banner-460x110px (1)

Screenshot_6Bro dan sis sekalian….banyaknya Blogger otomotif roda dua tanah air membuat dinamika pembahasan makin kaya. Dibanding 6 tahun silam….era sekarang emang nggilani tenan. Sampai-sampai IWB sendiri nggak hafal nama Blog satu persatu. Tentu ada plus dan minus. “Plus” jika pembahasan memberikan info yang sifatnya berguna. Dan bisa “minus” jika postingan terkesan menyesatkan serta menjelekkan merk lain. Mirisnya….sosok ini biasanya enggan menunjukkan jati diri dan hanya berteriak lantang dalam tulisan hasil karyanya…..460x110-lwb460x110

iklan iwb

Mendapatkan email dari pembaca warung IWB….bro Antoni Dea mempertanyakan kebenaran beberapa ulasan disebuah Blog. Karena penasaran…IWB segera meluncur kelokasi dan ngecek satu-persatu halaman. Awalnya artikel memang kritis dan berbobot. Tapi pelan namun pasti doi kelihatan aslinya dengan mulai menyerang pabrikan Honda dan Yamaha. Sedang yang cenderung aman adalah Kawasaki. Dan yang paling sempurna yakni Suzuki yang nyaris tanpa cela. Sah-sah aja sih selama isi memang tidak menyesatkan dan bisa dipertanggung jawabkan. Tapi dari sekedar membaca tiga halaman saja bisa kita simpulkan…..ulasan memang jauh dari kata berimbang. Tragisnya…para pembaca yang polos dan murni mencari berita kadang ditelan mentah-mentah dan percaya dengan pembahasan yang disuguhkan. Terbukti beberapa pembaca sempat terpengaruh dan bimbang hingga cross check ke IWB tentang kebenaran berita yang diulas…..

Sebagai pembaca kita harus kritis dan pintar menyerap tiap artikel. Jangan ditelan mentah-mentah khususnya jika dibahas oleh Blogger yang enggan menunjukkan jati diri. Bukannya tidak percaya tapi IWB-pun yang sempat menjadi reader aktif merasa lebih nyaman jika mengetahui kayak apa sih sosok admin yang nulis diBlog yang sedang kita baca. Contoh saja mz Taufik, Satar, SL, bro Vandra, Kobay, Ipan, Bonsai, Wiro, Hadiyanta, Hendrix, Didik dan masih lagi lainnya yang tidak bisa IWB sebut satu persatu. Pasti dengan senang hati mereka majang foto pribadi. Lawong jadi banyak teman koq malahan. Yah….siapa tahu kedepan lagi bokek pengen ngutang….kan gampang kalau udah kenal wajah. Lha ini….kenal ora, moro-moro jawil….yo bingung rek :mrgreen: ……

Last…isi dan foto pribadi adalah bentuk pengukuhan kehadiran Blog yang kita kelola dengan penuh rasa tanggung jawab. Tiap ketikan artikel…ulasan dan opini adalah murni dari pemikiran Blogger tulen bukan fansboy yang hanya tergila-gila pada satu merk. Ingat…..fansboy yang IWB maksud disini adalah kategori “addicted” alias cinta buta. Memandang merknya paling sempurna dibanding lainnya. Soale banyak juga Blogger fansboy yang netral dan memberikan wawasan atau sharing ilmu berguna. Kecuali memang ada tujuan terselubung didalamnya…wah kalau itu sih IWB nyerah. Secara sekat antara Blogger tulen dan fansboy dewasa ini sangat tipis. So….be smart as a reader dan sampeyanlah yang berhak serta bisa menyimpulkan apakah si A Blogger tulen atau hanya fansboy salah satu merk tertentu :mrgreen: . Simpel…jika merasa kurang sreg isinya dan cenderung tidak netral…tinggal tutup halaman cari Blog Lain. Sebab you are the king and the decision maker ……..(iwb)

284 COMMENTS

  1. ada yg ga trima ane bawa nama besar triatmono 😀
    hayooo disini kan rame bloger, siapa yg berani compare blog p2r vs triatmono. :mrgreen:

    • pekok!! pr-pr anonim siluman, triatmono jelas ada semua blogger tau!!

      apanya yg mau loe compare!! gak nyambung coy!!

      orang bodo pekok!!! 😀

  2. Kalo ga suka ga useh diklik lagi linknya. Yang nitip jemuran diiwb pasti gw klik awalnya, kalo ga asik isinya kagak pernah gw klik lagi meski ampe kiamat ntar. Bereskan… Belajar tuk ga mudah terprovokasi.

  3. kalau menurut saya gak papa bukan fansboy manapun. nyerang juga sana sini dah memang ada benarnya juga khan ? kenyataan kan ? memang ada yang tanpa bukti valid, hanya opini pribadi. ada opini membangun juga kan ? dengan adanya info seperti itu yang tidak jelas benar tidaknya bukankah malah seharusnya membuat kita berpikir dan kemudian mencari fakta sendiri (kalo mau) ? jangan hanya diam, perluas pikiran, pengetahuan, ubah cara pandang jadi lebih terbuka jangan hanya jadi fansboy konyol dan tukang komeng pertammax gaannn. gak mutu mending gak usah komen.

    perkara bahasa yang digunakanpun walaupun keras tapi nyindir bukan mengumpat memaki (saya blm liat yg spt itu), itu hanya masalah pilihan bahasa penulisan dan memang berbeda dari kebanyakan blogger yg pada alim, tanpa tedeng aling aling bukan berarti buruk.

    justru yang saya heran malah buat apa kang iwan bikin artikel semacam ini. mending balas japri saja ke penanya karena jawaban anda juga karena pada akhirnya anda toh tidak bilang ya atau tidak malah balikin lagi ke pembaca. lalu buat apa dibuat artikel kalau tidak ada kesimpulan yang menjawab ?

    orang sudah bisa mikir dan mbedain mana fakta mana ngibul, dengan dunia nternet seperti kalau sampai bisa ditipu yang salah dia sendiri kenapa gak xcheck sana sini. jadi manusia maka gunakan pikiran. jangan mau ditipu produsen atau ngerasa ditipu produsen tapi pada kenyataannya diri sendiri yang tidak bisa atau tidak mau mengolah informasi yang jelas jelas sudah ada tinggal nyomot dan mikir.

    • atau kalau kang iwan berkenan saya pengen tahu apa kang iwan mau mengcounter atau mendukung tulisannya. saya rasa dari sudut pandang awam (bukan staf dan karyawan atpm serta pembuat keputusan) hal yang ditulis di blog tersebut banyak benarnya.

      harusnya blog senior seperti iwb yang berani memunculkan opini atau fakta mengejutkan tentang r2 di indonesia. jangan pernah ragu untuk mengungkap hal negatif melalui artikel yang mendidik. jangan pernah ragu untuk menyindir atpm.

  4. iki blog kondang kok malah kayak blog emperan. gak penting bgt kek gini dibikin artikel. dgn gini iwb keliatan ora dewasa..

    • Emang ada Blog kondang dan emperan ya bro. Nggaklah…Blogger sama aja koq. Mosok ada ada istilah emperan :mrgreen:

  5. punten mas…mo nanya klo di blog itu suka ada iklan dari honda atau yamaha,,blog nya dpt komisi ga ?? hehe takutnya jd kurang objektif dlm penulisan berita

    • Seperti yang saya bilang bro. Konten sampeyan yang menilai. Objectif atau tidak bisa dilihat dari ulasan artikel bukan dari iklan. Simpel….jika dilihat tidak netral dan mengada-ada tinggal tutup halaman dan cari Blog lain. You are the king mzbro…

  6. semoga artikel ini bisa merubah pola pikir masyrakat kita, fanatik merk boleh. . . tapi berdasarkan pemikiran logis & alasan kuat serta bisa menerima jika suatu produk itu ada (+) & (-) nya. nice article kang. . .

  7. Mantap mas iwb, dgn merubah sedikit isi artikel tanpa link blog yg d keluhkan, pemirsa jadi mendapatkan pencerahan..suwun mas..antum blogger yg dewasa

Comments are closed.