460x110 (3) 460x110_rev

image

Bro dan sis sekalian….jaman memang terus bergeser. Jika 7 tahun yang lalu jumlah Blogger bisa dihitung jari….kini sebaliknya. Wis pokoke seabreg banyak bener. Hadir dari berbagai kalangan, rata-rata mereka dulunya adalah pembaca Blog yang akhirnya terlecut untuk menulis. Namun bukan itu yang akan kita bahas. Akan tetapi sorotan adanya beberapa Blogger yang mengusung bendera salah satu pabrikan sehingga dianggap tidak netral. Apakah benar tuduhan tersebut??….
GT125Garuda_460x140

iklan iwb

Mungkin sampeyan sudah tahu adanya beberapa Blogger yang berada dibawah payung suatu pabrikan. Karena passion yang tinggi terhadap motor….plus ilmu permesinan yang mereka dapatkan…..ngeblog merupakan ajang sharing yang cukup ampuh. Celakanya….karena ilmu yang terlalu dominan pada salah satu merk…..mereka dianggap tidak netral. Ada juga yang ngetes top speed….hingga video disodorkan, keraguan masih saja tetap muncul dari pembaca akibat back ground sang tester. Opini-opini tersebut banyak IWB baca baik via email ataupun komentar. Pertanyannya…..apakah betul seluruh anggapan dan tuduhan tersebut?….

Siapapun tentu tidak ada yang bisa menjawab secara pasti dan hanya mereka yang tahu. Bukannya membela, tapi sebenarnya IMHO…tidak ada yang salah dengan status yang disandang. Mosok karena berkecimpung diindustri roda dua nggak boleh jadi Blogger. Sah-sah saja to Blogger kerja disuatu pabrikan. Selama konten dan isi bisa dipertanggung jawabkan disertai bukti-bukti real….IWB pikir halal hukumnya mengupas kelebihan suatu produk. Pembaca sekarang juga cerdas menilai….bisa meresapi ketika isi artikel terdistorsi kepentingan. Hukum alam yang pada akhirnya akan menyeleksi ketika independensi rusak….maka pembaca juga enggan nyambangi warung. Lawong udah nggak bisa dibuat pegangan…..terus dienggo opo diwoco, yo ora??….

Last….value atau nilai sebuah Blogger adalah independensi. Dan ketika satu hal tersebut tidak bisa dijaga…percayalah, lambat atau cepat Blog tersebut akan tutup warung. Dan IWB sadar betul akan hal itu. Terlepas dari adanya strategi pabrikan untuk memfasilitasi Blogger-Blogger tertentu karena “status” yang disandang, kemudian mengupas kelebihan produk mereka adalah tindakan wajar dan tidak perlu dipermasalahkan. Terdistorsi kepentingan mungkin iya. Tapi selama bukti lengkap dan komplit…..disertai data komprehensif….kenapa nggak?. Nah…kalau menurut sampeyan sendiri gimana….ngaruh nggak jika Blogger tersebut kerja disalah satu pabrikan sementara doi mencoba ngulas kelebihan produk tersebut?. Monggo berikan opininya…..(iwb)

152 COMMENTS

  1. tetep susah kang karna mindset org awam berpikir gitu mereka tetap berpikir bahwa kerja di slh satu pabrikan roda dua jd kurang independent karna dominan memihak pabrikan dmn bekerja. Jd blogger yg tdk dlm kontrak/bekerja disuatu perusahaan roda dua dianggap lbh netral.
    nitip bacaan kang
    bikerkampung86.wordpress.com/2014/10/08/ketemu-bmw-r65/

  2. Sy Tambahin juga :
    Misalkan ada blogger netral yg disponsori iklan motor sport salah satu pabrikan, pasti blogger tsb akan menggali lebih dalam mengenai produk motor sport pabrikan tersebut. Contohnya dengan penggalian TOP SPEED motor sport tersebut yg diulas berulang kali.

    #bukansindirantapikenyataan

  3. Termasuk warung ini, seperti nya Blog ini yang punya orang nya kerja di honda. Karna tulisan-tulisan nya selalu berpihak sama honda… introspeksi diri, sudah Netral kah dalam membuat sebuah artikel???

  4. Menurut Ane, blog IWB ini cukup netral, Ane lihat baca artikel artikelnya, kalo memang salah satu produk memang lebih unggul dari kompetitor, IWB ulas apa adanya
    Waktu NVL vs CB15R cenderung lebih mengunggulkan NVL, Ane lihat di jalanan juga memang lbh unggul NVL dari banyak sisi, mungkin kcwli topspeed, Waktu R15 VS CBR150R juga, ulasanya apa adanya, masingmasing punya plus dan minus. IWB juga diajak di berbagai kegiatan 2 pabrikan besar juga to, AHM sm YIMM.So,… nurut ane… netral.

  5. wah kang, memang ada kang blog yg gitu, dan yang parah sok tau semua hal teknis & menganggap part yang ada dalam ‘motor’ yg dia bawa paling sempurna, giliran ane kasih tau teknis part yang hampir sama fungsinya tapi lebih baik eh cuma mingkem, ngeles.. alias sok tau

  6. Ya boleh saja, yang penting tidak membanding-bandingkan, menyindir, menyebut kekurangan, atau mencaci produk kompetitor, cukup yang dibahas adalah produk expertis dia.

    Tapi itu-pun tetap TIDAK AKAN BISA INDEPENDEN, sebab ada conflick of interest. Dirinya dan keluarganya secara tidak langsung pasti mendapatkan keuntungan dari Brand Awarness akibat ulasan yang dia berikan tentang brand tempat dia bekerja.

    —–
    http://www.dwi.web.id/dan-blogger-pun-melacur/

  7. atas nama blogger berpenghasilan melalui iklan MOTOR itulah blogger peliharaan krna gak mungkin dia mengulas cacat produk dari motor2 pabrikan tsb APALAGI jelas2 BLOGGER yang periuk nasinya dari pabrik motor mau tidak mau suka tidak suka dia harus bela produk pabrik motor tsb kalo tidak anak bini dan dia sendiri terancam perutnya

  8. singkat saja mas, tetaplah menjadi blogger independent yang mengulas dan mengetik artikel berdasarkan fakta dilapangan. dan yang pasti artikel atau isu2 yang lagi hot dan up to date pastinya!! 😀

    salam joss gandhooozz!! 😀

  9. memang ora popo lek, sing kerja mancing juga syah2 saja..
    mancing dulu ah..
    pertamax7.com/2014/10/09/setelah-15-tahun-akhirnya-pelat-nomer-yamaha-new-vixion-ku-keluar-juga/

  10. blogger jg butuh ngasih makan anak istri bro, jd klo kebetulan dia krj di salah satu pabrikan tertentu yo sah2 aj..
    dia mau share kelebihan produk tempat dia krj yo gpp, selama ada data2 pendukungnya..

  11. yang penting bisa menjaga netralitas dalam pemberitaan, ngga memihak pabrikan tempat nya bekerja, ngga masalah kok…

Comments are closed.