iklan iwb
Home Otomotif Blogger kerja disalah satu pabrikan tertentu. Sah-sah aja koq…

Blogger kerja disalah satu pabrikan tertentu. Sah-sah aja koq…

460x110 (3) 460x110_rev

image

Bro dan sis sekalian….jaman memang terus bergeser. Jika 7 tahun yang lalu jumlah Blogger bisa dihitung jari….kini sebaliknya. Wis pokoke seabreg banyak bener. Hadir dari berbagai kalangan, rata-rata mereka dulunya adalah pembaca Blog yang akhirnya terlecut untuk menulis. Namun bukan itu yang akan kita bahas. Akan tetapi sorotan adanya beberapa Blogger yang mengusung bendera salah satu pabrikan sehingga dianggap tidak netral. Apakah benar tuduhan tersebut??….
GT125Garuda_460x140

Mungkin sampeyan sudah tahu adanya beberapa Blogger yang berada dibawah payung suatu pabrikan. Karena passion yang tinggi terhadap motor….plus ilmu permesinan yang mereka dapatkan…..ngeblog merupakan ajang sharing yang cukup ampuh. Celakanya….karena ilmu yang terlalu dominan pada salah satu merk…..mereka dianggap tidak netral. Ada juga yang ngetes top speed….hingga video disodorkan, keraguan masih saja tetap muncul dari pembaca akibat back ground sang tester. Opini-opini tersebut banyak IWB baca baik via email ataupun komentar. Pertanyannya…..apakah betul seluruh anggapan dan tuduhan tersebut?….

Siapapun tentu tidak ada yang bisa menjawab secara pasti dan hanya mereka yang tahu. Bukannya membela, tapi sebenarnya IMHO…tidak ada yang salah dengan status yang disandang. Mosok karena berkecimpung diindustri roda dua nggak boleh jadi Blogger. Sah-sah saja to Blogger kerja disuatu pabrikan. Selama konten dan isi bisa dipertanggung jawabkan disertai bukti-bukti real….IWB pikir halal hukumnya mengupas kelebihan suatu produk. Pembaca sekarang juga cerdas menilai….bisa meresapi ketika isi artikel terdistorsi kepentingan. Hukum alam yang pada akhirnya akan menyeleksi ketika independensi rusak….maka pembaca juga enggan nyambangi warung. Lawong udah nggak bisa dibuat pegangan…..terus dienggo opo diwoco, yo ora??….

Last….value atau nilai sebuah Blogger adalah independensi. Dan ketika satu hal tersebut tidak bisa dijaga…percayalah, lambat atau cepat Blog tersebut akan tutup warung. Dan IWB sadar betul akan hal itu. Terlepas dari adanya strategi pabrikan untuk memfasilitasi Blogger-Blogger tertentu karena “status” yang disandang, kemudian mengupas kelebihan produk mereka adalah tindakan wajar dan tidak perlu dipermasalahkan. Terdistorsi kepentingan mungkin iya. Tapi selama bukti lengkap dan komplit…..disertai data komprehensif….kenapa nggak?. Nah…kalau menurut sampeyan sendiri gimana….ngaruh nggak jika Blogger tersebut kerja disalah satu pabrikan sementara doi mencoba ngulas kelebihan produk tersebut?. Monggo berikan opininya…..(iwb)

152 COMMENTS

  1. Pripun saksi??sah??
    *SSSaaahhhhHhh
    Alhamdulillah sah,,saiki njenengan sampun dadi pasangan senk sah antara blogger lan pabrik’n,,mugo rukun tur sakinah mawadah warahmah,,amin…

  2. Tuh si Laskar suzuki sering banget banding2in suzuki sama pabrikan laen, meskipun dia gak pernah ngomong di blognya tapi dia ngomongnya di tautan Fanpage Facebooknya, pernah dia bilang klo yamaha pake teknologi suzuki SCEM trus di ganti nama Diasil Sylinder. Pernah juga katanya suzuki lebih peduli anak kecil dengan jadi sponsor bimaX ketimbang pabrikan laen yg koar2 tentang balap, gitu katanya..

  3. arep pye maneh wong dalan pangane lantaran ngeblog..
    anggep wae fb kui tuyul tuyul sing mbantu ngepet

  4. mana sih blogger yg krj disalah satu pabrik tertentu?? bs dtunjuk idungnya??
    atau ini curhat iwb sendiri???

  5. Mana ada aturan blogger harus netral? Kalo ada sponsor ngasih duit buat artikel produk tertentu, masa mau ditolak?
    Bikin blog itu kan hanya salah satu sarana menyalurkan kreatifitas, berbagi ilmu satu sama lain. Sepanjang isinya bisa dipertanggungjawabkan ya no problem lah, yang penting bukan black campaign atau fitnah yang ditujukan ke kompetitor atas pesanan sponsor.
    Heran aja dengan komen sebagian reader yang menuntut blogger harus begini begitu…. lah suka2 yang nulis toh, kalau reader nggak suka ya sudah tinggalkan saja ngapain ribut.
    Kalau ada pihak yang keberatan dengan isi blog, sampaikan secara terbuka, bikin blog tandingan, langkah terakhir ajukan gugatan perdata/pidana beserta tuntutan ganti rugi sekian juta/milyar rupiah….
    Gitu aja kok repot #kangengusdur

  6. haha …ya sah sah aja sih, cuma statusnya yg satu “blogger” yg satunya “blogger ternakan” , ane muaknya kalo ada blogger yg mati matian jelek2in produk kompetitor, kayak qt sbg pembaca buego banget apa….ngoahahaha….

  7. blogger akan condong kesatu merk kalo dia kepret segepok ratusan ribu meskipun hanya untuk satu atau dua artikel, gak mungkin ditolak yakinlah sumfah……………

    #adakah blogger yg mau mengakuinya

  8. Namanya juga cari sesuap nasi Mas,,,
    Sah-sah saja asal artikel yang mereka muat itu riil dan dapat dipertanggung jawabkan,,,
    Blogger mungkin bagi saya sudah mirip seperti wartawan,,,
    Tetep harus punya kode etik jurnalis,,,

  9. yang
    tidak sah itu, jika kacung merangkap jadi blogger.
    si kacung bisa dipecat majikan karena tak sempat nyemir sepatu tuannya, ngoahahaha

  10. kalo menurutku sich mau netral mau gak netral itu sah-sah aja…
    gak ada peraturannya kan, dan gak ada perundang undangannya juga kalo bloger itu harus netral, harus independent, harus ini, atau harus itu, dan sebagainya, mau ternakannya pabrikan atau bukan atau mau menyesatkan atau enggak, sebenernya ya sah sah aja semuanya..

    paling2 kalo komentator yang pro ya seneng, yg gak pro ya ngajak ribut kalo enggak males mampir…
    kalo blogernya di anggap gak menyesatkan, ya palingan yang perang cuma antar komentator / fansboy aja. kalo blogernya di anggap menyesatkan ya palingan komentator ngajak debat blogernya lewat komentar..

    tapi semuanya itu ya, benar-benar sah sah aja..

    kalo ada komentator yang protes bahwa bloger harus netral, yo sah sah aja juga.. mau di ladeni yo kunu, enggak yo kunu, atau kalo menurut si bloger ada komentator yang sudah terlalu mengganggu lalu di banned yo boleh aja, itu hak prerogatif blogernya. dan semuanya itu ya sah sah aja..

    palingan kalo si bloger enggak netral, atau penyesatannya terlalu keliatan, dan karena pembaca sudah pintar menganalisa, dan dalam analisa pembaca, pembaca menemui penyesatan. yo paling paling males mampir..
    udah cuma gitu aja..

    tapi apa pun itu sah sah aja semuanya..

    sing penting hepi wae lah..

    kalo pingin blog selalu rame ya,, menurut saya gak ada salahnya mencontoh bloger2 yang mencintai semua motor, dan kalo menurut analisa saya blog yang baik itu niatnya ngasih informasi, meskipun isinya versus produk, tapi arahnya adalah memberikan informasi, akan tetap terlihat kok.. walaupun memberikan info tentang cacat produk, kalo itu memang fakta dan niatnya agar pabrikan berbenah, walaupun seolah olah menjelekkan, tapi pembaca akan tau kok bahwa itu arahnya adalah memberikan informasi.

    insha Allah gak akan ada kadaluarsanya dan rame terus..

    tapi walaupun itu bukan menunjukkan cacat produk, kalo niatnya hanya menjelek2kan sebagai penyesatan alias modus, tetep akan ketahuan juga walaupun di kemas secara halus.

    tapi apapun itu,
    sebenernya semuanya sah sah aja.

    menurut saya..

  11. sah saja memberi volue sm produknya penting data terlampir, kadang tanpa itu di kata orang hoax wkwkkkk…

  12. dan….
    blog TMC dan IWB masih idolaku.. beserta beberapa blog2 roda dua dan blog2 otomotif lainnya yang menurut analisa ane juga sebenernya sama netralnya dan sama berbobotnya dengan TMC dan IWB,, tapi gak bisa ane sebutkan satu persatu.

    artinya..
    blog2 selain itu yang gak netral, itu ya sah sah aja.. gak ada yang ngelarang..

    tapi kalo sepi pembaca yo sah sah aja juga toh..

    hehehehe..

    tapi apapun itu..

    ayo blog roda dua tanah air,, tetap semangat, tetap berkarya, tetap eksis memberikan informasi seputar roda dua, roda empat, dan roda roda lainnya dari sabang sampai merauke, dari dalam negeri maupun luar negeri, dari CC terkecil sampai CC besar.

    semoga semakin maju semuanya.

  13. Masalahnya udah jadi mindset masy klo blogger itu jadi rujukan buat yg pingin tau seluk beluk masy, dan mereka mewakili masy yg haus akan info atas produk yg akan dibelinya. Jd lumrahkan klo pembaca menuntut agar yg punya warung bener2 netral & independen..dan juga netral & independen itulah senjata & tameng blogger buat menarik penikmat warungnya,mereka sendiri yg mendeklarasikan bahwa warungnya netral,independent,terpercaya,tp seiring waktu blogger yg haus informasi jd lebih dekat ke pabrikan,lebih haus uang mknya isinya hasutan..masy yg terwakili dilupakan..
    Sales2 disini ntu kaga ada ilmunya,yg penting produk yg ditawarkan laku..teknologi apa yg ditawarkan, speknya bgmn kaga ada yg bisa jelasin,apalagi konsumen g ada yg bisa test ride sblm beli..bgmn mo tau impresinya klo bukan dr blogger..lha ne blogger ra jujur & menghasut..duit puluhan juta jadi penyesalan,..

  14. wah klo bakar2an mah si ipan banget tuh

    kalo yang suka nyindir pabrikan sebelah jelas pak gokil

    yg suka nuduh2 kang aripitstop udah pasti fbh, ampe dibawa2 ke komen warung pujaan fbh

    😀 😀

  15. Pokoknya kang iwb tetep nomer satu.
    Salam jozz gandozzz… Kotos kotos..
    Klo baca yg lain bisa sariawan botak jenggoten dahhh

  16. ada banyak sich yang menurut analisa ane sama netralnya n sama berbobotnya dengan TMC dan IWB, cuma gaya bahasa mereka yang berbeda..

    dan itu sah sah aja.. justru bagus..

    kalo gaya bahasa sama semua itu malah aneh, karena yg namanya manusia kan punya karakter masing2..

    dah ahh.. mik kopi ndipit.

    by by..

  17. Sing di maksud sopo tow kulo boten ngertos………Sebenarnya ane pnya bakat yg cukup buat menulis n jadi blogger tpi syng msih blum bener2 serius lbih enak jd komentator bisa mngkritik dngan bebas bs kasih msukan dan saran buat atpm bhkan bisa ksih hujatan pd produk yg jelek dan byk kekurangan

  18. yg lucu sbenarnya malah komentator2 tukang fitnes & tukang bakar2an.
    Dah tau blog, mau dibikin artikel apapun, condong kemanapun kan terserah owner blog, tp kok malah komentator tukang fitnes yg kebakaran bulu ketek.
    Contoh :
    * blog om triatmono yg dibuly fbh malah sampe pembunuhan karakter.
    * blog om pilot & pak dosen yg dibuly fby & non fbh, tp tak sampe terjadi pembunuhan karakter.

    Bahkan mas iwan juga disebut ternakan yamaha dg sebutan iwan bisonan. Tp herannya yg dulu nyebut ternakan yamaha kok disuruh uji cbr150r lokal.
    Tepok jidat.

  19. TMasukan buat semua blogger yg ngaku independen dan netral setiap ada pngunjung yang kirim email dan mngupas kekurangan suatu produk miliknya dsertai bukti brupa gambar/video blogger harus mau publikasi dan djadikan artikel knapa? Karena kekurangan trsebut bs menjadi edukasi dan evaluasi buat pabrikan untuk memperbaiki kualitas produknya cntohnya kyk gini jika anda mempunyai uang 18 juta pgen sport tp hrga mtor trsebut 20 juta (cash)apakah diler mau ngasih mtor trsebut biarpun anda nangis guling” bgtu pula knsumen mreka bner2 pgen produk yg sempurna walau di dunia ini setiap benda memiliki kekurangan

  20. Masukan buat semua blogger yg ngaku independen dan netral setiap ada pngunjung yang kirim email dan mngupas kekurangan suatu produk miliknya dsertai bukti brupa gambar/video blogger harus mau publikasi dan djadikan artikel knapa? Karena kekurangan trsebut bs menjadi edukasi dan evaluasi buat pabrikan untuk memperbaiki kualitas produknya cntohnya kyk gini jika anda mempunyai uang 18 juta pgen sport tp hrga mtor trsebut 20 juta (cash)apakah diler mau ngasih mtor trsebut biarpun anda nangis guling” bgtu pula knsumen mreka bner2 pgen produk yg sempurna walau di dunia ini setiap benda memiliki ekurangan

  21. Tenang ae kang iwan…toh masih tertuduh…blm tersangka…pribadi…selagi itu real …biarpun burung berkicau..kafilah tetap berlalu…salam cete jozz gandozz..

  22. klu saya mnilai netral atau tidaknya trgantung penilaian sudut pandang dr pengunjung warung itu sendiri bukan bloggernya. selama artikelnya tdk niat BC pabrikan n ada bukti otentik sah2 saja. klu pengunjung pnya pandangan yg brbeda dg artikel dianggap tdk netral.

  23. Wis ra usah isin2..wong di politik aja terang benderang kok..

    KMP : vivanews, TvOne, koransindo, Seputar Indonesia
    KIH : MetroTV, Media Indonesia, detik, kompas

    Kalo Blog Roda Dua :
    FBY : Triatmono, Aripitstop, Nivikoko, Ferboes, dll
    FBH : Indobikermags, Motogokil, Bonsaibiker, Kobayogas, dll

    Catatan buat Triatmono, doi terlalu ketat moderasi komentar, terlalu serius, jadi ga asik.. harusnya meniru blog2 efbeye/ efbeha yg nyantai dan banyak guyonan

    • Maaf boss

      Triat mono gitu karena kepingin pengiringan opini serta opini menyesatkan demi terciptanya rupiah demi rupiah hasil malak yamaha

  24. Ga usah yg kerja di pabrik motor aja? Kadang kalo udah deket hubungannya dg org yg py jabatan di perushn motor aja..yo kan ada timbal baliknya kayaknya kalo menjelekkan prodknya opo yo tega? Orang indonesia brow…MAKANYA JADI PEMBACA YG PINTER…JADI KONSUMEN YG PINTER..JANGAN BELI MEREK …..

  25. Hey Iwan banaran?? Tanya pada dirimu sendiri, sudah netral kah anda dalam menulis sebuah artikel…?? malah sy nilah anda selalu berpihak kepada Honda saja…

  26. menurutku sih tidak ada yg bisa melarang karena memang blogger itu untuk semua, tetapi nanti pasti masyarakat akan menilai sendiri kalau ada blogger yg terlalu membela pabrikan tertentu karena dia bekerja di situ, tapi selama sumbernya faktual dan tidak menipu sih gpp karena blogger juga ikut menentukan masyarakat cenderung membeli motor dari pabrikan mana jadi ga bikin salah pilih…

    masbrobiker.wordpress.com/2014/10/08/memasang-gps-atau-handphone-dan-charger-pada-motor/

  27. Milemoto jual tiket PRESALE Jazz Goes To Campus ke-37
    Sebuah festival jazz kampus terbesar di Indonesia

    silakan klik dibawah ini

    milemoto.wordpress.com/2014/10/08/milemoto-jual-tike-presale-the-37th-jazz-goes-to-campus/

    rasakan pengalaman jual-beli dengan metode baru!!

  28. klo bisa sih direktur pabrikan juga buat blog..biar seru…yang penting selain memberikan informasi, menghibur kita semua sebagai bacaan mengisi waktu senggang..bagus, daripada beralih yg aneh aneh…

    • bukan direktur sih, tapi dulu ada tuh Pak Nug dari ducati.. blogger lhoo. . sekarang ngaso, diganti Mbah Dukun kayaknya hahahah….

  29. Bukan masalah aturan atau undang2 yg mengatur, tp karena Norma..
    Blogger itu juga corong konsumen, konsumen memberikan kepercayaan kpd blogger untuk mereview produk dg lengkap&jelas, karena konsumen svr pribadi ga punya akses,dealer2pun g ada yg nawarin test ride jika ada yg mo beli..jadi duit puluhan juta itu digantungkan pd blogger..jd bukan hny yg bagus2,yg enak2,yg sedap2 tok yg dibikin artikel. Coba deh amati pas ada blogger rombongan test ride suatu produk, ga ada satupun blogger yg berani mengeluarkan artikel yg berisi kekurangan maupun kecacatan suatu produk. Mereka kan sering bilang ga ada produk yg sempurna pasti punya kelebihan dan kekurangan,tp pas bikin artikel lupa dia nulis kekurangan produk yg direview..

  30. Kalo bahas selain motor gini kq aq jd terharu baca komen2nya.. kelihatan dewasa2 bgt sangat bertolak belakng apabila pas bahas produk terbaru serasa mau perang dunia antar fans boy.

  31. sah-sah saja kang… yang penting kan iindipendensinya… iya to???

    atasaspal.wordpress.com/2014/10/07/nih-dia-club-motor-di-tulungagung/#more-12

  32. Ga jadi masalah klo dia kerjanya dipabrikan non jepun,,minimal di ducati lah,,biar kualitas motor2 jepun naik kualitasnya

  33. Blogger juga manusia…pengen kerja, nyari nafkah…jangan samakan dengan maling berdasi…(Sambil nyanyi lagu seurius)

  34. Ya jelas ngaruh lah bro iwb, blogger yg kerja di pabrikan tetep akan terbatas oleh perannya sbg karyawan. apalagi menyangkut produk dr perusahaannya, mau obyektif gimana..mau subyektif gimana..

Comments are closed.

Exit mobile version