iklan iwb
Home Otomotif Alasan teknis jangan pernah menerobos lintasan kereta Api……kudu dibaca kang !

Alasan teknis jangan pernah menerobos lintasan kereta Api……kudu dibaca kang !

palang-kereta-api-diterobos

Bro dan sis sekalian…pasti sampeyan tersenyum dengan judul diatas. Lha piye…jelas jangan menerobos soale berpotensi tertabrak kereta. Dan jawabannya?….pasti betul. Lha piye….nerobos sing ono lak yo diambung kereta. Namun artikel ini tidak hanya menggaris bawahi hal itu. Ada penjelasan teknis yang membuat IWB pun tercengang bengong betapa ngerinya ketika kendaraan kita melintas diatas rel sebab berpotensi membuat mesin mogok. Walahhh….koq iso?….
460x110 IWBMtx-440

Yup….seperti dishare via FB, secara teknis bisa dijelaskan ketika kendaraan melintas diatas rel kereta dalam jarak tertentu dari lokomotif….maka mesin berpotensi mogok. Berikut kutipan lengkapnya…..

Dilokomotif ada boggie (roda kereta) dimana komponen utamanya adalah dinamo. Di dalam dinamo ada unsur magnit yang cukup besar, jika lokomotif seri CC berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar). Hal ini berdampak pada rel yg terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1KM dr lokomotif (sekali lagi 1 KM)….

Saat kendaraan bermotor melintasi rel KA biasanya menggunakan kecepatan rendah, apabila pengendara tidak memindahkan gigi mesin yang lebih rendah maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yang ada dapat seketika mati akibat faktor medan magnit boggie KA yg di hantarkan oleh rel KA….

Oleh karena itu petugas JPL selalu menutup pintu perlintasan sebelum KA mendekati perlintasan (berjarak -+ 3 Km). Bila ada pengemudi tetap menerobos/melintasi rel KA yang berjarak kurang dari 1 Km akan mengakibatkan mesin dinamo dan koil mobil yg sudah lemah dapat mati…

20140726201005772kecelakaan-kereta-vs-ertiga-di-kaligawe-semarang_20151105_100859

Bila hal ini terjadi segera keluar dari mobil anda, karena mesin mobil akan susah untuk di stater kembali. Sekali lagi Segera Keluar dari mobil anda. Maka di sarankan jgn melintasi rel KA bila sudah terlihat KA walaupun masih berjarak 1 Km dr perlintasan sebidang demi keselamatan anda…

Ingat KA tidak bisa mengerem mendadak karena bobotnya. Rata rata KA akan berhenti sejauh 800 M setelah di rem. Menurut Bagas Senoadji, PPNS Perkeretaapian…”Lebih Baik Kehilangan Waktu 1 Menit Daripada Kehilangan Nyawa Dalam 1 Menit?….

Pertanyaanya…benarkah broadcast diatas?. Harus dibuktikan dengan penelitian mendalam. Namun apapun itu menerobos rel kereta api memang tidak dibenarkan. So….mari bersabar dan hindari menerobos kereta saat palang pintu sudah turun. Penyesalan selalu datang belakangan kangbro……(iwb)

mobil-dan-motor-dihantam-ka-kalijaga-satu-tewas-IX8

89 COMMENTS

  1. Tentu saja sekalipun orang tua saya yg nerobos tetap saya bilang tolol masbro,patuhilah rambu rambu demi keselamatan bukan karena takut sama polisi masbro.

  2. Kalo msh ada waktu nyalakan klakson terus menerus sambil pencet tombol starter ..yg akan memutus pengaruh magnet..dan mesin sgera hidup lagi

  3. Bgus bgt mas artikelnya…sy slah satu korban kecerobohon supir busway yg main hp karena kurang fokus tuh busway masuk rwl kreta dan di hantam dan sy motor dan motor di sebelah sy ikut keseret …kejadian belum lama bulan lalu tgl 28

  4. Saya mah gapernah nerobos kang iwan. Saya malah menikmati saat keretanya lewat. Maklum, saya seorang biker dan juga seorang railfan (pencinta kereta api)

  5. Jare ewong ewong kebanyakan ea kaya kue Lik Iwaann , engger nyebrang rel sepurr kereta api kadang Mesin mati dewek mendadak kya kue lhh , jarene juga kaya ana magnete kue rel kereta apine engger sepure arep liwatt ewonge pada nrobos palang pintune ana sing kecelakaan mesin mati ya bisa juga rayuan setan kupinge di tutupi dadi ra krungu terus pendelengane werna werna selagine nyebrang rel sepur akehh kedadiane koh Lik makane ger ngliwati kuburan nyebutt ngliwati Brug nyebutt ngliwati rel sepurr ya nyebutt Basmallah pa piwe kan dadi pengeling eling kya kue.

  6. Ya akeh sing pada cerita kya kue Likk iwann gerr nyebrang sepur kereta api ana sing mogok nang tengah tengah Rel kereta api critane ea kena Magnete rel sepur kue wektu arep liwat sepure kebanyakan Mobill terutamane lgsung mesin mati nadib nasiban juga sii tapii ya akehh ewong pada cerita kya kue kohh

  7. Singvsering ya mesin mobill kue sing mati mendadak nang tengah tengah rell sepur gerr nrobos lintasan pas sepur arep liwatt ya nasib nasiban juga si likk tapi ya akeh sing pada ngomong kya kue si mesin bisa mati mendadak nang tengah tengah rel kereta apine

  8. sedikit cerita nih kang, di daerah ane (kota kecil), ane gk pernah nemuin orang tetep nekat melintas meski palang sudah ditutup, pas waktu saya ke salah satu kota besar di jateng tepat banget pas saya lagi jalan, di depan ada palang KA yg sudah ditutup secara penuh dan banyak yg masih nekat melintas (pemotor)
    pertanyaanny ini terjadi karena tipikal orang di kota tsb atau penyebab lain

  9. PETRUK emang SUPER DUNGU
    sama kayak FIFAUBIJI
    Tapi masih mending Petruklah…biar kate dungu, udah berhasil jadi penemu ECU PIRELLI & TURBIN DINAMO

    NGOAHAHAHAHAHA

    #kenapa ya fbh itu pada goblok2?

Comments are closed.

Exit mobile version