Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian…seperti lazimnya mindset mayoritas biker tentang sistem injeksi, pasti sampeyan berasumsi bahwa motor FI tidak akan bisa distarter ketika aki soak. So…dibekali kick starterpun percuma. Hal ini dikarena seluruh otak dikendalikan secara elektronis sehingga sistem bakal melakukan shutdown untuk mencegah kerusakan komponen lain. Cukup logis pemikiran tersebut timbul. Namun tidak pada CB150R!!….
Mendapatkan pertanyaan dari bro Ace via email tentang sistem FI CB150R…..doi bingung atas simpang siurnya informasi saat aki soak. Berikut email detilnya…
Malem Kang IWB, sory ganggu, Saya Ace salah 1 silent reader setia IWB. Kang saya mau tanya, saya dulu sempet baca kalau motor FI itu ga bisa nyala kalo akinya tekor. jadi percuma saja katanya walau ada kickstater. Tapi kemaren saya baca lagi di salah satu Blog yang katanya sumbernya dari orang Honda kalo CB150 itu bisa nyala walau akinya tekor dengan menggunakan kickstaternya (kebetulan motor aku CB150R kang). Nah jadi bingung aku kang, mohon pencerahannya buat newbie ini. Maturnuwun kang. (surel Ace ke [email protected])
Sami-sami kang Ace. Nah…dari sana IWB langsung kontak begawan teknis AHM……pak Endro. Konfirmasi dari pak Endro (Technical Division AHM)….insinyur Honda memikirkan cara terbaik agar biker tidak direpotkan gara-gara aki tekor. Oleh karena itu…sistem pada CB150R dirombak sedemikian rupa dengan sistem back up yang akan aktif jika diperlukan. Ibarat genset….komponen tersebut akan merespon saat aki soak dan kick starter digunakan.? Gamblangnya begini bro….
Ketika aki CB150R soak, maka mesin masih bisa dihidupkan dengan kick starter dikarenakan power listrik menggunakan bantuan kapasitor. Sewaktu start awal memakai kick…sistem PGM FI yang berjalan dibantu komponen kapasitor yang dijejalkan pada sikuda besi. Flow sederhananya…kick starter mengirimkan sinyal kealternator…diteruskan keregulator baru bank kapasitor. Dari sana sistem back up berjalan hingga diperoleh arus listrik yang ideal…yang pada akhirnya mampu melecut fuel pump, ECM, injector dan koil. Artinya…engine bisa hidup normal kembali tanpa masalah. Kemampuan ini bahkan tidak dijumpai pada CBR series dikarenakan sistem yang berbeda. Namun ada tapinya mzbro…
Karena ini merupakan sistem back-up, tidak disarankan digunakan secara terus menerus dalam periode lama. So….kalau tahu aki sudah soak, monggo segera ganti dengan yang baru agar CB tunggangan sampeyan selalu fit. Aki tekor pada CB150R??. Nggak masalah koq, monggo gunakan kick starter. Beres dah nggak perlu dorong . Juozzz….(iwb)
Follow@iwanbanaran on Twitter
Makanya itu om
Ninja 250 fi,cbr,r15 aki soak matot
juga kan apakah dibilang downgrade kata fbh
beda lagi dengan cbr n nvl non kick….. musti starter dorong ….. or cari jalan yang turunan
292. kencuy maricuy – Desember 15, 2013
Makanya itu om
Ninja 250 fi,cbr,r15 aki soak matot
juga kan apakah dibilang downgrade kata fbh
————————————————————————–
motor impor kok pakai engkol ya gak level tong
emang ente mau nendang (kalo ada engkol di) ninja 250 2 silinder, emang kaki ente sebesar gajah????
ajib pada Desember 15,
2013 pada 2:32 PM
HRS pada Desember
15, 2013 pada
8:18 AM
sugi prayitno pada
Desember 15, 2013
pada 8:08 AM
++++++++++++++++
NVL belum ada
bankkapasitornya.
mgkn kdepannya
diaplikasikan kali
demi kenyamanan
pengguna
?+++++++++++++++++
?++++++
koplak,, sblm cb vixion
udah pk gtuan.. cb yg
ngikutin vixion..
mekanik hondongo?
++++++++++++++++++++
yg koplak siapa hayoooo????….katak dlm tempurung jgn asal ngorek aja. baca baik2 ketikan saya. SEJAK KAPAN NVL ADA BANKCAPASITORNYA?????? jk bisa jwb anda hebat melebihi insinyur Yamaha Indo.
daya lampu langsung dr spul bukannya sistem lama jg…honda c70 aja pake sistem gitu kok
Kenapa New V-ixion ga ada kapasitor bank?
Kalo menurut ane karena lampu kecuali sein masih mengandalkan spul sehingga jikalau mulai tekor maka tidak terlalu terbebani. Lagipula kan sudah ada lampu indikator yang memberitahu bahwa ada yang kurang beres sehingga pemiliknya bisa mengeceknya terlebih dahulu sebelum operasional atau jika tidak sempat ya untuk sementara tidak dipakai dulu.
didi pada Desember
15, 2013 pada 10:08
PM
daya lampu langsung
dr spul bukannya
sistem lama jg?honda
c70 aja pake sistem
gitu kok
+++++++++++++++++++++++++++++
betul honda C 70 , honda Astra itu semua th 70an masih menggunakan arus dari spull untuk penerangannya sampai generasi megapro baru menggunakan arus accu buat penerangan. jd mnggunakan spull itu tekno kuno jg
Mesin DOHC kan kata beberapa orang itu superior ya
tapi kenapa mesin DOHC lokal pada ga berani pakai ban dan velg gambot?
Lucunya itu kenapa terpana dengan kata DOHC?
Kalo emang mau kejar performa mah liat dulu seberapa panjang langkah piston.
YIMM emang tukang ngibul beserta sales dan FB nya motor jelas2 downgrade (kualitas blok & kapasitor) dibilang upgrade mending AHM deh agak lebih jujur ngaku klo itu motor downgrade dan yang bilang downgrade malah jauh lebih kenceng dibanding yang bilang upgrade
liat aja di youtube kalo cibi masih bejaban sama FU kalo nvl ??????
299. woh – Desember 15, 2013
Mesin DOHC kan kata beberapa orang itu superior ya
tapi kenapa mesin DOHC lokal pada ga berani pakai ban dan velg gambot?
Lucunya itu kenapa terpana dengan kata DOHC?
Kalo emang mau kejar performa mah liat dulu seberapa panjang langkah piston.
————————————————————————–
soalnya merk sebelah yang pake ban jumbo kualitasnya kaleng krupuk, nabrak dikit peyang/pecah 😆
peforma berdasarkan langkah piston, dongkol
peforma ntu berdasarkan besar piston, kompresi sekaligus tetek bengeknya tongkol……..
*sekolah dulu sana
283. manusia hitam – Desember 15, 2013
282. kencuy maricuy ? Desember 15, 2013
Neh artikel FBH bikin diatas angin..padahal OV uda pake
=========================================
nah udh tau OV pake kenapa NVL ga pake berarti NVL yang dibilang sohc upgrade ternyata downgrade dari OV ya?????
===========================
lah kan ada NVL yang pake juga bro
jadi awal mulanya itu niat Yamaha mau memberikan edukasi kalo2 nanti mau naik kelas alias naik moge,tidak kaget karena moge modern sudah jarang yang memakai kick stater. Sekaligus mau kasih tau kalo aki sudah mulai melemah maka buru2 ganti aki karena itu bisa mempengaruh kinerja part lain yang membutuhkan arus listrik. Soalnya ane pernah juga pakai produk non Y dan saat itu kondisi aki memang sudah mulai lemah tapi malah tetap ane paksakan jalan. Tapi akhirnya ane malah lupa ganti aki baru dan 3 hari setelahnya CDI ane jebol. ngerembet ke yang lain dah.
Maka dari itu ane setuju banget sama niat Yamaha saat itu tapi ya rupanya banyak yang meminta supaya kick stater tetap ada. Maka dari itu di nvl dibuat dua versi. versi non kick stater dan kick stater. Daripada nanti dibilang budek.hehehe
Yang lucunya adalah ada beberapa oknum yang kalap karena sport lokalnya jarang ada yang pakai ban dan velg gambot.
Padahal matiknya aja berani pakai ban gambot.
kipas kipas kipas kipas kipas kipas biar ademmmmmmmmmmm…..
lucu aja liat motor sport tp lampunya kedip2 ikut irama mesin…kyaknya cuma satu2nya di jaman ini,klau jaman dulu banyak
kang iwan tolong periksa mio-fi series, itu katanya kalo aki tekor atau gak pake aki, di kick starterpun gak bakalan bisa, tapi matic-fi honda masih bisa.. trims.
nah loh top markotop kang 😀
nvl downgrade?
mesin: justru upgrade dr mesin old , liat mlah ditambahin ban gde, n lari nya jg bisa scepat old yg ramping
handling: jgn ditanya, lebih enak dr old, soalny gue prnah ngersain 22nya (minjem 😀 )
klo fitur lumayan upgrade, wlupun ada yg beberapa jd downgrade
(lbih tepatnya tnya user vixion)
body: gue emg rada ga sreg liat headlampny dr depan, tp klo dr samping lumayan keren, kebantu shroudny
klo cebong?
mesin: yaelahhh udh jlas2 downgrade gtu.. FAKTA
312. woh – Desember 15, 2013
lah kan ada NVL yang pake juga bro
jadi awal mulanya itu niat Yamaha mau memberikan edukasi kalo2 nanti mau naik kelas alias naik moge,tidak kaget karena moge modern sudah jarang yang memakai kick stater. Sekaligus mau kasih tau kalo aki sudah mulai melemah maka buru2 ganti aki karena itu bisa mempengaruh kinerja part lain yang membutuhkan arus listrik. Soalnya ane pernah juga pakai produk non Y dan saat itu kondisi aki memang sudah mulai lemah tapi malah tetap ane paksakan jalan. Tapi akhirnya ane malah lupa ganti aki baru dan 3 hari setelahnya CDI ane jebol. ngerembet ke yang lain dah.
Maka dari itu ane setuju banget sama niat Yamaha saat itu tapi ya rupanya banyak yang meminta supaya kick stater tetap ada. Maka dari itu di nvl dibuat dua versi. versi non kick stater dan kick stater. Daripada nanti dibilang budek.hehehe
=
Yang lucunya adalah ada beberapa oknum yang kalap karena sport lokalnya jarang ada yang pakai ban dan velg gambot.
Padahal matiknya aja berani pakai ban gambot.
————————
maklum fbh mang gtu diluar dr sesembahannya dianggep jlek walopun asliny bagus..
😆
Cuma Honda Injeksi yang bisa gini….
Intinya semua punya strategi cadangan masing2.
– CBSF, verza ada kapasitor bank.
– NVL, indikator aki.
317. KAMEN RIDER GAIM – Desember 16, 2013
nvl downgrade?
mesin: justru upgrade dr mesin old , liat mlah ditambahin ban gde, n lari nya jg bisa scepat old yg ramping
handling: jgn ditanya, lebih enak dr old, soalny gue prnah ngersain 22nya (minjem 😀 )
klo fitur lumayan upgrade, wlupun ada yg beberapa jd downgrade
(lbih tepatnya tnya user vixion)
body: gue emg rada ga sreg liat headlampny dr depan, tp klo dr samping lumayan keren, kebantu shroudny
klo cebong?
mesin: yaelahhh udh jlas2 downgrade gtu.. FAKTA
===========================================
maap om,,, jangan pernah sekalipun,, ngomongin FAKTA,, eh PAKTA,,,
soalnya,, FBH aka m03ny03k kagak suka ama mahluk nyang namanya PAKTA,,, !!!
*itoe So3dah ketetapannya,,,
@om peyek
abis itu fbh bner2 tolol ny akut bgt dah hahaha
msak gr2 capasitor bank doang diblg downgrade, udh jlas dignti sama indikator aki
entahlah ap yg ad di otak fbh
😆
rammmeee wkwkwkw
wawwiwiwaw.blogspot.com/2013/12/xeon-gt-atau-gt-125.html
enak kalo cb ada kapasitornya…kalo NVL ywdah…luwiiih…..
wisnu3ds.wordpress.com/2013/11/06/my-yamaha-nvl-10-bulan-4540-km-mengalami-aki-matot-aka-low-bat/
322. KAMEN RIDER GAIM – Desember 16, 2013
@om peyek
abis itu fbh bner2 tolol ny akut bgt dah hahaha
msak gr2 capasitor bank doang diblg downgrade, udh jlas dignti sama indikator aki
entahlah ap yg ad di otak fbh
———————————————-
mustinya dipasang kapasitor….jdi setidalnya gak langsung losss…bisa ke beres dlu….
#dah ah kabur….
315. asti – Desember 16, 2013
kang iwan tolong periksa mio-fi series, itu katanya kalo aki tekor atau gak pake aki, di kick starterpun gak bakalan bisa, tapi matic-fi honda masih bisa.. trims.
——————————————–
kalo di NVl gak bisa masbro…tapi tenang bakaln diganti kok kalo ada apa2…..asal garansi….
wisnu3ds.wordpress.com/2013/11/07/my-nevil-is-back-bertemu-tunggangan-ai-punya-mimin/
mantabh,,, AHM visible…
321. peyek – Desember 16, 2013
317. KAMEN RIDER GAIM ? Desember 16, 2013
nvl downgrade?
mesin: justru upgrade dr mesin old , liat mlah ditambahin ban gde, n lari nya jg bisa scepat old yg ramping
handling: jgn ditanya, lebih enak dr old, soalny gue prnah ngersain 22nya (minjem 😀 )
klo fitur lumayan upgrade, wlupun ada yg beberapa jd downgrade
(lbih tepatnya tnya user vixion)
body: gue emg rada ga sreg liat headlampny dr depan, tp klo dr samping lumayan keren, kebantu shroudny
klo cebong?
mesin: yaelahhh udh jlas2 downgrade gtu.. FAKTA
—————————————————————————
nvl upgrade??
mesin : speknya diturunin dari harga 500rb jadi 300rb kurang malah udah ada yang ngebul asap putih larinya cuma secepat OV apanya yg diupgrade????
handling: kalo buat trek lurus sih ane yakin 150 aja stabil (tapi nyampek ga ya????) tapi pas belok ngeri banget wheelbasenya kepanjangan ya????
body : pasti unggul yang satu ini tapi headlampnya juelek mirip kayak
muka eko prabowo lagi demam
kalo cebong??
mesin: downgrade tapi pasti jauh lebih kenceng dibanding NVL
handling: lebih berani di tikungan
fitur :malah beberapa ada yang sama yg ada di cbr misal bank capasitor
rangka :walah sama2 karatan toh
soal FAKTA malah lbh bnyk cb maen sama FU trus yang suka ngetest di jalanan ( youtube dan pengalaman sendiri) yang naek NVL CUMA NUNDUKIN KEPALA MALU gak bisa ngeladenin
-yang lain mau ngebut dimana-
Ane akan menunggumu cebong digaris finish,
Walaupun selama 6 detik ane rela, asalkan benerin dulu tuch aki soak
😆
pasti slalu moderasi
Silahkan membaca artikel ini: seorang blogger sekaligus pengguna NVL yang mengalami hal serupa dgn CB150R
motogokil.com/2013/12/15/diy-atasi-sendiri-jika-nvl-mogok-karena-aki-soak/
dalam keadaan standar NVL sm CB itu 11/12, CB unggul sdikit soal performa, NVL lebih irit…CB mantep tarikan atas, NVL mantep tarikan bawah….Handling?beda tipis dan beda karakter, CB lebih lincah selap selip,NVL lebih enak cornering,soal desain?pilih aj sesuai selera…sm2 bagus.
tekno?dua2nya canggih…satunya mesin dohc, satunya di injeksinya…
soal oprek? tinggal kuat2an dompet aja….mo ngalahin ninja jg bisa, tentunya ngorbanin durabilitas. Yg jelas potensi CB lebih tinggi berkat overbore dohc-nya, NVL lebih terbatas krn limit piston speed…laen crita kalo di bore up/stroke up, bisa ningkatin power tanpa perlu naekin rpm melebihi batas aman piston speed.
Meski blog ini jg srgkali dicela sm fb tp gw tetep menghargai analisanya….gimanapun mesin itu ilmu pasti yg tentunya pake perhitungan kompleks, ada alasan logis dan matematis knp motor A bisa kenceng, motor B bisa irit, motor C mesinnya awet, ga cuma asal bacot trus jd kenceng/irit/awet…
motogokil.com/2013/11/15/new-vixion-lightning-cb150r-street-fire-memang-diciptakan-untuk-keperluan-yang-berbeda/
Gitu aja repot pake gontok2an…pilih aj sesuai kebutuhan n ga perlu pake jelek2in motor laen, suka dgn motor tertentu ga brarti lebih pinter dr pengguna motor laennya…
baru setahun kok aki ny udah tekor..
namany jga mongstor dongogread…
329. jaos sayank peyek – Desember 16, 2013nvl upgrade??
=============
lah itu kan pndapat gue, ngapa lo yg sewot dah??
kan udh gue blg itu pndpt gue dr hsil pnjem nvl n old vixion temen, orang gue ja kga pnya tuh motor,
lgian klo mau knceng n ganteng gue udh punya scorpio
mau santai, tnggal pke supra x 125 yg ada dirmh pnya bkap
mau buru2 tp macet, tnggal pnjem xeon puny ade gue
mau weekend, tnggal pke honda freed gue
weeeekkk :p
😆
weleh
aki soak ngapain takut,, toko aki masih banyak yg jualan, he..
semua perkataan akan dipertanggung jawabkan kelak, jgn sepelekan wlpun didunia maya. berbicara yang baik ato lebih baik diam.
bukannya ada indikator di nvl. kalo indikatornya udah minta ganti aki, ya segera ganti aki. itu kalo di nvl. gitu aja kok repot sih..?
utk CB, kalo misal gak ada indikator trus masih bisa di engkol ya gunakan aja kick starter tersebut dan segera ganti aki….
KAMEN RIDER GAIM – Desember 16, 2013
329. jaos sayank peyek ? Desember 16, 2013nvl upgrade??
=============
lah itu kan pndapat gue, ngapa lo yg sewot dah??
kan udh gue blg itu pndpt gue dr hsil pnjem nvl n old vixion temen, orang gue ja kga pnya tuh motor,
lgian klo mau knceng n ganteng gue udh punya scorpio
mau santai, tnggal pke supra x 125 yg ada dirmh pnya bkap
mau buru2 tp macet, tnggal pnjem xeon puny ade gue
mau weekend, tnggal pke honda freed gue
weeeekkk :p
==============================
itu jga pendapat gw abis pernah nyoba FU,vixion,NVL,cb
udh pernah tes 4-4-nya
knp sewot ????
mau bilang ane FBH ??? ane aja pake jupi burhan kohar
330. Penyadar Doktrin – Desember 16, 2013
Ane akan menunggumu cebong digaris finish,
Walaupun selama 6 detik ane rela, asalkan benerin dulu tuch aki soak
😆
___________________________________________________
situ punya R15?klo NVL mana bs 6detik,tkut kali yimm nurunin nevil makanya pake R15 cm buat lawan CB,hahahaha
klo lg race tiba2 nevil sm cebong soak akinya, cebong msh bisa d engkol…nevil?dorong massss…..:lol:
di verza gmn ya…..
Apa2 motogp metic2 motogp, motor laki motogp, bebek2 motogp, iklan metic aja motogp… giliran bikin OMR di sentul, si pikson teknologi motogp (Katanya sih)………. njeketek di umpetinnnnnnnnn… malah pinjem motor R15 dari india mesine di oprek2 pisan. itu aja buat tandingi si cibi cibi motor downgrade cbr. Memalukannnnnnnnnnnnnnnnnnn………. ngilani. gk sumbut iklane apa2 MOTOGP…. mblenek pol..
Apa2 motogp metic2 motogp, motor laki motogp, bebek2 motogp, iklan metic aja motogp… giliran bikin OMR di sentul, si pikson teknologi motogp (Katanya sih)………. njeketek di umpetinnnnnnnnn… malah pinjem motor R15 dari india mesine di oprek2 pisan. itu aja buat tandingi si cibi cibi motor downgrade cbr. Memalukannnnnnnnnnnnnnnnnnn………. ngilani. gk sumbut iklane apa2 MOTOGP…. mblenek pol.. seeeeeeeeeeeeemakin di depan
kl cibi2 mogok di engkol masih bisa ya…. kl si pigson lebih gampang. tingal copot aja spatbor belakang taruh diatas helm, udah jalan itu motor. kayak sistem perahu layar men ketiup angin jadi dh tu spatbor yang panjang n lebar jadi layar tenaga angin… pasti lebih irit.. Seeeeeeeeeeeeeeeeeemakin di depan..
motogokil.com/2013/12/15/diy-atasi-sendiri-jika-nvl-mogok-karena-aki-soak/#comments
jadi kesimpulannya NVL ITU MOTOR LEMOT YANG OVERPRICE YANG CUMA MENGATASNAMAKAN MOTOGP PADAHAL GAK ADA TUH TEKNOLOGI MOTOGP SATUPUN DI NVLEMOT CUMA MENANG FINISHING ,…..
KATANYA SPORT MURNI PAS PELUNCURANNYA EH PAS DITANTANG DI SENTUL MANGGIL R15 INDIHE YANG DIRACIK YAMAHA FACTORY RACING DENGAN BIAYA RATUSAN JUTA RUPIAH CUMA UNGGUL 6 DETIK SAMA CB KOHAR
SALAM LEMOTERS
Fbh kalap 6 detiik jauuh banget kali bs overlap..kli nevil gk sebanding cmn 5 perseneleng uda itu sohc.klo r15 pas 6 speed..kan cb uda pake dohc katanya paling dewa klah ama sohc..diyoutube sering liat cbr dikentutin ama r15 wkwkkkk
kalah 6 detik emang jauh banget tapi kan R15-nya full spek kompetisi kalo cb yang ada di OMR emang beneran kohar cuma sok, piggyback, knalpot sama setting2 co mesin ga diuba sama sekali
coba dua2nya sama2 full spek kompetisi yang satu didukung yamaha factory racing yang cibi didukung HRC pasti hasilnya hanya beerbeda tipis atau malah bisa kebalik
mlm bg iwb… cb150r saya kok kaya ada bunyi gesekan ya bg. ampe mekanik ahass pun g dapat dmn sumbernya… saya cek kipas nya g ada gesekan…( surel ke [email protected] )
Fail gan ! Gw pengguna cb150r semarang dan 2 bulan lalu aki gw soak , gw starter percuma , tetep ga jalan , bahkan speedometer pun ga nyala sama sekali , ckckck sampe gw kirim email ke cost service honda
gw kmrn jg kayak gitu. lampu netral aj ga bs hidup. trus solusinya gmn?