iklan iwb

460-x-110-rev460x110(5)

Bro dan sis sekalian…..banyak pertanyaan dilayangkan keIWB, apa sih yang dimaksuk dengan eSP??. Dan apa yang membedakan mesin Honda?new Beat eSP dibanding Beat FI sebelumnya??. Nah…ketimbang hanya menebak dan menganalisa…IWB akan coba jelaskan secara sederhana dengan boso santai tur ringan. Ora usah terlalu teknis tiwas botak sariawan bikin otak berpikir keras. Dalam catatan IWB….basic-nya ada 7 hal yang pilar utama mesin eSP. Apa saja?. Berikut detilnya…..
460x110(4)

Mesin eSP sendiri merupakan singkatan dari Enhanced Smart Power yakni penamaan mesin terbaru Honda melalui pengalikasian teknologi termutakhir seperti ACG starter sehingga lebih ramah lingkungan….berperforma tinggi serta efisien. Secara total ada 7 hal yang menjadi kunci mesin eSP terbentuk yakni….

iklan iwb

1. ACG starter starter dan ISS (kekuatan utama)
2. Roller rocker arm
3. Tumble & squish
4. Offset cylinder & Spiny sleeves
5. Light weight piston & pin
6. CVT (V-Matic)
7. Transmission case

Yup…pada akhirnya 7 hal tersebut disebut sebagai karakteristik eSP Beat generasi ketiga. Lha terus opo kuwi maksude….Inggris kabeh rekkk, ora mudeng. Bener….bahasanya emang teknis semua mzbro. Namun sebenarnya bisa IWB jabarkan secara singkat sebagai berikut….

ACG starter starter dan ISS (kekuatan utama)

Honda_all_new_beat_eSP (1)

Nah….ini yang paling keren dan menarik sebab ciri khas starter senyap menjadi kekuatan tersendiri. Pada ACG….Honda membuang starter model konvensional (boso Jowone dinamo) dan fungsi digantikan oleh altenator. Tidak heran walau mripat sampai “brebes mili” mencari dinamo nggak bakal nemu lawong starter ACG dicangkokkan menjadi satu bersama alternator. Dengan sistem yang sudah dipatenkan Honda….maka starter jadi halus, tanpa friksi atau gesekan serta awet….

Roller Rocker Arm

Honda_all_new_beat_eSP (9)

Walau sudah bukan part baru sebab Honda sendiri sudah menggunakannya sejak tahun 2002…..namun roller rocker arm pada eSP engine terus disempurnakan sehingga mampu mengurangi gesekan pada sistem katup atau klep. Dengan minimnya friksi maka komponen juga bakal lebih awet. So…jangan heran jika rata-rata mesin eSP getaran alus tenan. Buat kenceng “ngecesss” doang brosis (boso opoooo kuwi :mrgreen: )…..

Tumble & squish

Honda_all_new_beat_eSP (3)

Pada eSP….Honda melakukan modifikasi pada sistem pembakaran (combustion). Dengan rotasi vertikal untuk campuran bahan bakar dan udara agar merata (tumble) serta menciptakan aliran yang kuat dari bahan bakar dan udara kearah busi sehingga pembakaran lebih cepat dan sempurna (squish). Dengan sistem diatas, pembakaran lebih optimal serta efisien…

Offset cylinder dan spiny sleeves

Honda_all_new_beat_eSP (5)

Konstruksi eSP menganut sistem offset silinder sehingga gesekan antara piston dan silinder jauh lebih minim. Praktis efeknya tenaga tersalur lebih optimal ke crankshaft. Selain itu…dinding liner piston dalam juga menganut model spiny sleeves. Lek boso gampange permukaan jeruk purut brosis. Material ini diklaim lebih gampang melepas panas (increase cooling system), mengurangi distorsi lubang silinder serta mengurangi bobot sebab sleeves didesain lebih tipis namun kuat. Ujung-ujungnya….mendongkrak keiritan sang skutik

Light weight piston & pin

Honda_all_new_beat_eSP (6)

Pada new Beat eSP….Honda mengurangi bobot piston dari 68.2g menjadi 56.7g. Begitu pula pin dari 21g menjadi 17.7g dan terakhir L. pin piston dari 38.52 mm turun menjadi 32.90 mm. Dengan mengurangi berat pin & piston maka mesin berkitir lebih enteng serta irit…

CVT (Continuously variable transmission)

Honda_all_new_beat_eSP (8)

Honda berusaha mengoptimalkan desain CVT pada eSP engine untuk perpindahan daya serta pendinginan yang lebih baik…

Transmission case

Honda_all_new_beat_eSP (4)

Pada mesin Beat eSP….Honda mengoptimalkan Rib untuk mengurangi kerugian akibat pergolakan oli (agitation loss). Jadi kalau sampeyan intip….akan ada tatakan atau coakan (emboh….piye nyebute) pada cover transmisi untuk mengurangi adanya pergolakan oli. Dengan tindakan diatas maka mesin eSP lebih minim gesekan serta meningkatkan keiritan…..

Yup….itulah 7 hal atau bisa dikatakan pilar utama eSP engine pada new Beat FI. Diluar yang sudah IWB sebutkan tentu secara detil juga banyak yang berbeda (klik disini). Namun dasarnya 7 tersebut brosis. So…bisa diambil kesimpulan…..eSP merupakan paket satu kesatuan teknologi untuk meningkatkan efisiensi pembakaran…mereduksi gesekan guna meraih efisiensi pembakaran serta performa secara bersamaan. Wis…gamblang yo. Ojo takon maneh arti eSP :mrgreen: . Beat eSP??. Ancen beda brosis…….(iwb)

Honda Beat eSP (2)

rpms-banner

98 COMMENTS

  1. udah dioprek kayak gitu pun ternyata hanya ningkatin efisiensi BBM cuma 0,5% saja dari non-eSP… Cape, deh !!!

    • Dikit amat…
      Ini krn sdh sempurna atau cm sgtu aja…
      Angkany 0,5% dr mana ya?
      Blucore jg bilangny irit 50% tp ternyata dibanding yg tipe awal pertama kali keluar taon 2008…jiaah…

  2. motor terlaris dalam sejarah

    yang lain cukup ndlongop,ngowor lan ngiler aja ye cung

    apalagi si tukang jiplak blue cawet,,ke got aje ye

    akakakkkkk

    • SUPRA Series penjualanya sdah disalip MX ? kata siapa bro ? mx kan cman bisa nyalip cuman bulan oct aja itupun jga cman selisih 200an unit. lha bulan2 sebelumnya dri bulan jan-sept lu kemanain ko g dimasukin ??? kalo cuman kyak gtu sport honda jga bisa nyalip sport yamaha pas blan januari 2014 ????

    • beda cc om…kalau di tes lbih irit yg cc nya geda..lah trus ngpain teknologi itu diterapkn..pdhl cc nya kcil lho…

  3. sampe botak gudikan congor panuan,,geng kampret sebelah gx bakal bisa ngejar nih matik klas dewa

    kalo matik klas inul daratista ya cukup geal geol aje di got,,bareng kacung-kacung curut yamepet

    akakakkkk

  4. Rasanya cukup memalukan juga bila ACG dan ISS dipakai sebagai feature utama. Soalnya “katanya” teknologi tersebut bikin start lebih halus, dan ironinya mesin beat saya kenal sebagai mesin yang berisik. Harusnya yang menjadi feature adalah mesin yang tidak berisik.

    kupasmotor.wordpress.com/2014/12/22/aturan-kebisingan-berlaku-tidak-hanya-pada-knalpot-kita-bisa-protes-tentang-mesin-yang-berisik/comment-page-1/#comment-336

    • rasanya ente pinter banget ya cung??

      buat motor sendiri sana cung klo rasanya ente pinter dan gx cukup memalukan

  5. Aku nyimak sik mas

    Test ride & review Kawasaki ZX14R, kencengnya kelewatan Sob!
    monkeymotoblog.com/2014/12/23/test-ride-review-kawasaki-zx14r-kencengnya-keterlaluan-sooobbbb/

    • Sabar men… MIO ML bulu bulu in Kolor masih di service press pelk sama kang iwan. kmren kena polisi tidur jadi ostosmastis fitur andalan maho Gheal Gheolnya muncul… kan malu men naek motor goyang dombretan… sabar ya

  6. “dinding piston juga menganut model spiny sleeves. Lek boso gampange permukaan jeruk purut brosis”

    Koreksi lek IWB :
    yg mirip permukaan kulit jeruk purut itu bukan dinding piston.
    yg dimaksud spiny sleeves tsb yaitu permukaan dinding luar liner silinder yg ditanam di dalam boring.
    Gambarnya kan ada tuh.

      • “dinding liner piston dalam juga menganut model spiny sleeves”

        Maaf lagi nih lek, koreksiannya masih belum bener.
        Yg benar begini :
        ‘dinding luar liner silinder juga menganut model spiny sleeves’

  7. fitur gak guna …. mending peraiki cat buluk ama bodi kresek icikiwir ….

    dan jok tripek tentunya …. itu yg bikin bokong merah kek beruk fbh ….

    itu suara ngorok juga harus di redam … biar tidak dikira celleng hutan …

    ngoahahahahahaha…

    • gak salah tu mbah ? bukanya matic nya yamaha yang pada ngorok2 semua mesin nya ? ane punya mio soul gt dan saudara ada jga mio m3 trnyata jga mewarisi fitur ngoroknya gen mio sbelumnya dan shocknya masih keras. klo matic honhon jognya yg keras tpi klo matic yamaha suspensi nya yg keras .

  8. Penasaran mas Iwan.klo beat pop menerapkan lampu senjan atau tidak..pengen icip2x pop kyanya..terima kasih mas iwan..

  9. ya sudah, bagaimanapun beat esp atau pop esp, iss, dsbnya apapun namanya,, ya tetap motor honda, yg penting aku kagak mau beli.

  10. coba tggu 1 bulan ke depan … itu cat biru akan luntur jadi abu_abu …

    silakan beli kl tidak percaya …..

    ngoahahaha…

  11. Lha terus opo kuwi maksude?.Inggris kabeh rekkk, ora mudeng.?

    lek iwebe memang mengerti kita yang ndeso. hahahaaaaa……

  12. Hingar bingar meongbluesukan lgsg hilang dgn munculnya beat yg original
    Keliatan skrg mana yg kualitas jamban
    Mesakno meong bluesukan rek
    Gak ada yg bahas sm sekali
    Edisi kulit kelapa #SEPEEEETTTTT rasane
    Ngoahahahaha
    Fby silahkan koprol

      • kalo bilang plastik lion star tpi body matic honda beat rigid lho bro. coba bandingin sama bodi matic nya yamaha mio ,tekan dan goyang2 bagian belakang krenyet2 gk rigid trus stoplamp nya jga goyang2… ini jga nurun ke generasi yg trbaru.

  13. jika iss dan acg starter ini akan rusak dlm pemakain jangka panjang apakah hanya ganti part tertentu aja apa sepaket? brp biayanya?………..

Comments are closed.