Web banner 460X110px

razia-polantasBro dan sis sekalian….kabar terbaru datang dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri yang menyatakan akan memecah SIM C menjadi 3 berdasarkan kubikasi motor yang ditunggangi. Untuk biaya pembuatannya juga berbeda. Semakin besat cc maka biaya juga makin mahal. Sik….piye ki maksude??….
460x110 IWB

Y P 440

iklan iwb

Jadi gini kangbro. Mulai triwulan pertama Korlantas Mabes Polri akan menerbitkan 3 SIM berdasarkan cc yakni SIM C untuk 250cc kebawah….SIM C1 untuk motor kubikasi 250cc-500cc dan SIM C2 untuk motor berkapasitas 500cc keatas. Jadi SIM C ini ibaratnya SIM yang sudah kita pegang saat ini. Sementara kalau sampeyan nyetir motor diatas 250cc maka pengendara kudu memiliki SIM C1. Tidak cukup sampai disitu….

Kalau sampeyan ingin nyemplak motor diatas 500cc harus mencari SIM C2. Jelas yo sampai disini. “Iya mulai berlaku 2016, perkiraan pada bulan April 2016,? tegas Kombes Pol Unggul Sedyantoro, Kepala Bagian Keamanan dan Keselamatan, Korlantas Mabes Polri. IMHO sangat baik peraturan diatas selama dilapangan benar-benar ditegakkan dengan uji yang ketat. Karena seperti yang kita tahu….motor cc besar memang membutuhkan skill diatas rata-rata akibat power yang besar. Hanya saja….kalau boleh usul, mungkin tidak harus 3 SIM sekaligus bagi pengendara moge…

Mio-JMungkin bisa dipertimbangkan, sebuah SIM yang bisa mencakup semua. Artinya penunggang moge pastinya sudah ahli mengendarai motor cc dibawahnya. Jadi SIM C2 seharusnya bisa digunakan untuk nyemplak motor kecil dan tidak perlu cari SIM C biasa lagi. Bayangin wae….dalam satu dompet ada 3 SIM C hanya untuk cari legalitas nunggang Beat atau Mio…sepertinya tidak efisien ya bro……

Last…..biaya SIM C1 dan C2 dipastikan lebih mahal dibanding SIM C biasa. Hal ini disesuaikan kapasitas mesin dimana biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) juga berbeda. Nah….kita tunggu saja rumusannya seperti apa mengingat keputusan ini adalah hal baru setelah hampir puluhan tahun lamanya kita terbiasa memiliki satu SIM untuk kapasitas berapapun. Opo maneh kayak IWB ki yang biasa ngetes motor dari berbagai kubikasi….iso botak sariawan tenan iki :mrgreen: . Mending punya motornya. Lawong cuma numpang ngetes pakde…jian brodol tenan alise ki :mrgreen: …..(iwb)

NM4 Vultus-IWB (1)

128 COMMENTS

    • semenjak eranya papahmenangcurang di bantu pulisi, semakin banyak peraturan pulisi.
      apa mungkin karena pulisinya ahh sudahlah
      croott

    • Lha aku lak kudu due 2 sim iki gae motor tok .. aneh2 ae … Sepertinya akan jadi lahan baru pemerintah untuk jadi sarana memperbesar korupsi di negara ini. #Catet

    • Biarpun ijoo bosok…
      Tapi setara kasta nya

      Akakakakakkakka….

    • Biarpun ijoo bosok…
      Tapi setara kasta nya sama yang item dibawahnya
      MioJ lebih diatas dr Pultus

      Akakakakakkakka….

    • Jare podo ae cak.. numpak pultus ambk nmpak miyo.. mlah enk miyo mlahan.. iku fotone ae mnding numpak miyo tmbang pultus..

      • guobl*******ok akut..!!!! itu mo nunjukin mna yg cc kecil (yg sim c) mana yg cc gedhe (yg sim c2).. kebanyakan nge bc bisa jadi p*ekok ternyata..

        • Jgn gitu om!!
          Rekan fbh maksud dari itu semua anti SOHC jd ya wajar om SOHC pultus,Goldwing gak pernah di anggap to om?
          Lek unu piye??
          Meskipun cc besar tp kalo SOHC itu tetap enjin jaman batu.

          Fbh culun mode o’on

          • sorry om @ahonx..d sni kan artikel informatif tentang sim dan pnggolongan brdasarkan cc motor…mbok ya gausah bhas sohc/dohc nya..kan ga ada hbunganya.klo mslah perang antar fansboy sorry ane ga ngoros…

  1. Kebanyakan aturan… Coba cek tuh polantas pada punya sim ga??? Udah naik motor bodong hasil sitaan,sering ga pake helm,ngelawan arus pula… Mentang pake seragam. Kasih contoh yg baik buat masyarakat,polisi bukan mengayomi masyarakat tapi musuh masyarakat

  2. SIM A harusnya juga gitu kang, dibatasi dari sisi maximum power. Udah bosen liat pengendara supercar yang seenaknya tabrak sana tabrak sini.

  3. SIM A harusnya juga gitu mbah, dipecah berdasarkan jenis transmisinya : manual ato matic & jumlah maksimum power

  4. bukannya selama ini berlaku seperti itu lik?
    yang sudah pegang sim B1/B2 gak perlu ngurus sim A

    ribet banget kalau harus bawa banyak sim yg berbeda di dalam dompet, belum kartu yang lain

    dan yang bikin bingung dari dulu, kenapa namanya surat ijin mengemudi padahal bentuknya kartu?

  5. Dari UU modifikasi, aturan SIM dan bsk apalg..kyknya pemerintah lagi ‘kejar setoran’ bt sentul dan asian games, trus gmn dgn aturan SIM untuk kendaraan roda 4???seharusnya kecelakaan di surabaya kemaren dijadikan pelajaran.

  6. Lha motor 600cc 2 cyl powernya aja kalah sama 400cc 4 cyl

    Piye toh polisi. Gobloknya keluar lagi

    Kalo mau sim ya pake power speek pabrikan lah

    • maksud u SPEC pabrikan?
      ini lagi komentator goblok keluar,masa polisi u suru apalin satu2 motor pabrikan ini tipenya apa powernya berapa????
      baru tau motor bodong 400cc aja gaya u udah sok iye,inggris benerin,wawasan u tambahin,makin nyerocos makin keliatan begonya u tong AHAHAHAHAH

  7. Aneh…… bukan masalah sim nya…. melainkan atitude dalam berkendara yg harus di bina, sekaligus pengenaan sanksi ketika terjadi pelanggaran juga harus dipertegas….

    • Oo gitu ya kang. Udah dipastikan begitu?. Soale infonya belum dipastikan masih akan dirumuskan..

  8. Mongtor bawah paling di benci ngepbeha SOHC overstroke , paling juozz menurut mereka DOHC sticker nearly squarepants. Ekekekekke

  9. mungkin ada yang beranggapan itu lahan cari duit polisi.tapi polisi juga sudah mempertimbangkan sebelum bertindak .
    dengan diberlakukan pemecahan sim setidaknya dapat mengurangi angka kecelakaan, tidak ada lagi anak smp naik moge yang beresiko buruk.
    menilai buruk tidak dilarang brosis tapi lihat sisi baiknya juga . 🙂

  10. semoga tidak menjadi kenyataan.. setahu saya sim gunanya itu sebagai benda sitaan polkis saat ada momen tilangan :v

  11. Budaya nembak SIM pasti tetep ada kang, mau SIM C1,C2,C4 atau bahkan C1000 ga ngefek
    Yg penting tetep safety ride dan tetap patuhi rambu2 lalu lintas…berkendaralah yg aman dan nyaman

  12. ya elah jadikan 1 napa simnya… cuman di id cardnya kasih tanda aja utuk dia udah punya skill buat motor 250cc up dan 500cc up. faham kan om pol maksut saya. kok kayak di luar negri yah cuman kalo di luar negri kalo mau beli moge harus punya sim yg sudah berlisensi bahwasannya dia sudah bisa nunggang moge.

  13. berarti lek iwan kudu punya moge minimal satu. udah beli bandit 400 aja lek, biar ga pusing perkara SIM kalo sewaktu2 ngetes moge

  14. Hla kalo kita minjem motor…??? Gmn….???
    Misalnya saya pake mtor 250cc ke atas….trus saya minjem mtor 150cc…. Ketentuany gmn kalo ditilang

    • Masih ada aja manusia Pro-prabowo
      Akakakaakakak..

      Masih sakit ati yee…
      Jagomu cm jd peeeeerrrrrrsinden

    • Bego ga sembuh
      Kebijakan polisi diluar wewenang presiden

      Ga urus presiden sm urusan SIM

  15. semenjak era jok0d0k indonesia makin semrawut.. dari bnyk begal sadis, bbm naik tanpa melihat dan mendengar keluhan dan kesengsaraan rakyat, pelemahan kpk, korupsi yg makin meraja lela, freeport, pasal2 baru yg hanya untuk melemahkan rakyat dan membebaskan aparat kepar4t serta para poliTIKUS bertindak anarkis dan sewenang2 trhdp rakyat dan mencari keuntungan tambahan dari adanya pasal2 baru trsebut, serta kasus kasus lain yg tak diketahui publik.. yg dirugikan pasti rakyat yg harus membayar kerugian2 negara yg dilakukan para poliTIKUS – poliTIKUS busuk yg hanya mementingkan jabatan dan nafsu serakah..
    sedangkan PEMIMPInya hanya mengadalkan pencitraan dan kebijakan2 yg hanya sebuah kebodohan dan pembodohan trhdp rakyat.. tp rakyat sdh tahu ttg itu.. media sekarang sdh tdk lg menayangkan sebuah pencitraan yg hanya untuk menutupi kebodohan dan kebobrokan negara akibat ketidak becusanya dlm memimpin..
    masyarakat indonesia sudah muak dan jijik dgn semua itu, semoga cobaan ini cpt berlalu dan bagi mereka yg sudah merusak dan membuat negara makin bobrok serta membuat rakyat menderita cepat mendapat hukuman dan azab..!!
    Amin..

  16. di test beneran…., atau yg penting mahal.. . test tahan panas harusnya ada, biar gak ada alasan “pembenaran” pake moge musti ngebut, langgar rambu, karena mesin panas, & test mentalitas –tu yg paling penting!!!

  17. itu nanti sistemnya mutasi kyk sim Mobil engga kang? kan kalo sistem mutasi jd sim ttp punya 1 tok, dr sim C ke C1, kalo engga wah tekor tenan dompete.. -_-*

  18. Mosok.. Iso tuku motor Raiso bikin SIM.
    lah iso tuku MOTOR 500 harga Ratusan Juta.

    Gawe sim harga ratusan Ribun G bisa..

    Guob….lOk tenan.

  19. Mas Iwan mau tanya. Kalau ninja 250r, yamaha r25 itu di stnk 250 cc tp displacement aslinya cuma 249. Nah kl gini perlu pake sim c1 ga?
    Terus itu diterapkannya April 2016, berarti semua pengendara SIM Cnya masih panjang pun harus ambil C1 sebelum April ya? Ga tunggu masa berlaku habis

Comments are closed.