Bro dan sis sekalian…sebagai pembaca aktif didunia Blogsphere…bro X (identitas dihidden atas permintaan) merasa bingung dengan dua informasi dan bocoran yang bertolak belakang. Ketika diBlog santer membahas CBR versi lokal…namun dilapangan, kenalan doi yang bekerja di AHM bagi R & D (research & development) menyanggah kabar tersebut. Alasannya simpel…jika itu dilakukan akan mencederai? image atau prestigius sang kuda besi akibat kualitas yang menurun dibanding versi CBU. Berikut detil penuturannya….
Assalamualaikum Wr. Wb.
Gimana kabarnya lek?. Semoga sehat selalu. Sebelumnya saya ucapkan turut berduka cita atas meletusnya gunung Kelud di Jatim. Semoga keluarga & sanak saudara lek Iwan di sana baik-baik saja….
Kemaren pas waktu launching Ninja RR mono, saya nge-whatsapp salah seorang karyawan AHM yang bekerja di bagian R & D. Saya kirim gambar Ninja RR Mono terus saya bilang ini lho Ninja RR Mono 250 cc 4 tak 1 silinder, produk global buatan lokal harga 39,9 juta OTR Jakarta (seperti artikel lek Iwan). Terus saya singgung lagi dengan bilang kayaknya mau nggak mau AHM mesti melokalkan CBR-nya tuh…saya sengaja nge-whatsapp seperti itu dengan tujuan memancing responnya, apakah positif atau negatif. Secara, saya pikir orang yang kerja di R & D pasti agaknya tahu seluk beluk tentang new product. Hasilnya..?
Dia mengatakan bahwa AHM kemungkinan tidak akan melokalkan CBR-nya. Secara jelas, ini 2 point jawabannya :
1. Jika AHM menuruti konsumen untuk memproduksi CBR lokal dengan harga yang terjangkau, tentunya performa akan dibawah CBR asli. Maka langkah itu akan membunuh prestisius CBR yang selama ini sudah menjadi image dimasyarakat…dan itu adalah tindakan blunder.
2. Sekalipun untuk membuat CBR lokal dengan performa seperti CBR Thailand, maka komponen-komponen lokal-pun harus punya kualitas yang sama bagusnya seperti komponen di CBR Thailand, sehingga nantinya pun harga nggak akan beda jauh.
Kesimpulan menurutnya adalah….AHM kemungkinan tidak akan melokalkan CBR-nya dengan satu alasan jika dilokalkan, maka CBR lokal dengan part-part lokal performanya tidak akan sebagus CBR Thailand, sehingga jika dilokalkan akan menurunkan imej CBR itu sendiri.
Nah dari jawaban itulah saya jadi bingung lek, apakah jawabannya benar sesungguhnya atau diplomasi….atau gimana??. Secara saya sudah sering baca-baca artikel lek Iwan, juga wak haji tentang “proyek tanpa standar tengah AHM”. Mau percaya, ya karena dia orang dalam R & D AHM (sy nggak tahu sampai sejauh mana hak akses karyawan R & D AHM mengenai informasi the next new product). Nggak percaya karena sudah sering beredar artikel tentang “proyek tanpa standar tengah AHM”.
Sebenernya saya mau menyangkal jawabannya dengan menjawab “masak gara-gara komponen lokal saja bisa mempengaruhi penurunan kualitas performa…?. lha buktinya Yamaha (R15 & R25) & Kawasaki (RR Mono faring & naked) aja bisa bikin motor global produksi lokal Indonesia koq, masak AHM yang sumber dayanya guedeee banget nggak bisa sih..?. Tapi saya urungkan niat menyangkal jawabannya. Piye to lek sing bener ki sing endi..?. Barangkali lek Iwan punya analisa sendiri. Sekian dari saya lek Iwan, mohon maaf kalo terlalu panjang.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Wassalamualaikum Wr. Wb. Beighh….menarik nih bahasannya. Btw buat bro X….jika ditanya mana yang benar??. Hanya AHM dan Tuhan yang tahu . Memang tidak ada yang salah disana. Sebenarnya semua penuturan sosok yang disebut R & D klop dengan ungkapan para petinggi AHM dimedia setengah tahun lalu (monggo buka-buka berita tahun lalu). Diungkapkan bahwa melokalkan CBR tidak menjamin banderol lebih murah. Dan itupun dikatakan Toyota saat melokalkan sedan Vios keCikarang tahun ini. Nah…pertanyaannya?. Apakah opini tersebut tetap berlaku jika tekanan kompetitor begitu kuat??….
IWB sendiri tetap berpegang dan percaya pada kode yang masuk atas bantuan narasumber, kolega, serta pembaca setia IWB. Sebab hingga saat ini ada dua kode yang belum terpecahkan. Kode yang disinyalir ada relasi dengan gen CBR yakni K45A serta K31G. Jika K45A diikutin label FMC atau full model change CBR150…maka K31G adalah sosok kuda besi sport kubikasi 250c. Apakah memang project tersebut dicabut??. IMHO…terus berjalan. Kecuali memang pihak prinsipel mempunyai pertimbangan sendiri melakukan anulir terhadap master plant yang udah dibuat….
Last.…seperti yang pernah IWB bilang…strategi bersifat dinamis. Semua bisa berubah disesuikan kondisi. Jika mereka tetap kekeh…yo bah-bahlah nggak usah dipikir. Toh kita konsumen yang berkekuasaan menentukan pilihan. Siapa yang jeli dan mampu menawarkan kelebihan…disanalah kita berlabuh. Apalagi seperti yang kita tahu….persaingan makin sengit. Tiap pabrikan pasti ingin memberikan yang terbaik untuk merebut perhatian potensial buyer. Ya nggak. Atau punya pendapat atau opini lain brosis??….(iwb)
prediksi sih pasti melokalkan…masa pedagang gak mau menuruti kemauan pasar…
masshar2000.wordpress.com/2014/02/18/pembalap-ini-pernah-di-tawar-malaysia-400-milliar/
naikin aja produk ahaem setelah beberapa tahun..! pasti suara getarnya plastik ember bikin stereo suara knalpot..!
brum.. terr.. brum.. terr..
hadew.. tepuk jidat dah..!
wahai para FBH tobatlah kau,, mau bukti apalg? org dlm ngahaem aja ngakuin produknya odong-odong ngoahahaha
Ya ampun, , , Artikel ini ada korelasinya sama pembahasan yang udah lama kaya gini
enoanderson.wordpress.com/2014/02/06/honda-cbr150r-lokal-versi-ahm-antara-dilema-galau/
buyarrrrrrrrr.. buyarrrrrr.. haha
sudahlah ahm gak usah ikut ikut yg lain melokalkan motor sport, jualan matic aja sudah untung besar lagian fans ahmkan para bapak bapak dan ibu ibu,,
Ya emang CBR ngak akan dilokalkan
Mirip kasus pcx, ya emang ngak dilokalkan tapi buat vario 125 dengan mesin pcx
Mangkanya inyong ngomong rawat baek2,, bikos skali rompat tepuk jidat…
Itu pasti email dr kerazaan mazapait
Ngoahahahaa
Iya percaya klw ente tukang ngibul wkwkwk..
nyimak bro ya 😀 cicakkreatip.com/2014/02/18/mohon-maaf-atas-ketidak-nyamanannya-dalam-berkunjung-di-blog-kang-majid-cicakkreatip-com-lagi-proses-pindah-hosting-bro/
Alasan susah lokalkan cbr diindo..karna atpm honda kan astra honda yg sahamnya 50 astra..honda jepang mana mau indo jd pusat rnd nya karna 1. Kalau dri indo produk trus ekspor artnya profit nya astra jd dapat 50% jg, selama ini kan honda principle dpt 100% dari lisensi perunit trus 50% dari astra honda
2. Honda gak mau bagi ilmu terlalu bnyk sama org indo..biar jgn jd pintar org indo , tar astra jd mcm hero pula..bisa buat brand sndiri
Ini opini saya kalau berpikir dari segi dagangnya..toh sekarang profit aja d bgus x , ngpain pergi cari kerjaan
tapi emg bner gitu bro, sbnernya honda tu bnyk top secretnya..
di motogp aj top scretnya byk bgt dr zaman 2tak riset 4tak ptma kali yg jdiny RC211V, SSG, cranya mesin awet n hemat buat balap ECU hardware software rangka bodi yg ringan dll
mkany honda ngotot kluar motogp kalo mslh ECU sragam, soalny risetnya jadi nol ntar, cuma asal kebut aja..
yamaha risetnya slalu telat kalo buat motogp, kliatan dr perjalanannya
Wah cbr tidak akan pernah dilokalkan?
oke… siap2
absen dulu mas iwan
Ngeles aja tuh.. gara” si mono keluar 40jt dan yang naked nya disinyalir 35-36jt, udah ciut duluan. . Project cbr lokal dibatalkan.. berarti kalau jadi, cbr lokal pun sebenarnya ga bisa ditekan dibawah 30jt.. dengan sadar diri Ahm mundur teratur.. ngoahaha. .
Semoga r15 v2.0 basi bisa sadar diri juga.
sekarang baru baca. semoga gak teetinggal untuk balapan 150cc
Hidup konsumen…
klo gak lokalkan…maka bonyoklah cb150 ama NVL, R15 dan R25
biarpun d.kawal ama mega dan verza
Pembeli adalah raja…
kalo cb, nvl & r15 mungkin bonyok bro, tp blm tau ntar yg r25…kita tunggu aja
Jk harga hanya beda tipis memang tidak perlu melokalkan cbr..
Honde…..kuncinye cume satu, banyakin produksi yg ude ade ajelahhh… 🙂
ahm
cuma bisa produksi montor bosokan!
tp nyang lebih parah lg adlh produk bosokan yg paling laku….mnurut aisi lho ya…..sobek2 kata kang iwan…
kalo misalnya AHM gak jadi bikin cbr lokal, mungkin ahm akan buat tiger pake piring mas…. namanya tiger rr
josss ngahaem kaga usah rempong2 inga2 r15 mau muncul aja udah malu2 kucing karna udah di tabokin dulu sama geng ijo dgn mono rr nya, huhuhuhuhu…….. kasian tuh semprot yamahmud cuman ngintip doang ga bisa jualan tuh, mau jual r15 di atas 30 jeti sih tadinya tapi apa daya pasti orang lbih milih rr mono yg jelas2 fresh bukan motor yg udh sliweran, yg mau bli r15 pasti mikir2 biar baju pbrikan tapi msh terkesan motor modipan apa kata fbh ntar.
salam miniatur roda6 cap ogang kuismin
Iya ngerti joss, mski gk mau lokalin cbr takut kmahalan kan, mkanya tetep improt biar tetep over bruud, salam one bruud 😀
Klo info itu bner mosok sampean kbeh sek percoyo karo honda lha wong honda dewe karo Indonesia tercinta masih meragukan, namanya kejam banget iku salut dah buat Yamaha dn Kawasaki..
gara 2 kata2 diatas mungkin sebentr lagi artikel ini dihiden
wkwkwkwkwk
cz scara tak sengaja ODA mengakui produk lokal ahm gak sbagus cbu
hehehehehehe
sory kang iwan (moga aja gak bener prediksiku)
sangat disyangkan,bro IWB mengangkat artikel ini dri sbuah sumber yg tdk valid. Bro IWB sbgai bloger ternama,shrusnya bro IWB bisa mnyaring dan melihat efek dri isi email tsb.dan gak smestinya dijadikan artikel blog.krn dampaknya bisa mnjdi sbuah penggiringan opini.. maka orang beranggapan klo produk lokal AHM itu kwalitasnya dbwah standart.. Lebih bijaklah membuat sbuah artikel.jgan asal mengangkat dri sbuah sumber dan opini yg ga jlas dan ga valid. Itu bisa mncederai slah 1 Vendor/ATPM. Mohon di revisilah isinya jika bro IWB tdak mau dkatakan menggiring opini dan menyerang scra halus slah 1 kompetitor… Bloger yg baik dan bertanggung jwb pasti bisa mnerima kritikan ataupun saran..
mungkin di bawah standart thailand
kalo di bawah standar thai jlas, smua motor lokal pasti di bawah thai krna mein msh bisa minum premium
sampeyan cangk**** mingk**o…
orang beli produk ahm pake duit, bukan pake alasan
jadi gak usah pake alasan menggiring opini.
sebagai pengguna, saya merasakan bahwa kualitas montor produksi ahm gampang bosok.
kenyataan broooo… di keluarga ane ane ada motor buatan ngahaem, buatan yimm jg ada, taun pembelian sama, perawatan g ada beda, tp buatan ngahaem lebih dulu getar dan cat kusam duluan. mosok yg kaya begono dibilang kualitas bagus?
kalo mesin ane jujur lebih suka honda, enteng n gak kasar drpd yamaha, kalo yamaha mesinny kasar, pdahal taunnya sama..
di rumah ada bebekny yamaha sam honda soalnya jadi bner2 bsa kompare
kalo bebek ane juga ada bebek ngahehem dan yamimpi
saat standar mah sama2 halus tapi setelah kena upgrade mesinnya, bebek ngahehem daya tahannya berkurang drastis, lebih kasar bebek ngahehem daripada bebek yamimpi
klo ane maen standaran trus bro buat jga hrga jual
sumber yg enga valid ???
Ud jd rahasia umum x 😆
ATPM yg baik dan penjualannya #1 harusnya bisa menerima kritkan ataupun saran dari blogger n pembaca, bukan arogan mo nekan blogger 😈
ya kalo baca blog kalo gak baca ya gatu lahh
Yth. Maturnuwun sarannya. Tidak ada maksud penggiringan opini. Dan apa untungnya saya menyerang salah satu ATPM mzbro?. Justru kenapa saya cantumin sumbernya biar bisa jadi bukti dan dijadikan bahan diskusi bersama. Semua murni berdasarkan informasi yang IWB terima dan sumbernya jelas ada diFB. Klo mzbro blng sumber nggak jelas….bisa koq saya kasih kontaknya dengan catatan mzbro kasih kontak sampeyan juga kesaya. Garis bawah kita disini adalah diskusi ttg kemungkinan CBR dilokalkan. Jika ada embel2 lain..saya pikir semua sudah smart koq….
bener kang iwan, ane dukung…., terus maju ajah kang biarin anjing pada gonggong, emang bener opini emang beda2 kaya politikus sma pengacara alias BACOT DOANK… tp mayoritas sudah menunjukkan kepribadiannya dalam berfikir & berkomentar, klo mo jujur nih, pdhal beline jg pada produk lokalan jg…
waduh mau jd apa negeri ini kalo org mau berpendapat aja dipersulit? masak mau dibodohin terus. ini dah jaman merdeka, jaman internet dimana segala sesuatu serba terbuka. ane kira blogger ini ga bermaksud menjelek2kan satu vendor, hanya mengungkap fakta bro, biar masyarakat lebih tahu. kalo mmg ga merasa punya produk jelek knp hrs takut diungkap? apa jgn2 mmg merasa kesindir ya?
ihiiiir banyak FBY ayan di mari banyak nick baru juga Hahahahahahaaa
Ahm tu jujur lho klo produksi semprot ga bisa seperti thailand karna thailand itu di tunjuk langsung oleh honda jepun, jadi mau gmn juga di sana standardnya harus paling bagus seasia tenggara….
untuk YIMM jelas Indonesia jadi basis Yamaha jepun secara MS di sini paling gede ( sotoy ) …jadi ya jor joran bikin disini itu R25 untuk kualitas? standard ke atas lah… ( sotoy dikit ) & buat KMI tulang punggung jualan mereka itu Ninja coy… apapun bakal di lakukan agar klan ninja laris manis… haiyah
AHM bikin semprot ganteng + kualitas++? keknya mimpi deh secara jantung dia ada di matic sama bebek… Ngoahahaha 😀
jika nanti r15 laris manis, pasti iman ahm akan brodol juga buat bikin cbr pake piring buatan lokal.
kalo gak mau repot, ahm cukup borong tuh produk minerpah rx150 trus blok mesinnya diganti yang berstempel HONDA.
pasti juoozzz gandhozz
kan dah banyak berseliweran cbr yg ternyata merk minerpa bro
Hehehehee…. sebentar lagi giliran r125 yg menjamur
ferboesrichardson.wordpress.com/2014/02/20/jupe-sexeh-pasrah-dan-tak-berdaya/
“Alasannya simpel?jika itu dilakukan akan
mencederai image atau prestigius sang kuda besi akibat
kualitas yang menurun dibanding versi CBU”
————————————————–
secara tak langsung orang ngahaem mengakui bahwa kualitas produk honda ngahaem tak sebagus honda thailand. dgn kata lain J E L E K
emang iya smua produk loakl kali bro, RAIDER 150 sm FU aja msh bgus RAIDER kok..
yg jlas mnurun kualitasnya..
kan CBR produk global jadi tiap wilayah udah dapet jatah area pembuatan
lah tambah terbelakamg cbrrrrrrr …makin ketinggalan jauhhhh
yaa gak lahh bro, selama motor cuma bisa minum pertamax brarti kualitas pasti global
selama cm bisa minum pertamax berarti produk global ya? teman SMA saya dulu ada yg punya old cbr 150 buatan thai minumnya premium tuh? ada jg temen saya yg punya satria fu gen 1 yg masih buatan thai, dicekoki premium jg. kakak kelas ada yg punya fxr, lagi2 minumnya premium. trus coba deh ente perhatiin yg punya ninja 250, apa semuanya pake pertamax plus? ada loh yg nekat pake premium
cbr old kalo pake premium tu pasti ngadat, plg cpet smggu plg lama gatau..
pengalaman pribadi tu..
ane gtw FU gen 1 BU ato lokal, tapi yg ane tau RAIDER 150 hampir sama kyak old CBR, punya sodara ane tu, skrg tgl 30 motor di indo yg RAIDER 150 ..
kalo ninja ane gtw tu lokal ato BU mavv ane gak pernah tnya tp kalo CBR250 gamau minum premium punya temen ane baru 3 bln minum premium lgsg nyahok mtorny, untung tu hgak tlat k bgkel abs tu gak prnh absen pertamax plus bro ..
pkokny smua motor yg lokal pasti di sesuai kan wajib bisa nenggak premium, gak bisa di bntah tu tinggal motor2 tu yg pgang spa n ngrti apa gak yg bner..
premium lha mau naek 2000 aja demonya kyak mau prang..
gimana kalo motor gak bisa mnum premium, bisa2 AHM YIMM KMI diamuk massa bro
Waduh..ternyata..
Dari dulu untung gede oriented… Lbh suka jualan bebek ama metik cost murah jual paling tinggi,volume banyak… Ngga mau jor2an di batangan..kalo bisa mau narik kelas sport batangan ke kelas sport bebek dg new cs1nya… Kenapa h*nda prod globalnya pusat di thai?? Dg kualitas y sama cost msh murah disana dibanding jika dibuat ama oahem…
Nambahin aaahhhh
Untungnya sudah besar banget tapi buat support agar pembalap Indonesia bisa berjaya saja ogah2an, baru tahun 2010 mulai geraknya dan itu juga masih setengah2,
Program CSR juga ga segalak pabrikan tetangga yang untungnya lebih sedikit
Produknya kebanyakan common part padahal untungnya aja udah gede banget, mulai dari matik hingga sport bahkan desain sportnya terlihat monoton
karna untungnya di bagi sama astra
di moto3 udah gak pakai jasa pembalap indonesia.
duit nya mau buat ikutan motoGP wan hat nempel di baju MM93.
Mana tuh yg taun kemaren gembor-gembor kek orang sinting! katanya penjenjangan t*i kucing!!
gak usah protes bro, kalo hidup di indo yaa emg gitu, mau motor kualitas yaa cari motor yg gak bisa minum premium..
pasti kualitas global tu
ccciiiieeee……si budi kayaknya garis keras banget nih
wkwkwkwkwkwwkwkwkw
Selama Premium masih ada ya pabrikan bakalan merancang produknya untuk bisa minum premium biar kata kompresinya udah tinggi
Tapi ya masa orang Indonesia dikasihnya yang abal2 mulu?Kasihan amet ya?
bro woh tp liat keadaan skrg emg gtu bro..
mau kualitas kan ??
secara bbm udah bisa diajak beli yg kualitas blom, trus secara oli udah pake oli kualitas blom??
scara parts dalam negri kualitasnya minimal kayak thai bsa gak?
SNI sm standar luar negri beda lho ..
gampangnya kalo ente beli jersey bola dehh, ente cari yg KW ato ORI, kalo KW dr 20rebu smpe 100rebu dapet, kalo ORI yaa minimal 500rebu..
gitu aja sihh bro ..
oya bukan abal2, kalo abal2 gak lulus uji SNI dong ???
memang motor standaran indo bro jd hsilnya yaa sama smua gtu2 aja..hehe
kalo yamaha designnya agresif, ahm kan jagonya bikin design elekgan… eh… elegan
lambene om ikan ki mosok desain e ahm e elekgan…
desain disesuaikan seleran FBH nya gan
Xixixixi
Mungkin kalo CBR250 memang agak susah tapi kalo CBR150 ada kemungkinan masih bisa kang Iwan. Kan menurut info cuma bilang CBR saja dan kita belum tau CBR250 atau CBR150 walaupun seharusnya kalo dilihat dari topik pembicaraannya mengarah ke CBR250R.
Bila benar ternyata CBR150R yang dilokalkan, berarti kode K45A benar CBR150 lokalan alias mesinnya CBR150R tapi desainnya lokal, yaaahhhh mirip2 CBSF dah.
Kalo yang K31 belum dpt opini
piye kang
sependapat ane mas broh, tp kemungkinan besar adalah cbr150==>cbsf dan akan terus nyp ke jilid sekian…, intinya semua atpm sekarang berwacana 1 mesin untuk beberapa produk dengan beda tuning, fitur & body demi ngejar harga yg bersahabat untuk produk massal
serius…. saya gak tahu itu benar atau tidak
sambil nunggu adzan maghrib tak brondong kkabeh.
ambil wudhu bro terus ente jadi imam ya
Rupanya kerazaan mazapait nggak terima MS semprotnya kalah sm ngahaem
Dan di buatlah email abal2 ala kertas burem lalu di kirim ke warung mas iwan
Ngoahahhaaa
tanpa jemuran
kalo boleh usul, coba aham biki motor pake garis design cbr fireblade, cukup 150 cc aja. kasih mesin cbsf tris kasih nama jangam cbr, tapi cb150rr jual 30 juta. pasti laris
ane setuju…ga usah kenceng2 motornya yg penting tampang keren, pasti laris. masa kalah cakep ma minerva yg 150r
Jangan lupa ditempelin stiker sayap sengkleh atau garpu karat. Pasti tambah moncerr… 😀
atau bisa juga ambil dari design old cbr trus dibikin lebih gemuk dikit. biar sedikit kekar
boleh juga tuh
AHM kan jagonya redesain dari produk “mati”
#sambil lirik neng perja
$endirian?
woh – Februari 18, 2014
ambil wudhu bro terus ente jadi imam ya
……..
saya merasa belum pantas untuk itu gan. tapi saya pede jadu imam untuk anak dan istri saya 🙂
disaat yg lain berusaha membuktikan kalo produk lokal itu juga berkualitas
AHM malah menyebar mindset kalo produk luar lebih bagus dan produk lokal itu pasti jelek
anehnya fanboynya malah setuju dan menganggap strategi AHM itu paling cerdik dunia akherat, walau merugikan konsumen yg penting MS
150 kah?
kalo ahm takut blunder, takut ini, itu…ya cb150r kasih baju aja, ngapain repot-repot sih…yg penting ada gambar sayap sebelahnya, kan selama ini itu yg punya nilai jual tinggi…….jleb….
naaahhh….. sebagai salah satu fby (katanya)
saya mengidam-idamkan mitor dari ahm yg designnya seperti cbr fireblade tapi 150cc aja.
idem…tp ane ga akan beli, dah terlanjur pake si ijo
Juoozzzz deh si ijo mah. Jambakan mauuuuttt 😀
kalo masih bingung. skalian aja bikin model yg “mirip” sama r125
sudah adzan nih…. tinggal sholat dulu.
kalo masih milik, pekgo gak kan kemana. 😀
itu R N D sebenernya mo bilang percuma bikin cbr lokal …
fbh gak doyan sport …
bletak duorr lebih OK !
😀
Komenny lucu wkwkwk..
ahahaha…lama ga nongol lu mbah kmn aje?
sibuk nyari tombol penghancur otomatis e NMP ya?
Sobek tenan kang…
*cbr murah hanya mitos, eh..mimpi..