CBBro dan sis sekalian….sebuah message dikirim via FB bro Eko Kurniawans. Doi owner CB150 yang berdomisili di Bantul Yogyakarta. Sebagai biker yang senang motor kencang, bro Eko mempertanyakan raihan top speed siDOHC kesayangan yang hanya nongkrong dikisaran 123km/jam. Bahkan untuk tembus 125km/jam pun butuh ekstra effort yang ujung-ujungnya juga gagal tidak mampu tembus sesuai target…….

Dalam penuturan yang dilampirkan pada video hasil buatannya….bro Eko sudah nunduk habis guna meminimize hempasan angin. Gear satu menunjuk 39km/jam pada 11.000RPM, upshift gigi dua oper ketiga 68km/jam di 11.500RPM, gear empat meraih 87km/jam….gear lima 108 km/jam dan final gear tertahan diRPM 9000an speed 123km/jam tidak mampu bertambah lagi. Berikut rasa gundah yang dikirim doi ke IWB…..

Mas saya mau tanya mas, sebelumnya saya pengendara vixion, saya memiliki CB150R juga. setelah saya test top speed, yang menjadi pertanyaan benak saya adalah kenapa gigi 5 nya CB nongkrong di 10500rpm? gigi 6 nya hanya nongkrong di putaran 9000rpm lebih dikit ya? kok nggak mau nambah? atau akibat knalpotnya yang masih standart?. (Sebagai informasi motor 3 minggu turun dari dealer, mesin masih standar pabrik, Saya test di jalanan aspal baru, lurus tanpa hambatan, di daerah Bantul, Yogyakarta, gas sampai penuh, badan merunduk total, kamera Samsung, nongkrong di 122km/jam. Tinggi dan berat badan saya 165/60kg).

iklan iwb

Lho…enteng tenan lho padahal bobote.? Ketika IWB analisa…..pola shifting juga sudah pas. Bro Eko mengoper gigi tiap masuk red line agar mampu mengail power pada gear berikutnya.? So….apa yang terjadi gerangan??.

Kalau boleh urun rembug…..motor inreyen secara performa memang belum optimal. Hal ini akibat permukaan metal komponen yang bergerak didalam blok silinder masih kasar belum terbentuk. Karena itulah di 500km pertama pabrikan menyarankan melakukan servis dengan mengganti oli mesin. Tujuannya satu….agar gram-gram hasil gesekan awal mesin terbuang bersama pelumas. Nah….layaknya amplas, mekanisme gerak mesin bakal melicinkan komponen yang bergesekan. Efeknya…..lama-lama engine lebih smooth serta ringan. Teori ini berdasarkan pengalaman pribadi terhadap Megy lawas. 500km pertama mesin nggak lari blas, vibrasi ampun-ampunan. namun setelah masuk jarak tempuh 5000km…..maknyozzz tenan!

Yang kedua….proses eksplorasi melawan arah angin. Dengan kondisi tersebut…hempasan angin bakal menghalangi kecepatan puncak sikuda besi. Soal ini IWB sudah buktikan pada pengetesan pribadi bahwa CB150R mampu meraih 130km/jam (klik artikel lawas). Dan yang ketiga……kemampuan final gear di CB150R belum optimal. Berdasarkan pengalaman IWB…..tendangan gear 6 memang tidak sekuat CBR150R. Bisa jadi hal ini akibat komposisi gear belakang yang dinaikkan guna mengejar accelerasi. Kompensasinya top speed menjadi turun. Fakta lain….IWB menemui limiter tiap motor tidak sama. Ada yang mentok di 10.000….mayoritas di 10.500….bahkan beberapa testimoni mengatakan CB150R mereka baru tercekik saat RPM nyantol di 11.000? Buat bro Eko tidak usah kuatir sebab semua hanya masalah setingan. Artinya….kans siDOHC engine untuk lebih kencang masih terbuka lebar. Btw….tidak percaya performa perproduk tidak sama?.

Monggo intip video terlampir untuk membandingkan…bro Eko vs.? bro Arif. Ketika bro Eko final gear susah mendekati putaran mesin 9.500RPM…..tunggangan bro Arif malah ngacir melewati 10.000RPM. Gimana dengan CB150R sampeyan??. Monggo berikan testimoninya…..(iwb)

Top speed video CB150R oleh bro Eko

Top speed video CB150R oleh bro Arif

1439 COMMENTS

  1. Ha…. masak sih mas ???

    Byson ane ja gigi 4 nya bisa nyampe 105km/jam dengan Ban 110/80 depan, 150/70 belakang

    tapi si byson dah di pakai 2,5 tahun

  2. kalau menurut ku tergantung ” Man behind the GUN ” arti nya tergantung yang naik…ingat rossi dgn casey pas nunggang DUCATI..semoga bisa jadi pemikiran yg cerdas..ga asal komen…

  3. NJMX ku dulu baru 5 hari turun dr dealer langsung gas pol di gigi 4 dpt 115km/j on spido, mesin dah kecekik limiter tp rasanya masih halus getaranya, BBM pake premium (sisa bekal dr dealer) mau sift ke-5 udah keburu hampir nyruduk avanza didepan yg mau arus balik, pdahal kan mesin tipe SOHC Overstroke identik getar di putaran atas.

    Lah ini (CB150r) nyang notabene mesin DOHC Overbore 150cc 6 speed, high compresi mosok cuma segitu prformanya.,? pdhal kan dah berusia 2 minggu lebih,

    Dulu pernah testdrive CB150r didealer H*NDA, emang sich rasanya kok gimana gtu, kayak gak ada jambakannya, pdhal dr gigi 1-5 sifting di rpm 10500an, secara gtu.. gue kan penasaran dg karakteristik DOHC Overbore yg katanya jos jambakannya diputaran atas.. Apa krna merknya H*NDA ya.. ?

    Kok beda rasanya dg DOHC Overbore yg merknya S*Z*KI & K*WA*AKI (jambakannya nggilan?, samp? tubuh mau ketinggalan ama motornya)

    Jd penasaran sama mesin DOHC Overbore yg merknya Y*M*HA, sayangnya blum ada..

  4. NJMX ku dulu baru 5 hari turun dr dealer langsung gas pol di gigi 4 dpt 115km/j on spido, mesin dah kecekik limiter tp rasanya masih halus getaranya, BBM pake premium (sisa bekal dr dealer) mau sift ke-5 udah keburu hampir nyruduk avanza didepan yg mau arus balik, pdahal kan mesin tipe SOHC Overstroke identik getar di putaran atas.

    Lah ini (CB150r) nyang notabene mesin DOHC Overbore 150cc 6 speed, high compresi mosok cuma segitu prformanya.,? pdhal kan dah berusia 2 minggu lebih,

    Dulu pernah testdrive CB150r didealer H*NDA, emang sich rasanya kok gimana gtu, kayak gak ada jambakannya, pdhal dr gigi 1-5 sifting di rpm 11000an, secara gtu.. gue kan penasaran dg karakteristik DOHC Overbore yg katanya jos jambakannya diputaran atas.. Apa krna merknya H*NDA ya.. ?
    Kok beda rasanya dg DOHC Overbore yg merknya S*Z*KI & K*WA*AKI (jambakannya nggilan?, tubuh samp? mau ktinggalan ama motornya)

    Jd penasaran sama mesin DOHC Overbore yg merknya Y*M*HA, sayangnya blum ada..

  5. 201. Dery Cupa – Februari 25, 2013

    gue jg pemakai cb150r mas iwb,,,top speed mencapai 128km/jam,,itu pun masih versi standart!!!!

    aku juga penunggang CB150R mantan penunggang VXION..jujur beda bgt rasa nya ..power dari gigi ke gigi juga kerasa…dan saya puas dengan performance nya..pas minggu kemarin mudik via pantura aku bisa tembuh 130an itu aja belum maksimal..dan itu ga pernah aku capai dengan old Vxion ku dulu…

  6. ngga sia2 nih motor udah pake DOHC teknologi motojipi,top speed bisa tembus 123kpj….benar2 kentjang…ngibulnya..wkwkwk

  7. pasti petinggi ahmpreet yang mantengin blog nya kang iwan geregetan nih,,,, 😆

    tapi kalo salesnya udah kebakaran bulu ketek,,, 😆

  8. Alhamdulillah ga ajdi ambil cebe abal-abal ah…mending NVL bae yg udh ketahuan mesin awet kuat..model ganteeeeeeng..maknyooos

  9. koq beda ama yg udah ditest mas iwan ya?
    Padahal sama2 baru, odometernya juga masih dikit.
    Ada apa gerangan? Apakah yg ditest mas iwan setingan maupun ecu-nya beda ama yg dijual?
    Soale
    – bohlam yg ditest mas iwan aja merk philip bukan life.
    – top spid juga beda, padahal mas iwan ngetesnya gak maksi.
    – tali sling juga ada yg gak dapet.
    jadi curiga. Jangan jangan…….memang dibikin beda.

  10. Wah… ternyata topspeed cm 120-an yah..???
    Kalah sama NVL dong…
    Mana udah keburu DP….
    Jauh ya sm performa CBR nya yg bs sampe 140an…
    Hanya beberapa unit yang gagal produk kah?
    atau memang topspeed nya di limit hanya sampai segitu??

    -Mohon pencerahannya guyz.. Tapi yang cerdas yee, jgn komen” alay

    Thx….

  11. bro eko pasti salah teknik uji topspeednya,,,klo motor honda itu tunggu sampe panas baru ngacir,,,itu kata fbh lho motor honda makin panas makin ngacir !!!!

  12. @ all
    Walahhh…baru intip dah banyak bener. Sabar mzbro…nggak usah gontok-gontokan. Oalah….
    @ 193. orang indonesia & 202. Novian Agung
    Betul mzbro, masih inreyen. Dan memang nggak ada pilihan lain lawong yang disodori hanya itu. Btw sudah saya jelaskan diatas bahwa setingan motor bisa sangat berpengaruh. Selain itu….poin yg ingin saya garis bawahi berdasarkan pengalaman pribadi adalah lari motor akan terasa lebihi ngacir pada kisaran diatas 2500km-5000km. Memang banyak yang bilang bahwa mtor sekarang tidak perlu masa break-in sebab toleransi perkompenen sdh dihitung sedemikian rupa. Tidak ada yang salah. Tapi IMHO….kalau menurut saya tidak sesimpel itu. Bagaimanapun permukaan part metal butuh waktu utk mengikis gram kasar. Dan setelah terjadi gesekan trs menerus maka surface blok silinder ataupun dinding seher baru terbentuk….(biasanya akan kita lihat mengkilap pada saat dibongkar). So…pada saat itulah performa motor masuk dalam kondisi puncak….
    @ 205. peyek
    Absen kangbro. Sampeyan nyari saya mulu kenapa sih?. mau ngasih permen apa? :mrgreen:
    @ 214. frontdiskbrake
    Bukannya emang Phillips mz bohlamnya. Emang ada yg dapat merk Life? 🙄

  13. 90. meong – Februari 25, 2013
    ————————————————-
    NVL 150 km/jam ??…ente salah liat kali…yg ente liat itu Speedometernya si Ninja FI..kl punya ente jgn jgn ” Hi bro ” doang kali, gak ada angkanya ?

    eh..sy heran sama comment comment si FBY ..emang NVL di test larinya berapa sih ??? paling dapat 125 KM/Jam …itu pun mesti ada jalanan lurus 2 km..jadi kl buat 150 cc..range 115 – 125 mah udah cukup lah..buat NVL ato CB berimbang lah…kl desain emang masih cakepan NVL

    to Qwerty :
    sampean di semua blog kok commentnya gak mutu banget ya…Kl gak indent baut dibakar , L 3 mot, L 3 toy dll….itu berlaku buat semua merk….

  14. Tips,biar cebe dapet 129kpj
    *ganti ban dgn ukuran yg lebih cacing
    *ganti tutup tangki dgn yg rata
    *lepas kondenya
    *testnya,dari puncak bukit

    Berdo’a..semoga sukses

  15. 208. wawan – Februari 25, 2013

    201. Dery Cupa ? Februari 25, 2013

    gue jg pemakai cb150r mas iwb,,,top speed mencapai 128km/jam,,itu pun masih versi standart!!!!

    aku juga penunggang CB150R mantan penunggang VXION..jujur beda bgt rasa nya ..power dari gigi ke gigi juga kerasa?dan saya puas dengan performance nya..pas minggu kemarin mudik via pantura aku bisa tembuh 130an itu aja belum maksimal..dan itu ga pernah aku capai dengan old Vxion ku dulu?

    ikutan ah,,, 😆

    aku juga penunggang cebong,,, 😆 eh salah,,, pikson jadul,,, 😆
    lansiran taon 2005,,,, eh,, itu kan pikson nya ryan,,, 😆
    2007 ding,,, 😆
    top sepit persi sepedo 130an kpj,,,
    ane akuin masih kalah sama cs1 yang top sepitnya sanggup 160kpj,,, 😆

    memang cs1 mongtor dewa deh,,,, 😆

  16. wah pada Februari 25, 2013 pada
    9:53 AM
    cbsf=sentul
    nvl=dino
    payah

    —————————

    fbh ni kayaknya…..
    dah mulai terbakar

  17. 220. cebok er – Februari 25, 2013

    Tips,biar cebe dapet 129kpj
    *ganti ban dgn ukuran yg lebih cacing
    *ganti tutup tangki dgn yg rata
    *lepas kondenya
    *testnya,dari puncak bukit

    Berdo?a..semoga sukses

    cuman mau nanya..punya motor ga?
    saya pnya oldvxion dan berencana mau ganti NVL tp gara2 bentuknya kayak DOMBA GARUTnya si ACENG…jadi beralih ke CB150R…dan saya sangat puas dari desain,handling dan speed nya..

  18. 92.meong.
    Pulsar juga ikut di BC nih ya 😀
    Kalau saya komentar apa adanya. Kenyataannya harga memang benar murah tapi teknologi/fitur dan CC tidak murahan mas Bro.
    Jika komentar bisa lebih objektif itu lebih bagus 🙂

  19. Cb150r ane bisa kok tembus 137kpj waktu mudik surabaya semarang, sory no picture emang menurut ane trgantung rider n arah angin bos

  20. loh itu kan motor old pixen. trus sama ahaem dinamai cbsf + diganti jd DOHC. jd wajarlah kalo tetep lemot. bukane FbH bilang pixen kalah sama CS1 ya

  21. Kiriman ngibul,secara dya rider pikson kang,gw ungtunge mas iwb kasih video laen yg notabene dapet 130kpj dgn berboncengan krn yg megang videonya bkn rider tesnya,tp klw emng bener gw saranin ngahaem harus jemput bola,bila perlu ganti 1 unit.bnyak cara untuk menjatuhkan kompetitor,aplg ni cbsf emng di buat untk head to head sama nvl
    Sent from my BlackBerry?
    powered by Sinyal Kuat INDOSAT

    Alhamdulillah ada pencerahan dari artikel sepihaknya kang IWB…(bayangin aja kalau ada yg kirim sama trus top speednya di kondisikan dibawah 100km/h )coba di dalamin detailnya..sehingga tidak menjadi fitnah…hehehehe

  22. menurut tabloid yg pernah kubaca, motor sekarang mah kagak perlu inreyen. Soale:
    * metalurgi komponen udah bagus, Apalagi motor yg liner dan pistonnya udah diplating.gak spt motor jadul kaya yamaha L2super yg bahan linernya masih kurang bagus, so kalo langsung digeber piston akan macet.
    * krn material bagus, tingkat presisi dan toleransinya juga udah bagus.
    Imho cuma mesin yg pake kualitas jelek aja yg butuh inreyen, atau motor dah ada penggantian komponen spt piston ato liner, krn metalurgi keduannya dimungkinkan beda.

  23. kesimpulan. yg dpt 123 km/jam itu old pixen diugrade jd DOHC. yg dpt 130 km/jam CBR150R didowngrade. lak penak to???

  24. wadow….
    klo memang dasarnya abal-abal ya beginilah jadinya….
    belum lagi penyimpangan Spidonya yang mencapai 8-9%..
    makin gak kuku nih dohc rasa bebek….

  25. Ternyata sudah ketemu masalahny,ternyata ridernya kebiasaan naek pikson yg rpmnya cuma manteng di 9000ann.xixixixiix piss ahh,apapun motornya ban nya swalow,
    Sent from my BlackBerry?
    powered by Sinyal Kuat INDOSAT

  26. no offense yah..NVL ane cmn tembus..110 doang…bru service pertama…km pun belom tembus 400km…hahahaha….waktu servise kata mechanic olinya item bngt….katanya gara2 koplingnya…..mbuh lah….kayanya masih bisa nembus 125kpj…tpi ntar2 aja…toch gw ngantor cmn 5km…tuch juga rame mulu….wakakakak….

  27. dulu ane pny jupi jg gt kang,pny tmn sama2 jupi,thn jg sama bs tembus 100kpj+ sedang pny ane mentok di 90kpj..
    nah skrg revo dx pny ponakan jg gt,90kpj mentok ga bs nambah, revo dx lain bs 100kpj..

  28. kog bnyak yg komplein ya.

    Terima aj kenyataan,kl top speednya mentok disitu.

    Mtor 20 jtan standart,mw nembus top speed 150 kpj?ngimpi namanya.

    Jgn mw dikibulin pabrikan,mengklaim spek sama dgn CBR,ya impossible lah hrga segitu dapet spek sama dgn CBR.(cara kotor pabrikan untuk promosi)

  29. FBHondon mana nyalimu
    kalau dijalan raya PAKAI OTAK BUKAN NYALI
    motor yg digadang2 pembunuh vixion cuma segitu kemampuannya
    PAKAI OTAK BUKAN NYALI

    CB150 pretttt,

    I like bgt dgn komen ini…

  30. Semuanya Aja…
    dimana saya bisa dapat Scorpio Z model tahun 2009/2010 tapi yang masih baru…?
    terima kasih kalo ada yang tau

Comments are closed.