iklan iwb
Home Honda Ngelu mikir undang-undang modifikasi denda 24 juta…..

Ngelu mikir undang-undang modifikasi denda 24 juta…..

CB mesin tiger (2)

Sebuah motor klasik nongkrong dengan gagah. Motor CB yang sejatinya adalah Tiger ini dibangun dengan susah payah karena siempu memang demen motor klasik. Mulai dari nol….selain hoby, tujuan agar menarik perhatian dijalan raya cukup ampuh sebab siapapun pasti akan berdecak kagum melihat sosoknya. Seluruh body kinclong terawat. Mesin pun dikrom agar tampilan lebih menggigit. Kelengkapan lalu lintas juga diperhatikan. Kena guyur hujan…haram hukumnya dan langsung dilap dengan kain bersih. Sayang….akibat undang-undang modifikasi ancaman 24 juta rupiah menyeruak…..motor ini kini hanya ngandang tidak berani dipakai……
460x110 IWBbanner Yamalube motoGP R

Tidak heran uneg-uneg dilayangkan para modifikasi termasuk bro Fendy yang begitu kecewa dengan undang-undang modifikasi. Mengirim surel dengan judul…..”Ngelu mikir undang-undang modifikasi denda 24 juta”…berikut uneg-uneg doi….

Siang kang Iwan,

Edisi resah iki, siapa tau uneg-unegku bisa sampeyan bantu. Aq due (punya) CB jadul kang, cuma spek mesin sudah Tiger bore-up, surat-surat akur punya Tiger, no rangka nomer mesin juga Tiger. Tapi kalo mengacu UU no 22 tahun 2009 tentang lalin & angkutan jalan….iso-iso ngandang kang motorku. Masak modif pakai duit keringat sendiri dianggap kriminal?. Denda 24jt kurungan setaun…hadeehh….

Mosok yo motorku cuma dadi pajangan ruang tamu, nggak boleh ngaspal?. Lawong motor yo komplit, spion dua, ban juga gede-gede, lampu-lampu, sein, klakson tinggal pencet. Mungkin ini juga dirasa teman-teman modifikasi lainnya kang kayak teman-teman dari japstyle, brat, scooter dsb. Yaaa mestinya UU tsb bisa dikaji kembali laah…jangan hanya denda org 24 juta…

Kasihan orang-orang yang bergantung di lingkup modifikasi roda 2 ada pedagang assesories, pengrajin variasi (tukang knalpot, tukang jok, tukang tangki dll.), bengkel modifikasi, sampek tukang bubut mungkin kena imbasnya. Rasane pengen pindah Thailand ae kang ngene iki, surga modif hehehe. Matur sembahnuwun lek…

Yup…itulah keresahan yang dirasakan bro Fendy. IWB yakin….yang dirasakan bro Fendy tidaklah dibuat-buat. Siksaan bagi para tukang hoby modifikasi…terpasung dalam sebuah keadaan yang mereka anggap tidak adil. Ketika kreatifitas modifikasi se-safety apapun dianggap kriminal. So….alangkah bijaknya jika aturan membidik modifikasi ngawur yang memang harus diberangus. Jauh dari kata safety dan berbahaya bagi ketertiban lalu lintas. Karena dengan kondisi sekarang…..

CB mesin tiger (1)

Dijamin motor tua akan mati tanpa bisa tertolong. Motor-motor renta keluaran 1970-an yang harus dihidup dari nyomot komponen perangkat produk lainpun menjadi haram hukumnya. Kenapa?. Karena jika itu dilakukan bisa dijerat dengan pasal modifikasi dan ancamanmya tidak main-main yakni denda 24 juta rupiah. Ingin legal?. Ya harus masuk uji tipe dan didaftarkan seperti motor anyar sehingga bisa dikatakan layak jalan…..

Last…..didunia ini tidak satupun negara yang lepas dari modifikasi. Selama masuk dalam rambu-rambu yang sudah ditentukan terutama faktor safety…….petugas tidak akan mempermasalahkan. Contohnya diSingapura yang mayoritas kendaraan dicantolin box Givi (jepretan terlampir). Aturan memang dibuat untuk dipatuhi. Namun jika peraturan bisa lebih humanis….menyelami kondisi lapangan dengan seksama…pasti masyarakat akan makin mencintai para pengayom masyarakat serta wakil rakyat diseberang sana. Percayalah…selama modifikasi diatur dengan rambu-rambu yang jelas dengan memperhatikan unsur safety….mereka-mereka adalah kaum seni yang kreatif dan sangat positif. Buat bro Fendy…..ora usah mumet, ditempel koyo wae sirahe lek ngelu. Sing sabar, disimpen motore cak. Opo diadol (dijual)…..pasti banyak yang kesengsem tuh :mrgreen: …..(iwb)

Beberapa jepretan motor non standart diluar negeri

Sundance-harley-xr1200 BullDockZ1R-tm msx heiwa-ajs DSC_3596 5227 078_20121029204327 img_9402

190 COMMENTS

  1. orang kita justru pada kgk taat hukum.
    kalo modifikasi kan tinggal di tes uji kelayakan. apa layak ato kagak.
    ribet? resiko modifikasi buat harian. ngeluh? pindah negata aja sono kek bocah thaikucing noh. modif masih pake duit emak aja blagu.
    orang baca lagi tentang uu nya. kan selama tidak kerubah rangka dan bentuk kgk dikenai uu ituh. brarti klo accessories bolt on ya kgk bakal kena. pinter pinter aja kita debat ama polkis.
    kalo tetep kena tilang polkis minta sidang. beberin bukti kalo lu merasa kgk bakal salah. lama? memang sidang ituh buang waktu, tapi kalo kita menang saat sidang rasanya akan sangat puas. apa lagi ada polkis 6g nilang lu disidang ituh
    nah kita liat tiger jadi cb ini. bentuknya dah berubah drastis ituh. kalo mobil seperti ganti bentuk mobil lain. nah kan bisa aja dicurigai pake part motor curian. makanya belanja spare partnya bawa bon nya atau tanda terima. nanti di uji kelayakannya.
    gua lupa uunya yg tentang modifikasi nanti googling dulu.
    kalo ada salah mohon betulkan kalo ada yg kurang mohon tambahkan.

  2. kalau mau ya jangan terlalu ekstrim dalam modif. boleh ekrrim tapi jangan ketemu polisi:D

    ada oknum polisi nakal silakan laporkan lewat Whistle Blower System, selengkapnya di goozir.com

  3. bagi delivery Pizza Hut/mc D/Alfamart dll…yg motornya bagian belakang sdh di modif bisa kena dong lek…??? arah aturan nya g jelas blass!!!

  4. Sebenarnya target UU itu lebih ke pengguna motor kya Vespa yg sering modif jadi lbh panjang atau pake sespan yg bentuknya aneh. Makanya ada penjelasan mengenai sumbu roda di UU itu.
    Tapi memang seharusnya diperjelas lagi mengenai pasal “merubah bentuk” krn di STNK/BPKB memang yg tertulis cuma #sepeda motor dan #jumlah roda. Jadi sbnrnya selama bentuknya masih sepeda motor dan jumlah roda masih dua ya motor masih sesuai sama surat2 donk ya.
    Kalo pemerintah mau bikin UU seharusnya yg tertulis di stnk jg lbh detail lagi.

    • bisa juga ditunjukkan buat kasus gl jadi cb dll.
      kan dia merubah jenis kendaraan. ituh dah termasuk ekstrim loh. kalo mobil kayak ganti body avanza jadi lancer evo wkwkwkw.
      nah uji tipe jawabannya. ah tapi kan rata rata orang indo males ngurus surat. kalo kgk nyogok biro jasa. dah itu aja muter

    • kan ada merk/type itu gan distnk
      misalkan di stnk merk type Yamaha/scorpio, trus dimodif jd CB100..
      itu sesuai gk dg STNK nya, apa itu CB jadi2an ttp dibilang scorpio? apakah scorpio itu bentuknya sprt i itu??
      tdk kan?? itu namanya berubah bentuk..

  5. disaat masyarakat tertib tp target surat tilang harus habis ya pasal karet dan undang2 yang gak jelas dan aparat yang asal babat malah membuat masyarakat resah karena pembuat undang2 gk pernah naek motor mereka enak2 pake mobil aparat jg seolah dapat amunisi baru buat mencari-cari kesalahan

  6. Ditertibkan juga mobil2 dan motor2 hobi yg mahal2…….motor besar banyak yg bodong….. mobil cbu banyak yg jodong juga….. mobil 4×4 banyak yg udah oplosan ganti mesin dsbnya…..itu semua hobinya bapak2 pejabat dan aparat yg diatas2 sono lho pak….

  7. Yg sering modif itu fBH0M0 krn motor MAH0NDA katrok semua pengen ganteng kayak motor suling.

    akakakak

  8. setau gua boxnya PHD delivery dll ituh kgk ngelebihin lebar stang dah. jadi kgk ngerubah dimensi.
    muatan deliverynya juga samle brp sih, kgk nyampe berat orang juga pasti kek 80 kg misal. brarti kgk ngalanggar uu nya.
    “UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, bahwa kendaraan yang dimodifikasi sehingga menyebabkan perubahan tipe berupa dimensi, mesin dan kemampuan, daya angkut, wajib dilakukan uji tipe untuk memperoleh sertifikat”

  9. Bhuahahahaha

    Yg komenx galau fBH0M0 semua krn motor culunnya alamat kaga bisa dimodif lagi.

    akakakakakkk

    MAH000NDAA

  10. Pantesan gw bawa CS1 ditilang mulu. soale kata plokis, muka gw muka modipan. Motor gw jg modipan kambing.

  11. Kang iwan.
    Gw blogger fBH pengen ganteng mau modif muka biar ganteng tp takut kena tilang. gimana neh??

  12. Nah kl polisi lihat Motor yaMaho pasti bingung kang…. pasti di kira modifan semua.. lawong semua motor mesinnya sama aka SOHC Operstruk.. bajunya aja beda beda.. apalagi lipstik sama bedaknya y buatan india.. kwalitas abal abal pisan… ya ampunnnn Glodakan bin ngeden Lelet….

  13. pak pol makin sejahtera jelas e kawulo alit menderita

    uu gak jelas
    nggantung yg bikin bingung
    sg gwe uu pas mabok paling ..

    uuuuuuuaaaasssssyyyyyiiiuuuuuu tnn

  14. Lihat motor CB pada iklan sebelah kiri pasti polisi langsung wah ini motor DOHC asli standard…. nah wktu lihat motor yaMaho PigSon… Nah ini pasti modifan ya.. tuh lihat mesine sak upil SOHC Operstruk pasti mesin GL MAX itu ya dkasih baju sama lipstik… ayo sini tilang dlu.
    Wkwkwkwkwkwkwkwkw

  15. Nah kl lihat Mayoritas muke motor yaMaho y pada di lakban sama FBYaMAho itu gmna kang…??? apakah melangar modifan.. kan udah merubah muke asli motor maho y Super Njebeber Itu kang… makasih..

  16. di jual seng arep tuku pyo mikir2 lek enek uu kyo enttttuuuuuu77777 unui

    ti lus2 ge pajangan ge sawangan2 an?

    hak hak hak

  17. Bruud: Eke kerja dulu yaa cyinn.

    Bajol: Hati-hati cyinn sebar brosurnya jangan ketengah jalan nanti dilindes kopaja.

  18. lho apa yg salah jika no mesin n rangka sesuai dg stnk n bpkb yaitu no mesin n rangka tiger viarpun bodi cb knp takutttt!!!
    gaplok duit 30rb paling polkisnya diem

    ya pancen bener polkis kui preman berseragam
    oknum itu justru pd polkis yg tulus dlm bertugas

    Smoga Fuahaaam

  19. Hare gene Anak muda pake motor SOHC Operstruk
    Wkwkwkwkkwwkkwwkwkwk
    Pasti dikira modifan sama pk polisi Brooo…
    Maklum SOHC Operstruk y asli punya honda GL MAX Bapak bapak jadul… Mup On Broo Mup On…

  20. Bajol Lan Bruud adalah pasangan gay fBH0M0 MAH0NDA yang sudah menikah di Belanda

    Bajol: Kerja yang giat ya cyinn, nabung buat hari tua kita nanti.

    Bruud: Iya cyinn, eke dari tadi semangat sebar brosur hampir ajah kelindes kopaja.

  21. Apakah motor yaMaho Rhoembeng15 RRRRRRijekan India dikira pk polisi Modifan Honda GL MAX kang… secara mesin Sama kayak honda GL MAX jadul SOHC Operstruk trus muke juga Njebeber Buanget macem Modifan pingir jalan… makasih kang…..

  22. Bajol Lan Bruud adalah pasangan gay fBH0M0 yang sudah menikah di Belanda.

    Bajol: Nungging cyinn sini eke tussboll, jlebb kok bunyinya bruudd???

    Bruud: eke kenntut cyinn, abisnya geli.

    Bajol: ya sudah mulai sekarang eke panggil kamyu yayang Bruud ajah yah.

    Bruud: Ih kamyu bisa ajah cyinn, itukan sebutan manja buat eke lhoo.

  23. kl pake motor y Ngaku ngaku Sport Tulen aka yaMaho Rhoembeng15 RRRRRRRijekan India bisa kena tilang kang…???? Secara nungging nungging tp ngeden bin Lelet. nah wkt ad operasi ternyata mesine SOHC Operstruk Jenis Honda GL MAX Jadul… makae lelet kang.. Muke aj Di Jebeberin macem Jemuran Dendeng pake di lakban lakban lagi…

  24. Bajol Lan Bruud adalah pasangan sales gay fBH0M0 MAH0NDA yang sudah menikah di Belanda.

    Bajol: Kenapa sih kamyu kalau eke tussboll keluar bunyi “bruud” cyinn???

    Bruud: Eke geli cyinn jadinya kenntut terus.

    Bajol: Ya sudah panggilan manja buat kamyu sekarang jadi yayang Bruud ajah ya cyinn!!!

    Bruud: iyah sayang.

  25. Naek Metik yaMaho Group MIONG JIK Huuuu Ngeden bin lelet Buoros

    Naek bebek yaMaho Dorce Huuuuu Ngeden bin lelet juga

    Naek Komuter yaMaho Kebo Huuuuu Tambah Ngeden bin lelet juga

    Naek Katanya yaMaho Sport PigSon Huuuuu Ngeden bin lelet getar juga

    Naek Sport Pul pairing Rhoembeng15 RRRRRijekan India Huuuuuaaasem Tenan malah tambah Ngeden bin lelet Berat di depan lagi maklum Ndas Lele Guedhe…

    Ternyata setelah di selidik selidik sama pk polisi…hasilnya adalah “SEMUA” Motor yaMaho Mesin semua sama mulai bebek, metik sampe y ngaku ngaku sport Pul pairing…. semua tipe mesinny SOHC Operstruk teknologi jiplakan Honda GL MAX tahun 80an..
    Pantesan Ngeden Bin Lelet Broo..
    MUp On Broo Mup On…

  26. Bajol Lan Bruud adalah pasangan sales gay fBH0M0 MAH0NDA yang sudah menikah di Belanda.

    Bajol: Kenapa sih kamyu kalau eke tussboll keluar bunyi “bruud” cyinn???

    Bruud: Eke geli cyinn jadinya kenntut terus.

    Bajol: Ya sudah panggilan manja buat kamyu sekarang jadi yayang Bruud ajah ya cyinn!!!

    Bruud: iyah sayang

  27. Bajol Lan Bruud adalah pasangan sales gay fBH0M0 MAH0NDA yang sudah menikah di Belanda.

    Bajol: Kenapa sih kamyu kalau eke tussboll keluar bunyi “bruud” cyinn???

    Bruud: Eke geli cyinn jadinya kenntut terus!!!

    Bajol: Ya sudah panggilan manja buat kamyu sekarang jadi yayang Bruud ajah ya cyinn!!!

    Bruud: iyah sayang!!!

Comments are closed.

Exit mobile version