banner-460x110(1)

1445780610

Bro dan sis sekalian….nyomot judul dari beritasatu, IWB cukup tertarik dengan artikel yang dibuat oleh jurnalis kang Heru Andriyanto. Secara runut doi membeberkan data lap time Marc Marquez, Lorenzo, Dani serta Valentino Rossi agar kita semua tidak melakukan justifikasi berdasarkan feeling atas insiden Sepang. Dan inilah hasilnya….

iklan iwb

muffler

Pada saat start pertama……seluruh pembalap mencatatkan lap time yang nyaris seimbang. Disinilah Lorenzo malah paling lambat dibanding lainnya yakni 2 menit 07.089 detik. Memasuki putaran kedua….Marc ternyata cukup kencang dan memiliki kecepatan identik dengan Dani Pedrosa ataupun Lorenzo pada kisaran 2 menit nol sekian. Sedang Rossi masih paling buncit dengan 2 menit 01.268 detik dan terus berusaha mengejar rombongan depan…

Lap time Sepang 2015

data lap time Sepang (2)

Memasuki putaran ketiga……bukannya mengejar rombongan depan, tiba-tiba torehan waktu Marquez langsung anjlok tembus 2 menit 02.003 detik. Tidak jelas apakah memang ada masalah dengan motornya. Namun dari sisi racing hal ini kurang wajar karena perbedaan sepersekian puluh detik diajang Motogp sangatlah besar. Anehnya, anjloknya lap time Marc saat posisi Lorenzo sudah berada didepan Marquez….

Memasuki putaran ke -4….lap time Marc berada dikisaran 2 menit nol satu detik. Ketajaman RC213V saat putaran kedua yang mampu bermain dikisaran 2 menit nol detik seperti menguap. Dan pada puncaknya….torehan waktu Marc vs Rossi begitu identik yakni 2 menit 01,938 detik vs 2 menit 01.937 detik. Duel keduanya dengan manuver agresif membuat Lorenzo dan Dani menjauh dengan santai. Entah kebetulan atau tidak….ketika Pedrosa dan Lorenzo mencatat 2′,00 Marquez melaju 2′,01, dan ketika dua pembalap terdepan itu dalam zona 2′,01 Marquez berada di 2’02. So…performa keempat pembalap digambarkan dengan grafik seperti dibawah ini….

data lap time Sepang (1)

Dari data terjadi inkonsistensi lap time pada Marc. Disini yang paling ngedrop memang Marquez. Banyak yang mengatakan Rossi sulit meningkatkan ritme karena tertahan Marc. Sedang sibaby alien tetap pada pendiriannya bahwa dia hanya ingin membalap untuk tim. Anehnya….hingga detik ini, misteri kenapa performa Marquez langsung turun setelah Lorenzo menyalip??. Tidak ada jawaban. Marc sendiri sejauh ini juga tidak mengeluhkan adanya problem pada RC213V tunggangannya. Mumet jal….

Last….diluar possibility skenario adanya kepentingan pribadi atau golongan….tindakan Rossi memang tidak bisa dibenarkan. Puncak kekesalan yang berujung pada penalty malah membuat kans juara dunia menjadi tertutup. Start dari posisi belakang diValencia….dan jelas, tahun 2015 adalah milik Lorenzo. Juara dunia yang penuh dengan polemik di 3 seri tersisa. Apesnya…regulasi tentang strategi melambatkan rider lain tidak ada ada dalam buku panduan punishment. Selama dilakukan dengan bersih….tidak melakukan kontak, maka semua legal. Sayang sekali. Padahal dengan data diatas tidak bisa diingkari, ada indikasi sportivitas tercederai. Sebagai rider yang banyak makan asam garam….ternyata Vale sudah mencium gelagat ini lebih tajam dibanding kita jauh hari sebelum ini terjadi. Analisa lap time ini berbicara. Kalau sudah begini….siapa yang dirugikan??. Jelas Valentino Rossi mzbro. Poor Vale…….(iwb)

627 COMMENTS

  1. Ahh berita satu di ikuti, liat di Moto Gp.com atau detik.com kok rada kebalik itu lap timenya data ga valid..
    Lebih baik baca di motogp.com
    Atau crash.net..
    Jangan baca di sini..
    Kasiam ente semua..
    Blogger di sini berbaju yamaha.
    Penunggang yamaha..
    Wartawan busuk.
    Ga valid datanya.

  2. Wan ente plin plan. Jngan karena data semua ngambing hitamin MM.
    Klo jago ya balap aja MM . Inget tahun lalu lalu. Yamaho juga nerapin taktil ngelambatin MM. Tapi apa daya MM lolos karena motornya dan skill nya jozz.

    Hahahaha. keliatan Rossi mental tempe. Motor lelet. Loooser. Pake acara sikil2an. Untung juga MM gak njejek pala Vale.

    FBR masih kagak terima?. Dhhhungu. Udah jelas salah main kaki kok dibela.
    Ini akibat pake motor lemot, kena bully sama anak kemaren sore.
    Kasihan kau Rossi. Karirmu berakhir buruk akibat Yamaho. Akakakaka
    Gak sabar pengen liat loe pensiun yamaho modar. FBY punah.
    Biar dunia adem…

  3. sokorrrrrrrrr modiaro ae …
    balapan op pencak dor masane
    kuapok selamat mimmpi jurdun yo ross
    hahaha…

  4. Barusan baca detik…rossi masi mikir2 lagi buat membalap di valencia..nah loh..apa jadinya motoGP tanpa rossi..perhitungan ekonomi berbicara.
    .

  5. para embek & tim SWeATy baru pada muncul semenjak trauma IRRC 150 kemaren yang dilakuin rosi emang ilegal pantas dihukum tapi country order, team order sampe menghambat waktu pembalap lain emang legal tapi apa masih layak disebut sportif

  6. Heyyy kaoo iwanbanaran
    Lo ngefans boleh..
    Berita satu, motogp indonesia..
    Itu mah halaman fans Yamaha, cb aja liat beritanya..
    Klo honda juara, biarpun pedrosa tetep di blg ga bener di sana..
    Gue tau ini blog lo..
    Tp data lo ga valid..
    Mending lo sadur dr motogp.com atau crash net..
    Gue ga terima lo sebagai blog ternama asallll aja buat artikel.. Kode etik ga ADA. Sesama wartawan ane kesel bacanya..
    Wartawan payah
    Mending lo g ush ngefans sm rossi.. Rossi pst tdk mau pny fans wartawan abal abal..

  7. AKAKAKAKAKAK

    MENDADAK FBH JADI PRNGIKUT MOMOKK…

    main tuduh sana sini ….

    NGERIIIII …

    zlub.

  8. Keno terasi padahal mau kasih data2x pakai ilmu astronomi,paleonthologi,filsafat modern untuk melakukan pembenaran insiden sepang.
    Disinyalir artikel besok adalah tentang burung seagull kiriman spanyol untuk menghambat ianone
    Bertarung dengan rider spanyol.
    Ngoahahaha!!! Zlub!!

  9. MM mencoba membuka mata kita. Bahwa di era rossi, bukan entertain yang disajikan. Tapi mempermainkan pesaingnya. Karena menyadari skil dan kemampuan motornya. Maksudnya jelas agar persaingan perebutan juara 2 dan seterusnya merata.

  10. hhhahahah
    fbh Mahooonda
    Mau Serang Iwanbanaran . ???hhhaha
    IwB dan Tmc blog ..josss gandos

    kenapa lu Mahoonda loverss

    makanya jgn kerja di AhooMahonda jgn jadi fbh gak enak gakk cuma pencitraan akal bulus

    gak bisa dibanggain
    cuma diperas peras dikibulin….ekekekek

    besok dibikin i artikel tentang Mahonda mas iwb biar seneng

    ngiri lihat Mas Iwb Masuk TV Trans Corp …yaa boy
    elo aja sering lihat moto gp di Trans

  11. Original Posted By iwankuye ? Kaskus
    Valentino Rossi sejatinya adalah sesabar-sabarnya pembalap, tapi Marquez sudah diperingatkan sejak seri Australia tapi tak menghiraukan. Rossi bilang di depan Marquez dan media bahwa ada indikasi Marquez membantu Lorenzo dalam perebutan gelar juara dunia dengan cara memperlambat lap time Rossi. Rossi tidak asal ngomong karena dia membawa setumpuk catatan lap time Marquez di Australia yang menunjukan bahwa sebenarnya Marquez bisa langsung di depan tapi memilih mengacak-acak race line Rossi sehingga Iannone bisa mendekat.

    Setelah Iannone mengunci Rossi, Marquez mengeksekusi Lorenzo. Marquez membantah itu tapi Rossi punya bukti. Kemudian sampailah mereka di Sepang, Malaysia. Pada free practice ketiga, Marquez terlihat membuntuti Rossi dan Rossi keberatan, dia melambat sambil memandangi Marquez. Kemudian di press conference Rossi kembali mengingatkan; membalaplah untuk dirimu sendiri, tidak perlu mencampuri perebutan gelar orang lain. Saya pikir masalah selesai sampai di sini, tapi nyatanya tidak. Di balapan tadi Marquez begitu mudahnya membiarkan Lorenzo lewat tapi kemudian mati-matian menggerecoki Rossi sehingga Lorenzo semakin jauh. Rossi adalah sesabar-sabarnya pembalap, tapi Marquez sudah jelas-jelas tidak punya itikad baik. Rossi sudah mengangkat tangan tapi Marquez makin keterlaluan….
    Angkat pejwan #VR46

  12. sebenarnya rossi tuh gk nendang mm93 tpi kakinya reflek kelepas dri fotstep krna kesundul kepala mm93 shingga kesannya nendang, gw ykin yg salah itu si bocah krna motornya trlalu mepet dgn vr46

    • 4 kali terasi, yo wis lah Di tunggu artikel burung seagull berkebangsaan spanyol yg senjata menabrak fairing Iannone untuk menghambat laju rider spanyol, berdasarkan data excel yg mirip brosur cicilan kredit mbit DP 0 %

  13. Hari ini adalah hari aku bertemu dengan team dan motor baruku,seperti biasa motor yamaha selalu cantik, menurut-ku tanki-nya terlalu besar, ketika Kutanyakan kepada mekanik mereka mengatakan biar kamu waktu membalap bisa sekalian nonton dvd, ha..ha..ha..inilah perbedaan team yamaha dengan Honda, mereka punya sense humor, di Honda semua orang lebih serius.
    Sorry pake bahasa sendiri, bukunya udah ilang 10 tahun lebih ( cuma mengandalkan ingatan) .Yang alay pakai motor livery kebut2an di jalan raya sorry to say anda ga’ ngerti apa itu fan boy.
    Bukan berarti kita mengidolakan seseorang terus menyetujui semua tindakan-nya dan mengamini .
    Saya mantan FBR masalah buat lo, tapi saya lebih suka sportivitas olahraga yg menghargai orang lain dengan tidak membabi-buta membela 1 figur
    demi kebaikan olahraga itu sendiri.
    Note: fan boy disini yg pakai celdam kuning ukuran 46 + masih punya bukunya disini tunjuk jari
    ngoahahaha !!!! ,zleuubbbb!!!

  14. Wah, payah nih blogger aka wartawan..
    Gue fans rossi tp ga sebodoh anda..
    N gue jg biasa balapan di sentul omr r15 yamaha dll.
    Dr kaca mata gue rossi emg bersalah.
    Rossi yg blg balapan emg hrus dog fight. Tapi ada kode etik.
    Dan di balapan strategi melambatkan demi team atau pedrosa itu biasa.
    Sah sah aja.
    Tapi rossi udah kelewat.
    Tdk ada kode etik.
    Sama kaya lo, wartawan Ga ada kode etik.

      • Mbah darmo ini jangan jangan si iwan.
        Kasianim lah iwan.
        Lo jangan ngerusak blog org.
        Kasian.
        U iwan yang netral lagi bung.
        Kasiam blog lu ud bagus.
        Smw bs ilang jd ampas klo lo terus begini.
        Keep calm n keep netral.

    • Satu lagi gue sering bbrp kali ktmu lo klo lo ngetes motor atau ngeliput yamaha.
      Gue ga nyangka lo sebodoh ini.
      Jangan ikut ikut emosi sperti rossi.
      Blog lo ud bagus.
      Klo lo terusin mihak rossi atau yamaha.
      Lo bakal jadi ampas.

      • Ah, dedy mewek…iya,iya,iya deh….ketemu iwb lo sok akrab, tapi iwb nya tanya sama temennya (yg bener-bener teman): “Eh, ni anak sok kenal gw sapa ya?”
        Ekekekeke.. Tengsin sok kenal lo, ded…pdhl iwb aseli g kenal lo. Mallllluuuuuuu….

  15. blog mu dibaca jutaan orang bro, jgn menggiring opini yg menyesatkan. saat di overtake oleh Jl, racing line MM melebar, makanya catatan lap time ngedrop.

  16. marmewek masuk guinness book off record dalam satu musim 6x ndlosorr..
    seharusnya berterima kasih sama rossi yang sudah membantu….
    crottt…

  17. MotoGP tercederai gara2 strategi licik Markunyuk & Markeset serta Markefet. Uasyu njaran tenan…

  18. memperlambat lawan selama tidak ada kontak fisik saya rasa sah dan wajar TAPI kalo memperlambatnya diulang ulang dengan oleh pelaku yang sama terhadap korban yang sama terlebih pelaku sudah tahu tidak memiliki kans untuk juara dunia lagi sementara korban memiliki kans juara jelas…MARQUEZ FUCK YOUUU

  19. apapun analisa’y tetep permasalahan awal disebabkan oleh Marques yg memprovokasi Rossi dgn melakukan manuver2 agresif.Jika saja Marques tidak jatuh,mgkn Rossi yg akan dlosor dibuat oleh’y.pembalap sekelas Marques harus’y menjunjung tinggi sportivitas dan keprofesionalan.
    Seharus’y punishment diberikan kpd 2 belah pihak setidak’y bisa membuat mereka menyadari kesalahan masing2.klo keputusan dr race director seperti ini,bukan tidak mungkin di Race Valencia nanti akan ada aksi balas dendam 1 sama lain.

  20. MM mencoba membuka mata kita. Bahwa di era rossi, bukan entertain yang disajikan. Tapi mempermainkan pesaingnya. Karena menyadari skil dan kemampuan motornya. Maksudnya jelas agar persaingan perebutan juara 2 dan seterusnya merata sehingga secara perolehan poin bisa ngacir duluan. Hal itu legal dan itu dipelajari dengan baik oleh MM walaupun cara-caranya sesikit fulgar. Tp begitulah?. Guru kencing berdiri,murid kencing terbang. Apa yang dilakukan VR jelas banyak ditiru MM.

  21. champions 2015

    TEAM = YAMAHA
    KONSTRUKTOR = YAMAHA
    PEMBALAP = YAMAHA

    cari AKIK = HONBUL

    akakakakakak

    zlub.

    zlub.

  22. Hehehe…
    Sy biasanya silent rider di artikel2 cak iwan. Cm mslh ini emang gk bs dipungkiri.
    Marq nutup rosi. Insiden huuuu di podium lorenzo. Publik udah tau akal2an marq dan lorenzo yg pengecut. Klo rosi pensiun dh gk bakal rame lgi motogp.
    Gpp rosi bsk gk ikut balap valencia. Cukup da yg nabrak lorenzo sampe gk bs race lgi.

  23. sejauh ini ada 3 artikel dari tmcblog, indobikermags, sama iwanbanaran yang seimbang isinya
    terimakasih mas iwan, jelas sudah rasa penasaran saya dari data diatas
    tindakan marq memang merugikan namun sebenarnya seperti mengurung rossi dalam sangkar dengan cara legal, akan tetapi vale tetap salah
    #ForzaVale

  24. Fanboy rossikin semakin kalap
    Jadi fitnah sana sini
    Melacurkan diri sana sini
    Apalagi disumpel congore sama yamahong
    Ngoahahaha
    Jadi penyembah rossikin si bujang lapuk
    Ngoahahaha

  25. parah…parah…pas lap 3 namanya juga lagi fight tentu banyak waktu terbuang…itu pun 1,09 detik (gap lorenzo-marc)

  26. lek IWB itu netral gan… liat deh blognya >> sponsor paling besar HONDA
    masuk TV (motogp T7) sponsornya Yamaha…
    ngapain yth komentator di atas bilang IWB penjilat…

    owalah uuaas*

  27. di motogp gak ada larangan gk boleh melambatkan ritme,
    gak ada larangan ngajak duel atau pilih2 lawan untuk duel..mau duel dgn si a,b,c terserah dia.
    jg gak ada aturan harus kasih jln pd rider yg lg rebutan jurdun.
    yg paling penting gk ada aturan gk boleh menghalangi rosi..
    kmarin ianone yg dimaki2 dituduh menghalangi, skrg marquez. nanti valencia sapa lg yg bkl kemaki?

  28. loh ini kan blog mlik iwb dia mau bikin artikel apa ia urusan iwb.. ga suka ia ga usah di baca atau komen mnding diem.ribett amat hdup loe..
    lagian kn sudah jelas memang fktanya markues sengaja bkin msalah.. kepalanya aja nynggol lutut rosi dlu..

  29. kilas balik ke 2 seri terakhir tahun lalu.

    perbedaan point cukup jauh antara MM dan JL sehingga JL butuh bantuan rossi. JL pada race sengaja melambatkan laju motor dengan tujuan agar pembalap dibelakangannya (dani & MM) dapat disusul rossi). anehnya separuh balapan rossi tak kunjung menyusul leading group. semakin kacau ketika MM menyerahkan dani untuk fight langsung ke Jl…akhirnya dani crash disenggol JL dan MM finish ke-2

    di race terakhir, seakan tidak mendapat dukungan dari rossi, JL memutuskan race sendiri dansengaja mengajak MM dogfight berharap MM dnf. MM mencium gelagat tsb kemudian menyilahkan dani melewatinya untuk meladeni JL. Rossi??? tak berbuat apa apa seperti race sebelumnya.a

    2 race terakhir tahun lalu adalah gambaran untuk 2 poin yg sedang gonjang ganjing, sengaja melambat untuk menahan pembalapn di belakang dan konspirasi?
    bisakah kita mengatakan bahwa tidak adanya bantuan dari rossi sebagai konspirasi?? padahal sudah sengaja dilambatkan jalannya race oleh JL yg berada di posisi leader.

    jika itu benar konspirasi maka kejadian sekarang adalah karma bagimu.

  30. ada yang dri td cuma ngomong terasi trus, sampai saat ini blum tau jg salahnya apa, gawat….piye toh

  31. fby/fbr somplak semua balapan ngacir duluan dibilang gak menghibur!
    diajak duel main tendang, fitnah konspirasi segala.
    padahal di australia ianone yang bikin sial! otak kalo udah diracuni rossi ya begini, akhirnya motogp mati bersama rossi!! saat bintang muda bermunculan, dengan alasan marketing dibunuh satu persatu dengan regulasi hasil dikte rossi!!

    rossi memperlambat race dibilang menghibur, saat orang lain yang melakukan dia bilang team order!
    saat dia agresif dia berkata itulah balapan, saat orang lain agresif dia bilang membahayakan pembalap lain!!

    saya mengikuti motogp sejak marc naik kelas motogp, setiap trik “kotor” yang ia lakukan dan terbebas dari hukuman adalah trik yang pernah dilakukan rossi, mana berani dorna??
    tapi ingat saat trik baru dia lakukan pasti kena hukuman, tapi beberapa trik “kotor” yang pasti akan markes lakukan tanpa kena hukuman :
    1. Memperlambat +menghalangi racing line dengan roda belakang yang sedikit dibelokan
    2. Memotong jalur balap lewat gravel!!

    silahkan fans Yamaha / rossi koar koar sampe muntah!!
    Stoner tau pembalap lain cuma boneka, markes tau tapi dia lebih cerdik dan selalu nothing to lose!! dan bisa mempelajari trik “kotor rossi”

    rossi sendiri adalah hasil konspirasi dorna!
    jangan sok-sokan bilang marker yang memprovokasi, rossi sendiri yang memprovokasi dari awal!!

  32. mendadak iwan diserang fbh yg kemarin menyanjung nyanjung bahwa iwan blogger netral … waktu kemenangan sonic…

    NGERIII….

    akakakakakak
    zlub.

Comments are closed.