CB150RUntuk memuaskan dahaga serta rasa ingin tahu akan akurasi speedo CBSF, kali ini dengan alat dan aplikasi yang sama yakni GPS Runtastic….bisa IWB rekam pada tiap kecepatan. Seperti biasa variasi speed yang IWB comot yakni? 60km/jam…80km/jam serta 127km/jam. Nih dia hasilnya….

Speedo digital umumnya lebih akurat dibanding analog. Namun….tidak semuanya mempunyai persentase akurasi yang sama. Nah…setelah motor-motor lain seperti CBR150R, Ninja 150L, Byson, New Vixion, Satria FU telah kita ukur….kini giliran sang CB yang ditest. Yup…motor anyar AHM ini kita tes dari speed bawah 60km /jam. Recording dinyalakan…..running dijalan secara konstan diangka 60km/jam….segera berhenti ditempat aman. Stop dan diperoleh angka 56.2 km/jam on GPS Runtastic. Hhhm….gede juga penyimpangan dilow speed. Testing dilanjutkan……

CB150R
Speedometer 60km/jam…GPS 56.2km/jam

Kali ini melaju pada kecepatan 80km/jam.? IWB panteng terus selama hampir satu kilo…dirasa cukup segera berhenti. Kepinggir jalan…ngintip GPS dan angka nongkrong di 74,1 km/jam. Wewww…termasuk stabil euy. Prediksi penyimpangan akan “nggilani” tidak terbukti. Padahal IWB sebelumnya rada pesimis mengingat pada low RPM sudah terpaut nyaris 4km/jam (biasa motor lain nempel diangka 59km/jam).? Namun ternyata semakin besar…kalibrasi tetap terjaga direntang yang sama. Karena sudah kepalang basah…..IWB akhirnya tetap ON-kan GPS melaju pulang ke -Depok. Dan disanalah IWB bisa ngetest pada kecepatan diatas 120km/jam….

iklan iwb
CB150R
Speedometer 80km/jam…GPS 74.1km/jam

Dijalan Juanda yang lempeng dan sepi….motor IWB geber. Sambil nunduk speedo nyantol diangka 127km/jam. Pada kecepatan tersebut, nafas sang CB masih lega dan terus naik. Sayang trek sudah habis. Yo wis….toh belum ada tujuan gali top speed. Hanya sekedar mengukur kalibrasi speedo vs GPS. So urusan kecepatan puncak…kita coba lain waktu. Singkat cerita….sampai kediaman segera merogoh saku, stop recording…..saving dan nongol speed 115.9km/jam bisa kita bulatkan menjadi 116km/jam. Not bad!. Jadi….ketika speedometer CBSF menunjukkan angka 127km/jam, GPS 116km/jam. Untuk persentasenya monggo dihitung sendiri. Ada komentar??……(iwb)

CB150R
Speedometer CB150R menunjuk 127km/jam…GPS 115.9km/jam

734 COMMENTS

  1. 432. roy – Januari 18, 2013

    yayaya?. Nvl unggul di alat kontrasepsi beda 0, sekian ps doang!

    Tapi mas iwan bilang cb lebih lincah!

    Dan di tabloid otomotif cb unggul di trek 100- 200- 400meter!!

    Apalagi kalo lebih panjang!! Power dohc nya pasti makin nendang
    =================================================
    wkwkwkwkwk
    ente pikir kalau bisa teriak sampai 12000rpm itu linier dgn speed ya ?
    baca tuh grafik peak power hasil dynotest

  2. sbg fbh gw akui cb kalah lawan nvl di dynotest!!!

    Tapi di lapangan boleh lah diadu!! Ingat cb lebih berat dari nvl!! G usah alasan ban lebar lagi cong!

    Mas iwb n tester motorplus udah bilang cb lebih unggul!!

    *yg bloon boleh nyolot lg :mrgreen:

  3. bambang NSR@ itu bnar byk yg dumpetin tuh part (technonya cb). nih motor mmg sgt mudah dkorek. tp ngomong2 u jg punya NSR ya, gue jg ada SP 2006. nsr tinggal knangan brow…

  4. wkwkwkwk@tukang jahit kehabisan kata2 ya
    ini ngomong komparasi cong , bukan ngomongin ms penjualan
    jangan mlengos mau lari ke penjualan ya
    ahm gak salah kasih nama CB150 yg artinya cebol dohc , cuma fansboy fanatik saja yg sulit terima kenyataan

    salam dohc cebol

  5. Hebat juga ya CB150R, dengan power on dino yang konon lebih inferior dari NVL, dengan bobot motor yang lebih berat dari NVL, bisa melesatkan motor lebih cepat dari NVL! Apa mungkin ini yang menjadi pembeda antara DOHC dengan SOHC? Dua jempol deh untuk CB150R!!

  6. @ perkin

    haduh…..
    lu ini bener2 idiot yak….
    gw tanya yang ngomong sayap sebelah duluan siapa??

    jawab yang bener ye….
    pengen tau gw jawaban orang idiot!
    wkwkwk…..

  7. ketahuan Honda CB150R Street Fire banyak lemahnya dri New Vixion..

    1. Topspeed cuman unggul 3 kpj dri New Vixion…percuma donk udah DOHC + 6 speed + ban cungkring cuman unggul 3 kpj doank sma New Vixion yg msih SOHC + 5 speed + ban gambot…apa kata dunia…hahaha

    2. Speedometer CB150R ngibul…brarti klw topspeed si CB unggul 3 kpj doank dri New Vixion..aslinya mah udah d kentutin New Vixion..ahahaha

    3. Kata AHM Power tembus 17 HP…kasian banget yg beli di kibulin…hasil Dynotest gak taunya power msih di bawah New Vixion…power DOHC kalah sma SOHC…apa kata dunia..hahaha

    4. Harga CB150R Overprice…dengan segala kelemahannya…Power d bawah New Vixion…ban cungkring…mesin downgrade palsu + gigi 6 yg overdrive + fitur yg minim kok malah harganya sma ma New Vixion…hahhaha

    intinya si CB150R malu2in pake mesin DOHC + 6 speed + ban cungkring + speedo ngibul…wkwkwk

  8. Buat anak2 FBH yg lg pd naik kelas ke DOHC?
    Pahami dulu konsep motor dohc anda?
    Ingat motor CB anda itu memang benar pake mesin CBR 150 fi?
    tapi banya dilakukan perubahan pd noken & ECU nya?
    Perubahan tsb ditujukan agar CB bisa minum premium?
    Hasilnya, emang bisa minum premium tapi tetep aja lama2 muncul gejala nglitik?
    Perubahan noke & penggantian ECU ini sangat mengebiri performa CB?
    Mesin dohc yg sesungguhnya tidak seperti CB?.
    bagi yg ingin performa CBR di motor CB silakan ganti dg ECU cbr 150 fi?. Pasng kembali sensor2 penting yg diumpetin AHM?
    ??
    ?Sebagai pemilik motor tua (nsr jadul) gw blm bisa berbangga dg performa CB? Sepertinya ni motor masih dibawah pulsar & RTR?

    ================================================
    koreksi dikit bro

    noken as tetap sama cuma beda durasi klep buang 5 derajat (beda di gigi sentrik nya aja)

    tenaga dengan old cbr beti bro,kalo yg kurang paham mesin mah engga kerasa

  9. Hmm..Tetap lebih kecil penyimpangan speedo vs gps nya TVS Apache. Setuju mas iwan? Tiap motor dr pabrikan punya kelebihan dan kekurangan masing2.

  10. 444. roy – Januari 18, 2013
    ingat sebelum lawan cb di trek, nvl suruh lawan fu dolo!!

    Kan versi dyno fu cuma 11dk tuh!!

    Berani?

    pakai ban cungkring deh kaya si CB…ane jamin NVL yg menang…

    CB150R malu2in pakai DOHC + 6 speed + ban cungkring cuman beda tipis ma NVL..ckckckc

  11. sebenernya sih lebih percaya hasil dyno daripada ulasan di jalan…

    kenapa? karena di jalan itu banyak faktor x… bahkan seorang rider kelas dunia pun laptime ga akan pernah sama identik… nah kalo dipikir2 waktu kondisi racelogicnya itu…

    tapi hasil dyno itu absolut

    masih banyak pertanyaan,,, apalagi ga dicantumin foto gambar hasil racelogicnya

    gapnya pun tipis – tipis banget… 200m 0,3 detik… menipis jadi 400m 0,2 detik,,, hasil di racelogic 132 vs 135??? ini tambah meragukan buangett… percaya sampeyan2 ini di gps top speed vixy 132? lhawong di hampir 10.500 rpm aja pembacaan speedonya diatas mesin dyno (tanpa hambatan angin) cuma 134? berarti selisihnya cuma 2 kpj sama standar?

    vixionr15.wordpress.com/2013/01/17/top-speed-yamaha-new-vixion-lightning-134-kpj-di-mesin-dynotest/

    pertanyaannya:

    apakah itu pengetesannya diulang? dari 10 kali percobaan diambil yang terbaik? apa cuma dari 1 kali percobaan?

    apakah kemampuan ridernya dalam membejek karakter DOHC n SOHC sama? bahkan rider moto gp pun belum tentu kemampuan mbejek mesin konfigurasi V sama inline pun sama baiknya

    banyak banget faktor X nya… dibilang ngeless yo ben 😆

  12. motorplus.otomotifnet.com/read/2013/01/18/337796/36/13/Komparasi_New_V-Ixion_VS_CB150R__Performa_Bikin_Bimbang
    Tak cukup akselerasi dan top speed, kami juga penasaran dengan potensi mesin on wheel, makanya dites pakai dynamometer. Mengejutkan! Baik tenaga maupun torsi V-Ixion ternyata lebih besar dari CB150R!

    Anda terkejut? Sama dong! Bahkan kami sampai mengukur di dua tempat berbeda. Pertama di-dyno milik Aerospeed, Jl. Haji Nawi 74, Jaksel. Kedua, di Sportisi Motorsport, Jl. Tenggiri 4A Rawamangun, Jaktim. Ternyata hasilnya identik, tetap lebih besar V-Ixion.

    Tepatnya di dynamometer Dynojet 250i milik Sportisi tenaga V-Ixion 14,17 dk pada 8.850 rpm dan torsi 12,76 Nm pada 7.050 rpm. Sementara CB150R 13,45 dk pada 10.300 rpm torsi 10,83 Nm pada 7.800 rpm. Kedua motor kondisi standar pabrik dengan bahan bakar yang sama.

    —————————————————-

    Dah sah power NVL lebih besar…
    Keliatan gap nya dipangkas.. 201m 0,3s 402m jadi 0,2s
    berarti ada speed lebih buat ngejar pas posisi dah sama2 final gear
    132 kpj versus 135kpj tapi dgn spido NVL yg lebih akurat

  13. @ perkin

    tuh kan kalo orang idiot emang jawabannya ga nyambung ama pertanyaan!

    wkwkwkwk….

    kate lu tadi lagi ngomongin speedometer kok lu malah bawa bawa sayap sebelah juga….

    wkwkwkwk…..

    emg idiot lu….

    wkwkwk…..

  14. yg bacot powerband,,,, pantengin neh gambar
    gambar.otomotifnet.com/Kanal%20MOTOR/Test/2013/20130118-komparasi-3.jpg

  15. 454. lovemybike – Januari 18, 2013

    sebenernya sih lebih percaya hasil dyno daripada ulasan di jalan?

    kenapa? karena di jalan itu banyak faktor x? bahkan seorang rider kelas dunia pun laptime ga akan pernah sama identik? nah kalo dipikir2 waktu kondisi racelogicnya itu?

    tapi hasil dyno itu absolut

    masih banyak pertanyaan,,, apalagi ga dicantumin foto gambar hasil racelogicnya

    gapnya pun tipis ? tipis banget? 200m 0,3 detik? menipis jadi 400m 0,2 detik,,, hasil di racelogic 132 vs 135??? ini tambah meragukan buangett? percaya sampeyan2 ini di gps top speed vixy 132? lhawong di hampir 10.500 rpm aja pembacaan speedonya diatas mesin dyno (tanpa hambatan angin) cuma 134? berarti selisihnya cuma 2 kpj sama standar?

    vixionr15.wordpress.com/2013/01/17/top-speed-yamaha-new-vixion-lightning-134-kpj-di-mesin-dynotest/

    pertanyaannya:

    apakah itu pengetesannya diulang? dari 10 kali percobaan diambil yang terbaik? apa cuma dari 1 kali percobaan?

    apakah kemampuan ridernya dalam membejek karakter DOHC n SOHC sama? bahkan rider moto gp pun belum tentu kemampuan mbejek mesin konfigurasi V sama inline pun sama baiknya

    banyak banget faktor X nya? dibilang ngeless yo ben 😆
    ==============================================
    bukan ngeles lagi ente bro tapi lucu wkwkkwkwk

    yah nama nya juga gen motor sendiri ya pasti gitu lah(arogan)

  16. 460. zizi – Januari 18, 2013

    yg bacot powerband,,,, pantengin neh gambar
    gambar.otomotifnet.com/Kanal%20MOTOR/Test/2013/20130118-komparasi-3.jpg
    ======================
    ane gan kenapa masalah?

  17. @pigson

    mungkin kalo dulu awal2 ane belinya cb juga bakal dukung cb abis2an,,, wakakakak 😆

    debat buat hiburan aja,,, banyak waktu luang nih liburan 😆

    setidaknya ane jawab pake argumen lah,,, ga cuma asal bacot sana bacot sini 😛

  18. 463. lovemybike – Januari 18, 2013
    =========================
    ok bro lanjut hiburan nya,kalo ane ada salah kata sory bro 🙂

  19. 57. tukang jait – Januari 18, 2013

    @ perkin

    tuh kan kalo orang idiot emang jawabannya ga nyambung ama pertanyaan!

    wkwkwkwk?.

    kate lu tadi lagi ngomongin speedometer kok lu malah bawa bawa sayap sebelah juga?.

    wkwkwkwk?..

    emg idiot lu?.

    wkwkwk?..
    =============================================
    mau ngeles apa lagi cong!!!!
    elu ngomongin MS PENJUALAN INA,THAILAND,INDIA karena mata elu udeh ketutupan sama sayap sebelah alias fanatik yg selalu bilang bahwa fakta hasil test sebagai BC , padahal ini artikel komparasi
    kalau otak elo belom ngerti ane maklum soalnya ente idiot
    ngerti gak cong “MATA ELU KETUTUP SAYAP SEBELAH”
    wkwkwkwkwkwk

    idiot dipelihara

  20. @pigson

    sante bro,,, debat boleh debat,,, tapi hati jangan sampe bermusuhan,,, wakakak… biarlah pabrik honda ma yamaha yang gontok2an golek duwit 😆

  21. 464. wah
    gak usah banggain test dino,langsun aja tes 201m.BERANI?
    Tuh cb dpt 10,301dtk
    nvl?hmm
    ———————————————————————–
    ketahuan bodoh n lemotnya ente…ayo dipilih..CB150R pakai ban gambot kaya New Vixion atau New Vixion pakai ban cungkring kaya CB150R…jamin deh CB150R kalah mutlak…wong New Vixion dgn ban gambot aja beda tipiss cuyy ma CB150R yg DOHC abal2 + power nipu + pkai gigi 6 cuman nambah 3 kpj doank lawan 5 speed msih SOHC…apa kata dunia…hahhaa

  22. si cebol Mau ngebut dimana,wong ngebut sambil nunduk jg cuma dapet 116 kph?

    Beuh,mencret2 deh, bakal abis di kamplengi Z1 ame xeon rc di jalan..gkgkgk

  23. cebong mah lebih berat daripada si shincan, kalo lari di jalan shincan kalah, ya emang dasar motor turunan bebek, pantes kalah sama motor race murni

    noh pantengin krr yang di dyno ga stabil dan powernya cuma 22, sekian bhp on the whell, uda on the whell, loh jadi ga usah ngebc berat, masi bisa kencingin ninja 250 r yang uda pake upgrade performa step 1, kalo di dyno tembus 32 bhp lebih, lha beda 10 bhp tuh, tapi masi menang krr,

    keliatan kan kalo turunan balap (racing replica) lebih cepat dari sport touring

    tapi masalahnya motor sport tulen masa di kompare sama motor bebek, ya walaupun BHP motor bebek unggul, tapi performanya jauh lah di jalanan, ga percaya? tanya FBY yang sedang munafik munafik di hatinya

  24. new vixion lightning lebih akurat, speedo 60km/jam – GPS 59km/jam, speedo 80km/jam – GPS 77km/jam.
    sedangkan CBR150R speedo 133km/jam – GPS 130km/jam

  25. ya memang begitulah gunanya perkembangan teknologi
    Dohc bukannya pengembangan dari Sohc
    jadi, cukuplah segelondong mesin dohc ABAL-ABAL buat Ngimbangin atau bahkan mungkin mengalahkan mesin Super Advanced Powerfull SOHC

  26. 446. PIGSON 5SPEED.BOHLAM 35WATT.LEMOT MINIM FITUR HARGA OVERPRICE – Januari 18, 2013

    Buat anak2 FBH yg lg pd naik kelas ke DOHC?
    Pahami dulu konsep motor dohc anda?
    Ingat motor CB anda itu memang benar pake mesin CBR 150 fi?
    tapi banya dilakukan perubahan pd noken & ECU nya?
    Perubahan tsb ditujukan agar CB bisa minum premium?
    Hasilnya, emang bisa minum premium tapi tetep aja lama2 muncul gejala nglitik?
    Perubahan noke & penggantian ECU ini sangat mengebiri performa CB?
    Mesin dohc yg sesungguhnya tidak seperti CB?.
    bagi yg ingin performa CBR di motor CB silakan ganti dg ECU cbr 150 fi?. Pasng kembali sensor2 penting yg diumpetin AHM?
    ??
    ?Sebagai pemilik motor tua (nsr jadul) gw blm bisa berbangga dg performa CB? Sepertinya ni motor masih dibawah pulsar & RTR?

    ================================================
    koreksi dikit bro

    noken as tetap sama cuma beda durasi klep buang 5 derajat (beda di gigi sentrik nya aja)

    tenaga dengan old cbr beti bro,kalo yg kurang paham mesin mah engga kerasa
    ———————————

    halah, gak konsisten.
    noken as ya tetep aja beda, durasi dan sentrig beda trus apanya yg sama? koplak

  27. klo honda cb menang, itu berarti konsumen udh cerdas… iya donk..
    bener kan jaos?
    ngibul gk mempan utk kelas sport… jd yamaha gk boleh kalah loh… nanti jaos dan juragan jd malu..

  28. 09. PIGSON 5SPEED.BOHLAM 35WATT.LEMOT MINIM FITUR HARGA OVERPRICE ? Januari 18, 2013

    Owh itu bukan plagiat

    Tetapi hanya terINSPIRASI , ya saya mengerti skrg

    CBSF terINSPIRASI old vixi bukan Plagiat yaa

    hmm benar juga kata elu cong! ————————————————————————————— SAYA STUJU BRO! CBSF BUKAN PLAGIAT ! CUMAN TERINSPIRASI AMA OLD VIXION KOK LARIS YA…. ( KOK TIGOR GUE , MEGYPRET GUE NGK LARIS YA!) MODEL AJA JADUL, MESIN PANCET AE, TRUS MUNCUL LAGI YG IDE BEGO MUNCULIN VERUS 150 HRG MURAH! BIAR MESIN MEGY PRET GUE YG NUMPUK2 DI GUDANG BISA LARIS MANIS!. PERMAK MODEL DIKIT2 LAH DI TAMBAHIN INJECTION MURAH NANTI KLO TANGKI BOCOR BIAR YG BELI YG TANGGUNG BOCORNYA! ^_^

  29. 127 bagi 100% = 1,27
    1.27 kali 92 = 116,84 dibulatkan 116 km/jam
    100 – 92 = 8%
    jadi penyimpangan sebesar 8%

  30. ============
    Gak peduli lebih lambat ato lebih kencang ato malah lemot…
    YG PASTI naik moto dg power & torsi yg lebih besar yg dirasakan PASTI lebih nyaman & lebih pede dg gerak-gerik motor selama di jalan…. Apalgi suspensi & konstruksi body mendukung….
    ============

  31. @ 477. edi – Januari 18, 2013
    ============
    Gak peduli lebih lambat ato lebih kencang ato malah lemot?
    YG PASTI naik moto dg power & torsi yg lebih besar yg dirasakan PASTI lebih nyaman & lebih pede dg gerak-gerik motor selama di jalan?. Apalgi suspensi & konstruksi body mendukung?.
    ============

    ******************************************************
    Setuju mas Bro….
    seperti naik tiger 95 lebih pede dibanding tiger revo…. tenaga lebih terasa…
    Naik scorpio lama terasa lebih antep & nendang drpd scorpio klingon…

  32. intinya spidometernya simpangannya banyak, titit eh titik.
    mau 127 kpj atau 130 kpj masih bisa nambah gasnya, tapi simpangannya banyak.
    ngga begitu akurat spidometernya. yanga 127 kpj mirip2 hasilnya dengan blog sejutaumat.com

  33. Tepatnya di dynamometer Dynojet 250i milik Sportisi tenaga V-Ixion 14,17 dk pada 8.850 rpm dan torsi 12,76 Nm pada 7.050 rpm. Sementara CB150R 13,45 dk pada 10.300 rpm torsi 10,83 Nm pada 7.800 rpm. Kedua motor kondisi standar pabrik dengan bahan bakar yang sama.
    ————————————–
    weeeew… makin jauh aja… beda ama yg di ultraspeed…. selisih 0,62 dk……………………..ckckck…
    gambar.otomotifnet.com/Kanal%20MOTOR/Test/2013/20130118-komparasi-3.jpg
    ampe terkena limiter tetep powernya diatas powermax cibie
    Powerband juga mirip2….

  34. 474. pak tarno – Januari 18, 2013

    pak tarno yg bloon bin koplak kayak bos ente ,kalo g tau mesin diam aja jadi kelihatan bego nya ente,

    kok fby bodoh2 ya,congor sama isi kepala di singkron dulu(kalo punya isi kepala)

    tanya sama ketua ente yg bloon sama durasi kem

    dasar tolol bloon pekok

    kalo belum sanggub sanggah orang diam aja ,coz otak lo belom sampe !

  35. @perkin

    haduh perkin perkin….
    bener2 idiot ni orang
    katenye ngomongin speedometer, kok malah nyolot2 sayap sebelah nutupin mata segala!
    idiot emg kalo jawab panjang lebar tapi ga nyambung…..

    bte mata lu picek ga tuh baca tabloid otomotif…

    okelah kalo mata lu buta ga tuh liat tabloid otomotif???

    akselerasi ma top speed siapa yang unggul???

    o ya lu pasti bangga bgt nvl unggul tenaga!
    tapi lu tau ga hasil dyno satria fu dohc (ga tau gw menurut fby ini abal2 ato ga) cuma 11 hp?
    tapi walaupun 11 hp ences tuh bisa ngencingin old vixion yang 13,98 hp!!

    buta ga lu???
    jangan sanpai udah idiot buta juga lu…

    itu fakta d lapangan…..
    jangan ngeles kalo tabloid otomotif da d beli ahm ya!!

    wkwkwkwk…..

  36. 483. PIGSON 5SPEED.BOHLAM 35WATT.LEMOT MINIM FITUR HARGA OVERPRICE – Januari 18, 2013

    Heran gw ama sales satu ini

    mosok ya CB150R disama kan dgn CBR150R

    elu tanya bos elu deh ,sama kagak

    harga nya aj dah beda 11 jeti

    elu mau memutar balikkan fakta bagaimana pun

    CB dan CBR bagaikan bumi dan langit ,jgn MIMPI deh beli CB

    dapet performa CBR ,

    kecuali ente punya duit lebih 11 jeti

Comments are closed.