CB150RHot topic tentang kedua motor diatas belum juga pudar. Setelah dua minggu dirilis….masih banyak pertanyaan dilontarkan keIWB akan kelebihan dan kekurangan masing-masing kedua besi. Salah satu yang ternyata sering diajukan adalah….kelincahan. Yup….komponen penting yang nampaknya luput dari pembahasan IWB sebelumnya…..

Dalam memilih sebuah produk…..kita kudu jeli menggali tiap jengkal kelebihan dan kekurangan calon idaman. Semua pertimbangan harus melihat unsur fungsi atau kebutuhan yang mzbro inginkan. Apakah irit yang menjadi pertimbangan utama?. Atau handling ?….performa?. Kudu dikupas satu persatu. Nah…dari sekian pertanyaan yang muncul, manuver kelincahan jebule masuk kategori “penting”. Maklum mzbro…..kota Jakarta yang macet menjadi momok menakutkan tiap biker. Jika salah pilih tunggangan…badan bisa terkuras hanya untuk menekuk serta mengendalikan motor. So…..lincah mana antara CB dan NVL (new Vixion)??……

NVLDua-duanya bisa IWB katakan sama-sama lincah. Namun dalam kacamata pribadi, StreetFire satu level lebih unggul dibandingkan siLightning. Dengan diupgradenya kaki-kaki NVL, efek positifnya motor mengalami peningkatan handling. Tapi sisi negatifnya adalah….kelincahan manuver sedikit tergadaikan. Sementara CB150R….rancang bangun yang memang mengedepankan faktor ramping dan ringan lumayan berhasil merealisasikan dilapangan. Diluar segala teori yang disodorkan seperti sudut kemudi yang lebar (90 derajat), radius putar lebih kecil (1.980m)…motor ini memang terasa “light” dan gampang ditekuk-tekuk. Kelebihan yang akan membuat CB150R superior membelah kemacetan lalu lintas Jabodetabek dibanding kompetitor. Jadi lincah mana antara CB150R dibanding NVL??. Sampeyan sudah tahu jawabannya brosis……….(iwb)

iklan iwb

IMG_4971

514 COMMENTS

  1. 220. tetep honda – Januari 3, 2013
    208. AHS ? Januari 3, 2013

    atau coba link ini bro
    oto.detik.com/read/2012/12/12/180518/2116884/1208/aksi-freestyler-ramaikan-peluncuran-honda-cb150r-streetfire

    =====================================================

    wiiihhh kuat bgt tuh bro sasisnya
    masih kuat di bawa loncat sampe 3 meter
    NVL gimana???
    ==================
    Uji sasis apa uji suspensi…. Hayooo dipikir2 lagi… hehe…..
    Test sasis ama komstir gampang… mendarat aja ama roda depan…Tapi tuh rider asuransiin yaa.,… modar ntar soalny

  2. 242. Cah Nganjuk – Januari 3, 2013
    xixxixxi disinyalir mas IWB lebih suka boyong NVL,,, ne nebak doank lho ya IMHO
    =========================

    NMP lebih lincah dari byson…. Om IWB milih handling…..
    Selera seeh……………………
    Kemungkinan pilihannya Pulsar 200 NS…. terangkum semuanya….hehe

  3. 236. skywaver – Januari 3, 2013

    ya lincah cb150r lah, sama seperti old vixion soalnya..cuma gak signifikan ah..tapi klo jalan macet boros cb150r, gantung rpm terus, kalah torsi..

    ====================================================

    menurut saya gk boros2 bgt bro
    kmaren udh ane tes CB ane ke gunung pancar + muter2 kota bogor(ane boncengan)…jarak tempuh 109.6 km…di indikator bensin cuman abis 1 kotak…pas liat tanki…masih di atas setengah banget…kira2 abis 2 liter lebih…

  4. 243. muhatidus
    lha motor saya new meggy bro th2011, istri punya byson 2012 sep. mau liat dateng aja kerumah dupak bandarejo II Belakang IBM pas surabaya

  5. 244. zizi – Januari 3, 2013

    220. tetep honda ? Januari 3, 2013
    208. AHS ? Januari 3, 2013

    atau coba link ini bro
    oto.detik.com/read/2012/12/12/180518/2116884/1208/aksi-freestyler-ramaikan-peluncuran-honda-cb150r-streetfire

    =====================================================

    wiiihhh kuat bgt tuh bro sasisnya
    masih kuat di bawa loncat sampe 3 meter
    NVL gimana???
    ==================
    Uji sasis apa uji suspensi?. Hayooo dipikir2 lagi? hehe?..
    Test sasis ama komstir gampang? mendarat aja ama roda depan?Tapi tuh rider asuransiin yaa.,? modar ntar soalny

    ====================================================

    menurut saya sasis lah
    shock pabrikan SHOWA sudah terbukti ajib mas bro…gk kalah sama OHLINS….

  6. 65. jaos_konsumen biasa – Januari 3, 2013
    well?kalo saya coba pahami sndri
    artinya soal lincah menang si cocotbacot?gampang ditekuk2 gampang jatuh.
    soal handling menang si lightning?..stabil.

    si cocotbacot menang krn light weight jadi gampang ditekuk2 di kemacetan?artinya jg gampang jatuh?kira2 begitu. Ini wajar sekali bagi mtr2 kurus?.

    saya paham sekali..

    *hahahahahahahahah
    ————————————————–
    bacot orang ini enggak sadar kali ya .. ngejelekin sesembahan nya sendiri …ha..ha.ha..ha..

  7. 249. tetep honda – Januari 3, 2013

    menurut saya sasis lah
    shock pabrikan SHOWA sudah terbukti ajib mas bro?gk kalah sama OHLINS?.

    ==================
    Hayooo..dipikir.
    yang mendarat roda depan apa belakang…. yg ngeredam suspensi apa rangka
    . pembuktian pro link itu…
    Kalo sasis uji impact masbro… ngehajar depan…
    atau mau uji velg.. hajar aja lubang… dapet impact nya..

  8. 252. ipanase – Januari 3, 2013
    ban depan terasa lebih enteng ketimbang si kebo
    =========================
    waaa bukan Ipan yg biasanya…………………. ala Nene TK matahari
    Jemuran….mana jemuran……………..?????

  9. 253. zizi – Januari 3, 2013

    249. tetep honda ? Januari 3, 2013

    menurut saya sasis lah
    shock pabrikan SHOWA sudah terbukti ajib mas bro?gk kalah sama OHLINS?.

    ==================
    Hayooo..dipikir.
    yang mendarat roda depan apa belakang?. yg ngeredam suspensi apa rangka
    . pembuktian pro link itu?
    Kalo sasis uji impact masbro? ngehajar depan?
    atau mau uji velg.. hajar aja lubang? dapet impact nya..

    ==================================================

    nahloh….salah dong saya….
    pencerahan yg bagus mas bro

  10. Handling CB150R di bentuk untuk memperbaiki tangan yg sengklek yg di akibatkan selama ini pda memakai SFuck,Nupiksin dan Bison gak percya? Bukyiin aja

  11. yalah……males ngebahas inu trus….maaf juga buad mas kupaw….cz istrinya aja naek si kebo….uuuuhhhh ngeri……n
    vikson lama ane aja msh Lantjar jaya…biar kata org lemot….but bisa top speed 130 km/jam dah manteb sleketheb….wlopun sneng cbr…but blom terbukti…nunggu aja ah……

  12. 260. wangi2 – Januari 3, 2013

    237. tetep honda ? Januari 3, 2013

    wew?146km/jam?

    ==============================================

    segitu masih bisa naik lagi mas bro….
    liat aja rpmnya blm nyampe redline

  13. 194. lom pat

    Yang nentuin lincah nggak nya motor cuma faktor berikut deh:

    1. sudut rake, semakin tegak makin lincah
    2. jarak sumbu roda, semakin pendek semakin lincah
    3. sudut belok kemudi, semakin lebar semakin lincah
    4. ukuran dan tekanan angin ban, semakin dikit bidang kontak ke tanah, semakin lincah

    Ngga pake perasaan, cuma angka, monggo dibandingkan keduanya dengan adil.
    ======================================================
    saya setuju dengan yang ini, makanya knapa matic banyak yang lebih lincah..satu lagi bang…tinggi motor juga mempengaruhi loh

  14. yaa cb lincah krn ban kuyus keying kuyang gizi, itu buat om iwb yang bodynya gambot.
    makanya jajalin dua duanya biar pinter gak asal jeplak kek efbeha.
    jedotin dulu kepala u ke tembok biar pinter dikit benc0ng2 efbeha.
    nyoyot dong c0ng!
    gue lg demen bgt nab0kin efbeha nehh…., gr gr gr gr!

  15. @ wayne wondo

    iya om sayang2 digeber masih masa inreyen mah takutnya malah kasar mesinnya 😀 lewat masa inreyen baru dah gas pool abis tuh!! don’t forget videonya tuh biar yg komen dimari puaaaassss 😉

  16. sy liat IWB lebih demen NVL., dr segi fisik lo yahh.., buat mejeng oke punya,,
    tp keknya nunggu byson injeksi, facelift doank ato all new bener2 gelap,. tp liat kiblat fz16 si kebo gak akan jauh2 dr fz16 v.2 (imho) :mrgreen:

  17. fby bkalan kalang kbut. disinyalin next tiger pake msin cbr250. brati DOHC juga. yamahmud mana?? lgi2 SOHC Operstruk SOHC Operstruk SOHC Operstruk…. lama2 modiar kojot2

  18. 262. arfunk – Januari 3, 2013

    194. lom pat

    Yang nentuin lincah nggak nya motor cuma faktor berikut deh:

    1. sudut rake, semakin tegak makin lincah
    2. jarak sumbu roda, semakin pendek semakin lincah
    3. sudut belok kemudi, semakin lebar semakin lincah
    4. ukuran dan tekanan angin ban, semakin dikit bidang kontak ke tanah, semakin lincah

    Ngga pake perasaan, cuma angka, monggo dibandingkan keduanya dengan adil.
    ======================================================
    saya setuju dengan yang ini, makanya knapa matic banyak yang lebih lincah..satu lagi bang?tinggi motor juga mempengaruhi loh

    ======================================================

    setuju bgt sama bro yg satu ini

  19. 194. lom pat – Januari 3, 2013

    Yang nentuin lincah nggak nya motor cuma faktor berikut deh:

    1. sudut rake, semakin tegak makin lincah
    2. jarak sumbu roda, semakin pendek semakin lincah
    3. sudut belok kemudi, semakin lebar semakin lincah
    4. ukuran dan tekanan angin ban, semakin dikit bidang kontak ke tanah, semakin lincah

    Ngga pake perasaan, cuma angka, monggo dibandingkan keduanya dengan adil.

    ==========================

    Fair points, agreed, satu hal lagi, bobot kendaraan, tp krn keduanya setara, ya ga ngaruh (mungkin ngaruh klo bicara titik gravitasi motornya, semakin rendah semakin stabil tp kurang lincah).

    Krn mmg CB150 R ini lebih cungkring dibanding NVL, dgn measurement yg mendukung utk agilitas tsb, wajar aja jd lebih gesit. Masalahnya, ga ada yg 100% sempurna, ada benefit, ya ada cost nya.

    Motor yg lebih lincah, cateris paribus vs pesaing yg kebalikannya, akan lebih labil di kecepatan tinggi, terutama utk high speed cornering. Itu udah hukum fisika, mau bacod apa jg ga bisa dibantah.

    Jadi kalo mmg hobi ngalay di jalan selap-selip di kemacetan, udah jelas mana yg jd pilihan utamanya ya. :mrgreen:

  20. 262. arfunk – Januari 3, 2013

    194. lom pat

    Yang nentuin lincah nggak nya motor cuma faktor berikut deh:

    1. sudut rake, semakin tegak makin lincah
    2. jarak sumbu roda, semakin pendek semakin lincah
    3. sudut belok kemudi, semakin lebar semakin lincah
    4. ukuran dan tekanan angin ban, semakin dikit bidang kontak ke tanah, semakin lincah

    Ngga pake perasaan, cuma angka, monggo dibandingkan keduanya dengan adil.
    ======================================================
    saya setuju dengan yang ini, makanya knapa matic banyak yang lebih lincah..satu lagi bang?tinggi motor juga mempengaruhi loh
    =====================================================
    dua lagi bang,,,,,, skill si rider,, dan bobot rider,,, :mrgreen:

  21. 46. tukang jait – Januari 3, 2013

    fby mo alesan apalagi yah????

    jalan sepi kalah kenceng!!
    jlan macet kalah lincah!!

    mencret..mencret dah?
    =======================================

    LIHAT DATA

    torsi =NVL 14.5 7500rpm =cb 13.1 8000rpm
    berat =NVL 129kg isi =cb 129 kosong
    ======= =========
    p x l x t =NVL 2010x705x1030 =cb 2008x705x1061
    bandepan =NVL 90/80 =cb 80/90
    ban belakang =NVL 120/70 =cb 100/80

    ya ngapain mencret, loe gak buta hurufkan!!!

    lincah dari mana nya CB??

  22. 271. gunawanspurs – Januari 3, 2013

    satu hal lagi, bobot kendaraan, tp krn keduanya setara, ya ga ngaruh
    =================================================

    sampeyan gak kena katarak kan mata nya

  23. Satu hal lagi, it’s one thing to be better, but the SCALE of the differential, that’s another thing that’s very important.

    Kita tahu, Old Scorpio jauh lebih gesit dibanding Pulsar 200, tp P200 jg jauh lebih stabil di high speed cruising vs Old Scorpio. Nah, perbedaannya JAUH, sehingga sangat terasa perbedaan karakter kedua motor tsb.

    Namun antara NVL vs CB150 R, ane kok ragu ya kalo perbedaannya akan sangat signifikan, alias sebenarnya overall 11-12 aja, baik dr sisi agilitas/kegesitan (CB150 R yg 12) maupun high speed stability (NVL yg giliran dpt 12).

    Just my personal opinion ajah. 😎

  24. 275. Himawan Ib0z – Januari 3, 2013

    271. gunawanspurs ? Januari 3, 2013

    satu hal lagi, bobot kendaraan, tp krn keduanya setara, ya ga ngaruh
    =================================================

    sampeyan gak kena katarak kan mata nya

    ======================================

    Wkwkwkwk, dasar fanbois, ga fanboi kutang ga fanboi Yamaho, ga bisa meliat suatu hal dr kaca mata logika, adanya cma fanatisme buta belaka. 😆

  25. Kupaww/ DOHC,nya mirip ga sama NVL xixixixi

    gw jg pengen nampol komuknye qwerty pake komstir oblak tuh old vixi pake ban cacing dan yg lebh memalukan rem tromol mtor sport mesin bebek. diliat malem bary prima diliat siang2 ivan gunawan hahahahaha.

  26. @himawan iboz!

    Kasian Ni orang masih aja kemakan ame spek lebay pabrikan…

    Diatas kertas cb150r emang kalah torsi, tapi dengan artikel mas iwb ini setidak-tidak nya membantah itu semua! Kenyataanya cb lebih lincah dari nv! Coba baca dulu artikel ini…

  27. Motor yg lebih lincah, cateris paribus vs pesaing yg kebalikannya, akan lebih labil di kecepatan tinggi, terutama utk high speed cornering. Itu udah hukum fisika, mau bacod apa jg ga bisa dibantah.
    ========================================================================================================ya coba aja lo adu ducati panigale high speed vs kawasaki er6n bodi enteng panigale tapi untuk high speed juga lebih antep panigale. wkwkwkwkwkwkwkwk

  28. satu lagi karena pengapian nya d mundurin ,jgn d gas puoll ntar keselek tuh cebong
    DOHC rasa bebek pelan2 aj klo minum nya msh premium

  29. 282. roy – Januari 3, 2013

    @himawan iboz!

    Kasian Ni orang masih aja kemakan ame spek lebay pabrikan?

    Diatas kertas cb150r emang kalah torsi, tapi dengan artikel mas iwb ini setidak-tidak nya membantah itu semua! Kenyataanya cb lebih lincah dari nv! Coba baca dulu artikel ini?
    ===================================================

    HA…..HA….HA….

    ngukur motor berdasarkan perasaan!, ya pakai data data lah mbak!!!

    itu kenapa mulut biar gak asal mangap!!!

  30. kalau belum coba CB150Sf…jangn komen dulu malu2in nanti kalau di jalan NVL dijadikan bulan2an ama cb..kalau ngak percaya lht aja nanti…seperti kasus alll mio dilindas beat baik dalam penjualan maupun road race……makanya FBY kalau komen pakai otak jangan pakai emosi….ada yng ngk terima FBY coba turunkan NVL, BYSON, SCORPIE sekalipun di balap sentul kelas open 4 tak 150 cc kalau bisa menng am cbr 150 (cb, cbr mesin sama) gue acungi 1000 jempolll…..

  31. gunawanspurs – Januari 3, 2013
    194. lom pat ? Januari 3, 2013

    Yang nentuin lincah nggak nya motor cuma faktor berikut deh:

    1. sudut rake, semakin tegak makin lincah
    2. jarak sumbu roda, semakin pendek semakin lincah
    3. sudut belok kemudi, semakin lebar semakin lincah
    4. ukuran dan tekanan angin ban, semakin dikit bidang kontak ke tanah, semakin lincah

    Ngga pake perasaan, cuma angka, monggo dibandingkan keduanya dengan adil.

    ==========================

    Fair points, agreed, satu hal lagi, bobot kendaraan, tp krn keduanya setara, ya ga ngaruh (mungkin ngaruh klo bicara titik gravitasi motornya, semakin rendah semakin stabil tp kurang lincah).

    Krn mmg CB150 R ini lebih cungkring dibanding NVL, dgn measurement yg mendukung utk agilitas tsb, wajar aja jd lebih gesit. Masalahnya, ga ada yg 100% sempurna, ada benefit, ya ada cost nya.

    Motor yg lebih lincah, cateris paribus vs pesaing yg kebalikannya, akan lebih labil di kecepatan tinggi, terutama utk high speed cornering. Itu udah hukum fisika, mau bacod apa jg ga bisa dibantah.

    Jadi kalo mmg hobi ngalay di jalan selap-selip di kemacetan, udah jelas mana yg jd pilihan utamanya ya.
    ========================================================================================================
    menurut ane bobot gak ngaruh deh, coba tuh mv agusta diajak nikung malah lebih susah dibanding cbr 1000RR yang lebih enteng, atau jangan jauh2. cbr 150R old di buat nikung juga lebih enteng dibanding tiger wkwkwkwkwk

  32. Himawan Ib0z – Januari 3, 2013
    282. roy ? Januari 3, 2013

    @himawan iboz!

    Kasian Ni orang masih aja kemakan ame spek lebay pabrikan?

    Diatas kertas cb150r emang kalah torsi, tapi dengan artikel mas iwb ini setidak-tidak nya membantah itu semua! Kenyataanya cb lebih lincah dari nv! Coba baca dulu artikel ini?
    ===================================================

    HA?..HA?.HA?.

    ngukur motor berdasarkan perasaan!, ya pakai data data lah mbak!!!

    itu kenapa mulut biar gak asal mangap!!
    ========================================================================================================
    data apa dulu mas tergantung. kalo cuma data pabrikan mah gak bisa dipercaya, namanya juga mengklaim, lihat aja bmw s1000RR di spec 193 hp (pabrikan), zx10R di spec 200hp ( pabrikan ), tapi nyatanya on the wheel bmw unggul hampir 10hp 183xx banding 174,xx juga. overbore juga berarti torsi lebih kecil karena grafik dyno mereka bmw yang ukuran pistonya 80,xx dan stroke 47,xx ternyata torsinya lebih besar dari zx10R yang ukuran piston 76 bore dan 55 stroke

  33. Hi bro,

    Buat apa lincah kalau boros
    Buat apa kenceng kalau sering mampir pom bensin
    Buat apa kenceng kalau sering oper gigi
    yaaa sama aja badan terkuras untuk mengendalikan motor
    dan kantong dompetpun juga terkuras

  34. Hmmm di sinyalir kang iwan gak bakalan beli Cbsf,atau nvl,kalo di kasih beliau tidak menolak,ayo para sales,H ataupun Y,segera hubungi pihak ahm,atau yimm..untk ngasih gratis ke kang iwan..hehehe percuma kang iwan siang malem ngulas mtor2 tsb,kalo di suruh bli,bli gak apa2 asal potongan 80%..hmmm bener to?? Mosok dho ngarep2 kang iwn bli..ini itu,paling kalo bli palah Ninja,yg skrg mau rencana produks..hmmmmmm

  35. 288. martin – Januari 3, 2013

    kalau belum coba CB150Sf?jangn komen dulu malu2in nanti kalau di jalan NVL dijadikan bulan2an ama cb..kalau ngak percaya lht aja nanti?seperti kasus alll mio dilindas beat baik dalam penjualan maupun road race??makanya FBY kalau komen pakai otak jangan pakai emosi?.ada yng ngk terima FBY coba turunkan NVL, BYSON, SCORPIE sekalipun di balap sentul kelas open 4 tak 150 cc kalau bisa menng am cbr 150 (cb, cbr mesin sama) gue acungi 1000 jempolll?..
    ===================================================

    wah loe baru keluar dari gowa mana mbak???

    jelas speck CB buat ngejar torque, ya top speed beda dong sama CBR.

    YG EMOSI SAPA?, ATAU EMANG DI BAWAH BATOK KEPALA GAK ADA ISI NYA!!!

Comments are closed.