Satria
Plat belum turun….ban sudah diganti dengan ukuran kecil.? Mengejar trendy??. Miris tenan..

Bro dan sis sekalian…banyak diantara biker saat ini memberikan label motor alay pada sang DOHC engine. Awalnya…secara pribadi IWB kurang sreg dengan cap tersebut. Kenapa??. Sebab terkesan kurang nyaman didengarkan. Apalagi….motor adalah benda mati tanpa akal yang tentu saja hanya mengikuti kemanapun siowner membawa. Mlipir kekiri….pasti akan kekiri. Mau dibawa nyungsep kesawah…ya akan ngikut nyungsep. So, apapun motornya….jika siempu berkehendak…semua bisa berubah. Terus kenapa mayoritas biker menyebut Satria FU 150 sebagai motor alay??………..HGPiwb460x140

Mampir dibengkel langgangan…..IWB melihat new Satria FU 150 2013 warna? biru lagi dikerumuni dua orang. Satu mekanik dan yang lain adalah siempu. Jaran wesi kelihatannya masih fresh banget turun dari dealer. Lawong plat nomere wae belum turun. Karena penasaran…..niat berlalu dari situ IWB urungkan. Mencoba mencari tahu…..dan jebule mereka hanya mengganti ban. Nampak kesibukan tangan mekanik memasang karet bundar yang ukurannya……cuilikkk banget. Waladalah…diganti ama ban cacing ki. Melirik wajah siempu Satria, doi bukanlah sosok angker atau berandalan. Wajah polos tanda doi merupakan kalangan terpelajar jauh dari hingar bingar balap liar. Terus kenapa hal itu bisa terjadi?. Untuk apa mereka mendonwgrade karet bundar standart pabrikan yang malah bisa menjadi biang celaka??….

Setelah menganalisa serta mengumpulkan beberapa data…..ternyata ada yang salah kaprah disana. Yup, dalam lingkungan penunggang FU…..motor dengan ban standart dianggap kurang trendy dan ketinggalan jaman. Ada rasa kurang pede jika berbaur atau nongkrong dengan teman-teman sesama penyemplak FU. Artinya….dibeberapa daerah, ayago DOHC bike yang dijejali ban cacing dianggap modis. Kalau sampeyan ngotot tidak sudi merombak kaki-kaki dengan ban kecil, maka tunggangan sampeyan disebut culun. Kebalikannya…kalau sampeyan sudah melakukannya, timbul rasa confidence ketika nyemplak diatasnya. Mau traksi goyang dombret saat hard braking ora urus sing penting keren. Walau ban akan ngesot saat rem mendadak…masa bodo yang penting dagu terangkat pede. Lha….ciloko tenan lek ngene!

iklan iwb

Ban cacing belum termasuk style stang ditekuk kedalam bak drag racer murni. Suspensi turun….stang jepit variasi dipasang abnormal plus ban kecil depan belakang. Manuver diatas seakan mempertegas cap alay pada Satria FU 150. Semua semakin komplit ketika penunggang diatasnya adalah anak-anak ABG rentan pamer yang demen betot gas mendemonstrasikan tunggangan. Padahal…..mereka tidak sadar, hanya karena ingin keren dan dianggap wah nyawa menjadi taruhan. Kenapa?. Seluruh unsur safety dan fungsi yang sudah diperhitungkan oleh pabrikan menjadi acak adul tidak efektif. Dengan makin minimnya lingkar tapak ban….maka kemungkinan kendaraan lost grip sangat besar. Menggadaikan nyawa demi masalah keren??. Kalau IWB mah emoh :mrgreen:

Last….tidak semua penunggang FU menyukai gaya ban cacing namun kudu menelan pil pahit disebut sebagai penyemplak motor alay. Padahal jika ditelaah dan digali lebih jauh, hanya segelintir jumlah kaum alay dijalanan menghiasi populasi sang DOHC engine.? Btw…gimana dengan daerah sampeyan?. Apakah Satria FU lagi ngetren menggunakan ban cacing juga?…..(iwb)

369 COMMENTS

  1. paling benci alay beginian
    ane yang naekin ukuran ban satu tingkat n tubeless malah ikutang dibilang temen motor alay
    padahal full std :rol:

    apa bagusnya sih ban cacing
    yang punya nya CACINGAN kayaknya

  2. Udh ngtren,paling jelek th yg stang d tekuk sampe dalm ky drag,d geber pake beat d jaln bnyak nikung bru nangis,d pepet dikit nyungsep!

  3. kalo lihat dari dimensi fu, ukuran spek ban standar fu depan lebar 70mm r17 n belakang lebar 80mm r17, diganti ukuran lebih kecil dari itu, body fu emang kelihatan pas banget pake ban kecil.
    pernah lihat fu pake ban gambot malah gak pantes kelihatan culun n maksa, karena lekukan body n spakboard belakang fu jadi kebanting kalo pake ban gambot..
    jadi memang suzuki satria fu sangat cocok pake ban kecil (paling lebar ukuran standar fu, depan 70mm n belakang 80mm).

    *yang kelihatan alay, culun n maksa pake ban kecil itu motor bebek body gentong malah pake ban kecil, gak pantes banget !

  4. Ga jug mas iwb…..aq punya byson n satria fu….
    Malah satria fu nya ud aq ganti ban…
    Depan 90/80 blakang 100/70
    Mesin standar cm geser gigi noken aj k depan 1 mata n copot saringan udara…..
    Itu aj…..

    Jadi ga semua penunggang fu itu alay…..heheehhehe

  5. daerah ane rata2 pake ban cacing…yg numpak sakit cacingan,badan kurus kering kurang gizi.sok paling kenceng dunia akherat…tapi kalo yg pake cewe,liatnya gmn gitu…unyu

    wkwkwkwkwk

  6. Ya segmen-nya sudah kesana ya mau gimana lagi mas-bro… Kan Alayer juga konsumen, yg penting bawa-nya hati2 aja, apapun motornya kasean kalau ampe jatuh gara2 ugal2an.

  7. dimedan malah dijuluki motor bencong(banci)kmp?karena mesin motor laki,tapi tubuhnya wanita.

  8. denpasar sami mawon om…..mungkin lagi trendy ya…..ckckckc….kasian suzuki sdh capek2 bikin motor…ditangan konsumen jadi alay heheheheh

  9. Tumben artikel, isi berita, sampai komen nya ngalay semua….. hi hi maaf lho mas iwan, bro dan sis….

  10. memang sih tidak semua pengguna FU ALAY.
    tapi 97% pengguna FU itu mendominasi kalau mereka ALAYER, ABABIL, merasa dirinya paling kencang motornya.
    nyatanya… jika lawan CBR 150 R .
    cukup main gigi 4 aja tuh CBR 150.
    si FU udah ketinggalan di belakang 4 body mungkin.

    itu kalau lawannya FU tuh CBR 150 R versi karbu.

    saya sendiri miris melihat Satria F keren dan mantab dimodif jadi berwarna warni, kampungan tuh.
    ban kecil, velg nya biasanya TDR , DBS, COMET, namun ada juga yang tetep pakai ban cacing velg std.
    stang ditekuk plus knalpot Racing.
    open filter…. suaranya jadi gak karuan.
    padahal lebih wibawa suara motornya yg tanpa open filter.
    lampu depan dihitamkan,
    lampu belakang diputihkan ( lepas mika belakang ).
    semua body dipreteli ,, ckckck.. tinggal rangka aja bro.
    ueedyan.. cari mati tuh rider FU.
    ridernya suka pakai Kolor.
    kaos an aja.

    kadang pakai helm, kadang gak..
    spion dilepas.

    soalnya kalau dipasang. tenaganya bisa turun 4 dk tuh.
    😀

    sumpah gue miris.

    dan bisa disimpulkan semua gaya kampungan dan alay diatas disebabkan karena apa ?

    jawabannya efek DRAG RACE.

    =================================================

    kalau selain drag race, gak mungkin ada,
    saya lebih suka beberapa waktu silam.
    dimana motor laki dimodif moge look, moto gp look, dengan ban gambot nya.

    lebih eye catching.
    dan satu lagi..

    pengguna FU itu rata rata ABABIL yang merengek ma ortunya..
    jadi mereka bebas memodif FU nya menjadi menjijikkan spt itu.

    coba kalau mereka membeli FU dengan uang hasil kerje mereka sendiri. pasti mereka akan sayang dan tidak tega memodif FU nya jadi ALAY seperti itu.

    disini FU kebanyakan pakai Velg jari jari ban kecil dan tinggal rangka doang.
    kata mereka kalau FU belum ban cacing belum GAUL gitu..

    masyaAllah..

    yang Ban Gede aja kadang masih celaka.
    apalagi yang pakai ban cacing.
    itu namanya mengejar maut.

  11. Emg pemikiran ABG yg aneh.Benar2 tidak safety..
    mending ikut safety riding honda tuh…banyak manfaatnya..

  12. motor saya crypton pake ban cacing dari beli second.. begitu ganti ban tetep saya ganti ban cacing juga, kenapa? karena ada kelebihan dan kekurangan nya menggunakan ban cacing, kekurangan2 mungkin bisa dibaca di artikel.. kelebihan ban cacing yg saya pake di motor saya adalah, ketika ban nya bocor kena paku atau yg lain, ban cacing yg saya pakai masih bisa saya paksa jalan sampai puluhan kilometer tanpa memutuskan pentil ban dalam.. pernah ban saya bocor di lebak bulus saya paksa sampai rumah di cengkareng, besoknya baru ban saya tambal karena kejadian bocornya itu sekitar jam 12 – 1 malam.. dan kondisinya tetap hanya satu lubang bocor dan pentil pun baik2 saja tidak sampai bocor atau putus.. CMIIW..

  13. fu, jupe….yang laen belom ane liat, ato belom keliatan ane tapi uda diliat yang laen#samarinda

  14. sori oot….cakram kecil ma besar pakeman mana sih klo bwat ngerem mendadak? Klo yg besar kan momennya gede soalnya jauh dari poros…yg kecil momennya kecil krn dekat poros…..?

  15. hahaha sesama rider ko main sindir, yang ngomong alay tuh ga bisa beli atau gimana ya? atau ga punya? bandingin sama ninja? yaiyalah kalah torsi dari harga juga jauh. malu maluin aja 🙂

  16. Ban cacing kerenny ap sich???
    W anak muda tpi anti ban cacing, malah pngen gnti ban lbih gede, tpi syang Supra_Fit gx kuat pke ban gedeee.
    Hehehehehehehehe

  17. pabrikx juga kenapa msh memproduksi ban cacing….
    demi mencari keuntungan pribadi, pabrik secara tidak lgsg menjadi penyebab (sebagian) penunggang FU jd alay

  18. Hehe..mmg desain motornya lebih gampang di alay-in, cm mmg gag semua tergantung user, khadiran FU di tanah air cukup mewarnai blantika bebek sport, meski tenaga sudah disunat jauh dari mesin FXR yg 21 HP, semua tak lebih dr safety / keselamatan user…tetep keep safety riding

  19. Ya ncen kya kue lik iwan. . Ngger ra di ganti ban cacing yo kata orang ga keren. . Hampir ngga ada fu make ban std di kebumen. . 90% ban cacing

  20. hayoooooo seeeerrrrbbbuuuu alayyyyyy……..kita kasih si qwerty aja tuh si alay biar diba…!!! hahaha…

  21. yang sering baca komen qwerty pasti tau apa yang saya maksud diatas….hahaha…qwerty peace yahhh… 🙂

  22. Yen neng Kediri…langsung diburu polisi. mau S*s*k* / h*nd* / y*m*h* pokok e ban cacing lewat kota, kelihat polii pasti langsung dikejar terus ditilang.sering banget dah lihat kayak gitu di jalan kota.Semoga yang pakai ban cacing cuma un tuk di modif dan tidak untuk penggunaan sehari-hari…

  23. worm tire in everywhere. terutama di tongkrongan anak sekolahan. tapi pernah ngeliat jg yg udah diganti ban gede. klo yg ini empunya org yg udah kerja. asli mas, udah kayak motor laki dari belakang

  24. semua mtor sama aja, tergantung yang pake. Cuma yang paling banyak dijalanan ya FU, VIXION, NINJA 150R.. Soale kalo pake mtor ini mudah dapet KIMCIL..

  25. biker FU ban cacing+knalpot cempreng = Alay labil
    apa lagi klo stangnya di jepit.. jadi kayak gerobak somay… wwkwkwk..
    soomaaay…. tek tek tek

  26. bahaya juga ya.. berarti alay itu penyakit menular ya?? wah2,, temen ane yg orang sentul aja selalu kasih saran kasih ban yg agak besar.. ini malah dikasih ban kecil..

  27. Setujuh banget gw sama tulisan ini,,,,, yg lucunya saat stang kemudi dibikin rapet ke dalam,,, kalo dilihat pengendara lain dari blakang keliatan aneh gitu,,, kayak orang kurus sakit”tan,,, 😀

  28. Rata2 yang makai anak SMU kebanyakan yang masih Pingin dipuji dijalan tanpa spion ban cacing stoplamp belakang putih yang pasti sruntulan biar wahhh

  29. bah masih mending FU pakai ban cacing, ada yang lebih gila gan, Ninja R atau RR di pakaikan ban cacing dan pelek jari2, pernah saya lihat di jalan itu lebih gila! lebih sarap itu, saya pakai Ninja R aja ban standard masih berasa kurang mantap kalau tikungan apalagi ban cacing? WTF.!

  30. Suzuki memang pas nyiptain si ayago bwat anak2 muda…
    Insinyur suzuki juga udah proposional kok ngeracik si ayago…
    Banyak anak muda kesemsem sama si ayago ini…
    Tapi sayangnya yang punya sifat alay banyak yang beli si ayago ini…
    Namanya juga alay.ya lebay…maunya beda n ngk mau kalah…
    Jadi sekali lagi ini motor bukan motor bwat kaum alay…tp alayernya buanyak yg beli…
    Salah siapa kalo gitu..? 🙂

  31. gak tepat jika di bilang motor alay, tepatnya motornya ABG
    dimana-mana motor tergantung bikernya, motor ninja 2tak/4tak dll jika bikernya alay ya bisa alay, di jawa timur satriaFU mayoritas yang pake ABG jadi tepatnya julukan satriaFU motornya ABG

  32. Yang alay yang masih ababil, kalo dah usia 24 ke atas di jamin
    pemakai fu gak alay, cuman menikmati mesin yang nyuss,, seperti ane
    pemakai fu anti alay. standart more than okay.

Comments are closed.