iklan iwb
Home Yamaha Yamaha tegaskan tidak ada downgrade YZF R15 lokal vs. India..!!

Yamaha tegaskan tidak ada downgrade YZF R15 lokal vs. India..!!

Road to MotoGP 460x110460x110

Yamaha YZF_R15 (9)Bro dan sis sekalian….IWB haturkan terima kasih kepada bro Radith (R & D PT YIMM) yang sudah meluangkan waktu untuk menjawab seluruh pertanyaan dari pengunjung warung IWB tentang produk anyar mereka….R15. Seperti apakah betul material swing arm merupakan aluminium atau hanya besi belaka??. Dan apakah ECU Daytona tidak menghanguskan garansi??. Kemudian apakah aplikasi Android set up ECU diberikan kepada para owner special edition??. Berikut jawaban Yamaha secara resmi…..460x110

Tanya jawab IWB bedakan antara Q dan Y. Q adalah question atau pertanyaan pengunjung warung diartikel sebelumnya dan Y adalah answer atau jawaban YIMM secara resmi. Berikut kompilasinya…

Q : Adakah lean angle censor?

Y : R15 memakai Lean Angle sensor

Q : ECU Daytona apakah tidak menghanguskan garansi?

Y : Garansi sepeda motor akan gugur karena ECU Daytona dapat membuka batas limiter RPM yang ditentukan YIMM. Paket aksesori SPEED KIT hanya direkomendasikan YIMM untuk RACING USE ONLY.

Q 😕 Swing arm apakah betul almu murni atau campuran?

Y : Untuk rear arm terbuat dari material aluminium jenis tertentu dengan diberikan heat treatment sehingga memiliki tingkat keuletan dan kekerasan yang sesuai untuk rear arm. Jenis material aluminiumnya berbeda dengan jenis aluminium untuk crankcase dan cylinder head.

Q : Tenaga setelah pakai ECU Daytona jadi berapa HP?

Y : Jika memakai ECU Daytona dengan kondisi knalpot standar, dan memilih setting ECONOMICAL, maka tenaga akan naik menjadi 0.5PS. Kenaikan tenaga pada settingan yang lain (SPORT, LITE-TUNING & RACING ) akan sangat bergantung kepada upgrade mesin yang dilakukan.

Q : Aplikasi android set up ECU dikasih kesemua owner SE?

Y : Ya, software Android berikut Bluetooth Dongle untuk menyambungkan unit ECU Daytona ke gadget Android akan diberikan kepada owner R15 Special Edition yang beruntung.

Q : Apakah YIMM ada pertimbangan rilis versi ultimate karena banderol sekarang dianggap terlalu murah?

Y : Jika versi Ultimate yang dimaksud adalah menyematkan perangkat SPEED KIT secara langsung di dalam unit R15 yang dijual di dealer, maka YIMM tidak berhak melakukannya karena YIMM berkomitmen untuk mematuhi peraturan pemerintah mengenai ambang batas emisi dan polusi suara. YIMM merekomendasikan bahwa SPEED KIT hanya dijual untuk kepentingan RACING USE ONLY. NAMUN jika versi Ultimate yang dimaksud adalah penambahan aksesoris STREET KIT maupun Special MotoGP Livery pada unit R15 yang dijual di dealer, maka hal tersebut sangat terbuka kemungkinannya.

Q 😕 Adakah kemungkinan harga hanya promo saja?

Y : Harga OTR sebesar Rp. 28,000,000,- untuk area Jakarta akan tetap berlaku meskipun setelah masa promo Indent Online selesai (15 April ? 15 Mei).

Q : Kenapa terjadi perbedaan power antara versi India vs Indonesia?. Apakah terjadi downgrade? (India 17ps INA 16,5ps)

Y : YIMM tidak melakukan downgrade. Bahkan karena R15 diproduksi di Indonesia, maka kualitasnya ditingkatkan, seperti penambahan secure key shutter & speed sensor (tanpa kabel speedometer). Sedangkan data power R15 sebesar 16.59 PS merupakan data dengan satuan yang telah dikonversi dari data hasil Homologasi di Departemen Perhubungan sebesar 12.2 KW. Catatan: Mungkin terdapat perbedaan metode maupun satuan yang digunakan dalam proses homologasi di India & di Indonesia.

Yamaha YZF_R15 (32)Q : Adakah rencana merombak menjadi sistem DOHC 3-4 tahun kedepan?

Y : Yamaha telah mempersiapkan sistem DOHC yang superior pada line-up motor sport-nya. Tunggu saja tanggal mainnya.

Q 😕 Apakah transmisi 6 speed bisa diaplikasi ke old vixion 3c1?

Y : Bisa. Namun diperlukan beberapa penyesuaian.

Q 😕 Maksimal ban yang bisa diupgrade?

Y : 1 step lebih besar, yakni depan 100/80-17 & belakang 140/70-17. tapi untuk mengganti ban tentunya harus di pikirkan juga terhadap performance dan durability ban tersebut.

Q : Adakah kemungkinan versi Movistar dipasarkan secara permanen seperti kompetitor?

Y : Peluang untuk hal tersebut sangat terbuka lebar.

Q : R15 bisakah dikasih premium?

Y : Bisa memakai bensin premium tanpa timbal.

Q : Kapan peluncuran R15?

Y : Secara resmi diluncurkan pada saat Press Conference tanggal 23 April minggu lalu, produksi massal mulai dilakukan pada bulan Mei minggu ke-2.

Q 😕 Harga part arm R15?

Y : Belum ada rilis resmi dari kami, namun diperkirakan berkisar antara Rp. 1,8 juta ? Rp. 2 juta mengingat unit-nya yang masih diimpor dari luar negeri.

Q 😕 Bisakah arm dipasang di NVL dan old vixy terus harga berapa?

Y : Bisa, namun harus mengganti rantai karena lebih panjang sekitar 5 cm dari NVL serta beberapa penyesuaian lain. Harga seperti pada jawaban diatas.

Q : Gigi transmisi dicangkokkan keNVL dan old vixy bisakah?

Y : Bisa. Namun diperlukan beberapa penyesuaian.

Q : Apakah rangka sasis dan mesin sama plek dengan NVL?

Y : Sasis R15 berbeda dengan NVL terutama di bagian penopang jok/kursi (Deltabox nya sama). Mesin R15 secara dimensi luar sama dengan NVL, perbedaan terletak pada sistem kopling, transmisi, FI setting, dan sistem pemasukan.

Q 😕 Adakah koordinasi dengan pihak kepolisian bahwa Sakura memang masuk kategori aman tilang soalnya sering ada petugas nakal

Y : Apabila knalpot Sakura R15 diberi dB Killer, maka secara ambang batas desibel sudah memenuhi Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 07/2009 tentang ambang batas kebisingan kendaraan bermotor baru, yakni sebesar 89,6dB dimana menurut peraturan menteri negara lingkungan hidup, ambang batas kebisingan untuk kendaraan bermotor dengan kapasitas >80cc~175cc adalah = 90dB. Namun meski demikian, Yamaha hanya merekomendasikan pemakaian knalpot Sakura untuk RACING USE ONLY.

Yamaha YZF_R15 (7)Q : Bahan bakar rekomendasi?

Y : Rekomendasi bahan bakar tanpa timbal (premium, pertamax, pertamax plus).

Q : Handle grip belakang kalau geser gimana?

Y : Motor ini memang tidak memiliki handle grip seperti motor sport umumnya karena konsepnya tersinpirasi dari motor super sport R-1 dan R-6 yang juga tidak memiliki handle grip. Jika ingin menggerser motor dapat dilakukan dengan cara menarik footpegtandem footrest (penahan pijakan kaki penumpang).

Q 😕 Tanki apakah PNP dengan old Vixion?

Y : Tangki R15 tidak bisa langsung PNP ke Vixion 3C1, karena memiliki fuel pump dengan dimensi dan jenis yang berbeda antara keduanya.

Q : Antisipasi sparepart swing arm R15 yang keren animo biker tinggi?

Y : Ada kemungkinan stok Aluminium Rear Arm jumlahnya terbatas karena unit-nya masih diimpor dari luar negeri.

Q : Sirkulasi cooling system apakah seperti ninja yang dialirkan kebawah?

Y : Sirkulasi cooling system sama seperti Yamaha New Vixion 3C1, yakni di alirkan ke water jacket di dalam cylinder body.

Q : Koq bisa murah??. Apakah tidak mengorbankan kualitas?

Y : Hal ini dapat dilakukan karena R15 sudah diproduksi di Indonesia. Dan yang pasti Yamaha selalu berusaha untuk menyajikan produk yang berkualitas dengan harga yang tepat, untuk dapat benar-benar memuaskan hati konsumennya. Ini adalah bagian dari prinsip Yamaha yang disebut ?Kando? (beyond customer?s satisfaction).

Yamaha YZF_R15 (16)Q : Gimana adanya CBR versi lokal. Strategi Yamaha menghadapinya?

Y : Dalam membuat produk, Yamaha mempunyai prinsip bahwa setiap produk-produk Yamaha haruslah memberikan kesan ?Revs Your Heart? / ?Geber Hatimu?. Produk Yamaha haruslah exciting dan mampu membangkitkan gairah yang ada di hati / jiwa konsumennya. Dalam mendesain sebuah produk, Yamaha memiliki idealisme sendiri dengan memiliki garis desain yang original & otentik serta performa mesin yang mampu menyatu ke dalam jiwa pengendaranya. Setiap produk Yamaha adalah merupakan gabungan dari Art ? Human Spirit ? Engineering. Inilah yang disebut dengan Yamaha Way. Kami akan terus konsisten dan fokus dengan strategi kami sambil tetap waspada dengan pergerakan kompetitor.

Q : Harapan skutik 150cc dari Yamaha

Y : Semua akan terjawab pada waktunya :mrgreen:

Q : Apakah perbedaan engine hanya ada 6 speed dengan vixion

Y : Perbedaan engine R15 dibanding NVL ada pada kopling, transmisi, FI setting dan sistem pemasukan.

Q : ECU ada berapa PIN 33 atau 18??

Y : ECU R15 memiliki 33 pin

Q : Apa saja subtitusi part yg sama dengan NVL? (selain: piringan cakram, velg, kampas rem)?

Y : Piringan cakram depan berbeda, diameter cakram depan NVL lebih kecil 2.2cm dibanding R15. Bahkan rangka (terutama sudut rangka belakang) juga berbeda, setting kekerasan sok depan dan belakang juga berbeda, dan masih banyak lainnya. Kurang lebih ada sekitar 30 assy parts yang berbeda, atau sekitar lebih dari 100 komponen part yang berbeda dengan total nilai parts sebesar lebih dari Rp. 10,000,000,- dan belum termasuk biaya pasang. Hanya ada sedikit parts body maupun kaki-kaki yang dapat disubtitusi.

Q : Mengingat di bekali 6 percepatan, berapa konsumsi BBM per KM nya?

Y : Masih di atas 40km/liter. Bisa lebih irit, tergantung pada gaya berkendara.

Q : Berapa top speed yang sudah di ukur oleh yamaha ?

Y : 138 km/jam on speedometer

Q : Berapa ukuran maksimal ban belakangnya ? (150/60-17 Bridgestone Battlax bt 92)

Y : Ukuran 140/70-17 untuk ban belakang masih cukup aman. Jika lebih dari itu, mungkin diperlukan modifikasi.

Nah…wis gamblang semua ya bro. Dari sesi tanya jawab diatas, YIMM juga memberikan clue tentang lahirnya skutik 150cc. Selain itu…DOHC engine akan diracik kedepan (prediksi IWB sih maksudnya adalah R25). Btw…utang IWB sudah lunas yak. Sekali lagi…thanks untuk Yamaha atas waktunya sudi menjawab pertanyaan para pembaca IWB dan suwun juga para readers yang terus setia mantengin Iwanbanaran.com. Akhir kata berikut gallery image detil R15 hasil jepretan pribadi. Semoga berguna dan salam juozzzz gandozzzzz!!! (iwb)Yamaha YZF_R15 (35) Yamaha YZF_R15 (36) Yamaha YZF_R15 (1)? Yamaha YZF_R15 (3)Yamaha YZF_R15 (2) Yamaha YZF_R15 (4) Yamaha YZF_R15 (8) Yamaha YZF_R15 (10) Yamaha YZF_R15 (11) Yamaha YZF_R15 (12) Yamaha YZF_R15 (13) Yamaha YZF_R15 (17) Yamaha YZF_R15 (18) Yamaha YZF_R15 (19) Yamaha YZF_R15 (20) Yamaha YZF_R15 (21) Yamaha YZF_R15 (22) Yamaha YZF_R15 (23) Yamaha YZF_R15 (24) Yamaha YZF_R15 (25) Yamaha YZF_R15 (26) Yamaha YZF_R15 (27) Yamaha YZF_R15 (28) Yamaha YZF_R15 (29)? Yamaha YZF_R15 (30)Yamaha YZF_R15 (33)Yamaha YZF_R15 (15)Yamaha YZF_R15 (31)Yamaha YZF_R15 (34)

237 COMMENTS

    • Maksudnya lebih superior dari tetangga sebelah yang rompal dan bunyi bletak2 itu loh… Sama SOHCnya aja udah di kamplengi.wkwkwk….

  1. sip mudah2an banyak yang beli R15, ane penasaran mau test Tormax ane sama R15, sementara ane ganti karbu PE28, porting polish dulu intake dan exhouse biar sesuai diameter klep, leher knalpot pipa standar 23mm ganti ukuran 26mm.
    nemu r15 blarr blarr sikat……!!!
    kalo Tormax ane kalah ane langsung beli tuh mongtor.

    • kl ketemu r15 spek racing pasti anda kalah.wkwkwk… tp kl di trek panjang r15 standard juga bisa menang. karena top speed menang jauh.

    • ah masa sih om, padahal sering ngepretin nvl standar trek 1 km meski pake pipa knalpot bebek 23mm loh. tp okelah joss sharingnya.

  2. Koq para Blogger pada bilang MURAH seh,,,??? Di india kan malah turun harga 400rb-an? jadi tinggal 22,xxjt. Harusx blogger ngomporin buat murahin motorx, gak sensitif neh, makin dikibulin kita ama nippon

    • kalo diindia konsumennya pinter-pinter, ngirit tp motor sport disana murah2 beda kalo disini orangnya komsumtif dikasih spek inferior aja udah pada ngiler takut harga naik kaya iklan properti. trus maksain ngeridit seumur hidup wkwkwkwk,
      nvl 23jt aja laris makannya yimm pede pasang R15 28jt.

  3. sexy, racy, tur ra ngisin-isini.
    Ga salah jika Yamaha punya tag line ‘Semakin Di Depan’
    Selain motornya kenceng, mereka punya ide serta inovasi baru yg selalu saja bikin mupeng dan selalu saja jadi pihak pembuka.
    Kenapa yg sebelah cuma jd pengikut mulu aka sontek mensontek ya?

  4. kang, apa ini artinya pemenang motor edisi spesial beli motor tanpa garansi? Kan udah pake ecu daytona n knalpot sakura? Kan YIMM yg ngasih, trus garansi langsung gugur?

    • khusus pemenang special edition kynya ttp bergaransi.., ga mngkn jg boyong mongstor tanpa garansi..

    • mas bro.., udah sempet tlp? kmrn lusa ane tlp skalian pastiin proses utk ane udah clear apa blom..pertengahan mei baru didistribusikan utk jawa bali duluan..

  5. Kalo Yamaha yang bikin motor haruss perfect,, semuanya Di tanyakan se’detail”nya…. Kalo pabrikan sebelahh (saya tidak mau menyebut pabrikan honda).???? Klo bikin motor wala-wala.. Ngoahahahahaha

    • kita tunggu motor baru dari AHM apakah nanti ada penjelasan detail seperti hal nya YIMM d iatas…

  6. YAMAHA SPORT masih juga SOHC.. R15 (RONGSOKAN15) NGK ADA YG ISTIMEWA…di india terdesak CBR 150 Fi..

    • Ini indonesia cong.. Gak usah bicara india.!
      Yg penting R15 di indonesia gak ada downgrade…
      Justru CBR 150 yg akan dilokalkan yg didowngrade…
      Lha wong CBR 150 dibikin CBSF aja kompresinya turun dari 11:1 jadi 10:1 ….turun banyak tuh… Material & kwalitas komponen mesin jg diturunkan utk ngejar harga jual.

  7. ini r15 yang mo diedarkan disini ya…
    ternyata beda dg yg dites TMC disentul
    yang di pake TMC dari india tuh ya sayang beliau ga mau terus terang
    ninja250r.files.wordpress.com/2014/05/sakura_r15.jpg?w=460&h=335

  8. ini r15 yang mo diedarkan disini ya…
    ternyata beda dg yg dites TMC disentul
    yang di pake TMC dari india tuh ya… sayang beliau ga mau terus terang
    ninja250r.files.wordpress.com/2014/05/sakura_r15.jpg?w=460&h=335
    tmcblog.com/2014/05/02/test-ride-yamaha-yzf-r15-standar-di-sirkuit-sentul-oleh-tmcblog-akselerasi-0-100-kmjam-1314-detik-top-speed-129-kmjam/

  9. wkwkwkwk.. Koplak iki 😀
    Cekidot automotiveacrindonesia.blogspot.com/2014/05/yamaha-r15-kombinasi-dengan-r6-r-21.html

  10. Wesss jiann…IWB ki torsi nya nggegirisi,topspeed juga paling tinggi dari yg lain..
    Salut..saluut..!!!

  11. kagak ada behel belakangnya, gimana geser2 motor saat di parkiran?
    tau sendiri akan parkiran di Indonesia, khususnya Jakarta itu bagaimana?

  12. DOHC TERLALU SUPERIOR ATAS SOHC

    level RC213V memang sangat2 superior atas M1

    POWER K45 SETIDAKNYA NANGKRING DI ANGKA 17,5HP
    merek lain selalu di kemplengin ama CBR
    membuat lawannya sekali lagi, kembali menjadi sangat inferior

    Yamaha memang masih jauh dari kata memuaskan?.
    praktek tidak sehat diinformasikan oleh bro Anif

    kacien jg yach

    desain & ketangguhan mesin honda begitu MENDUNIA, maka semakinn WAJAR klo HONDA selalu menjadi motor favorit para biker dunia

    HONDA IS THE BEST BIKE IN THE WORLD
    doohan, rossi, stoner, marquez sdh membuktikannya

    HONDA SAID ?. ?AKU RAPEPE? SELALU JADI NOMER 1 DI JAGAD INI

  13. Mas bero,… apakah pihak yamaha akan membuat R15 tanpa baju?? mengingat pesaingnya adalah C*150* (tanpa baju) namun dengan 6 speed… dengan konsekwensi akan sedikit menggeser 150NVL 5 speed…

Comments are closed.

Exit mobile version