Untuk memuaskan dahaga serta rasa ingin tahu akan akurasi speedo CBSF, kali ini dengan alat dan aplikasi yang sama yakni GPS Runtastic….bisa IWB rekam pada tiap kecepatan. Seperti biasa variasi speed yang IWB comot yakni? 60km/jam…80km/jam serta 127km/jam. Nih dia hasilnya….
Speedo digital umumnya lebih akurat dibanding analog. Namun….tidak semuanya mempunyai persentase akurasi yang sama. Nah…setelah motor-motor lain seperti CBR150R, Ninja 150L, Byson, New Vixion, Satria FU telah kita ukur….kini giliran sang CB yang ditest. Yup…motor anyar AHM ini kita tes dari speed bawah 60km /jam. Recording dinyalakan…..running dijalan secara konstan diangka 60km/jam….segera berhenti ditempat aman. Stop dan diperoleh angka 56.2 km/jam on GPS Runtastic. Hhhm….gede juga penyimpangan dilow speed. Testing dilanjutkan……
Kali ini melaju pada kecepatan 80km/jam.? IWB panteng terus selama hampir satu kilo…dirasa cukup segera berhenti. Kepinggir jalan…ngintip GPS dan angka nongkrong di 74,1 km/jam. Wewww…termasuk stabil euy. Prediksi penyimpangan akan “nggilani” tidak terbukti. Padahal IWB sebelumnya rada pesimis mengingat pada low RPM sudah terpaut nyaris 4km/jam (biasa motor lain nempel diangka 59km/jam).? Namun ternyata semakin besar…kalibrasi tetap terjaga direntang yang sama. Karena sudah kepalang basah…..IWB akhirnya tetap ON-kan GPS melaju pulang ke -Depok. Dan disanalah IWB bisa ngetest pada kecepatan diatas 120km/jam….
Dijalan Juanda yang lempeng dan sepi….motor IWB geber. Sambil nunduk speedo nyantol diangka 127km/jam. Pada kecepatan tersebut, nafas sang CB masih lega dan terus naik. Sayang trek sudah habis. Yo wis….toh belum ada tujuan gali top speed. Hanya sekedar mengukur kalibrasi speedo vs GPS. So urusan kecepatan puncak…kita coba lain waktu. Singkat cerita….sampai kediaman segera merogoh saku, stop recording…..saving dan nongol speed 115.9km/jam bisa kita bulatkan menjadi 116km/jam. Not bad!. Jadi….ketika speedometer CBSF menunjukkan angka 127km/jam, GPS 116km/jam. Untuk persentasenya monggo dihitung sendiri. Ada komentar??……(iwb)
Sudah jelas2 ngbut kagak tuh CB ,boros iye
masih aja d bantah ,
dasar katrok
Kalo mikirnya sampe ke penggantian sparepart CBR apalagi full set mesin & kelistrikan sama saja bohong supaya CB150R lebih superior.
sama saja nyuruh vixi ake ban cungkring lagi, besarin throttle body jadi 30mm dan atau nambah gigi biar agak tonggos pake R15.
dan dan dan yang lain gak pernah ada habisnya.
tetep aja spek pabrikan tidak jauh berbeda. tidak ada yang superion karena cuma beda tipis.
618. zizi – Januari 19, 2013
Jelas banget di artikel versi cetak buat top speed pantengin speedo..
Kalo akurasi spedometer biasa nya otomotif bakal buat artikel khusus..
Aneh? napa ga langsung dipake aja tuh racelogic buat topspeed
=======================================
bener banget napa ga dipake aja tuh racelogic buat ngukur topspeed
jawabannya karena di racelogic topspeed CB kalah dari NVL
fikir lagi dah mosok di racelogic CB bisa dapet 135kpj dan NVL bisa dapet 132kpj serasa gak mungkin kan
Jangan mimpi mau ngasepin FU d jalan yaa
terlalu cepat 5 tahuh buat cebong ,naingin DOHC bebek
Dari hasil tes komparasi spedo kang iwan dan beberapa artikel dari blogger lain saya menyimpulkan Nvl lebih akurat dari Cb.
Bagi Fb yang pro ke Y dan H bisa silakan baca artikel dari blogger lainnya agar bisa mengetahui perbandingannya
iwanbanaran.com/2011/12/27/top-speed-tvs-apache-rtr-160-tembus-127kmjam/
DOHC kok keok lawan SOHC… trek 1km cuma dapet 127kpj…
😆
@ALL FBY PEKOK
SELURUH ALL FBY MEMANG PEKOK…
KENAPA…??
SUDAH JELAS DIATAS ASPAL “NEW VAGINA LEMOT” PASTI KEOK KALAU KETEMU CB…KARAKTER OVERSTROKE MASA MAU MAIN RPM TINGGI..YA GA LEVEL LAH…!!!!
SUDAH CLOSE LOOP..SENSOR O2…TERUS KALAU FITUR ITU ANE BILANG IKUT-IKUTAN FITURNYA HONDA CBR150…ANE BILANG LATAH NIH YAMAHA….TERNYATA SPEEDNYA MASIH DIBAWAH CB YANG NON SENSOR O2..DAN MASIH OPEN LOOP…
APA YANG ANE BILANG INI SESUAI FAKTA…
FBY KAPAN PINTERNYA SIH SELALU BILANG DOHC…?????
DOHC BUKAN PENGARUH SPEED….
DEFINISINYA LEBIH KEPADA PRESISINYA 2 CAMSAFT MENGANGKAT 4 KLEP…PISTON OVERBORE INILAH KARAKTER SPEED…
YAMAHA PUNYA DIASIL TAPI BELUM TENTU AMAN BUAT CAMSAFT DAN PER KLEPNYA SERTA KOMPONEN PART BLOK MESIN..ALHASIL MESIN CEPAT DROP TENAGANYA..APALAGI PAKE PREMIUM JATAH BUAT ORANG KISMIN…MALU LAH SAMPEYAN KAYAK GA PUNYA HARGA DIRI AJA NAIK MOTOR DIATAS 20 JUTAAN ITULAH ORANG KISMIN DAN BANYAK GAYA…KREDIT PULA….!!!
YANG BERANI KOMENTARIN PENDAPAT ANE BERARTI MUKA TEMBOK DAN KISMIN BANYAK GAYA….!!!
@roy fby dongo!
Baca lagi cong tulisan mas iwan! 127kpj Itu bukan buat nyari topspeed! Dan nafasnya cb masih panjang !!
Jangan2 g baca artikelnya ni anak? 😆
658. oliver – Januari 19, 2013
@roy fby dongo!
Baca lagi cong tulisan mas iwan! 127kpj Itu bukan buat nyari topspeed! Dan nafasnya cb masih panjang !!
Jangan2 g baca artikelnya ni anak?
============================
Sama dongo nya sm fanbois kutang yg bilang speedo CiBie sama akuratnya dgn speedo NVL. 😆
Atau bilang CiBie ga kalah irit sama NVL. 😆
Mungkin bukan ente, tp bwt yg merasa ……… wkwkwkwk 😆
658. oliver – Januari 19, 2013
@roy fby dongo!
Baca lagi cong tulisan mas iwan! 127kpj Itu bukan buat nyari topspeed! Dan nafasnya cb masih panjang !!
Jangan2 g baca artikelnya ni anak?
——————————————————————————–
127kpj = 115kpj…
top speed 135kpj=122kpj…
masa DOHC keok ama nehi2.. trek 1km dapet 115kpj on GPS… wkwkwkwk…
DOHC cebong sport rasa bebek…
😆
wah fby2 tolol diatas pada asbun semua nih! Woiy!!! Lo tau racelogic g seeh????
Speedometer di motor g jadi patokan! Yg di patok angka yg tertera di racelogic itu!
Disitu ada catatan waktu, baik aksel maupun topspeed bisa diukur kph/mph juga ada indikator suhu sekitar etc!! Dongonya parah amat nih fby! 😆
@oliver
dongonya parah
dongo bilang dongo 😆
@roy dongo!
Lu baca artikelnya g seeh???
MAS IWAN SENDIRI YG BILANG KALO DOI DAPAT 127KPJ ITU BELUM ADA NIAT GALI TOPSPEED! BACA LAGI CONG!! 😆
@oliver
jadi spidometer nya si cebong ngawur dan lebay donk?
115kpj on gps… wkwkwkwkwkwk…
1km cuma dapet segitu kok kalah ama si nehi2 sebelah… SOHC lg…
DOHC cebong sport rasa bebek…
keok ama nehi2…
😆
663. oliver – Januari 19, 2013
@roy dongo!
Lu baca artikelnya g seeh???
MAS IWAN SENDIRI YG BILANG KALO DOI DAPAT 127KPJ ITU BELUM ADA NIAT GALI TOPSPEED! BACA LAGI CONG!!
——————————————————————————-
115kpj trek 1km = 120kpj TVS Apache?
ngerti ora son?
😆
@roy!
Haduh2… Ni anak bener2 ya…
Gw tanya baik2 deh ame elu! Lu baca artikelnya g?? Di alinea terakhir mas iwan ngomong apa coba??
sinchan lemot ngompol liat ini artikel
udah g usah ribut! Semua tinggal dipilih sesuai selera aja, mau dohc abal2 ambil cb! Kalo mau sport abal2 ambil nv! Gitu aja kok rempong. Hahah
666. oliver – Januari 19, 2013
@roy!
Haduh2? Ni anak bener2 ya?
Gw tanya baik2 deh ame elu! Lu baca artikelnya g?? Di alinea terakhir mas iwan ngomong apa coba??
———————————————————————————-
gw baca… jadi ente gak tau maksud ketikan gw?
1km cebong = 115kpj sedangkan TVS bisa dapet 120kpj… sama2 on GPS…
jangan liat top speed nya tapi liat seberapa cepat dia mencapai top speed… maka dari itu drag 201m adalah drag kelas berat… karena dengan jarak cuma 201m lu udah harus dapet top speed….
ngerti ora son?
😉
BTW, saya nggak temui kata2 yg menunjukkan test si cbsucks ini di jalan yg agak menanjak……
tapi gak perlu jg, toh udah terbukti dohc letoy super abal2.
*hahahahahahahhaahh
Komentar koq pada cari musuh. Kalo gak suka sama produknya ya gak usah beli. Beli aja produk yg disuka sesuai selera & kebutuhan masing”. Jadi orang yg fleksibel aja. Gampang kan?
Hari gini masih pada pake pola pikir fansboy tu (maaf) kolot. Fanatik berat sama merk gak akan bisa bikin pikiran jd openminded. Itu bodoh
IMHO, pengetesan kang IWB ini lumayan bwt kasih “clue”, tapi ga bisa bener2 bwt patokan scr pasti, krn pengetesan ga dilakukan dgn sikon yg persis sama.
Ngomongin top speed tp sikon jalan lokasi berbeda, hari pengetesan berbeda, cuaca beda, mungkin sikon rider jg lagi beda, gmana mau jadi pegangan ?
Paling yg bener2 sip infonya ya spt urusan akurasi speedo, built quality impression, pejelasan fitur2 kendaraan, nice info. 🙂
@gunawanspurs
tetep… secara performa si DOHC cebong gak lbih baik daripada si SOHC nehi2 tetangga sebelah…
😆
@roy
lu ngerti kata NIAT yg mas iwan maksud g? 🙄
674. oliver – Januari 19, 2013
@roy
lu ngerti kata NIAT yg mas iwan maksud g?
—————————————————————————-
ngerti…
lu liat jarak tempuhnya gak? dan liat timpangnya antara spido dengan gps gak?
😆
seperti nya debat nya tidak ada habis nya wkwkwkkw
silahkan nikmati motor masing2 aja g usah sibuk mikirin motor orang hahhahah…..yg hobi susi tornado monggo yg bangga sama TVS silahkan yg punya bajaj lanjutkan bajaj mu….
yg punya cb150 dan nvl juga lagi asik dengan motor masing2 ,yg punya duit silahkan beli yg ga punya duit gak usah syirik dengan cara BC …..
silahkan di kunyah-kunyah……
@roy maho!
Lo ngemeng asbun aja mana datanya sport nehi2 rtr lebih baik dari cbsf?? Trus mas iwans emang udah nguji performa cbsf?? Otak ente ada dimana?
tapi yang penting segera beli tuh produk, mau SOHC or DOHC sih tergantung selera…emang mau ngebut..ya disirkuit..klo buat harian..ya standard aj..dah dah bnyak kecelakaan di jalan
http://www.solusijasapindah.com
657. YAMAHAL_YAMIMPI_YAMAMPUS – Januari 19, 2013
@ALL FBY PEKOK
SELURUH ALL FBY MEMANG PEKOK?
KENAPA???
SUDAH JELAS DIATAS ASPAL ?NEW VAGINA LEMOT? PASTI KEOK KALAU KETEMU CB?KARAKTER OVERSTROKE MASA MAU MAIN RPM TINGGI..YA GA LEVEL LAH?!!!!
SUDAH CLOSE LOOP..SENSOR O2?TERUS KALAU FITUR ITU ANE BILANG IKUT-IKUTAN FITURNYA HONDA CBR150?ANE BILANG LATAH NIH YAMAHA?.TERNYATA SPEEDNYA MASIH DIBAWAH CB YANG NON SENSOR O2..DAN MASIH OPEN LOOP?
APA YANG ANE BILANG INI SESUAI FAKTA?
FBY KAPAN PINTERNYA SIH SELALU BILANG DOHC??????
DOHC BUKAN PENGARUH SPEED?.
DEFINISINYA LEBIH KEPADA PRESISINYA 2 CAMSAFT MENGANGKAT 4 KLEP?PISTON OVERBORE INILAH KARAKTER SPEED?
YAMAHA PUNYA DIASIL TAPI BELUM TENTU AMAN BUAT CAMSAFT DAN PER KLEPNYA SERTA KOMPONEN PART BLOK MESIN..ALHASIL MESIN CEPAT DROP TENAGANYA..APALAGI PAKE PREMIUM JATAH BUAT ORANG KISMIN?MALU LAH SAMPEYAN KAYAK GA PUNYA HARGA DIRI AJA NAIK MOTOR DIATAS 20 JUTAAN ITULAH ORANG KISMIN DAN BANYAK GAYA?KREDIT PULA?.!!!
YANG BERANI KOMENTARIN PENDAPAT ANE BERARTI MUKA TEMBOK DAN KISMIN BANYAK GAYA?.!!!
====================================================
mau ane komentarin ahhh… gw udah muka beton. tembok mah cemen 😛
bukannya CB jadi lemot salah satunya karena pengapian disesuaikan untuk minum bensin orang miskin ya?
berarti CB sasarannya orang miskin yang kurang dana beli CBR150.
harus diakui power delivery nya ngga bagus (ane gak mau mengatakan jelek), karena banyak power loss nya. ditest di beberapa dyno tetep lebih besar outputnya punya NVL.
meskipun dilapangan kadang power on crank yang lebih kecil bisa menang padahal juga beda kapasitas mesin. misalnya saja motor kebanggaan FBH yaitu CS1 yang ntah motornya sperti apa, ngga pernah terlihat, saking lakunya atau diborong penggermar speed ane kagak tau 😀
677. stealth – Januari 19, 2013
@roy maho!
Lo ngemeng asbun aja mana datanya sport nehi2 rtr lebih baik dari cbsf?? Trus mas iwans emang udah nguji performa cbsf?? Otak ente ada dimana?
———————————————————————————–
makanya baca om dari atas… situ punya mata kan? bisa baca kan? silahkan baca post gw diatas..
otak udang jangan dipake… kek ngetes aje ente… deviasi aja udah kliatan gede… 127kpj cuma 116kpj… 135 kpj? cuma 120kpj lebih dikit…
😆
@wong meseng
AHM berbohong donks… 17ps on crank untuk on wheel seharusnya lebih besar dari pada NVL yang 16.59ps… tapi kok di dyno power malah lebih kecil dari NVL… seharusnya lebih besar sedikit… mengingat power oncrank lebih besar dari NVL… tapi realita?
power real CB cuma 16.3 ps…
IMHO, YIMM rada missed opportunity dgn ga mnerapkan 6 speed gearbox pd NVL, gw rasa nambah cost ga banyak, tp top end performance bakalan banyak ketolong & bakalan jadi “WOW” factor yg lebih menarik konsumen terkait urusan ngebut d jalanan.
682. gunawanspurs – Januari 19, 2013
IMHO, YIMM rada missed opportunity dgn ga mnerapkan 6 speed gearbox pd NVL, gw rasa nambah cost ga banyak, tp top end performance bakalan banyak ketolong & bakalan jadi ?WOW? factor yg lebih menarik konsumen terkait urusan ngebut d jalanan.
===============================================
tidak seperti yg anda bayangkan,emang kalo 5 speed mau jadi 6 tinggal tambah doang gitu ? emm..perlu di hitung ulang semua rasio nya sesuai karakter mesin butuh biaya riset….selain biaya penambahan part.mungkin hal itusudah di perhitungkan oleh yamaha ,mungkin karakter mesin vixion mubajir menggunakan 6speed tidak sesuai ada perubahan yg berarti dan akan menambah harga jual , IMHO
jadi ga salah pilih ane beli honda cb150r mantap bro
Tadi nemenin kawan ke dealer honda nusantara surya sakti.
ternyata sudah ada CB yg nongkrong,,
Asli keren bro,,, soalnya dipajang diantara NMP,,coba Klo dipajang diantara Tiger,, pasti keliatan cungkringe.
Kwek,, kwek,, kwek,,,
681. Roy (X-Road Wannabe – Trellis Edition) – Januari 19, 2013
@wong meseng
AHM berbohong donks? 17ps on crank untuk on wheel seharusnya lebih besar dari pada NVL yang 16.59ps? tapi kok di dyno power malah lebih kecil dari NVL? seharusnya lebih besar sedikit? mengingat power oncrank lebih besar dari NVL? tapi realita?
power real CB cuma 16.3 ps?
======================================================
bohong atau tidak cuma orang yang mikir yang tau.
ane cuma wong meseng, terserah ane mau ngomong apa, bukan utusan pabrikan kok.
well, saran saya demi membantu kemajuan dunia otomotif, para fbh bloon DILARANG komen soal mesin, gear atau apapun yg berbau teknis………krn itu seperti melempar lumpur kotor ke air yg jernih.
Please, sampeyan2 jgn bersikap tolol begitu.
semoga bermanfaat saran saya ini.
*hahahahahahahah
@jaos ! Sama dong kek elo cong! G tau apa2 cuma bisa ngebece n bacot bau doang… 😆
Edan… hampir 700 koment,,,
684. 3koplak – Januari 19, 2013
tidak seperti yg anda bayangkan,emang kalo 5 speed mau jadi 6 tinggal tambah doang gitu ? emm..perlu di hitung ulang semua rasio nya sesuai karakter mesin butuh biaya riset?.selain biaya penambahan part.mungkin hal itusudah di perhitungkan oleh yamaha ,mungkin karakter mesin vixion mubajir menggunakan 6speed tidak sesuai ada perubahan yg berarti dan akan menambah harga jual , IMHO
================================
Fact is, max power NVL ga beda jauh dgn R15, dan performa R15 di Indihe bisa seimbang dgn CBR 150R fi wlwpun cuma bermodal SOHC overstroke. Udah terbukti kan di sini, implementasi gear rasio R15 ke old Vixy ga terlalu sulit ? Pasti ada added cost, tp IMHO ga signifikan, spt saat Tiger 200 upgrade 6 speed ke Tiger Revo.
Masalah karakter mesin, ane setuju kalo karakter dasar mesin SOHC overstroke/square adalah torquey, dgn power band yg luas, tenaga + torsi udah ngisi dr RPM sangat rendah, gear box yg close ratio akan terkesan mubazir, ga spt mesin DOHC overbore yg cenderung karakternya peaky (walaupun dikebiri di CiBie). Tapi kenapa ga mengikuti Tiger Revo yg karakter gear 6 nya adalah overdrive agar high speed cruising d jalan datar jd lebih nyaman & bisa membantu top speed pd sikon spt itu ?
Yah ga menyalahkan jg sih, mungkin YIMM fokus ke irit & fitur2 yg lebih lengkap, krn secara performa walaupun kalah tipis di atas aspal (asumsi tes OTOMOTIF 100 % valid), beda cma 11-12, dan masih banyak keunggulan NVL yg bisa dijual. Namanya jg perusahaan mau cari untung, seperti juga si CiBie yg masih pake tutup tangki jendol model jyadul.
@gunawanspurs
R15 gak bakal di akui kutangers… kan SOHC… meskipun performa 11-12 ama CBR150 disono…
😉
@stealth
setelah cari2…
iwanbanaran.com/2011/12/29/gigi-lima-tvs-apache-rtr-160-mampu-mengalahkan-vixion/
😉
fby masih seperti dulu….
*dongo tingkat tuyul!
yg nyolot2 masih pada inget ga yaa…. waktu data dyno Ultraspeed keluar.. Pada ga percaya……………….. minta data pembanding..
Ne dah keluar data 3 dyno…. malah gap jadi 0,6 HP.. makin jauh…
Napa satu data aksel yg beda hari ditelen mentah2 yeee………………… standar janda neeeh……………………. hayooo mana data pembanding…
@roy
yups ane tau artikel itu dan tentu aja kalo dihadapkan pada situasi head2head gitu sudah pasti akan memicu adrenalin buat masing2 ridernya..
Masalahnya kan di artikel ini mas iwb g berniat menggali topspeeMasalahnya kan di artikel ini mas iwb g berniat menggali topspeeMasalahnya kan di artikel ini mas iwb g berniat menggali topspeeMasalahnya kan di artikel ini mas iwb g berniat menggali topspeed!!
Mungkin akan lain ceritanya bila situasi diatas terjadi disaat mas iwan sedang testride harian cb150r ini n tiba2 ada motor spt rtr 160, vixion seris, fu etc bermanuver sama kek cerita diatas…
Tp kan ternyata g ada situasi kek gitu? Trus darimana lo bisa bilang kalo cb150r ini g lebih baik dari rtr 160???
Kalo
@roy
yups ane tau artikel itu dan tentu aja kalo dihadapkan pada situasi head2head gitu sudah pasti akan memicu adrenalin buat masing2 ridernya..
Masalahnya kan di artikel ini mas iwb g berniat menggali topspeed!!
Mungkin akan lain ceritanya bila situasi diatas terjadi disaat mas iwan sedang testride harian cb150r ini n tiba2 ada motor spt rtr 160, vixion seris, fu etc bermanuver sama kek cerita diatas…
Tp kan ternyata g ada situasi kek gitu? Trus darimana lo bisa bilang kalo cb150r ini g lebih baik dari rtr 160???
Kalo ada fakta tentang komparasi head2head di dyno+di aspal yg benar bahwa rtr setara cb150r tentu ane akan terima tapi kenyataannya mana??? Cuma perbandingan semu aja yg lo share dimarih……. 😆
Ketimbang debat dikomentar?kenapa nggak tanya langsung kesumbernya??
iwanbanaran.com/2013/01/19/ketimbang-debat-dikomentar-kenapa-nggak-tanya-langsung-dari-sumbernya/#comment-272345
signal gps berpengaruh pada keadaan cuaca saat mndung or trang.
bro iwb ngetest dlm kondisi bgmna?
mhn pencerahan’a maz bro.
@sisi
kalo soal nv menang di dyno lawan cb gw rasa itu udah closed! Realitanya memang demikian nv unggul tipis 0,1-06ps atas cb on dyno…
Masalahnya ketika di adu dijalan raya kan kebalikannya!!
Cb unggul mutlak mulai dari trek 60-80-200-402m oleh tester yg sama menggunakan alat performance box bukan spidometer!!
Dan dialinea terakhir ada kata yg mengandung ‘pilihan’ pilih mana?
mau motor yg unggul di dyno aka new vixion atau
motor yg unggul dijalanan aka cb150r??
Pilih aja sesuai selera g perlu bece sana-sini kan…? 😀
@699. stealth – Januari 19, 2013
Oleh tester yang sama ??? apa dihari yg sama dan waktu yg berdekatan…………..???? standar ganda kan…………………
juragan ultraspeed aja mau tuh ngulang dynotest…
————————-
gtitwo 4 hari yang lalu
hello friends…
hari ini 14 january 2013 akhirnya kita kembali mengumpulkan teman2 untuk mencoba FAIR. alias mengambil data pada:
1. waktu yang bersamaan selisih mnt
2. Suhu yang sama.
3. Kelembapan yang sama.
4. di rasio puncak yang sama.
hasil siapa lebih unggul???? STAY? TUNEEEEE!!!!!
————————–
Tuh dyno yg variabel bisa terkontrol aja mesti diulang biar sahih…. cuaca juga ngaruh…
Apalagi yg test racelogic beda hari ampe hitungan minggu.. liat tuh di tester otomotif FB.. kapan test masing2nya
DYno yg terkontrol aja mesti diulang biar yakin…. makanya tiap akhir tahun ditest lagi hari yg sama buat MP award… data yg cuman satu tuh ga kepake…..
Aneh… data komputer yg lebih akurat ga langsung bisa disimpulan.. Test yg cuman satu langsung disimpulin
standar janda…………….hahaha