banner-460x110(1)

1445780610

Bro dan sis sekalian….nyomot judul dari beritasatu, IWB cukup tertarik dengan artikel yang dibuat oleh jurnalis kang Heru Andriyanto. Secara runut doi membeberkan data lap time Marc Marquez, Lorenzo, Dani serta Valentino Rossi agar kita semua tidak melakukan justifikasi berdasarkan feeling atas insiden Sepang. Dan inilah hasilnya….

iklan iwb

muffler

Pada saat start pertama……seluruh pembalap mencatatkan lap time yang nyaris seimbang. Disinilah Lorenzo malah paling lambat dibanding lainnya yakni 2 menit 07.089 detik. Memasuki putaran kedua….Marc ternyata cukup kencang dan memiliki kecepatan identik dengan Dani Pedrosa ataupun Lorenzo pada kisaran 2 menit nol sekian. Sedang Rossi masih paling buncit dengan 2 menit 01.268 detik dan terus berusaha mengejar rombongan depan…

Lap time Sepang 2015

data lap time Sepang (2)

Memasuki putaran ketiga……bukannya mengejar rombongan depan, tiba-tiba torehan waktu Marquez langsung anjlok tembus 2 menit 02.003 detik. Tidak jelas apakah memang ada masalah dengan motornya. Namun dari sisi racing hal ini kurang wajar karena perbedaan sepersekian puluh detik diajang Motogp sangatlah besar. Anehnya, anjloknya lap time Marc saat posisi Lorenzo sudah berada didepan Marquez….

Memasuki putaran ke -4….lap time Marc berada dikisaran 2 menit nol satu detik. Ketajaman RC213V saat putaran kedua yang mampu bermain dikisaran 2 menit nol detik seperti menguap. Dan pada puncaknya….torehan waktu Marc vs Rossi begitu identik yakni 2 menit 01,938 detik vs 2 menit 01.937 detik. Duel keduanya dengan manuver agresif membuat Lorenzo dan Dani menjauh dengan santai. Entah kebetulan atau tidak….ketika Pedrosa dan Lorenzo mencatat 2′,00 Marquez melaju 2′,01, dan ketika dua pembalap terdepan itu dalam zona 2′,01 Marquez berada di 2’02. So…performa keempat pembalap digambarkan dengan grafik seperti dibawah ini….

data lap time Sepang (1)

Dari data terjadi inkonsistensi lap time pada Marc. Disini yang paling ngedrop memang Marquez. Banyak yang mengatakan Rossi sulit meningkatkan ritme karena tertahan Marc. Sedang sibaby alien tetap pada pendiriannya bahwa dia hanya ingin membalap untuk tim. Anehnya….hingga detik ini, misteri kenapa performa Marquez langsung turun setelah Lorenzo menyalip??. Tidak ada jawaban. Marc sendiri sejauh ini juga tidak mengeluhkan adanya problem pada RC213V tunggangannya. Mumet jal….

Last….diluar possibility skenario adanya kepentingan pribadi atau golongan….tindakan Rossi memang tidak bisa dibenarkan. Puncak kekesalan yang berujung pada penalty malah membuat kans juara dunia menjadi tertutup. Start dari posisi belakang diValencia….dan jelas, tahun 2015 adalah milik Lorenzo. Juara dunia yang penuh dengan polemik di 3 seri tersisa. Apesnya…regulasi tentang strategi melambatkan rider lain tidak ada ada dalam buku panduan punishment. Selama dilakukan dengan bersih….tidak melakukan kontak, maka semua legal. Sayang sekali. Padahal dengan data diatas tidak bisa diingkari, ada indikasi sportivitas tercederai. Sebagai rider yang banyak makan asam garam….ternyata Vale sudah mencium gelagat ini lebih tajam dibanding kita jauh hari sebelum ini terjadi. Analisa lap time ini berbicara. Kalau sudah begini….siapa yang dirugikan??. Jelas Valentino Rossi mzbro. Poor Vale…….(iwb)

627 COMMENTS

  1. marc brengsek
    marc brengsek
    marc brengsek
    marc brengsek
    marc brengsek
    marc brengsek
    marc brengsek
    marc brengsek
    marc brengsek

  2. lah kayaknya Rossa kalo balapan juga sering main2in pembalap lain,,kalo kata bapak ane yang suka Rossa, bilang dia balapan ada seninya gak cuma ngacir..skrg Marquez begitu kok pada ribut,, :v

  3. saiki cuma bisa berharap….JL jangan takabur krn peluang Juaranya menjadi lbh sangat terbuka…..VR bersabar belum tentu start belakang menjadi hambatan jadi juara….MM intropeksi dirilah……jika sampai VR undur diri di Valencia jg tak baik akan hambar….keberhasilan ditentukan dari usaha dan hanya Tuhan lah yang tahu siapa juara MotoGp 2015….

  4. di video jelas banget marq sempet ngehindar pas di pepet rossi, kemudian dia seperti sengaja tabrakin ke rossi. baru lah kaki rossi diangkat..

  5. Semua data telemetry di atas dan semua tuduhan yg ditujukan pada marquez dgn nation order dan segala tetek mbengeknya hanyalah opini penonton di sini yg tau hanya marquez dan Tuhan krn marc yg jalanin… kita mau gontok2an sampek mulute mbrodhol gak ada gunanya bray…!!! nikmatin aja sampai komoetisi selesai… lha wonk kalian juga cuma bisa nonton n komen thok. 😀

  6. suka sama Rossi bukan berarti fby begitupun yang suka Marquez belum tentu fbh..karena ngefans sama pembalapnya bukan motornya, jadi gak peduli apapun motornya yang pernting ridernya ^_^

  7. honda lebih kencang di track lurus.. perhatikan baik baik… yamaha lebih lambat kalau track lurus… MM selalu melakukan overtake yg berbahaya.. bisa membuat rossi jatuh… coba perhatikan dari sirkuit motegi…MM berusaha membuat rossi jatuh.. Rossi hanya bisa overtake di tikungan… sekarang.. kalau kalian menjagokan MM, kenapa dia tidak mencapai posisi satu ajah.. mengejar Pedrosa dan Lorenzo… pakek lah hati kalian… mendapat podium satu itu lebih terhormat dripada mengganggu Rossi utk menjadi juara dunia.. Rossi udah baca dari sirkuit motegi… kembalikan pada diri kalian sendiri.. percaya lah… kalau ini terus di terapkan.. MOTO GP tidak akan seru lagi… saya berani taruhan kalau marquez pindah motor.. di abukan apa apa.. hanya mengandalkan teknologi motor…

  8. pengen komen juga lah…
    menurut saya, klo menilik masalah memperlambat ritme dilegalkan seperti thn 2013, maka yg 2015 jg dilegalkan.. oke.. dan hasilnya JL malah terbantu di 2015.. oke, fine..
    nah, yg jadi masalah adalah ketika memperlambat ritme dan kebetulan terjadi kecelakaan atas memperlambat ritme tsb.. apakah hal tsb dilegalkan? akibat dr memperlambat tsb, rossi mendapat sanksi akibat perbuatan MM. klo seandainya dilegalkan, ya harusnya abaikan saja kecelakaan MM tsb.. karna kecelakaan tsb disebabkan karna kesalahan MM sendiri yg menyentuh kaki VR terlebih dahulu.
    menurut saya, klo seandainya sebatas memperlambat ritme tanpa memncelakai yg lain (rossi kena sanksi), hal tsb sah2 saja..
    tapi hal yg harus di ingat adalah sumber dari ribut2 ini karna VR di sanksi akibat perbuatan orang lain.

    coba dirunut lagi. sumber masalah adalah
    1. VR di sanksi.
    2. VR disanksi karna mendorong (tendang) MM hingga jatuh.
    3. VR mendorong karna (kepala) MM menyentuh (kaki) VR
    4. MM menyentuh VR akibat memperlambat ritme balapan
    5. adanya dugaan konspirasi supaya JL juara

    intinya klo memperlambat ritme dilegalkan, maka poin 1,2,3 hapuskan, dan kecelakaan pada MM diabaikan (dianggap kecelakaan biasa). karna tidak adanya unsur kesengajaan.

  9. ada yg aneh. yg nabrak siapa, jatuh sendiri, mewek nangis2, ngadu sama bapaknya. udah ditabrak, kaki sakit, malah kena pinalti lagi.

  10. jadi pengen buat artikel biar motogp direction baca, hahaha… tp komentar dl disini. dsri sudut aturan jelas marc benar dan rosi salah. dari segi etika marc salah. etika tidak tertulis bro. ini antara rosi dan lorenzo masa marc ikut”an, sriwijaya vs persib, jak mania yg uring”an

  11. penuh dg strategi bagus.. vale kemakan strategi marc. tp vale sdh mnyadari itu dan emosi. baik vale maupun marc cukup cerda tp vale emosinya yg lbh ditonjolkan

  12. sebagai penggemar motoGP, saya coba objektif:
    1. Dari Sisi Marcques
    kalau dilihat dari sisi marc, terlihat dia punya semacam”dendam” yang dipicu peristiwa di GP Argentina dan GP Belanda, sebetulnya itu bisa sedikit ia redam, tetapi tuduhan Vale terhadap Marc tentang balapan di GP Australia menyulut amarahnya, Di GP Malaysia kemarin Marc dengan sangat jelas mengganggu atau menahan pace balap Rossi dan saya tidak melihat marc melakukannya di GP Australia. Perilaku Marc sebagai bentuk kekecewaan yang sudah amat sangat, bahkan Marck sempat memberikan kata umapatan F***k pada Roosi dan apakah mungkin hanya untuk membela Lorenzo dia sampai berkata demikian pada idolanya tanpa di dasari sakit hati.
    2. Dari Sisi Valentino Rossi
    Valentino Rossi adalah pembalap yang selain memiliki skill yang hebat, dia juga memiliki kecerdasan dalam hal memanage balapan baik didalam atau diluar track (pantas ia disebut The Doctor). Salah satu yang menjadi senjata Vale adalah pernyataan-pernyataannya diluar lintasan yang sering ia manfaatkan untuk mengganggu konsentrasi dan emosi lawan, namun kali ini ia lupa yang dihadapi adalah Marc, pembalap muda dengan talenta yang mungkin tidak kalah dengannya yang telah menyimpan kekecawaan sebelumnya. Valentino Rossi pun hilang kesabaran. Ya itulah ada pepatah ?Lidah Lebih Tajam dari Pedang? dan harusnya Vale lebih berhati hati. Jika pernyataan itu tidak terlontar darinya mungkin marc tidak semarah itu.
    Opini saja, ada yang mau menambahkan………

    • Iye gan ane setuju bgt tuh,gr2ny omongn rossi lh awalya brmula soal kejadian di sepang.yg jd prtnyaan ane di gp philip island knp rossi ga’ komplain wktu iannone nyalip dirinya prebutan podium 3.

    • Iye gan ane setuju bgt tuh,gr2ny omongn rossi lh awalnya brmula soal kejadian di sepang.yg jd prtnyaan ane di gp philip island knp rossi ga’ komplain wktu iannone nyalip dirinya prebutan podium 3.

  13. Kalo lihat balapan kemaren kelihatannya Marc bener2 pingin dog fight lawan Rosi, keponakan lawan oomnya.

  14. wkwkwk.. Ini MotoGP apa RossiGP yak?

    yaa kalo emang bener bener hebat yaa tinggal salip aja..

    dalam buku panduan juga ga ngelarang ridernya untuk agresif kok..

    Bantuin loreng? wkwkwk
    lookback ke taun 2006 gih :v #peaceom

  15. Yah..
    BUAT-KU; memang aneh fenomena balapan kemarin. Disaat mampu untuk menjadi yang paling depan tapi kok malah tidak melakukan itu. Balapan adalah untuk menjadi yang paling dulu paling cepat melintas garis finish. BUAT-KU dibalapan kemarin Marquez tidak ikut balapan; paling tidak, dia ada dilintasan tapi tidak dengan niat balapan.

    Menyedihkan sih; padahal banyak pebalap lain yang mendambakan motor kompetitif, tapi ketika miliki itu tidak dimaksimalkan.
    IMHO

  16. motor MM lebih kenceng bro itu kenapa VR ga bisa gitu saja kabur setelah didepan MM, seharusnya kl MM pingin podium sdh bisa bahkan mungkin malah bs kejar JL, tapi memang ada indikasi menghambat VR itulah akhirnya terjadi berganti2 overtake antara MM dengan VR. haaahhh..sandiwara ra sportif.

  17. seacara motor honda memang jauh lebih baik dari yahama, yg jd pertanyan kenapa MM ketika sudah berhasil mendahuli VR, tidak melesat meninggalkan di track lurus, MM sseperti bermain main menunjukkan kemampuanya bisa mempermaikan VR,sehingga membuat VR muak!!!!! lihat kcepatan honda melibas yamaha di philip island di track lurus lalu kenapa di sepang mm tidak bisa???????? sandiwara anak terong terongan

  18. marquez sekarang sahh menjadi kacungnya lorenzo…….fakta……jd para fbh otomatis jd kacungnya lorenzo ????????? =D ?????????. \=D/ jilat ludah sendiri

  19. Critonyo pasti beda, dani, marc, rossi, dovi, ianone, lorenzo. Kepano lore pacak over ian, dovi samo rossi sdg rossi dak pacak over marc samo dani.

  20. Sekali? rossi di kerjain,dr dulu dia yg ngerjain pembalap lain,…
    Meski MM ga sportif saya tetap dukung MM melakukan itu terhadap VR…

  21. jossss mas Iwan!!! Data statistik emang paling independen untuk membuat suatu keputusan.. semuanya clear,,, dari sini jelas bagaimana jalannya balapan ketika dituangkan ke dalam angka-angka..

  22. Justru inilah yg bikin MOTOGP seru abizzz,tidak terlalu banyak aturan yg mengada-ada kayak di F1.Lihat sekarang nasib F1 !! Apakah kalian mau menyaksikan balapan MOTOGP seperti F1 ?? mirip iring-iringan mobil pengantar jenazah.

  23. menarik mengikuti berita ini,, kalau di pikir tak kan pernah ada yang puas.. kesialannya cuma satu kenapa “baby allien” harus terjatuh…. dan seorang legenda seperti Vale tidaklah mungkin sembarangan dlm berargumen, jika melihat tayangan ulang video balapan kemarin, kurang lebih ada 9 kali si baby alien mengggangu vale secara agresif tp tetap dengan Legal,tp ada indikasi dia membalap demi kepentingan tertentu, utamanya cuma memperlambat laju vale, secara aturan saat ini mungkin sah sah saja tp itu seakan menciderai nilai balapan itu sendiri, dan dari rasa emosi vali bahkan dia seperti mengacungkan jari tengahnya untuk baby alien, dan puncaknya saat di lap ke 7 tikunangan 14, rosi mencoba mengganngu baby alien dlm kondisi belok dengan memperlambat laju motor bahkan sangat melebardlm posisi motor agar miring, dengan kecepatan yang tidak terlalu kencang, kejadian itu terjadi, vale berkata kalau kaki dia lepas dari pijakan setelah sebelumnya baby alien mencoba seperti mencoba memprovokasi dengan menyentuh kaki vale dengan helmnya dan vale bilang kaki dia lepas dari pijakan dan akhirnya ada gerakan kaki vale yang sepertinya ingin menggangu baby alien, dan akirnya baby alien terjatuh….. # wes pokokke neng valencia kudu nonton,,, mungkin tambah panas italia vs spanyol,,,,,,,, piye jal…..

  24. well, sebenernya itu yg dilakuin 46, nutup racing line, apesnya yg ditutup pe’a, nyenggol dia, apesnya lagi keliatan kayak 46 yg rusuh, bukannya race direction sendiri uda bilang ga ada bukti 46 nge-kick? drama, nonton boy aja anak jalan.. hehe..

  25. Hal yg aneh pada pit board 99 “marq out” sedangkan 93 bukan pesaing di posisi juara dunia. Knp jg musti pit board nya spt itu.
    Juga sangat aneh 99 ninggalin podium lgs sesudah terima trophy.

  26. Terlalu banyak cerita diluar balapan sebenarnya, jd kurang menarik. Sebagai fans berat rossi, harusnya dia tetep fokus balapan toh masih pimpin klasemen sayang aja ada insiden kemarin cukup buat fans kecewa. Mungkin memang faktor usia… Go 46…

  27. aksi memperlambat pembalap lain sih sah aja mnurut ane..

    selama membantu rekan setim.

    tp klo bantuin rekan senegara aneh juga rasanya..
    kliatan kurang bisa diterima.

    IMO

    btw rossi salah krna kali ini krna ngga sabaran ngadepin bocah..
    markes emang bnr2 masih bocah..

    yg nyengir ya hohe..
    emang hohe asu,, dari dulu ngga nyenengin sikapnya..

  28. IMO
    memperlambat pembalap lain sih sah aja mnurut ane..

    selama membantu rekan setim.

    tp klo bantuin rekan senegara aneh juga rasanya..
    kliatan kurang bisa diterima.

    btw rossi salah krna kali ini krna ngga sabaran ngadepin bocah..
    markes emang bnr2 masih bocah..
    yg nyengir ya hohe..

  29. Lha yg bloon ya jls Rossi koq bisa2nya trpncing kmudian masuk prngkap marquez pdhl jls dia lbh brpnglmn slm brpuluh2 thn di motogp.atas perilakunya ini dia tdk pnts dsbut legend krn sdh sdh brsikp tdk sportif,pdhl dulu ingat kasus rossi vs gibernau.skrg rossi kn karma….hidup marquez,rossi loe mampus aj ya.

  30. Mantab,..bener2 Innocent Looking Bastard ni MM 93,..Muka Sama Kelakuan Ga Sinkron,.., ya emnk msh kecil sih,..kayanya Doi terlalu cepet masuk Moto GP, paling ga mentalnya kudu disiapin lagi

Comments are closed.