CBBro dan sis sekalian….sebuah message dikirim via FB bro Eko Kurniawans. Doi owner CB150 yang berdomisili di Bantul Yogyakarta. Sebagai biker yang senang motor kencang, bro Eko mempertanyakan raihan top speed siDOHC kesayangan yang hanya nongkrong dikisaran 123km/jam. Bahkan untuk tembus 125km/jam pun butuh ekstra effort yang ujung-ujungnya juga gagal tidak mampu tembus sesuai target…….

Dalam penuturan yang dilampirkan pada video hasil buatannya….bro Eko sudah nunduk habis guna meminimize hempasan angin. Gear satu menunjuk 39km/jam pada 11.000RPM, upshift gigi dua oper ketiga 68km/jam di 11.500RPM, gear empat meraih 87km/jam….gear lima 108 km/jam dan final gear tertahan diRPM 9000an speed 123km/jam tidak mampu bertambah lagi. Berikut rasa gundah yang dikirim doi ke IWB…..

Mas saya mau tanya mas, sebelumnya saya pengendara vixion, saya memiliki CB150R juga. setelah saya test top speed, yang menjadi pertanyaan benak saya adalah kenapa gigi 5 nya CB nongkrong di 10500rpm? gigi 6 nya hanya nongkrong di putaran 9000rpm lebih dikit ya? kok nggak mau nambah? atau akibat knalpotnya yang masih standart?. (Sebagai informasi motor 3 minggu turun dari dealer, mesin masih standar pabrik, Saya test di jalanan aspal baru, lurus tanpa hambatan, di daerah Bantul, Yogyakarta, gas sampai penuh, badan merunduk total, kamera Samsung, nongkrong di 122km/jam. Tinggi dan berat badan saya 165/60kg).

iklan iwb

Lho…enteng tenan lho padahal bobote.? Ketika IWB analisa…..pola shifting juga sudah pas. Bro Eko mengoper gigi tiap masuk red line agar mampu mengail power pada gear berikutnya.? So….apa yang terjadi gerangan??.

Kalau boleh urun rembug…..motor inreyen secara performa memang belum optimal. Hal ini akibat permukaan metal komponen yang bergerak didalam blok silinder masih kasar belum terbentuk. Karena itulah di 500km pertama pabrikan menyarankan melakukan servis dengan mengganti oli mesin. Tujuannya satu….agar gram-gram hasil gesekan awal mesin terbuang bersama pelumas. Nah….layaknya amplas, mekanisme gerak mesin bakal melicinkan komponen yang bergesekan. Efeknya…..lama-lama engine lebih smooth serta ringan. Teori ini berdasarkan pengalaman pribadi terhadap Megy lawas. 500km pertama mesin nggak lari blas, vibrasi ampun-ampunan. namun setelah masuk jarak tempuh 5000km…..maknyozzz tenan!

Yang kedua….proses eksplorasi melawan arah angin. Dengan kondisi tersebut…hempasan angin bakal menghalangi kecepatan puncak sikuda besi. Soal ini IWB sudah buktikan pada pengetesan pribadi bahwa CB150R mampu meraih 130km/jam (klik artikel lawas). Dan yang ketiga……kemampuan final gear di CB150R belum optimal. Berdasarkan pengalaman IWB…..tendangan gear 6 memang tidak sekuat CBR150R. Bisa jadi hal ini akibat komposisi gear belakang yang dinaikkan guna mengejar accelerasi. Kompensasinya top speed menjadi turun. Fakta lain….IWB menemui limiter tiap motor tidak sama. Ada yang mentok di 10.000….mayoritas di 10.500….bahkan beberapa testimoni mengatakan CB150R mereka baru tercekik saat RPM nyantol di 11.000? Buat bro Eko tidak usah kuatir sebab semua hanya masalah setingan. Artinya….kans siDOHC engine untuk lebih kencang masih terbuka lebar. Btw….tidak percaya performa perproduk tidak sama?.

Monggo intip video terlampir untuk membandingkan…bro Eko vs.? bro Arif. Ketika bro Eko final gear susah mendekati putaran mesin 9.500RPM…..tunggangan bro Arif malah ngacir melewati 10.000RPM. Gimana dengan CB150R sampeyan??. Monggo berikan testimoninya…..(iwb)

Top speed video CB150R oleh bro Eko

Top speed video CB150R oleh bro Arif

1439 COMMENTS

  1. yg punya vixion trkencang boleh ktmu gw.jgn bnyak menghina dsini.
    Tes sma cbr lawas gw,spek standar cuma gandi cdi brt imax,knalpot dbs, sma karbu sudco 34.
    Ban gambot.
    085782389722

  2. wakakakaka….
    pake alasan inreyan pulak….
    klo emang lemot ya lemot aja…., NVL yang di tes juga kebanyakan masih pada ireyan, gak ada yang menjadikan alasan tuh…..

    metik aja koar2 kencang, giliran sportnya dohc abal2nya lemot pada ngeles….

    cuih….

  3. ane liyat komennya bikin perut ane mules…
    lanjoooooooootttt,,

    (kasian FBH kesekiannya di bulli lagi dan lagi)
    ckckckckckckckckc

  4. @ bcc rider

    Tes sma cbr lawas gw,spek standar cuma gandi cdi brt imax,knalpot dbs, sma karbu sudco 34.
    ======================

    ini komen lebih koplak lagi…., komen spek standar tapi cdi udah ganti, knalpot udah ganti, karbu udah ganti pulak….

    ckckckckck……
    fbh emang otak nangka semua…..

  5. 44. super red – Februari 25, 2013
    Parah motor baru digeber??motor belum ada sebulan dan kilometer belum ada 1000 itu artinya CB belum pernah di service. Belum saatnya motor digeber. Bisa cepat rusak nanti. Mesin baru masih butuh penyesuaian.
    Untuk speed CB jika maksimal sampai 130km/jam berarti speed aslinya sekitar 120-123 krn penyimpangan spedo CB lumayan besar

    ———————————————————-
    BELUM TAHU YA KALO SERVICEDI HONDA ITU,JANGANKAN YANG INJEKSI YANG KARBU AJ PALING CUMA DI TAP DI LUBANG PEMBUANAGAN AJ AMSA SETEL KLEP N FILTER,APALGI YANG INJEKSI,DI SERVICE APANYA AMA MEREKA,..PALING CEK FILTER UDARA,GANTI OLI,AMA RANTAI,SISTEM INJEKSNYA MAU MEREKA SETTING JUGA TIDAK BISA,..INGAT ALATHIDS HONDA HANYA UNTUK MEMANTAU SISTEM INJEKSI TIDAK UNTUK PENYETELAN KONSUMSI BBM…JADI DI SERVICE ATAUY G G BEGITU NGARUH TC…..PALING MEKANIKNYA CUMA BISA BILANG,..MAS/PAK DI TAMBAHAIN AJA BENSINYA DI TANKI…WKWKWKWKWKWKWKW

  6. hanya moncong fbh aja yang koar2 nih cb dohc abal2 kencang, aselinya mah lemot., hampir semua hasil tes yang muncul nih CB dohc abal2 bahkan lebih lemot dari NVL, yang kencang cuma moncong fbh sama otomotifnet hoax yang dapat 135kpj di race logic.

    sebenarnya gak heran sih soale di roda belakang aja power NVL lebih besar kok,
    tapi ya namanya juga kencangnya cb dohc abal2 ini keluar dari mulut fbh, ya pasti kencanggggggg banget ……………………………………ngibulnya….

  7. haahahahah si cebong boros lemot, OLD vixi aja bisa tembuz 135km/jam lha ini cebong cuma 123km/jam….. Hhaahahahhah

  8. 86. Motor Sport Rasa Bebek TeknologiMotoGP aka Rongsokan 15kualitas setara Mocin SOHC 5Speed doang “CANGGIH”katanya si TRIATMAMPUS yangPEKOKNYA tingkat KEBOBYLO’ON..!!! – Februari 25, 2013
    Oh masih inreyen toh..tak kirain udah jalan diatas 3500km..wajar mesin masih butuh penyusuaian..

    wah ini rider penasaran tapi ga tau cara merawat motor atau asal AJS aja (asal jalan syukur)

    wkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwk?..

    ======================================================

    spt nya klo sport 150cc an cm vixi dh yg bisa lngsung gaspol walaupun masih baru, kan udh pake diasil slnder,
    si rider bukan AJS bro, klo cm AJS ngapain dia geber ampe gaspol buat tau performanya tuh motor.

    goblok ente bro, udh ga bs ngomporin anak2 fby lg ya krna bukti2 si cb banyak kalahnya dibanding nvl, makanya cari2 kesalahan yg laen
    wkwkkwkwkkw

  9. ngga tau kenape yee…itu yg pake cbsf kalo ketemu gw lg naik NVL koq kayak minder yach ?…heran juga sih…apa karena ngga mampu nguber NVL gw ?… padahal jalanan sama sama kosong lho.. udah gw provokasi dikit dikit buat tarik2an eh ngga berani tuuhh… o iya, ada yg ngomong soal cs1 mo diadu sama nvl, aduuuhh…itu motor si cs1 kacian bener deh… udah ampe nunduk nunduk nguber nvl gw ngga bisa bisa cuyy… padahal gw masih gigi 4 kecepatan di speedo baru 130kpj doang…

  10. 123 kpj di spido dengan penyimpangan 8-9%
    jadi aselinya cuma 112 kpj.
    jika pun sesudah inreyan bisa mencapai 130 kpj, maka aselinya pun cuma 119 kpj…

    tetap aja masih kalah dibanding tes NVL yang udah pernah di posting, baik oleh IWB sendiri maupun oleh yang lain.

  11. 191. babat7 – Februari 25, 2013

    ..meong ini motor nya aja cuma NVL, bilang pulsar motor murahan, kebangetan banget sich, OB di t4 ku pakai nya vixion tuch?. NVL tembus 150 kpj??? diderek pakai lamborgini????
    ====================
    sory nih om…pulsar emang motor murahan om..secara harga emang begitu, nyediain orang yang dana cekak selera rendah gitu dah… kalo ob ditempat om babat pake vixion, berarti kalo dijalanan udah level diatas ob.. om babat yang naik pulsar jadi level ob dijalanan…

  12. Kalau boleh urun rembug?..motor inreyen secara performa memang belum optimal. Hal ini akibat permukaan metal komponen yang bergerak didalam blok silinder masih kasar belum terbentuk. Karena itulah di 500km pertama pabrikan menyarankan melakukan servis dengan mengganti oli mesin. Tujuannya satu?.agar gram-gram hasil gesekan awal mesin terbuang bersama pelumas. Nah?.layaknya amplas, mekanisme gerak mesin bakal melicinkan komponen yang bergesekan. Efeknya?..lama-lama engine lebih smooth serta ringan.
    ————————————————————————————–
    Great job kang iwb,
    Emank nih user cbsf perlu dicerdaskan,

    Ai tidak usah komen panjang lebar, ini sangat mewakili, mudah2an orang2 pekok kaya gini serta fby tentunya jadi bisa lebih cerdas,.. 😀

  13. buat para FBH tulen harus terus bersabar, dan terus bersabar..

    nasibnya jadi FBH..
    kasian ane ngeliyatnya…

    (akibat fanatik merek)

    #salam satu sakit hati.

  14. bagi para fby yang kangen ma dedengkotnya yang sekian lama ngumpet silahkan sungkem mumpung pada keluar nie… 😉

    qwerty, peyek, nobitol
    ups masih kurang jaos ma thole…

    di tunggu aja masbray bentar lagi nongol…

    kasih sesajen dulu…

  15. 273. oeyye – Februari 25, 2013

    tepok jidat

    ……………………………………………………………………………………..

    salaah…….. tepok DOHC CBSF..
    biar makin ngacir..

  16. @ciaa

    buat para FBH tulen harus terus bersabar, dan terus bersabar..

    nasibnya jadi FBH..
    kasian ane ngeliyatnya?

    (akibat fanatik merek)

    #salam satu sakit hati.
    ————————————————————————————–
    Yg lain tolong liat cara ai mencerdaskan manusia tolol permanen satu ini

    Jadi fbh ga ngenes2 bgt bro dibandingkan jadi fby, yu kita liat

    1.MS (market share): Haram buat fby
    2.250 cc: ngimpi
    3.r15: kata yimm itu sampah, masa fby nangis2 minta sampah? Emank fby otak sampah 😀
    4. DOHC: SOHC kan sama aja kata fby, nanti m1 rossi jg pake SOHC ko
    5.6 speed: sama kaya mimpi2 sebelumnya, ga malu sm bebek? (FU)
    6.Copas PBL dan SSS: Kata fby fitur itu ga penting, yg penting otak, eh yamaha ga mau dengerin
    7.Mau ngebut dimana?: Big boss kau saja tidak mau motor kencang2, jadi jangan ngimpi motor kau kencang2.hahaha,.. 😀

    #yamaha itu ga bego, yg bego fansboy nya,..

  17. Si bro arif di video ke 2 dapet 127kpj tuh

    Brarti si eko ini pas udah 120, dengkulnya langsung lemes,..

  18. Saya setuju dengan beberapa komen dari fbh. Mungkin settingannya belum pas. Harusnya tiap test topspit, CBSF ridernya sedia obeng. Begini metoda ngetesnya
    1. Coba dulu test-run pertama
    2. Kalau nggak puas coba puter-puter settingan injeksinya pake obeng kekiri/kekanan.
    3. Coba lagi test run kedua
    4. Kalau masih nggak puas puter-puter kembali settingan injeksinya
    5. Lakukan berulang2 hingga tercapai topspit yang di inginkan

    Soal kemudahan settingan CBSF memang gak ada duanya. Gampang di oprek2 dan gak ribet. Cukup modal obeng. Semudah setting karbu. Silahkan dicoba dan semoga berguna.

    #kipas-kipas sumbu kompor minyak botcor alus xixixixi

  19. @triatmonyok

    kasian ya congornya fby selalu di berakin ama tokaiy nya fbh!! Miris..
    —————————————————————————————
    ga usah kasihan bro, emank itu kesukaan mereka,.. 😀

  20. DOCH abal”, woi para FBH melek dong loe ??? Masih buta merk aja loe” pade ? Melek dong cong udah tau dikibulin masih aja sok yes…. Kasihan.

  21. @nobita

    123 kpj di spido dengan penyimpangan 8-9%
    jadi aselinya cuma 112 kpj.
    jika pun sesudah inreyan bisa mencapai 130 kpj, maka aselinya pun cuma 119 kpj?

    tetap aja masih kalah dibanding tes NVL yang udah pernah di posting, baik oleh IWB sendiri maupun oleh yang lain.
    —————————————————————————————
    Jongos kementrian ini pasti lg internetan pake hape cina sambil nyikat wc. Ai kasih tau ya, kalibrasi speedo yamaha terkenal ngawur di putaran atas, sesuai sm mesinnya yg ga sanggup napas ampe putaran atas jg 😀

    Lebih baik kedua motor dites, otomotif pernah tes keduanya, hanya dari aksel aja si nvl udah kalah, inget 0.2 detik itu sangat berharga, sering nonton motogp ga? Paling nonton balap bebek, trus nontonnya manjet pager ya?xixixi,…

  22. aneh yaa,
    udah slim /ramping
    ban ukuran kecil
    DOHC 6 SPEED,,

    larinya ko kaya SOHC 5 SPEED..
    buat apa 6 speed, klo tak ada gunannya,,,,,

    hadeeeuuuuhh…

    konsument dah pintar
    “ADA HARGA ADA RUPA”

    mau kencang tanggung beli CBR series sekalian, biar mahal dapet kencangnya..

    laaaaahh dari pada CBSF..
    22juta ya setara kencengnya ama motor 22 juta, termaksud NVL…

Comments are closed.