gp-banner-460x110

IMG_1809Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian…seperti lazimnya mindset mayoritas biker tentang sistem injeksi, pasti sampeyan berasumsi bahwa motor FI tidak akan bisa distarter ketika aki soak. So…dibekali kick starterpun percuma. Hal ini dikarena seluruh otak dikendalikan secara elektronis sehingga sistem bakal melakukan shutdown untuk mencegah kerusakan komponen lain. Cukup logis pemikiran tersebut timbul. Namun tidak pada CB150R!!….uk460x140(Gif)460x150(1)

Mendapatkan pertanyaan dari bro Ace via email tentang sistem FI CB150R…..doi bingung atas simpang siurnya informasi saat aki soak. Berikut email detilnya…

iklan iwb

Malem Kang IWB, sory ganggu, Saya Ace salah 1 silent reader setia IWB. Kang saya mau tanya, saya dulu sempet baca kalau motor FI itu ga bisa nyala kalo akinya tekor. jadi percuma saja katanya walau ada kickstater. Tapi kemaren saya baca lagi di salah satu Blog yang katanya sumbernya dari orang Honda kalo CB150 itu bisa nyala walau akinya tekor dengan menggunakan kickstaternya (kebetulan motor aku CB150R kang). Nah jadi bingung aku kang, mohon pencerahannya buat newbie ini. Maturnuwun kang. (surel Ace ke [email protected])

Sami-sami kang Ace. Nah…dari sana IWB langsung kontak begawan teknis AHM……pak Endro. Konfirmasi dari pak Endro (Technical Division AHM)….insinyur Honda memikirkan cara terbaik agar biker tidak direpotkan gara-gara aki tekor. Oleh karena itu…sistem pada CB150R dirombak sedemikian rupa dengan sistem back up yang akan aktif jika diperlukan. Ibarat genset….komponen tersebut akan merespon saat aki soak dan kick starter digunakan.? Gamblangnya begini bro….

Ketika aki CB150R soak, maka mesin masih bisa dihidupkan dengan kick starter dikarenakan power listrik menggunakan bantuan kapasitor. Sewaktu start awal memakai kick…sistem PGM FI yang berjalan dibantu komponen kapasitor yang dijejalkan pada sikuda besi. Flow sederhananya…kick starter mengirimkan sinyal kealternator…diteruskan keregulator baru bank kapasitor. Dari sana sistem back up berjalan hingga diperoleh arus listrik yang ideal…yang pada akhirnya mampu melecut fuel pump, ECM, injector dan koil. Artinya…engine bisa hidup normal kembali tanpa masalah. Kemampuan ini bahkan tidak dijumpai pada CBR series dikarenakan sistem yang berbeda. Namun ada tapinya mzbro…

Karena ini merupakan sistem back-up, tidak disarankan digunakan secara terus menerus dalam periode lama. So….kalau tahu aki sudah soak, monggo segera ganti dengan yang baru agar CB tunggangan sampeyan selalu fit. Aki tekor pada CB150R??. Nggak masalah koq, monggo gunakan kick starter. Beres dah nggak perlu dorong :mrgreen: . Juozzz….(iwb)

Follow@iwanbanaran on Twitter

354 COMMENTS

  1. 128. KAMEN RIDER GAIM?-?Desember 15, 2013si tigor ga ngaca apa yakudh SOHC, OVERSTROKE, tenaga paling kecil pula diantara motor batang 200cc129. KAMEN RIDER GAIM?-?Desember 15, 2013ohh jadi cebong pke power bank ya kang?power bank nya merk ap kang? brp mAh kang kapasitasnya??bisa buat ngecas hp ga kang, klo lg kondisi darurat jg??

    ==============

    Fby dongo dan muna bangkit lagi………wkwkwkwk

  2. 216. KAMEN RIDER GAIM?-?Desember 15, 2013kalo dohc emg lbih baguskenapa yg dohc 150cc pda pake ban kecil yak??apa takut tenaga nya ngedrop pake ban gede??beli motor sesuai kebutuhan masbro jgn kyk si macan ompong

    ============

    Lu g pernah isyaf lu………pengin w ompongin lagi p kaya muke lo ………

  3. 235. KAMEN RIDER GAIM?-?Desember 15, 2013noh yang punya vixion series pada munculfbh2 bangga bner ma motor plagiatwakakaka*untung motor gue scorpio??*

    ==============
    Oohhhh belalang tempur lo kala jengking si muka culun hahahaha

  4. 239. ??Tiger26 (the power of dream)?? -?Desember 15, 2013si dongo ga tau kali yach?part dongokgrade tu khan pny pigson, silinder yg dl 400rb jd 200rb?pantes ngebul!!!!*ngoahaha

    ================

    Bener bro…….kayak kamen rider gaim siotak dongo yang ngebul ngebul,………………wkwkkwkwkwkwk

  5. jaos_konsumen biasa pada Desember 15, 2013 pada
    11:59 AM
    KAMEN RIDER GAIM pada Desember 15, 2013 pada
    11:45 AM
    157. mp.aja ? Desember 15, 2013
    setuju om, aki tekor ya harus diganti, dan power bank
    GUNANYA pertolongan pertama kalo tiba2 gak bisa
    pake starter. ada GUNANYA kan??
    lah sekarang apa gunanya kick starter di NVL kalo aki
    TIBA2 soak dan gak bisa pake starter elektrik??
    padahal customer harus keluar duit lebih skitar 300rb
    jika mau beli NVL pake kickstarter.
    300rb lumayan dpt 2 aki spmotor kan.
    ???????
    trus ujung2nya ganti juga kan??
    #eaaa kejedot
    ===
    Mantaap?
    ############################
    memang ujung ujungnya ganti aki. bedanya pas tekor dijalan. yg nvl ndorong dulu ke bengkel buat ganti aki.(itu pun kalo duit cukup) kalo duit ga cukup ya terpaksa tinggali ktp plus stnk hehe.
    yg cbsf engkol lalu jalan mau kebengkel atau rumah atau atm gampang mah, drpd harus dorong2.
    think again.

  6. 248. kamen rider decade -?Desember 15, 2013235. KAMEN RIDER GAIM?-?Desember 15, 2013noh yang punya vixion series pada munculfbh2 bangga bner ma motor plagiatwakakaka*untung motor gue scorpio??*==============Oohhhh belalang tempur lo kala jengking si muka culun hahahaha

    Kalajengking oblak oblak

  7. koment of the day. wkwkwk

    rdy pada Desember 15, 2013 pada 2:34 PM
    oalah, namanya juga motor plagiat vixion, capasitor
    bank sudah di terapkan di old vixion. jd gak sesuatu
    yg wow di mata biker vixion ?
    bagi motor nya belum ada capasitor bank tinggal beli
    dan pasang aja di toko, jauh lebih murah dr pada beli
    sepasang ban gambot new vixion?geto aja kug
    repot..heehehe
    #######################################

    kalo power bank nya murah, kenapa gak dipasang aja om..?
    kan jelas manfaatnya.
    lah itu kickstater 300rb manfaatnya aja masih dipertanyakan malah dipasang(gak canggih lg, bayar pula.). hehe

  8. 250. mp.aja -?Desember 15, 2013jaos_konsumen biasa pada Desember 15, 2013 pada11:59 AMKAMEN RIDER GAIM pada Desember 15, 2013 pada11:45 AM157. mp.aja ? Desember 15, 2013setuju om, aki tekor ya harus diganti, dan power bankGUNANYA pertolongan pertama kalo tiba2 gak bisapake starter. ada GUNANYA kan??lah sekarang apa gunanya kick starter di NVL kalo akiTIBA2 soak dan gak bisa pake starter elektrik??padahal customer harus keluar duit lebih skitar 300rbjika mau beli NVL pake kickstarter.300rb lumayan dpt 2 aki spmotor kan.???????trus ujung2nya ganti juga kan??#eaaa kejedot===Mantaap?############################memang ujung ujungnya ganti aki. bedanya pas tekor dijalan. yg nvl ndorong dulu ke bengkel buat ganti aki.(itu pun kalo duit cukup) kalo duit ga cukup ya terpaksa tinggali ktp plus stnk hehe.yg cbsf engkol lalu jalan mau kebengkel atau rumah atau atm gampang mah, drpd harus dorong2.think again.

    ==============

    Biasa kamen rider gaim si otak dongo…….yang katanya fby smart……..

  9. ############################
    memang ujung ujungnya ganti aki. bedanya pas tekor dijalan. yg nvl ndorong dulu ke bengkel buat ganti aki.(itu pun kalo duit cukup) kalo duit ga cukup ya terpaksa tinggali ktp plus stnk hehe.
    yg cbsf engkol lalu jalan mau kebengkel atau rumah atau atm gampang mah, drpd harus dorong2.
    think again.
    ===
    Well….ini logika sesat. Gw ragu pernah ada kejadian begini….ini cuma pengandaian sesat.

    Juga pengandaian ini gak sinkron dgn pembelaan si tigerpfft kalo yg make cbsucks tuh gak punya duit beli aki shg engkol perlu utk sementara waktu.

    Kan udah gw bilang beli aja aki sesegranya…ya berarti ada duit. Kalo gak punya ya pinjem la. Lagian aki ada tanda2nya ko mau soak.

    Gw blm pernah lihat si vixion lama maupun baru yg ndorong ke bengkel…tp kalo hnd…udah sering. Pdhl ada engkol lho.

  10. 228. suka suka – Desember 15, 2013

    old vixion dah pake teknologi spt itu, jd jangan terlalu dibanggakan
    ======================================================

    di new pigson ga ada tuh berarti motor downgrade ya????? katanya SOHC yang DISEMPURNAKAN teknolgi dunia akherat

  11. 221. KAMEN RIDER GAIM?-?Desember 15, 2013baru liat iklan ahampret di kompas:1. TANTANG NYALI MU2. KENAPA SEMAKIN BANYAK LELAKI MEMILIH CB150R3. 100% MOTO GP BERMESIN DOHC4. FERFORMA SUPERIOR BENSIN TETAP IRIT5. RANGKA TRELLIS STANDAR MOTOR KELAS DUNIAgue jwb ahh1. nyali buat diteriakin alay?? gue mah ogahhh!!2. LAKI?? laki apa alay ni?? kykny lbih tepat alay deh?3. iy emg motogp pke dohc, tapi mesinny ga ada yg dibawah 250cc?4. top speed cebong brp sih standartny?? kyk beda jauh aj ma nvl, irit?? muke lu irit! dohc mana ada yg irit oon!!5. teralis kelas dunia ga mungkin karat kyk cebong oonbuakakak?

    ==================

    1.nyali dongo
    2.lu juga alay lah ketauan dari komen elu
    3.muna lu…….giliran yamaha ngeluarin dohc j nyembah2 lu……
    4.berani lah diadu ma mesin bebek 5 sepit,ngebul
    what irit????????mang lu dah pernah nyoba??????========>>>>>>>>BIASA LAH FBY KAN SMART jadi ya gitu deh
    5.deltaseng eh selah deltabok bikinnya dari alumunium pa besi sih?ko jga karaten…..mungkin belalang tempur ente g karaten ============>>>>>>>>>>y iy lah motor kalajengking mang pake deltabok wuuuuaaaaahahahhahahahahhahahahhaha

  12. 250. mp.aja – Desember 15, 2013jaos_konsumen biasa
    pada Desember 15, 2013 pada11:59 AMKAMEN RIDER
    GAIM pada Desember 15, 2013 pada11:45 AM157.
    mp.aja ? Desember 15, 2013setuju om, aki tekor ya
    harus diganti, dan power bankGUNANYA pertolongan
    pertama kalo tiba2 gak bisapake starter. ada GUNANYA
    kan??lah sekarang apa gunanya kick starter di NVL
    kalo akiTIBA2 soak dan gak bisa pake starter
    elektrik??padahal customer harus keluar duit lebih
    skitar 300rbjika mau beli NVL pake kickstarter.300rb
    lumayan dpt 2 aki spmotor kan.???????trus
    ujung2nya ganti juga kan??#eaaa kejedot===Mantaap?
    ############################memang ujung
    ujungnya ganti aki. bedanya pas tekor dijalan. yg nvl
    ndorong dulu ke bengkel buat ganti aki.(itu pun kalo
    duit cukup) kalo duit ga cukup ya terpaksa tinggali ktp
    plus stnk hehe.yg cbsf engkol lalu jalan mau
    kebengkel atau rumah atau atm gampang mah, drpd
    harus dorong2.think again.
    ==============
    Biasa kamen rider gaim si otak dongo??.yang katanya
    fby smart??..
    jaos_konsumen biasa pada Desember 15, 2013 pada
    4:21 PM
    ############################
    memang ujung ujungnya ganti aki. bedanya pas tekor
    dijalan. yg nvl ndorong dulu ke bengkel buat ganti aki.
    (itu pun kalo duit cukup) kalo duit ga cukup ya
    terpaksa tinggali ktp plus stnk hehe.
    yg cbsf engkol lalu jalan mau kebengkel atau rumah
    atau atm gampang mah, drpd harus dorong2.
    think again.
    ===
    Well?.ini logika sesat. Gw ragu pernah ada kejadian
    begini?.ini cuma pengandaian sesat.
    Juga pengandaian ini gak sinkron dgn pembelaan si
    tigerpfft kalo yg make cbsucks tuh gak punya duit beli
    aki shg engkol perlu utk sementara waktu.
    Kan udah gw bilang beli aja aki sesegranya?ya berarti
    ada duit. Kalo gak punya ya pinjem la. Lagian aki ada
    tanda2nya ko mau soak.
    Gw blm pernah lihat si vixion lama maupun baru yg
    ndorong ke bengkel?tp kalo hnd?udah sering. Pdhl
    ada engkol lho.
    ################################’############
    sesat biji mane gan.
    ane gak tanya ente pernah liat old VIxi atau NVL ndorong kebengkel dan ane juga yakin ente gak percaya ngebul asap putih. pantes aja cbsf gampang diiasepin NVL.
    NVL berasep cuy…

  13. 256. jaos_konsumen biasa -?Desember 15, 2013############################memang ujung ujungnya ganti aki. bedanya pas tekor dijalan. yg nvl ndorong dulu ke bengkel buat ganti aki.(itu pun kalo duit cukup) kalo duit ga cukup ya terpaksa tinggali ktp plus stnk hehe.yg cbsf engkol lalu jalan mau kebengkel atau rumah atau atm gampang mah, drpd harus dorong2.think again.===Well?.ini logika sesat. Gw ragu pernah ada kejadian begini?.ini cuma pengandaian sesat.Juga pengandaian ini gak sinkron dgn pembelaan si tigerpfft kalo yg make cbsucks tuh gak punya duit beli aki shg engkol perlu utk sementara waktu.Kan udah gw bilang beli aja aki sesegranya?ya berarti ada duit. Kalo gak punya ya pinjem la. Lagian aki ada tanda2nya ko mau soak.Gw blm pernah lihat si vixion lama maupun baru yg ndorong ke bengkel?tp kalo hnd?udah sering. Pdhl ada engkol lho.

    =====================

    W pernah bro ngliat vixi mogok,tpi g tau tu soak apa karna ada kendala mesin atau p……..w jg pernah pengalaman ane pulkam bawa vixi bwt jarak jauh ngempos kaya g ada tenaganya sma sekali……..

  14. rdy pada Desember 15, 2013 pada 2:34 PM
    oalah, namanya juga motor plagiat vixion, capasitor
    bank sudah di terapkan di old vixion. jd gak sesuatu
    yg wow di mata biker vixion ?
    bagi motor nya belum ada capasitor bank tinggal beli
    dan pasang aja di toko, jauh lebih murah dr pada beli
    sepasang ban gambot new vixion?geto aja kug
    repot..heehehe
    #######################################

    kalo power bank nya murah, kenapa gak dipasang aja om..?
    kan jelas manfaatnya.
    lah itu kickstater 300rb manfaatnya aja masih dipertanyakan malah dipasang(gak canggih lg, bayar pula.). hehe
    =========================================

    emang sepasang ban gambot manfaatnya apa buat di motor lemot??
    klo powerbank kan jelas ada gunanya

    FBY OTAK DANGKAL

  15. rossifumi pada Desember 15, 2013 pada 4:49 PM
    256. jaos_konsumen biasa – Desember 15, 2013############################memang ujung ujungnya ganti aki. bedanya pas tekor dijalan. yg nvl ndorong dulu ke bengkel buat ganti aki.(itu pun kalo duit cukup) kalo duit ga cukup ya terpaksa tinggali ktp plus stnk hehe.yg cbsf engkol lalu jalan mau kebengkel atau rumah atau atm gampang mah, drpd harus dorong2.think again.===Well?.ini logika sesat. Gw ragu pernah ada kejadian begini?.ini cuma pengandaian sesat.Juga pengandaian ini gak sinkron dgn pembelaan si tigerpfft kalo yg make cbsucks tuh gak punya duit beli aki shg engkol perlu utk sementara waktu.Kan udah gw bilang beli aja aki sesegranya?ya berarti ada duit. Kalo gak punya ya pinjem la. Lagian aki ada tanda2nya ko mau soak.Gw blm pernah lihat si vixion lama maupun baru yg ndorong ke bengkel?tp kalo hnd?udah sering. Pdhl ada engkol lho.

    =====================

    W pernah bro ngliat vixi mogok,tpi g tau tu soak apa karna ada kendala mesin atau p??..w jg pernah pengalaman ane pulkam bawa vixi bwt jarak jauh ngempos kaya g ada tenaganya sma sekali??..
    ===
    Well…kalo gw lebih srring ketemu mtr mogok gara2 penyebab selain dr aki soak. Artinya seingat gw, gw blm ketemu r2 yg didorong2 biar hidup gara2 aki soak.

    Gw lbh menganggap aki soak dan r2 mati lebih sering terjadi di rmh sndr…yg biasanya emang krn umur aki/aki jelek/r2 jarang bgt dipake.

    Itu la knp gw ngakak lihat pengandaian2 sesat.

  16. cibi kalo akinya soak tinggal pake kick starter jalan kebengkel buat beli aki
    kalo nvlemot ……….. doronggggg same gempor atau motornya
    dibuang kalo terlalu kaya
    xixixixixixixi

  17. 265. jaos_konsumen biasa – Desember 15, 2013

    Yg naek cbsucks..gw perhatiin koq kesannya kumuh dan tampang pas2an?.ada yg tau kenapa?

    =======================

    yang naek NVLEMOT (kecuali yang promosiin) ane perhatiin kok mukanya jelek2 malah jauh gantengan budi ***uk ada yang tau kenapa???

  18. rider NVL jgn lupa ya selalu bawa tenda, kasur, bantal, aqua, sama roti kering.. jaga2 kalo aki soak saat riding malam2

  19. Nyesel ane punya motor telat 6 detik,

    Aki soak

    Design katrok, performa malu-maluin adahal dohc,

    Kaki kuyus keying, jadul banget, tutup tangki kayak motor pemotong rumput,

    Kalau ada yg mau barter silahkan saja, sama sepeda pancal juga boleh toh mirip juga

    😆

    *siapa yg kagal bisa bilang begini*

  20. Ayo yg mau nyamber bokai ane,

    Naek CB itu malu-maluin,
    Ban mirip sepeda pancal,
    Speedo berkonde,
    Rangka murahan pipa ledeng dicat kuas,
    Suara klotok2,
    Injeksi masih barusan pake puter obeng pula,
    Tutup tangki dan tangkinya ketinggalan jaman,
    Harga juga murah dan murahan,
    Fork depan kecil kayak sepeda pancal gunung,

    Wkwkwkwkwjwjwjwjwjwjwj

    😆

  21. Tebar bokai lagi,

    Yg naek hondia biasanya wajahnya dibawah rata2,

    Badannya kuyus keying kayak ban motornya,

    Kalo engga gembrot kayak sumo,

    Kayak gajah sirkus,

    Pria ganteng kekar biasanya naek motor yg sesuai aka ninja dan yamaha serta sizuki dan pulsar mantap

    😆

  22. decade2 brani nya di artikel lawas..

    kalah mlah muter2 gajelas

    udah gue jlasin msh aje ngeyel

    ngaku konsumen biasa, tp mesin scorpio sangar n laki bgt bgtu dibilang culun

    bner2 fbh muna

    😆

  23. Kamen

    Uda bro FBH memang sudah gila2 dan gampang panas secara masih smp, sma,

    Gampang banget mainin emosi mereka,

    Dicolek dikit Langsung ayan

    😆

    Oh ya mesin scorpio banyak dimodif trail karena terkenal dgn kebringasannya tp yg mesin old scorpio

  24. penyadar

    kan emg asli ny mesin trail bro.. tp dibkin yimm kyk mesin setengah jd alias msh jauh dari standartny

    n emg iy yg old lbih ganas drpd yg skrg, taun awal2 kluar apalagi

    *pasti abis sini fbh pd sewot*

    😆

  25. 273. KAMEN RIDER GAIM?-?Desember 15, 2013decade2 brani nya di artikel lawas..kalah mlah muter2 gajelasudah gue jlasin msh aje ngeyelngaku konsumen biasa, tp mesin scorpio sangar n laki bgt bgtu dibilang culunbner2 fbh muna

    =============
    Jelasin apa yang lu jelasin………..hahhhhhhhhh……….lu tu yang g mudeng2 kapan lu insyaf……………….dasar dongo………

  26. percuma ngebanggain motor dengan engkol tapi gak berguna

    banggain apa coba
    -ban gambot???? kualitas setara kaleng krupuk (senggol dikit pecah/peyang)
    -shock tebel???? sama mocin aja kalah (gampang bengkok)
    -mesin minarelli???? downgrade dari versi sebelumnya (pantesan ngebul)
    -komstir???? gampang oblak
    -deltabox???? besi apa aluminium ya??? (kok karatan)

    motor tangkinya doank yang jumbo tapi mesin kurang berisi, pantesan kebanyakan pada nutupin area mesin soalnya malu keliatan kopong

    mau bilang sport nomor satu, kok data dari yamaho pusat malah metik yang paling dominan penjualannya, terus yang salah siapa coba????

  27. FBY mulai kalap klepek2, kayak ikan sapu2 kekurangan aer buat ngelindungin si motor teknologi mocingp

    orang cibi lawannya nvlemot malah ngumpet diketek scorpio

  28. 276. KAMEN RIDER GAIM?-?Desember 15, 2013penyadarkan emg asli ny mesin trail bro.. tp dibkin yimm kyk mesin setengah jd alias msh jauh dari standartnyn emg iy yg old lbih ganas drpd yg skrg, taun awal2 kluar apalagi*pasti abis sini fbh pd sewot*

    ============
    Muna nya keluar berarti mengakui dong vixi downgret goyang dongbret pret pret

  29. 275. Penyadar Doktrin?-?Desember 15, 2013KamenUda bro FBH memang sudah gila2 dan gampang panas secara masih smp, sma,Gampang banget mainin emosi mereka,Dicolek dikit Langsung ayanOh ya mesin scorpio banyak dimodif trail karena terkenal dgn kebringasannya tp yg mesin old scorpio……….

    =============
    Mesin yang old y bro……..wah berarti yang sekarang jangan2 downgrade juga dong……..wah rugi dong………gak vixi………gak scorpio…..sama j…….ngempos………hadeuuuuwhhhhh

  30. NEW VIXION LIGHTNING KATANYA UPGRADE TAUNYA DOWNGRADE (bisa dilihat adanya kapasitor dan spek bloknya) BERTEKNOLOGI MOTOGP(mana ya teknologi motogpnya??)

    -YANG LAIN MAU NGEBUT DIMANA-

  31. 282. kencuy maricuy – Desember 15, 2013

    Neh artikel FBH bikin diatas angin..padahal OV uda pake

    =========================================

    nah udh tau OV pake kenapa NVL ga pake berarti NVL yang dibilang sohc upgrade ternyata downgrade dari OV ya?????

  32. Cbsucks tuh kan downgrade cbr150….ada yg tau kenapa sejelek itu downgradenye?

    Mentingin nunda2 ganti aki krn kagak ada duit ketimbang ngasi spek yg jauh di atas sohc kencang sebelah.

    Sepenting itukah kapasitornya sbg wanti2 gampang soak? Ada yg tau kenapa?

    Hwahahhha

    Salam 6 detik koit

  33. Kali ini FBH menang, bantahan FBY muter2 doank, kalo gak gitu mengalihkan topik pembahasan.. # netralman

  34. NVLemot downgradenya OV entah mengapa motor udah downgrade-an kenapa di downgrade lagi???

    mentingin penapmpilan krn ga ada duit buat beli ninin

    sepenting itukah ban super gambot di mesin yang lemotnya jauh dibawah cibi dan FU??

    salam asap ngebul & 201 m / 2 detik

  35. 284. jaos_konsumen biasa – Desember 15, 2013
    Cbsucks tuh kan downgrade cbr150?.ada yg tau kenapa sejelek itu downgradenye?

    Mentingin nunda2 ganti aki krn kagak ada duit ketimbang ngasi spek yg jauh di atas sohc kencang sebelah.

    Sepenting itukah kapasitornya sbg wanti2 gampang soak? Ada yg tau kenapa?

    Hwahahhha

    Salam 6 detik koit

    ————————————————————————-

    om jongos

    lah kalo namanya barang canggih ya musti dikasih tong, ngapain malah dibuang?????

    yang namanya downgrade sudah pasti harga jadi murah

    lah si NVL dongograde dari OV kok malah mahal tong?????

    mahal bagian apa coba?? tangki??? ban jumbo kualitas kaleng???

  36. 282. kencuy maricuy ? Desember 15, 2013Neh artikel FBH bikin diatas angin..padahal OV uda pake========================
    =================nah udh tau OV pake kenapa NVL ga pake berarti NVL yang dibilang sohc upgrade ternyata downgrade dari OV ya?????
    ——-:::::::::::::::::—–
    terus cbr gk pake engkol up apa down

  37. 289. kencuy maricuy – Desember 15, 2013
    282. kencuy maricuy ? Desember 15, 2013Neh artikel FBH bikin diatas angin..padahal OV uda pake========================
    =================nah udh tau OV pake kenapa NVL ga pake berarti NVL yang dibilang sohc upgrade ternyata downgrade dari OV ya?????
    ??-:::::::::::::::::??
    terus cbr gk pake engkol up apa down
    ———————————————————————————

    om kalo R15 kan gak pake engkol, kira2 up apa down

    *jawaban anda adalah jawaban yang anda tanyakan

  38. Yg downgrade udah sepantasnya pake engkol?.cnth downgrade cbr jd cbsucks.

    Gak perlu dijelasin?pasti banyak bantah gak masuk akal.

    Yg upgrade udah pasti gak make engkol?cnth old vixy ke nvl atau ke r15.

    Easy la.

    Udah gitu bisa ngepretin dohc lg?.apa gak gila tuuh??

    Monggo ahmpfft buktiin bisa pecahin tuh selisih 6 detik. Kalo gw malu banget make dohc gak guna di cc kecil?.gak tega rasanya n1pu2in org soal dohc.

    Dohc twin 250cc aja masih kecil ko?.lha ini cuma 150? Mau ngebut dimene? Hwahahhaa

Comments are closed.