iklan iwb

PCX_002

Bro dan sis sekalian…..seperti menabuhkan genderang perang, YIMM memamerkan skutik terbaru mereka NMax. Melompat dari tradisi skutik lokal dengan dek model selonjoran….cara ini sepertinya ditempuh untuk membuat diferensiasi model matic lokal yang penuh sesak dengan model dek rata. Pertanyaannya….mungkinkah AHM akan mengikuti langkah serupa??….

iklan iwb

Mudah bagi AHM untuk melakukan jika mau. Namun seperti budaya sebelumnya….grup Astra sepertinya tidak akan gegabah. Mereka akan pantengin rival membuka pasar baru. Tindakan tersebut dipandang tidak menguras energi. Monggo intip aja segmen skutik. Kini mereka yang panen dan mendulang kesuksesan. Padahal jika kita sudi flash back kebelakang….semua berkat jerih payah kompetitor mereka…..

Yup….Yamaha termasuk pabrikan Jepang yang berani all out memperkenalkan skutik ditanah air diawal 2000an. Ingat lho….pabrikan Jepang, takut ada yang protes soale :mrgreen:? secara disana ada pabrikan Taiwan juga sebelumnya. Kembali konteks….mulai dari import Majesty….Nouvo dan akhirnya baru sukses dengan Mio. Dalam pandangan IWB….pabrikan garputala sukses melakukannya. Dan ketika pasar merespon positif dan sudah tertata….baru Honda nyodok dengan produk yang advance. Cheating??….

Nggak dong. Itu adalah strategi. Dalam setiap bisnis harus dipertimbangkan semaksimal agar hasil lebih maksimal.? So…kasarnya biarlah lawan yang cari jalan setelah itu mereka akan menyusul dengan kekuatan penuh. Resources tidak terbuang percuma. Patut diingat…dek selonjoran pada sejarahnya nggak sesukses model dek rata yang lebih fungsional. Tengok saja Majesty dan Nouvo. Akan tetapi lewat NMax serta X-Max Yamaha kembali berani mencoba peruntungannya. Dan jika berhasil…..

Honda akan kembali hadir disana. Dengan catatan….berhasil lho ya. Dan jika itu terjadi tiada jalan lain bagi AHM selain melokalkan PCX150 untuk menekan banderol. Sebab patut diingat…..YIMM memproduksi NMax secara lokal. Walau tidak menjamin murah….tentu secara logika pricing akan lebih miring. Masih kekeh import secara CBU?. Yo domblong tenan suwe-suwe :mrgreen: …..(iwb)

Post by IWB. Follow us on?.

Twitter : @iwanbanaran
FB Fanspage : Iwanbanaran.wordpress.com
Email : [email protected]
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Blog Author : IWBspeed.com | Iwanbanaran.com

101 COMMENTS

  1. jd gak kebeli2 motor kalo gini caranya mah, bkn krna gak punya duit tp krna selalu menanti produk baru, hha,eedian

  2. Nggak usahlah, sampe ke tangan AHM paling jga finishingnya aduuhh.. Tau kan kang?? Fakta lho ini bkanya yg enggak”

  3. seinget saya dari oto.detik.com …pabrik AHM di cikarang yang baru akan mengekspor PCX 150 pada 2015 namun kuartal berapa tidak disebutkan 😀

    jangan lokal pcx lah..forza 125 saja cukup 😀

  4. Ada yang baik dari Pabrikan YAMAHA dan HONDA. Strategi all out dan menggebrak pasar itulah yang disukai dari YAMAHA, pada kasus Mio mereka terlena dan akhirnya diovertake oleh Beat yg gapnya cukup jauh. Tapi pada kasus Motor injeksi Sport pertama yg sekarang menjadi MOTOR SPORT 150CC TERLARIS: KLAN VIXION, Yamaha berhasil menjaga tahtanya, CB150 dan Verza pun tidak bisa membendung VIXION. kalau YAMAHA berhasil dengan N MAX nya, dan HONDA Merespon dengan PCX Lokalnya, mudah2an GAP diantaranya tidak Jauh.

  5. Itulah hebat nya yamaha,membawa suatu kebaikan ke khalayak umum..maka berbanggalah kau fby..hahahaha

  6. Itulah hebat nya yamaha,membawa suatu kebaikan ke khalayak umum..maka berbanggalah kau fby..hahahaha..fbh pun ikut merasakan dampak kebaikannya..hahahaha

    • ah enggak juga,.

      soal pcx mau dilokalkan karna n max nongol itu sangat wajar dan cerdas, ini persaingan bisnis honda sebagai rajanya ya harus mempertahankan tahtanya, salah satunya dgn cara ini.

      so bukan masalah ini muncul karna itu, itu muncul karna ini,. imho

  7. infonya yg pzti ae kang,,!!!! sp tw yg stok lama n numpuk d gudang d obral lg diskon 8jeti,,, kyak cbr thai,,,

    kn patut d tunggu obralanya kl d lokalkan,,, 🙂

  8. Waladah, alamat User PCX kayak CBR thai nih, bakal sakit hati part 2 sama AHM

    Kadang2 jadi berfikir, kalau beli CBU AHM kesan rugi dan overprice pun ada..Karena yang lokal mereka pun ada!! Ngapain beli PCX CBU kalau ada lokal? Kenapa harus AHM “men-CBU kan”?

    Jujur strategi ala “ketidaksabaran” AHM yang maen ngimport PCX itu sia sia, dihajar sm NMAX rakitan lokal yang lebih ganas performa, serta desainnya.

    No FBY, FBH, FBK, atau FBS. Hidup itu rasional bung.. liat CBR thai di OLX ancur rusak Aftersalesnya. Setelah lokal, mau diapakan pricing PCX aftersales demikian? itupun kalau NMAX YIMM masih berbaek hati jika harganya dimepetin PCX lokal. Tapi kalau bisa jangan seperti R25. pakailah startegi menggebuk CBR kayak R15.

    ane ga ngerti sama pola pikir AHM yang maen lokalin aja, kasihan aja sm perasaan user CBU PCX.

    Kalau yang pernah belajar ilmu ekonomi, pasti ngerti nilai penyusutan itu walau memang bukan dikatakan beban secara langsung namun itu akan merusak nilai image suatu produk, karena harga jual kembalinya terjun bebas.

    ane sorry banget buat para blogger yang sedikit FBH, katakan dengan jujur terhadap sikap “main seenaknya” AHM demikian. Berani Blogger yang ke FBH-an mengangkat Tulisan ane jadi artikel? Supaya jadi masukan ke AHM kedepan, Sing ane mantau 😀

  9. Critane Yimm lagi napsu buanget… buat menggempur ahm ” tanpa kompromi ”
    Ahm ga usah kepancing, fokus saja sama produk yg sudah berjalan, tuh sportnya di buat keren, biar yimm kelimpungan. Matic dah cukup, ga ngaruh adanya nmax, bebek supernya ga usah buru2 klu ujung2 nya hasilnya jelek. Tingkatkan kuliatas, yakin ahm semakin tak terlampaui.
    selagi masih dapat kepercayaan, mbok yo di optimalkan bukan malah leha2 buat produk asal jadi.
    Buat yimm kasih jempol buat produk dan strategi pasar, mantap.
    Cuman rung minat sama motor yamaha.

    • setuju om.. biarlah YIMM berusaha semaksimal mungkin buat menggempur AHM, supaya AHM kagak terlena lagi om 😀

      kompetisi emang dibutuhkan buat kemajuan, dan pada akhirnya konsumen juga yang diuntungkan..
      ane mah mantau aja, mana motor yang value ya ane bungkus tanpa peduli merek H Y S K 🙂

  10. fbh terima kasilah dikau sama yamaha

    klo ga ada yamaha fbh pasti masih di jejelin mesin purba plus harga OVERPRICE

    😀 😀

          • ah ga juga kenyataan ny gtu kok

            sebelom vixion keluar motor honda di indo apa aja?

            terus tigor teknologi OHC price nya brp waktu itu?

            cbr thai juga brp price ny sblm r15 n r25 kluar?
            (klo ngomong cbu ente bner2 sales)

          • that’s it,.

            coba dari sudut pandang embe ha:

            kalau sport yamyam gak direcokin cb sama neng verza, fby bakal dicekokin sincan culun selamanya, who know.!

            lain lagi dilihat dari sudut pandang bisnis,. strategi sangat dinamis dan terkadang sangat kejam.

          • ya wajarlah cbu lebih mahal secara barang impor,. tp ane bukan seles cuma konsumen biasa,.

            tuhkan nuduh orang seles tampa bukti, apa coba namanya kalo gak sempit pikiranya,. ngoahahaaaa

          • wakakaka udah gue duga pasti lo bilang “barang impor”

            klo wajar knp pas r15 kluar si cbr 150 thai lgsg turun harga setengahny?

            trus knp new cbr 250 nunggu r25 launch dulu buat netapin harga?

            konsumen ga ky lu, sbg konsumen pasti nyesek lu beli brang yg lo pengen nabung mati2an pas dapet eh tauny dilokalin setengah harga bahkan yg cbr 250 new turun harga dgn alesan dolar

            cihh

  11. yamaha lebih berani kalo begitu yh lek ketimbang honda? lebih pede masarin produk globalnya contohnya R25 skrg malah Maxi Scooter yg mau di export…..salut buat yamaha! ga salah dh slogan SEMAKIN DI DEPAN!!

  12. Daripada melokalkan PCX,sebaiknya AHM membenahi dulu kualitas pada produk motor sportnya,misal pada Cebong alias CB150R yang banyak masalah itu,misal penyakit rompal,klothok-klothok,headlamp meleleh,shock bocor,tanki bocor,rangka berkarat,swing arm patah,material body yang tipis,cat buram dan rantai berisik.

  13. kalaupun nanti ahm melokalkan pcx itu bukan berarti ahm mbuntut yamaha, jauh sblm nmax hadir memang sudah ada wacana pcx di lokalkan,pcx saat ini (cbu) sengaja di datangkan untuk penjajakan,tp sprtiny yamaha melihat gelagat ahm makanya segera meluncurkan nmax lokal,soal nya kl smp keduluan pcx di lokalkan bisa amsyong itu nmax…

  14. strategi nya sih bagus, tunggu baru hajar, tapi ga semua nya berjalan baik ,kyk nya hajar nya ga all out cth yamaha vixion sukses honda coba hajar pake cb150 tp ga all out yg ada bnyk masalah dan vixi pun ttp berjaya

  15. ibarat lagu kayaknya, penyanyi jadul yang populerkan penyanyi modern, kymco matik pertama di indonesia yg seliweran, tapi dgn kehadiran mio, metik dipopulerkan oleh yamaha, akhirnya dibaca oleh honda jadi nimbrung ah.

  16. beruk : ah honhon cuma ikut2, berkat yamyam pcx jadi dilokalin. para kambing terimakasihlah sama yamyam.

    kambing : kebalik ruk, berkat honhon jadi raja MS yamyam jadi all out. terimakasih sama honhon ruk..

    piye jal.??

  17. halahh,N MAX belum brojol aja dah banyak beropini.masalahe ntar laku kagak? PCX udah wira wiri dijalanan kok.pusing amat hahahahaaaa

  18. kebakaran jilid kesekian kalinya setelah Mio M3 meong meong meong turbocharge launching untung suzuki, kawasaki legowo
    udah dr kodratnya pabrikan mana yg banyak plagiat
    kalau dilokalkan ntar malah downgrade sana sini kayak yg sudah2 …
    malah sulit dpt sertifikasi “halal” buat di eropa/eksport..hhhhehe

    • Picex dilokalin emang embekha pd mau beli, cm mampu beli beat yg 14jtan….
      Embekha mah cuma omdo doangan….
      Ngoahahhhahh…

      • ngoahahaa panjul,, panjul,

        embe ha belinya bete 14jtan buat harian aja cukup,

        noh liat kalo wkend pada pake jazz, crv, civic, crz, dll

  19. Mungkin kegagalan dlu matik dek yg tdk rata bkan deknya yg tdk rata tpi pertama harga dan teknologi orang ogah bli nuvo so katanya borosnya melebihi mio trus majesti mungkin karna harga so ekonomo indones blm semapan skarang contoh ninja250 tdk yg ka bisa buming karna paktor ekonomi slain paktor x..semestinya honda meliat pcx harus dilokalkan tdk mesti nunggu nmax lku tdknya yah liat aj cbu nya aj laku ampe antri inden panjang disini ud keliatan prospeknya bgus..klo pola honda pemikirannya kaya jaman bebek mandra bisa penjualannya hancur lgi oleh yam…contoh krang beat lambat laun udah mulai kemakan ama mio125 diliat tempat kerja anne beat bru blm ad yg pke klo si mio ini yg 125 banyak…intinya mdl yg monoton bkin bosen dan jenuh ingat sipat manusia tdk pernah puas pasti mencari yg baru dan beda…dimtr matik tahun ini orang pasti pingin sesutu sensasi mengendara matik bda dari biasa ap lagi harga yg terjangkau nmax bisa jdi solusi…dan mungkin honda sudi meracik pcx lokal…mesin udah ad 150vio tinggal riset rangka dan body untuk hon soal ini pasti mudah tdk tunggu lama..

  20. klw ga dilokalkan, mending di reekspor lah stoknya bakalan ga laku klw NMAX harga dibawah 30 jt an

  21. yamaha seng mbabat alas, honda seng kari dodolan.
    yamaha yang berkeringat, honda yang berkipas-kipas uang.

  22. mending pabrikan lain ga usah ngeluarin tipe motor baru deh. biarkan honda aja yg duluan ngeluarin. biar honda tau beratnya perjuangan mempopulerkan suatu tipe motor. CS1 aja bertahun2 honda berjuang ga laku2.

Comments are closed.