banner-460x110(1)

1445780610

Bro dan sis sekalian….nyomot judul dari beritasatu, IWB cukup tertarik dengan artikel yang dibuat oleh jurnalis kang Heru Andriyanto. Secara runut doi membeberkan data lap time Marc Marquez, Lorenzo, Dani serta Valentino Rossi agar kita semua tidak melakukan justifikasi berdasarkan feeling atas insiden Sepang. Dan inilah hasilnya….

iklan iwb

muffler

Pada saat start pertama……seluruh pembalap mencatatkan lap time yang nyaris seimbang. Disinilah Lorenzo malah paling lambat dibanding lainnya yakni 2 menit 07.089 detik. Memasuki putaran kedua….Marc ternyata cukup kencang dan memiliki kecepatan identik dengan Dani Pedrosa ataupun Lorenzo pada kisaran 2 menit nol sekian. Sedang Rossi masih paling buncit dengan 2 menit 01.268 detik dan terus berusaha mengejar rombongan depan…

Lap time Sepang 2015

data lap time Sepang (2)

Memasuki putaran ketiga……bukannya mengejar rombongan depan, tiba-tiba torehan waktu Marquez langsung anjlok tembus 2 menit 02.003 detik. Tidak jelas apakah memang ada masalah dengan motornya. Namun dari sisi racing hal ini kurang wajar karena perbedaan sepersekian puluh detik diajang Motogp sangatlah besar. Anehnya, anjloknya lap time Marc saat posisi Lorenzo sudah berada didepan Marquez….

Memasuki putaran ke -4….lap time Marc berada dikisaran 2 menit nol satu detik. Ketajaman RC213V saat putaran kedua yang mampu bermain dikisaran 2 menit nol detik seperti menguap. Dan pada puncaknya….torehan waktu Marc vs Rossi begitu identik yakni 2 menit 01,938 detik vs 2 menit 01.937 detik. Duel keduanya dengan manuver agresif membuat Lorenzo dan Dani menjauh dengan santai. Entah kebetulan atau tidak….ketika Pedrosa dan Lorenzo mencatat 2′,00 Marquez melaju 2′,01, dan ketika dua pembalap terdepan itu dalam zona 2′,01 Marquez berada di 2’02. So…performa keempat pembalap digambarkan dengan grafik seperti dibawah ini….

data lap time Sepang (1)

Dari data terjadi inkonsistensi lap time pada Marc. Disini yang paling ngedrop memang Marquez. Banyak yang mengatakan Rossi sulit meningkatkan ritme karena tertahan Marc. Sedang sibaby alien tetap pada pendiriannya bahwa dia hanya ingin membalap untuk tim. Anehnya….hingga detik ini, misteri kenapa performa Marquez langsung turun setelah Lorenzo menyalip??. Tidak ada jawaban. Marc sendiri sejauh ini juga tidak mengeluhkan adanya problem pada RC213V tunggangannya. Mumet jal….

Last….diluar possibility skenario adanya kepentingan pribadi atau golongan….tindakan Rossi memang tidak bisa dibenarkan. Puncak kekesalan yang berujung pada penalty malah membuat kans juara dunia menjadi tertutup. Start dari posisi belakang diValencia….dan jelas, tahun 2015 adalah milik Lorenzo. Juara dunia yang penuh dengan polemik di 3 seri tersisa. Apesnya…regulasi tentang strategi melambatkan rider lain tidak ada ada dalam buku panduan punishment. Selama dilakukan dengan bersih….tidak melakukan kontak, maka semua legal. Sayang sekali. Padahal dengan data diatas tidak bisa diingkari, ada indikasi sportivitas tercederai. Sebagai rider yang banyak makan asam garam….ternyata Vale sudah mencium gelagat ini lebih tajam dibanding kita jauh hari sebelum ini terjadi. Analisa lap time ini berbicara. Kalau sudah begini….siapa yang dirugikan??. Jelas Valentino Rossi mzbro. Poor Vale…….(iwb)

627 COMMENTS

  1. memang betul tidak ada aturan yg melarang memperlambat race lap,menutup racing line, tapi apakah itu penting, sportif, pantas bagi orang yg tidak terlibat dalam PERBURUAN POINT JURDUN ???
    kalo itu dilakukan antara lorenzo dan rossi wajar dan jadi seru lihatnya
    TAPI ini dilakukan bocah yg ingin balas dendam karena tidak bisa JURDUN lagi tahun ini
    terlalu terindikasi INTRIK2 tidak sehat
    cermati, hayati dengan logika, anggap saja yang bertarung bukan ROSSI, LORENZO, PEDROSA

  2. memang betul tidak aturan melarang memperlambat, menutup racing line pembalap lain
    TAPI itu TIDAK PANTAS n SPORTIF jika dilakukan oleh orang yg tidak dalam perburuan point JURDUN dengan orang yg berusaha berebut point JURDUN
    kalo itu LORENZO dan ROSSI wajar saja menutup jalur memperlambat, la ini bocah tujuannya apa ?
    jelas motivasi dendam krn tidak bisa JURDUN 3x berturut turut

  3. ini iwb ga elok artikelnya.. sy jadi kurang respect, dari awal waktu jadi komentator anda terlalu membela rossi padahal race director belum memutuskan apapun. sy fans berat rossi dan marquez, sy tidak menghina/mengumpat/membela keduanya ketika insiden terjadi, menyerahkannya kepada race director. kalo saya dituduh oleh rossi konspirasi seperti itu juga sy pasti marah, dilukai sang idola itu sakitnya tuh disini. manuver Marquez semuanya sah. kesalahan rossi cuma satu, Childish.. tapi tetap sy fans nya rossi dan Marquez, insiden itu cm bumbu hidup.. bumbu motogp, kita sebagai penikmat mah tidak usah grasa grusu gitu, dewasa aja bro.

  4. Kang liat gak moto gpnya. Lap time nya melorot kerna dia melebar di lap 2 menuju lap ke tiga. Dan semakin kacau kerna geram liat dipotong lorenzo. Di tiap tikungan keliatan dia latebrake dan pontang panting. So wajar lagian karakter nya memang gitu kan. Inget gak dia jatuh gara ban nya lom panas.

    Lagian tanpa diganggu marq pun caratan waktu rossi gak lebih baik dari lorenzo. Yang ane takutkan dia nyari alasan buat nutupi bahwa dia gak bisa kencang lg bawa yamaha di bandingkan lorenzo.

    Kasian lorenzo pembalap yg bagus tapi kalah nama. Gara2 bacot orang ternama. Semua orang mencacinya..

Comments are closed.