banner-460x110(1)

1445780610

Bro dan sis sekalian….nyomot judul dari beritasatu, IWB cukup tertarik dengan artikel yang dibuat oleh jurnalis kang Heru Andriyanto. Secara runut doi membeberkan data lap time Marc Marquez, Lorenzo, Dani serta Valentino Rossi agar kita semua tidak melakukan justifikasi berdasarkan feeling atas insiden Sepang. Dan inilah hasilnya….

iklan iwb

muffler

Pada saat start pertama……seluruh pembalap mencatatkan lap time yang nyaris seimbang. Disinilah Lorenzo malah paling lambat dibanding lainnya yakni 2 menit 07.089 detik. Memasuki putaran kedua….Marc ternyata cukup kencang dan memiliki kecepatan identik dengan Dani Pedrosa ataupun Lorenzo pada kisaran 2 menit nol sekian. Sedang Rossi masih paling buncit dengan 2 menit 01.268 detik dan terus berusaha mengejar rombongan depan…

Lap time Sepang 2015

data lap time Sepang (2)

Memasuki putaran ketiga……bukannya mengejar rombongan depan, tiba-tiba torehan waktu Marquez langsung anjlok tembus 2 menit 02.003 detik. Tidak jelas apakah memang ada masalah dengan motornya. Namun dari sisi racing hal ini kurang wajar karena perbedaan sepersekian puluh detik diajang Motogp sangatlah besar. Anehnya, anjloknya lap time Marc saat posisi Lorenzo sudah berada didepan Marquez….

Memasuki putaran ke -4….lap time Marc berada dikisaran 2 menit nol satu detik. Ketajaman RC213V saat putaran kedua yang mampu bermain dikisaran 2 menit nol detik seperti menguap. Dan pada puncaknya….torehan waktu Marc vs Rossi begitu identik yakni 2 menit 01,938 detik vs 2 menit 01.937 detik. Duel keduanya dengan manuver agresif membuat Lorenzo dan Dani menjauh dengan santai. Entah kebetulan atau tidak….ketika Pedrosa dan Lorenzo mencatat 2′,00 Marquez melaju 2′,01, dan ketika dua pembalap terdepan itu dalam zona 2′,01 Marquez berada di 2’02. So…performa keempat pembalap digambarkan dengan grafik seperti dibawah ini….

data lap time Sepang (1)

Dari data terjadi inkonsistensi lap time pada Marc. Disini yang paling ngedrop memang Marquez. Banyak yang mengatakan Rossi sulit meningkatkan ritme karena tertahan Marc. Sedang sibaby alien tetap pada pendiriannya bahwa dia hanya ingin membalap untuk tim. Anehnya….hingga detik ini, misteri kenapa performa Marquez langsung turun setelah Lorenzo menyalip??. Tidak ada jawaban. Marc sendiri sejauh ini juga tidak mengeluhkan adanya problem pada RC213V tunggangannya. Mumet jal….

Last….diluar possibility skenario adanya kepentingan pribadi atau golongan….tindakan Rossi memang tidak bisa dibenarkan. Puncak kekesalan yang berujung pada penalty malah membuat kans juara dunia menjadi tertutup. Start dari posisi belakang diValencia….dan jelas, tahun 2015 adalah milik Lorenzo. Juara dunia yang penuh dengan polemik di 3 seri tersisa. Apesnya…regulasi tentang strategi melambatkan rider lain tidak ada ada dalam buku panduan punishment. Selama dilakukan dengan bersih….tidak melakukan kontak, maka semua legal. Sayang sekali. Padahal dengan data diatas tidak bisa diingkari, ada indikasi sportivitas tercederai. Sebagai rider yang banyak makan asam garam….ternyata Vale sudah mencium gelagat ini lebih tajam dibanding kita jauh hari sebelum ini terjadi. Analisa lap time ini berbicara. Kalau sudah begini….siapa yang dirugikan??. Jelas Valentino Rossi mzbro. Poor Vale…….(iwb)

627 COMMENTS

  1. wis saiki ngene wae lek… se umpama andaikata markuwes umur setahun trus dipancal umur patangtaon…kiro2 piye….sg salah sing tuwo kan lek?

    • Rung mesti, dul…lha yen sing luwih nom rese, ngajak geger, pantes yen dipancal sing luwih tuwo.
      Lha yo ngono to, dul?

  2. sepertinya dua duanya sama-sama ?sengaja?
    1. MM93 ?sengaja? melambatkan lap time, untuk membiarkan JL99 melaju duluan dan mengganggu pergerakan VR46 (liat Lap Time)
    2. VR46 fight dengan MM93, ketika VR46 masuk dari sisi dalam, VR46 mencoba dengan ?sengaja? untuk memaksa MM93 untuk keluar dari racing line (lihat video, lihat kalau VR46 terus menoleh ke samping ke arah MM93).
    3. terakhir, ada 2 opsi (menurut gue nih) : (1), VR46 setelah ?sengaja? memaksa MM93 untuk keluar dari Racing Line, VR46 ?sengaja? ?melakukan senggolan dengan kakinya? terhadap MM93. (2) setelah MM93 keluar dari racing line, MM93 mencoba menambah kecepatan, dan apesnya MM93 menyenggol kaki VR46 dan jatuh.

    Opini gue nih CMIIW. jadi siapa yang salah???

    #saveIWB
    #penikmatmotogpbukanFANSBOY

  3. 185. blogger bosok – October 26, 2015

    Wan
    Ente ga bikin analisa per lap saat rossikin naik mMekKing yg lebih cepet dr roket?
    Sekali2 kasih saran ke rossikin pake memeking aja biar menang
    Jangan cuma mewek rossikin dibuat mainan si marc
    Ngoahahaha
    ==================
    masalah ente apa sama kang iwan?
    pernah di buat sakit hatikah? saya rasa suka2 pembuat blog mau posting apapun.. ni kan negara bebas (katanya)
    ga perlu hina2 orang berkali2,, klo lu hina rossi licik, apa beda nya sama elu yang picik???

  4. Dari video slow motion terlihat jelas bahwa sebenarnya marc udah mo jatoh sebelum terjadi kontak, nah pas marc dikit lg ndlosor, marc jatuh di kakinya rossi, dan kaki rossi bergerak atas reaksi yg diterimanya, yaitu mengamankan dirinya agar tidak ikut jatuh bersama marc.
    Sepertinya marc sengaja melakukan bunuh diri untuk menghalangi rossi juara dunia.
    Katanya : “kalo gue ga bisa juara dunia, elo juga!”

    • kok elo bs lbh tau dr dorna tong? dpt video dr mn?
      dorna itu lbh tau krna dia yg punya video resolusi tinggi sampe 2500 fps , lu dpt copyan 3gp 30fps aja udh berlagak sok tau? gk mikir apa drmn asal video itu

  5. Ada rasa yg berbeda setiap mas iwb bahas kasus ini..

    #mumgkincumaperasaansaya
    #netralisthebest
    #bahasaadalahsenjata
    #abaikansaja

  6. calon jurdun memble…. ngono kok legenda…. intertainment…uoppo iku… kalah sebelum pertandingan usai…. harus yg tua jadi tuntunan… malah tontonan…. yg gak patut ditonton lagi…. data minjem lagi…..

  7. Dari video slow motion terlihat jelas bahwa sebenarnya marc udah mo jatoh sebelum terjadi kontak, nah pas marc dikit lg ndlosor, marc jatuh di kakinya rossi, dan kaki rossi bergerak atas reaksi yg diterimanya, yaitu mengamankan dirinya agar tidak ikut jatuh bersama marc.
    Sepertinya marc sengaja melakukan bunuh diri untuk menghalangi rossi juara dunia.
    Katanya : “kalo gue ga bisa juara dunia, elo juga!”

    and the story was ended.

  8. yang sengaja tuh rossi lek….. ngapain dia tengak tengok nunggu markes….. wis jelas… kok isih d bela…..

  9. Karena ulah marques yg tdk fairplay dan sportif ,rosi jadi terdholimi .Kasihan udah berjuang dari awal seri pada ujung jadi korban kelicikan. Tapi apapun juga rosi telah melakukan juga kesalahan
    dgn menendang motor marques.Memang manusia tak ada yg sempurna begitupun rosi.Mungkin ini akan jadi pelajaran bagi rosi biar bisa bertambah sabar.Semoga race terakhir nanti hujan lalu kering biar tak bisa diprediksi juaranya.Semangat vale..

  10. @IWB
    Race Director sdh mengeluarkan keputusan resmi, mari kita hargai bersama apapun keputusan tsb. Gak usah dipermasalahkan lg & jgn dibuat tambah semerawut kayak gini.

    99 Winner!

  11. siapapun Juara Dunia MotoGP 2015, tetap om endut IWB yang selalu di hati…

    #saveIWB
    #IWBweloveyou

  12. Saya pembalap juga..
    Krn melihat di google begitu ramai komennya saya berniat komen.
    Tindakan agresive seorang pembalap bukanlah dari kelihaian atau taktik memperlambat lawan demi kawan.
    Ke agresivean pembalap di lihat dr keinginan untuk memepet atau menjatuhkan pembalap lain.
    INI HAL SERIUS, JIKA PEMBALAP LAIN DI JATUHKAN LALU MENINGGAL???
    Dan itu di benarkan?? Dg banyak alasan yg tdk masuk akal.

    Saran saya iwanbanaran tolong yang netral saya salah satu pembalap pro, merasa kurang nyaman dg artikel anda.

  13. kasih komentar netral dong gan…!!! jangan beri komentar yang seolah-olah anda itu FBK (FansBoyKampungan)

  14. Rossi mengaku mendapat penegasan dari manager pembalap Honda, Emilio Alzamora, bahwa Marquez menyerangnya sebagai balas dendam atas insiden di Argentina dan Belanda di mana mereka berdua juga berbenturan.

    Dengan kata lain, Marquez lebih memilih Lorenzo sebagai juara dunia seperti yang dituduhkan Rossi Kamis pekan lalu.

    ?Seperti saya bilang di hari Kamis, ini semua disebabkan oleh kejadian di antara kami di Argentina dan Assen,? kata Rossi.

    ?Saya mendapat konfirmasi dari Alzamora; dia bilang ke saya bahwa menurut Marc saya membuatnya kehilangan peluang juara dunia. Jadi dia ini benar-benar pecundang yang buruk,” kata Rossi.

  15. bagaimana pun tindakan yg di lakukan #46 tidak pantas untuk seorang maestro, bahkan kalaupun #93 lebih suka #99 sebagai juara dunia itu HAK PRIBADI masing2 rider dan TIDAK MELANGGAR REGULASI. dan kalau memang #46 pantas tidak ingin/sepatut ny dihalang2 #93 seharus ny dia melesat d depan #93 klo tidak bisa ya wajar klo kesalip lagi nama ny jg balap rame2 klo tidak ingin d halangi rider lain ya balap berdua lay… rider lain juga sama kok kehalang rider lain jg, tapi ngga rewel. klo bwt saya balap itu prinsip ny “CUT THE SHIT OFF, JUST PLAY UR BIKE”.
    sebagai pembaca yg INDEPENDENT pendapat saya hanya berpegang pd regulasi FIM dan RD karna memang mereka yg d tunjuk dan paling MENGETAHUI tentang balap dan safety ny bukan KITA.
    FAKTA nya menurut regulasi
    #93 tidak MELANGGAR regulasi apapun alasan ny
    #46 MELANGGAR tiga point regulasi apapun alasan ny
    so kenapa masih ngeyel….
    saya lebih menghargai rider yg finish posisi 3 klasemen dengan cara FAIR, daripada rider JUARA DUNIA tapi menghalalkan segala cara.

  16. blogger bosok – October 26, 2015

    Jual dagangan bosok mau aja dicekoki
    Ngoahaha
    Otak bebal
    ===========================================
    Kalo sesuai ekspektasimu lo bilang “GOOD”. Kalo ga sesuai ekspektasimu lo bilang “BOSOK”. Otak lo yang bosok.

  17. Thanks Lek Iwan ats pnjelasanny.
    Tak ada pnyesalan di wajahny. Brarti tindakanny dirasa telah benar,mluapkn emosi krn frustasi kmudian breaksi mnyakiti. Pdahal bliau legend dgn sgudang pngalaman yg sdh bs mmbaca situasi dr jauh2 hari,tp seolah tak punya strategi yg lbih manusiawi dan mnghargai kselamatan org lain.

    #ingin move on tp gagal lagi

  18. mau tanya nih sama @abah >>> dimana salahnya VR46 yang bikin dia dapat penalti 3 poin? manuver yang dibuat sengaja melebar? atau kakinya yg bergerak seolah2 menendang?

    maturnuwun
    #saveIWB

    • Mau tanya sama anda konspirasi itu sudah benar2x 100% pasti atau opini.
      Yakin bukan dendam pribadi ???
      Masalah nendang atau manuver ya liat sendiri video-nya, banyak koq di youtube atau di blog otomotif lain.anda lihat nendang boleh liat manuver juga boleh yg pasti ada bukti 100%.
      Bisa minta data video atau rekaman percakapan ga’? Tentang adanya konspirasi?

  19. mungkin, rossi memang sudah sulit mengejar mereka2 yang lebih muda, awalnya sebagian penggemar rossi akan shift ke markes setelah rossi pensiun, sekarang rasanya sudah ogah kalo tingkah markes seperti ini..dan ini BAD ENDING buat rossi.. mungkin yang paling masuk akal saat ini adalah, mencari seseorang yang bisa membuat markes tumbang dan merana di masa depan..SIAPA DIA??ianone??atau enea bastianini??bisakah mereka secerdas rossi??atau kita penggemar yang harus move on untuk mencintai motogp apa adanya dengan actor2 yang seperti itu??

  20. @blogger bosok

    Wadododo…
    Segitu sakitnya perasaanmu

    Si-iwan gantiin si Lono ente sewot
    Si-iwan fans rossi yang ndupak ndas’e marceleng
    Ente kejet-kejet..

    Koe dibayar piro leng,mbacot kek ngono
    Harusnya dukung ni bloger

    Kemaren gw protes sm ni bloger berita berbulan” cebong sonice
    Gw dikarungin
    Skrg ente malah balik menuding ternakan yamabrud

    Ga ush penggiringan opini lah, mentang” blogere.. FbR
    Santai ae..
    Honda tetep ada buat iwebe

    Wan, besok buati artikel honda wan
    Biar Otaknya ni makhluk ga epilepsi

    • betul..betull..betul.. besok biar lek iwan bikin artikel honhon.. biar pada nggak mewek.. terutama @bloger bosok

  21. sepertinya dua duanya sama-sama ?sengaja?
    1. MM93 ?sengaja? melambatkan lap time, untuk membiarkan JL99 melaju duluan dan mengganggu pergerakan VR46 (liat Lap Time)
    2. VR46 fight dengan MM93, ketika VR46 masuk dari sisi dalam, VR46 mencoba dengan ?sengaja? untuk memaksa MM93 untuk keluar dari racing line (lihat video, lihat kalau VR46 terus menoleh ke samping ke arah MM93).
    3. terakhir, ada 2 opsi (menurut gue nih) : (1), VR46 setelah ?sengaja? memaksa MM93 untuk keluar dari Racing Line, VR46 ?sengaja? ?melakukan senggolan dengan kakinya? terhadap MM93. (2) setelah MM93 keluar dari racing line, MM93 mencoba menambah kecepatan, dan apesnya MM93 menyenggol kaki VR46 dan jatuh.

    Opini gue nih CMIIW. jadi siapa yang salah??

    #saveIWB
    #penikmatmotogpbukanFANSBOY

  22. berharap di race selanjutnya hujan dan Jolor di tabrak para italiano….jd point rossi masih unggul….bisa mirip kejadian F1 … antara ferari vs mercedes..
    .
    Juooos Kang Vale….

  23. Trus emang knp klo laptime marq mnurun, emang knp klo marq sengaja pelanin motorx ngak ad praturan yg dlanggar kan, trus dmn letak ngk sportif.a ngk ada kslahan yg dlakukan marq…
    Rosi hrs trima dipermainin sperti tu dlu aja dia sring prmainkn pmbalap lain kok…
    Last smua ni ngk akn mnimpanya klo sj motor.a ngk lmbat kya SIPUTTTT

  24. paling males klo lihat komen ada tulisan#saverossi#savevale dll…emng rossi dlm keadaan terancam jiwa nya?pdhl bukan jiwa nya,tp jurdun nya….harus nya tulisan nya #saveworldchampionrossi….ekekekeke.pekokkk pekokk….

  25. kalau doohan sama stoner yg notabenenya gak akur sama rossi aja menaruh curiga dengan si marq sjak di australia,sbagian besar penonton juga bgtu,didukung lagi dgan data” yg ada,,,memang si marq si biang kerok

    rossi mbangun istana dirobohin sama marq,rossi gak terima ,marq dihantam,,rossi pun dipenjara,,hahaha

    “rip motogp,save vale”,,,

  26. sama persis kyak lek iwan..
    persis plek kyak markes..
    melambatkan pace dalm nulis artikel adu drag ncb & nva

    diduga buat menambah rating blog agar pembaca setia nunggu dan nge reload halaman iwanbanaran ini…

    kami tunggu presscon nya… jgn pakek alasan lagi diketik secepatnya ya kang.. wes basi soal.e

  27. perebutan juAra dunia team biru..
    kenapa team oranye ikut repot…
    yg di rugiin ya team biru..
    selamAt team orange sudah berhasil mengAdu domba team biru…

  28. pasti lek iwan nggak tau kan kalo pas jatoh dibalik helm marq tu ketawa-tawa bahagia.. sambil senyum-senyum…. sambil ngomong horee.. taktik berhasil… nggak seperti dulu kalo jatoh pasti marah-marah…. lagian kalo jatohpun nggak rugi kok… lha wong nggak ngrebutin gelar apa-apa…

  29. Balapan kok jadi kaya gini .. Aahh yg satu bilang ngehalangin hrsnya yg udah ga bakalan dapet juara ngalah .. Klo gini caranya udah besok biaris si JL sm si VR aja maen berdua .. VR juga suka agresif liat aja waktu lawan casey lawan sete gibernau .. MM juga agresif karena banyak harapan yg digantungkan kepadanya .. Walau bagaimana pun nendang bukan hal yg baik .. Harus VR jika dia mampu dia bisa fight kemaren lawan MM tanpa harus menjatuhkan .. Karena klo dia percaya dia juara MM doang mah kecil .. Tapi keinginan untuk juara terlalu besar jadi kemakan emosi

    • Karena pembenaran di artikel kayak gini nih yg bikin FBR melegalkan naik motor dengan membahayakan orang lain.
      Lihat tuh kata2x FBR lindhes, pancal etc..
      Selamat misi anda berhasil.
      Case closed kita nantikan artikel selanjutnya yg membuat nafsu membunuh FBR makin tinggi

Comments are closed.