iklan iwb
Home Otomotif Hati-hati penipuan iklan online berkedok jual motor bekas!!!!….

Hati-hati penipuan iklan online berkedok jual motor bekas!!!!….

gp-banner-460x110

Iklan inilah yang digunakan untuk memperdayai biker
Iklan inilah yang digunakan penjahat untuk memperdayai bro Dani

Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian….seiring kemajuan teknologi, penjahatpun kini makin pintar menjalankan aksinya. Berkedok iklan online penjualan motor bekas…..ternyata semua hanya modus untuk melakukan penipuan Seperti yang dialami bro Dani, pengunjung Blog yang mengirim surel ke IWB…..460x150(1)uk460x140(Gif)

Assalamualaikum,

Selamat siang mas Iwan, gimana kabarnya? Moga sehat selalu. Saya Dani mau sedikit berbagi curahan isi hati saya tentang dunia motor. Kali ini saya ingin sedikit share tentang pengalaman pahit saya yang akan membli motor bekas disebuah situs jual beli Online, T***bagus.com…

Saya memang sedang ngebet mencari motor matic second yang masih bagus untuk adik saya. Karena saya khawatir kalo beli di Mokas daleman sparpart-nya sudah dipretelin nggak ori. Tapi apesnya…saya tertipu uang Rp.500.000 dari orang yang pasang iklan disitus jual beli online tersebut. Kronologisnya seperti ini….

Pagi saya telepon siempu yang mau jual motor, terus diangkat dengan ramah dan berbicara bahwa motornya memang akan dijual. Dengan ciri-ciri seperti di iklan, dia berdalih sangat membutuhkan dana untuk bayar hutang. Nah dia bilang sudah ada yang menawar juga jadi ketika saya akan kerumahnya untuk cek barang tersebut dia mempermainkan psikologi saya yang pada saat itu memang tertarik dan butuh motor yang dijual….

Orang tersebut berkata juga ada 3 orang yang minat, jadi siapa cepat dia dapat. Katanya….kalo masnya mau harus kasih jaminan dulu. Nah saya disuruh transfer sejumlah uang ke satu rekening sebagai bentuk? keseriusan pembelian. Mengaku sebagai rekening istrinya…..akhirnya saya transfer uang tanda jadi. Anehnya setelah saya konfirmasi dia bilang bahwa rekening itu punya anaknya dan sudah diblokir. Dari sini saya sudah curiga. Dia berjanji akan mengembalikan uang tersebut kerekening saya. Tapi hingga detik ini uang itu tidak pernah kembali….

Seperti itulah mas Iwan curhatan saya. Semoga kejadian ini bisa dishare ketemen-teman yang lain agar hati-hati memanfaatkan media jual beli online, sekalipun dia sudah punya nama diTV….tidak menjamin orang-orang yang pasang iklan didalamnya orang baik. Saya sudah ikhlas moga jadi amal jariyah bagi saya dan menjadi petaka azab dunia akhirat yang menipu saya, amin. Gitu aja Mas Iwan. Good luck.

Wassalamualaikum….

Waallaikumsalam Wr. Wb. Turut prihatin atas kejadian yang menimpa bro Dani dan maturnuwun sudah sudi share diBlog IWB. Sebuah aksi yang cukup memprihatinkan dan perlu mendapatkan perhatian lebih. Kenapa??. Sebab oknum tersebut telah mencederai dunia maya sebagai ajang transaksi penipuan. Karena orang-orang seperti dialah yang akan membuat enggan membeli barang via online. Dan sepatutnya bagi penyedia jasa pemasangan iklan online mampu melakukan filtering…verifikasi data dengan akurat agar tidak digandoli penjahat-penjahat tidak bertanggung jawab…

IWB-pun pernah mengalami sendiri kejadian tak terlupakan…menghadapi para penipu yang memang canggih dan “lamis lambene”. Namun beda dengan bro Deni…IWB saat itu tertarik dengan iklan Avanza yang dipasang miring dari harga pasaran. Hebatnya saat IWB telp…suaranya pede dan terdengar begitu meyakinkan mengaku sebagai dokter. Doi mengaku? mobil punya istri dan ingin tukar baru. Setelah berbincang sebentar..sang dokter gadungan mengeluhkan banyaknya penelphone yang tidak serius dan sekedar bertanya. Jadi dia mempertanyakan keseriusan IWB sebab kalau tidak telp akan ditutup mengingat doi sangat sibuk….

Mendengar celotehan dokter gadungan..IWB meyakinkan bahwa telp ini tidak main-main (lawong yang dipasang bener-beber mulus tuh mobil). Dari sana doi mulai melancarkan jurusnya….mengaku ada dua orang yang akan datang melihat mobil tersebut. Jadi saran doi….monggo kirim uang panjer (waktu itu minta sejuta) agar ketika mereka datang mobil diblok untuk IWB. Anehnya saat IWB bertanya alamat lengkap dan ancer-ancer untuk melihat barang langsung….sioknum mengaku tiak bisa karena profesi dan berjanji akan mengantarkan simobil kerumah IWB langsung. Dari sini IWB sudah merasa aneh. Secara halus….kembali doi menyarankan supaya uang panjer dikirim…..

Karena janggal…IWB tetap kekeh ingin lihat barang. Jualan model apa koq uang dulu dikirim…batin IWB kala itu. Mempersilahkan diberikan keorang lain…..secara halus doi kembali mencoba merayu dengan mengatakan bahwa mobil kondisinya sangat bagus….sayang banget kalau nggak diambil. IWB menolak mentah-mentah dan menegaskan tidak akan kirim uang jika belum lihat barangnya langsung. Tidak berhasil….tiba-tiba telp disconnect……diputus dari sana. Setelah itu…..nomer tersebut susah dihubungi. Sadar sudah….bahwa iklan yang dipasang dipenyedia jasa iklan online terkenal tersebut hanya penipu belaka. Terus gimana agar terhindar dari para penjahat model begitu??….

Patut dicurigai jika motor diiklankan jauh dari harga pasaran. Trik ini lazim untuk menarik potensial buyer. Kemudian tanyakan alamat lengkapnya dan utarakan untuk melihat barang langsung. Jika mereka keberatan….coret aja, dijamin mereka fake atau palsu. Sebab penjual murni bakal dengan senang hati membuka pintu untuk para calon pembeli. Terus yang paling penting….jangan pernah mengirim uang panjer apapun alasannya. Iming-iming barang bagus selalu didengungkan agar kita merasa sayang untuk melepas. Inilah yang disebut bermain psikologis. So…hati-hati dan monggo share perkara ini pada teman-teman yang lain agar tidak ada lagi jatuh korban. Penipuan iklan online berkedok jual motor bekas??. Waspadalah sebab mereka mengintai sewaktu-waktu brosis…..(iwb)

186 COMMENTS

  1. Saya juga turut prihatin dengan kejadian yang menimpa sodara Dani. Hanya saja kelalaian seperti itu tidak seharusnya terjadi. Sekedar berbagi informasi,untuk transaksi setelah melihat iklan di situs jual beli tersebut,sebaiknya ketemuan langsung,ga usah takut motor impian yang diiklankan disabet yang lain 🙂 Trus,perhatiin tentang status pengiklan,sebaiknya lihat iklan dari member Tokobagus yang sudah terverifikasi. 😀

  2. sebenarnya pnyedia iklan engga salah juga om mnurut saya karena namanya org lg butuh bisa saja jual muarah, tinggal kitanya aja bagaimana seharusnya menjadi smart buyer, betul seperti kata om Iwan harus ditnyakan alamat lengkap sejelas jelasnya, kalo bisa UTAMAKAN COD / ADA BARANG ADA UANG jangan sebaliknya karena ini kan online/ maya. nice artikel om

  3. Hihihihihihihi

    Gak di dunia nyata gak di dunia maya,FBH TUOLOL2 gampang bgt di kibULLIINN

    Hihihihihi

  4. Hihihi. Blunder fbh. Yg bogang susah komen yg bener. Yg lain maen tembak aja padahal gambarnya jelas2 mocin sayap. Biarin aja fbh di kandang pada ribut sendiri.

  5. Well…..i m sorry la….bener2 ketinggalan 6 detik….mgkn lupa BACA resep malam kemaren….haeyaaa..

    Emm……nice info…gw jg pernah ketemu begitu. Mo nyari tyt (*dewa otomotif, hnd bukan apa2nya, sorry) hardtop landcruiser diesel….eh ketemu harga miring tangan pertama. Di propinsi lain …tp gw siap datang mau lihat, kalo cocok beli, kalo nggak pulang.

    Tp b4cot si penjual persis seperti yg dialami mas dani dan iwb…yaitu minta panjar….gw tetep ngotot mau lihat dulu. Akhirnya telp.putus. Dan iklan yg sama tadi PINDAH ALAMAT DI PROPINSI YG LAIN.

    Org cerdas hati2 ngeluarin duit beli barang, org b3go udah pasti kemakan iklan kayak fbh.

  6. Bikersboy(marwoto tolol alias mr.salah ketik) mana komen begomu…aku kangen…hahahahaha…mas Iwan kluaran lg dong topik bt fbh bego biar ktololann si marwoto dungu kluar lg…wakakakakakak..

  7. wah,TOKO BAGUS lagi yak,padahal banyak juga yang neluh sama tokobagus,rajin iklan doank,ane aja gak bisa ngiklan2 di sanaudah gitu jawaban penolakannya KASAR lagi,pas tanya ke customer servicenya gak di bales2..
    TOKO BAGUS MENGECEWAKAN INTINE,mendingan situs sebelahe..

  8. “TOKO BAGUS” emang enggak bagus,PELAYANANNYA JELEK,”KASAR”..
    katanya GRATIS,TAPI gak sepenuhnya gratis,PENIPUAN juga tuh..
    (jeritan konsumen kecewa)

  9. dulu ane malah kebalik, jual motor. waktu telepon, yang mo beli kebelet. malah dia ngirim tanda jadi duluan, yaudah walaupun awkward, ane tampung dulu aja. karena emang direbutin pedagang2 motkas lainnya hehehe.. akhirnya orangnya bener dateng, cek sebentar, transfer uang, langsung bawa motornya. baru kali ini ada orang beli motor kaya beli tempe hahahaha…

    • #168. @tukang_gorengan:

      Yg kek gitu sebenernya banyak kok gan, ane juga dulu sebagai penjual, tapi jual laptop waktu itu (bukan jual motor), pembelinya ya sama tipe kebelet kayak beli “gorengan tempe” begitu :))
      Ane pun sebagai pembeli, dulu beli motor second, pernah kepaksa buru2, karena sudah mahgrib, kuatir waktu itu kelewat sholat mahgrib… apalagi jarak rumah cukup jauh.. :/

  10. walaah… ada barang ada duit dong harusnya yah… yaa kalo mikir sebentar pasti kita sadar… masak iya mau beli sesuatu ga liat barangnya dulu udah kasih DP…? iya kalo ternyata emang bagus kalo engga gimana..
    pasukanredribbon.wordpress.com/2013/12/29/ideal-nya-sebuah-motor-sport/

  11. Sekarang iklan2 penipuan ngga cm iming2 harga murah aja…malah dijual dgn harga pasaran jg ada..pengalaman dulu pernah pasang iklan malah iklan saya dikloning ama orang n dipasang dikota lain..iklan sama persis mulai dari foto,deskripsi iklan,harga..cm beda contact person aja..sedikit tips biar terhindar dr penipuan ini, cek watermark di gambar soalnya kalo iklan palsu pasti ketahuan watermark nya double (ketumpuk ama watetmark iklan asli nya)

  12. Kmren ane pas liat si ninin dgn harga murah langsung ane tlpon.. eh di suruh kirim duit tanda jadi.. Alny banyak yang mau… alhamdulillah ny ga ane terusin… mending beli ninin yang baru..

  13. makanya jgn mudah pcy bro.mending tanya alamatnya.trus datengin ke rmhnya utk cek barang.gampang kan.prinsipnya ada uang ada barang.beres..

  14. Sedikit share..kejahatan semakin menjadi.
    sy mengalami sendiri pd bulan ramadhan kemaren. Sy dan istri melirik motor matic bekas dr iklan O?X.com pagi sy telp sang pengiklan, bilang butuh duit bget untuk kperluan istrinya, awalny sy minta ketemuan aja di jkt, tp dia bilang msh sibuk dan ktnya ada bnyak org lain yg nawar motornya, dia saran klo mmg serius minta panjer berapa aja sbg tnda jadi, biar dia bs stop tawaran org lain, dan dia bilang biar tidak merugikan sy yg jauh2 mau ambil motornya, sy bilang “gak papa pak sy ikhlas klo ada yg mendahului, sy cm berusaha ttp Alloh yg menentukan motor tsb rezekinya siapa, kita sama2 berniat baik dan biar tidak saling curiga akan kebohongan”..terus sy coba pancing minta alamat aja.. dia kasih jl. Poncol raya no.5 jkt, sy katakn siang ini sy mnuju kesana untuk liat motor nya, dan dia setuju untuk di temui. Lepas tutup telp sy, sy minta istri sy telp dia dgn nomer hp lain, dan pura2 tanya sebagai calon pembeli yg lain, ceritanya sama dgn yg sy alami, dan diberikan alamat sama persis dgn diatas. Tak abis fikir dari pd buruk sangka, akhirnya kami sekeluarga dgn mobil menuju ksana untuk mngtahui kbenaran. Muter2 cari alamat ternyata boong, alamat nomer rumah tsb tidak ada (dari no.3, 4 langsung no. 4A dan 6)/nomer rumah sebelah2nya sdh benar tp mmg hanya no rumah sang penipu tsb yg GAK NYATA/palsu, sy tanya tetangga sebelah2ny jg gak tahu. Sy telp lg sang penipu tsb, sy bilang rumahnya dimana krn sy udah di depan jalan Poncol Raya..eh malah beralibi “sy masih diluar pak, klo ketemuan besok aja gmn?” Dan spontan dia tutup telp dan gak angkat2 telp lagi..dasar penipu semoga Alloh membalas keburukannya berkali2 lipat krn sdh berani melakukannya dibulan yg mulia

  15. Ass.bang iwan sy mw nanya kemari sy di tawarin motor kawasaki ninja 4tak
    harga nya 12jt mnta dp dl 50% dr harga motor kebetulan adik sy kuliah di jakarta trus sy mw nyuru bawain uang buat dp motor nya nga mau…beli mtr nya ini lewat online kebetulan sy dr sulawesi tenggara
    mnta saran bang iwan..
    trims wass.

Comments are closed.

Exit mobile version