iklan iwb
Home Otomotif Keberanian pabrikan menyediakan unit testing untuk dijajal harian patut dicontoh…..

Keberanian pabrikan menyediakan unit testing untuk dijajal harian patut dicontoh…..

Era sekarang adalah era keterbukaan. Jaman modern dimana Blog sudah menjadi santapan sehari-hari biker yang haus akan informasi tentang roda dua. Dipungkiri atau tidak…IWB sendiri adalah salah satu diantaranya. Ketagihan….keranjingan membuat hari terasa kurang lengkap tanpa membuka Blog yang kala itu dihuni oleh sesepuh Kafemotor, Triatmono, Ninja250R (sekarang TMCblog) serta Indobikermags (Bro Satar). Pasca mengenal Blog beliau….langganan tabloid IWB stop.? Biaya perminggu IWB alihkan untuk membeli pulsa GPRS. Simpel dan efisien sebab kita bisa mengakses kapanpun kita mau…..

Pelan dan pasti Blog menjadi booming. Perhatian biker tanah air pelan-pelan bergeser kedunia maya untuk mendapatkan secuil info tentang kuda besi. Media cetak sedikit terpinggirkan karena kalah? cepat. Maklum mzbro….jika mereka kudu melalui proses editing, printing serta distribusi….Blog tidak. Boso pating pechotot-pun :mrgreen:? ora masalah sing penting unek-unek dihati keluar. Tinggal ketik…masukin gambar…enter selesai.? Makanya tidak heran Blog terkenal kritis. Kelebihan mereka adalah….nggak ada beban dipundak lawong hanya sebagai hobby yang notabene bukan mata pencaharian mereka. Lek boso kerennya “nothing to lose“. Dan…..justru disitulah kekuatan Blog….

Blog lebih merakyat. Opini dan ulasan mereka tidak terdistorsi kepentingan. Pendekatan biker tulen yang menjadikan tiap detil kalimat disukai para penyemplak roda dua. Secara pribadi-pun…IWB sangat menjunjung tinggi rasa netral. Kenapa??. Sebab tidak ada untungnya membela salah satu merk. Posisi mereka dimata IWB sama. Jika memang bagus pasti dibilang bagus dan jika kurang….fakta pahit tersebut juga harus diungkapkan kepembaca. Setiap informasi yang dipelintir….disadari atau tidak malah menjadi bom waktu. Bumerang yang bakal membuat Blog semakin redup ditinggalkan oleh pembaca. Apakah kondisi ini disadari oleh pabrikan??. Pasti brosis….

Tidak ada klausal khusus yang dikeluarkan pabrikan dengan tujuan mengebiri obyektifitas para Blogger. Ketika motor mereka serahkan ke Blogger untuk dijajal harian, digali kelebihan dan kekurangan…..mental produsen kudu sudah disiapkan menghadapi ulasan terpahit dari Blogger. Bahkan tidak sering mereka meminta masukan jika ada sesuatu yang kurang. Tapi dengan manuver tersebut…..banyak keuntungan yang akan diterima produsen. Kenapa??. Ulasan menjadi lebih komprehensif. Coba mzbro bayangkan…hanya sekali mencicipi, mampu nggak sampeyan menilai secara presisi. Beda kalau kita nunggang sikuda besi sampai seminggu atau 10 hari. Ibarat pasangan….pesona serta kejelekan bakal terbuka gamblang…..

New VixionDalam catatan IWB, hanya TVS serta Yamaha yang rada open serta tidak susah menyerahkan produknya dipakai simulasi harian. Kebijakan masing-masing perusahaan memang menjadi alasan terbesar susahnya birokrasi. Tahulah bro…semua kudu ACC dulu dari siJepun jika itu dilakukan. Sementara bagi mereka…Blogger kadangkala dianggap bukan komponen penting. Padahal banyak keuntungan seandainya lainnya mengikuti sebab ulasan bakal makin tajam dan berbobot. Karena tidak jarang ketika nongkrong dirumah…si produk kita teliti, pelototin, dan akhirnya fakta baru bisa kita dapatkan guna dishare kebrosis semua. Makanya artikel keluar berseri, berkali-kali…hingga detil banget. Bukan salah IWB to bisa melakukan hal itu. Lawong waktunya panjang tidak terbatas oleh waktu……

Last..…kunci kesuksesan sebuah Blog selain konsistensi dan kualitas konten adalah independensi. Satu poin tersebut kudu dipegang tiap insan Blogger. Namun…jangan karena takut dituding tidak netral sampeyan malah ciut nyali berkata jujur dalam mengulas satu produk. Kalau memang mzbro puas dan ingin memberikan apreasiasi……ungkapkan hal itu dengan lantang. Sebaliknya….seandainya sampeyan merasa, banyak yang yang kudu diperbaiki untuk masukan produsen…silahkan tuliskan dalam ketikan pula. Blog ibarat buku diari…unek-unek yang keluar dari dalam hati tanpa seorangpun berhak menyetir arah pena yang kita guratkan. So…..mengerti kenapa porsi ulasan sebuah motor bisa lebih banyak dibanding lainnya??…..(iwb)

128 COMMENTS

  1. blog independent itu ya prou2ride.com…
    “independent blogger” jelas-jelas terpampang besar-besar… :p

  2. Blogger anonymous & independent di sensus duluu ah…

    proud2rideblog.com/
    qwertyganteng.wordpress.com

    Ada lagi kaah…??

  3. sip mas iwan!
    terus bedah mongtor-mongtor sampe dalam,tulis reviewnya dengan tajam setajam silet…..
    infonya sangat berguna buat konsumen

  4. Honpret ga nitip barang om
    oh iya honda punya sirkuit sendiri ,yg ngetes juga mekanik handal
    khas ngahaem tukang ngibul

  5. 49. Nobita – Januari 2, 2013

    koq gak ada pinjaman merk honda???
    atut ya?di review kelemahan serta kejelekannya..??
    jadi gak bisa ngibul-ngibul lagi, baik pabrikan maupun fbh-nya?..
    😛
    —————————
    begitulah bro…takut ketauan, test ride BLADE aja dulu dikasih motor gak standart, tuh kabel spido dicopot 😀
    misalkan soal rangka karatan. beberapa hari lalu ane lihat,
    di daerah anepun udah ada cb di diler gede, memang sambungan las-lasan di sudutnya ada putih-putihnya, entah apa itu, tapi memang juga ada bagian di las-lasan yg terkelupas catnya. belum berkarat sih, maklum unit yg ane jumpai rada terawat 😀 entah kalo kehujanan ya gak tau deh.. untuk bodi memang tipis, bagian yg warna hitam dof tipis amat, yg dicat agak tebel dikit namun tetep lebih tipis dari rivalnya, tutup sproketpun dari plastik 😀

  6. tulis sejelas-jelasnya mas Iwan, ada plus minusnya.. btw mase iki blogger favorit saya lho, tiap hari juga buka blognya.. 😀
    bagas29ps.wordpress.com/2013/01/02/tips-menyalakan-motor-setelah-lama-tak-dipakai/

  7. Setuju brayyy, klo emang produknya Oke, kasi unit test ride justru jadi iming2 buat konsumen beli. secara motornya enak gitu.

  8. hi bro,

    Udah langsung to the point aja
    intinya nyindir

    Honda yg hanya meminjamkan produknya yg cuma paling lama 3 hari diambil, itupun masih ada bintang kecilnya
    seperti kasus
    tes blade “spedoometer” dicopot
    tes cb150r yg dianjurkan harus oper gigi di rpm 8000 an
    dan tanda bintang kecil lainnya

    wahh seharunya soundtrack Honda tu lagu bintang kecil
    pas sama slogannya iklannya
    PGM-FI membuat langit biru tapi pakai bntang kecilnya

    “Bintang Kecil di langit yg biru”

  9. keren. . .
    itulah sharusnya. . .tulis sesuai fakta. . .
    Karna sekali ketahuan b0h0ngnya. . .pasty org gak kan percy. . . .
    dan pastinya. . .goodwill akan hilang. . . .
    Ibarat berdagang. . .g0odwill itu sangat penting bagy kelancaran usaha yg qt jalankan. . .
    misal h0nda. . .itu udah terkenal pny g0odwill. . .orang kampung aja sebut jupiter mx atau ap pun. .itu dengan nama h0nda. . .
    Goodwill itu lebih berharga ketimbang keuntungan yg besar. . . .lbh baik untung gak terlalu besar. .tapi nama baik tetap terjaga. .

  10. ane rasa kenetralan bloger bisa diketahui konsumen kok toh konsumen juga bisa merasakan klo yang ditulis netral atau berat sebelah. jangan takut untuk jujur, meski mungkin blognya dicaci maki ma fans boy produk tertentu tapi yakin deh ngga akan ditinggalkan oleh pembaca sesungguhnya yang bener2 cari info di blog.

  11. Waduh,aku paling telat iki kang..hehehe
    bener kang,ada pepatah=QOULULHAQ WALAU KAANA MURON,artnya=brkatalah yg benar meskipun pahit..

  12. @ Ojo Dumeh, Irwan maulana and the gank

    Selain ada blogger bayaran ada jg komentator bayaran spt ente2 bro, ya nggak????

    Salam teralis karatan…..

    wkekekek……

  13. blog mas iwan dan kang haji independensinya bisa dipercaya..buktinya makin2 hari makin rame..makin banyak yg nguber pertamaxx..hehehe..itu menurut ane sih..

  14. Ikut absen mas… aku dari macau pembaca setia blog iwb. Ku tunggu arikel2 selanjutnya yg lebih jossssss……..

  15. bloger juga gak smuanya bisa di jadikan patokan
    yg utama tuh pendapat pribadi
    percaya diri sendiri wkwkwk

  16. mungkin karena Honda laris manis dipasaran jadi ngak ada waktu untuk test ride harian….krn udah yakin juga ma produk Honda…..
    tapi suatu hari patut di coba Oleh AHM….buat apa habisin peluruh, rumusan strategi yang efektif untuk pasar…

  17. ane newbe mau beli motor cb150r, vixion, apa byson ya gan ?
    soal nya ane tertarik sama cb150r jg,,
    dan untuk yamaha ane pengen modif ala ninja 250 kira2 bisa gak ya?
    ane dpt gambaran foto byson full body ninja 250 mantab bgt?beda nya knalpot doang?
    mohon pencerahannya?
    🙂

Comments are closed.

Exit mobile version