Haiyaaa ni olang bnyak cakap kantong cekak wah…lu olang main ke luma ei wah..ntar tak kasih sodakooo.

      Haiyaaa wahyu nasluk holang kaya cilaka tura2 wah

    • FBO says:

      Mabuk lu? ?
      Minum obat dlu bang..

  30. 30
    siEG says:

    7km deket bos, kalo gak mau ribet pulang/berangkat kantor/sekolah mampir beli bensin

  31. 31
    New supra one says:

    Mungkin bukan pengeboran sendiri kali, tapi oplosan

  32. 32
    Andhy says:

    Untunge aku nang jowo

  33. 33
    kevink says:

    Ya pertamina aja mau jualan bensin pasti pakai r&d yang cukup njlimet dan panjang.. Kalo ini diproduksi tanpa standar y baik dan ga tau bagaimana kadar kandungannya pasti kemungkinan besar rusak karena injektor, tb, sensitif dengan bensin jelek

    • Mas gandhi says:

      Ai naik xeon ai kasih minyak goleng aman2 aja wah….lo2 olang ngapain pada libut wah…

      Haiya wahyu naslul cilaka tura2 wah

  34. 34
    old lady biker says:

    Motor dan bensin sama” kurang berkualitas

    • Mas gandhi says:

      Ni olang mlarat napa masih hidup wah…haiyaaa lo olang mending main taman lawang wah.

      Haiyaaa wahyu nasrul cilaka tura2 wah.

  35. 35
    Omamat says:

    memang benar kondisi itu kang,, kebetulan saya di lampung,,
    bnyak penjual eceran yg memanfaatkan keadaan itu,
    secara memang harganya jauh lebih murah ketimbang beli di POM pertamina,

    modus pengirimannya pun unik,
    tangki besar di masukkan kedalam bak truck, jadi sekilas truk itu hanya truck barang,, tapi didalamnya ada tangki besar untuk menampung BBM mentah tersebut,,

    memang sudah sangat meresahkan pedagang yg nakal seperti itu,
    tetapi kita juga warga sipil tidak bisa bnyk bertindak,
    karena dengar2 peredaran itu dibeking oleh, maaf Oknum Polis setempat,,

    saran saya,, jika memang kepepet mau beli BBM eceran, sebaiknya beli secukupnya saja untuk meneruskan perjalanan ke POM terdekat,,

  36. 36
    ? pangeran ? says:

    Untung di sini SPBU pertamina menjamur lik …isinya always Pertamina Pertamax plus ron 95 …1L Rp 8550,-

  37. 37
    catur says:

    .,.untuk meminimalkan resiko….belilah di pedagang yang sudah kenal kalo terpaksa beli eceran..

  38. 38
    nunu says:

    ini yg harus di”bina” dan di”sah”kan.. digabung jadi di”binasah”kan

  39. 39
    Oblag says:

    Udah biasa di daerah sini lek (Palembang) apalagi pengecer daerah pelosok yang jarak dari SBPU 70an km. Di sini kita nyebutnya bensin sulingan, emang dari pengeboran manual pada sumur-sumur tua. Penyulingannya pun belajar 5 menit bisa langsung praktek. tapi tetep laris aja walau bikin motor ngadat. lha piye jarak antar SBPU disini min 40 km’an. Dan harga bensin bensin dari SPBU Pertamina saat ini saja 9-10 ribu. Jal keren pora lek motor kami buat ngarit aja harga bensinnya 10/liter!!!
    huehehe…..

  40. 40
    Oblag says:

    Sumur sumur pribadi juga banyak kok, sumur tua yang sudah gak dipakai lagi, atau sumur yang gak jadi di bor. Daerah sekayu Palembang banyaknya bisa ngalahinin jumlah sumur air buat mandi. Nyulingnya pun mudah kayak ngrebus air.

  41. 41
    Petruk says:

    Yg koplak tuh yg ngirim surel. 7km ya jauh kalo untuk ukuran jalan kaki. Yg namanya spbu sekali pun dikota ya harus nempuh beberapa km, kecuali kalo kebetulan sebelah rumahnya ad spbu tapi jarang ada.

    Keg baru punya motor aj tuh orang, kalo ngisi jarak 7km perhitungan banget, malah masih dekat lah kalo naik motor kecuali 30km barulah bisa dibilang jauh kalo cuma buat ngisi aj.

    Lagian kalo motor harian wajar juga nempuh jarak segitu, koplak tenan cak.

    • ryasta says:

      hahaha…ane hadir kang petruk
      masyarakat di kampung ane prinsipnya yg kurang pas,mending beli eceran drpd ke spbu cuma ngisi seliter…begitu prinsip ekonomi kebanyakan di tmpt ane…

    • Petruk says:

      Yah kalo ud ke spbu seharusnya ya diisi full aj kan bisa stok, kalo ngisi seliter aja ya ampun dah kalo gtu.

    • ryasta says:

      nah itu yg ane heran jg 99% milih beli eceran pdhl harganya 8rb…padahal kl ke spbu bisa hemat 1rb lbh perliter…ane sendiri dah setahun pake pertamak kl ke spbu bawa drigen

  42. 42
    Imam Adi says:

    Mencegah lebih baik daripada mengobati, tapi di lain sisi, dengan fakta di lapangan; indonesia belum siap dengan teknologi injeksi ya kang karena menurut surel diatas kebanyakn motor injeksi yang troubke? Secara indonesia bukan hanya pulau jawa, seperti yang diatas contohnya pom bensin berjarak 7km dari rumah, dan yang tersedia bensin ilegal, sedangkan motor sekarang mayoritas sudah injeksi, ya walau tidak menutup kemungkinan motor karburator ada resiko utk trouble juga, tapi intinya kan injeksi jauh lebih ‘sensitif’ dibanding karburator, sorry kalo out of topic kang

  43. 43
    GE says:

    Satu yg unik di Lampung, yaitu ada pom bensin yg non Pertamina. Entah dikelola pemda lokal setempat atau swasta belom cari info. Merknya bukan merk terkenal macam Shell atau lainnya rasanya. Warna SPBUnya biru. Ada yg bs jelasin itu gimana?

  44. 44
    Francisco Arifyan Rahardi says:

    Setau ane kang, itu dah pernah ditayangin di TV, bukan masalah “palsu atau asli” tp kehidupan masyarakat yg dapetin minyak dari sumur bor minyak dri peninggalan jaman penjajahan… Yg diambil trus disuling sendiri n minyaknya dikumpulin trs dijual n sebagian dipake sendiri…

  45. 45
    nunu says:

    kalau mau irit dan ga rusak motor pake bensin campur ajah.. campur dorong.. haha
    kalo disini kasusnya pedagang bensin eceran sebotol isinya 800ml harga 9000, itu kalo siang kang, kalo tengah malem 1 botol 600ml harganya 12000, opo ora ngowoh kang..
    kalo saya beruntung kerja jarak jauh slalu mglewati pom, jd tiap perjalanan isi full buat cadangan perjalanan.

    bensin kaya gini bukan solusi kang, kalo sampeyan itung lebih baik jauh belinya banyak pake drigen besar, dr pd pake bensin oplos yg bikin mesin rusak ga kebayang tuh ongkos servisenya brp? karna umur mesin mesti bakal cepet ambruk.

    cerdas beropini

  46. 46
    genbuz says:

    lampung, tanggamus masih aman, belum pernah ada kasus demikian…
    Setidak nya di daerah sekitaran wonosobo, semaka…

  47. 47
    rezza(ex rr) says:

    Wah bahaya itu..Bisa merusak motor kang.harus dilaporkan sebenernya itu
    Mending jarak 7km sekali beli pake drigen juga biar bisa buat besok2nya tanpa Ada niat untuk menimbun

  48. 48
    Fardiansyah says:

    Paling aman ya di spbu lah kang

  49. 49
    motor cool says:

    klo di tempat saya lek bensin dari palembang disebut bensin banyuasin aplg waktu bensin mahal kemarin menjamur tenan .. tp sekarang bensin murah bs ditekan peredaran bensin asal pelembang. bukan motor injeksi aje lek jd korban motor karbu biasa jg klo keseringan bs brebet busi dimakanny jg teus obatny dikuras .. ngoahaha ..

  50. 50
    RJ says:

    Bener banget om beritanya, saya tinggal di sumatra selatan tepatnya lubuk linggau dan banyak pengecer bensin dengan dua tipe di atas dan harus pintar milih tpt langganan kloe mau isi eceran, beberapa kali kena jebakan betmen abis ngisi motor jari rewel alias berebet dan susah hidup. . Dari beberapa kali kena jebakan itu ane analisa sendiri ternyata yg merek PERtamini yg sering bikin berebet, sedangkan yg pake derigen kecil enggak tpi pasti ya ada juga. . .

  51. 51
    sruuput says:

    Sudah sering masuk tipi tuh,di sumsel pengeboran minyak liar bekas sumur minyak zaman belanda,diolah secara manual pake drum2,hasilnya ya bensin miskin oktan,injeksi ya jebol

  52. 52
    ASD says:

    Itu oktannya brp coba?
    70-an doang kali ye.

  53. 53
    bellatoys says:

    tdk semua yg melakukan pengeboran mibya sendiri kualitasnya sama, ada jg yg sdh memilah2 kandungan minyaknya… duku sy pernah ngobrol dg salah satu pemilik pengeboran minyak, bahkan dia berani bilang kalo harga minya hanya buatan oknum2 memperkaya diri mereka sendiri, saat sy berbicara dgnnya, wktu itu hrg premium 6500. kata dia, dia bs jual 2400 per liter n itupun sdh untung byk….. nah ni kok 6500, sisanya siapa yg makan? begitu dia bilang.
    nah dalam hal minyak yg belum murni, justru pemiliknya yg akan rugi, krn dlm minyak trdapt kandungan minyak tanah, solar, premium, dll yg jika d olah lg akan lebih menguntungkan… walaupun jg terdapat zat yg harus d buang…
    krn org yg td ngobrol sama sy, adalah pemiliknya sendiri (mr x)…
    silahkan jika ada yg mau menambahkan….

  54. 54
    SigantengKalem says:

    Mas iwan, kalo daerah sayah ini lgf menjamur pertamini dgn pompa bensin yg mirip dgn spbu legal, bingun ane mas, dari mana dapat kiriman bensinya, misal beli eceran ke pom gimana cara ngsi ke tangkinya, atau memang ada yg suplly dari pertamina atau memang bensin sulingan, coba cek dan ricek daerah kab.bandung kang,,,

  55. 55
    ryasta says:

    nah itu yg ane heran jg 99% milih beli eceran pdhl harganya 8rb…padahal kl ke spbu bisa hemat 1rb lbh perliter…ane sendiri dah setahun pake pertamak kl ke spbu bawa drigen…

  56. 56
    Adhit says:

    Jgn kan injeksi, dibengkel tempat saya kerja pernah kejadian Satria carbu susah banget hidup, padahal baru kelar servis besar, ampe pusing g bisa” idup, pas di cek bensinnya taunya gak beres.. Tumpahan bensin di tangan gak bisa” kering walau di semprot pake angin kompresor, pas ditanya yang punya motor padahal abis di isi di pom bensin…

  57. 57
    Putros says:

    Info yang bagus Kang Iwan.. semoga pengguna lebih berhati2x dalam pembelian bbm dan pihak2x terkait bisa memberi solusi yang baik ke semua pihak..

  58. 58
    dapet says:

    suwi2 air mineral digae bbm. xixix

  59. 59
    YsF says:

    udah dari dulu lek iwb, dulu aja pernah masuk j3jak petualang klo ga salah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here