IMG_4873Bro dan sis sekalian…..banyak dari bro-bro kita saat ini dibikin galau atas hadirnya Honda CB150R. Dengan sasis fresh disertai iming-iming DOHC engine menjadikan proses pemilihan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Begitu juga dengan Vixion. Upgrade segala sektor membuat siapapun ngiler…..gundah tidak rela meninggalkan begitu saja. Coba intip email salah satu bro pengunjung warung yang dikirim ke IWB berikut ini…..

Selamat pagi mas IWB, bagaimana kabarnya?
Saya mau nanya mas IWB?….begini mas IWB saya mau beli motor sport 150cc tapi bingung denang pilihan antara New V-ixion,CB150R dan Old V-ixion. Menurut IWB sendiri pilih yang mana?. Tolong dijawab sejujur”nya mas karena saya bingung banget nich. saya percaya mas IWB seorang Bloger berpengalaman dibidang otomotif dan independent. Jika mas IWB menyarankan beli New Vixion maka saya beli New Vixion, jika CB150R saya juga beli CB150R, dan jika saran mas IWB suruh beli Old Vixion maka saya beli Old Vixion. Mohon pencerahan dan jawabannya segera. Terima kasih mas IWB semoga sukses selalu..amin

Andreas Andraresta

iklan iwb

Screenshot_4Nah…..opo ora berat tuh. Sebagai informasi…email bro Andreas bukanlah satu-satunya pengunjung warung yang bingung atas pilihannya. Begitu luar biasanya efek kedua produk sport tanah air tersebut menyerang pendirian individu. Yah…memang kita kudu melihat dari berbagai sisi. Namun tetap…pertanyaan adalah amanah yang kudu dijawab sejujur-jujurnya. Sebab jika kita tidak netral…dampaknya adalah ketidak percayaan. Saran IWB…monggo test ride dan melihat langsung. Jangan beli produk kucing dalam karung. Namun jangan kuatir……IWB tetap akan mereview semua produk berdasarkan apa yang terjadi dilapangan. Selebihnya…sampeyan sendiri yang memutuskan. Btw apakah sampeyan salah satu biker yang bingung antara kedua produk??…..(iwb)

587 COMMENTS

  1. @bocah80an

    Ckckckck,,,
    G kepikiran Klo vixion dibuat jadi becak.
    Tp g apalah asal sampeyan senang, silakan sampeyan jadi tukang becak.
    mungkin hanya sampeyan yg bisa memikirkan bagaimana caranya membayar angsuran kredit vixion dari hasil mbecak.

    salut saya ngeliat sampeyan..

  2. kalau yang mau usaha jualan ya pilih verza lah. kalau pilih vixion jujur amat waguuuuuuu. verza didesain untuk angkat berat bro.desain pun lebih maco ketimbang vixion shincan

  3. Bagi yg pengin jualan siomay ato pengin ke sawah angkut pupuk ato belanja beras ke pasar…pilihlah CB150R…

    Bagi yg ngebet pengin carai pacar cantik… ato pengin mejeng di kampus… ato cari pacar kedua yg cantik….pilihlah new Vixion…

    gampang kan..??

  4. Sesuai kebutuhan.. Kalau buat perkotaan/daerah naik turun pilih NVL.. Lincah,irit,handling mantap,kaki2 ok,tnga rpm rndah dah dpt.
    Kalau buat yg demen perjlnan jauh jalan lowong + kebu2tan ala alay pilih cb DOHC. Nafasnya puanjaaaangg… Meski top speed ga bd jauh sm NVL..tp hati2 kalau kebut2an.. Taruhan nyawa.. Kalau bkn celaka org lain jg dijamin mtr jg bkl melayang.. Ckckckck
    so,sesuai kbthan. Kalau aku jelas NVL. Sesuai sih.. Ga perlu top speed sgala.. Emg mau ngebut dimana?

  5. edi – Desember 24, 2012

    Bagi yg pengin jualan siomay ato pengin ke sawah angkut pupuk ato belanja beras ke pasar?pilihlah CB150R?

    Bagi yg ngebet pengin carai pacar cantik? ato pengin mejeng di kampus? ato cari pacar kedua yg cantik?.pilihlah new Vixion?

    gampang kan..??

    ========

    intinya kalo mau ibadah, cari duit buat keluarga pilih cb

    kalo mau maksiat, dibakar bareng motornya qwerty, pilih sinchan

    gitu ya??

  6. ane jg sempet galau meski akhirnya nginden new vixion…
    tp dipikir2 cb itu speed 6 dibuat rapat2 rasionya dan rasio gigi terakhirnya lebih high speed dibanding new vixion yg cm 5 gigi tp rasionya panjang2. (coba liat spek perbandingan gigi keduanya)… shg dipastikan bila naik cb pun bs dibikin irit tergantung gaya ridingnya.
    tp kurangnya mesin cb ini gak ada filter oli catridgenya kaya di vixion, scorpio, jupie mx dan moge2 yamaha diatas 225 cc.. untuk teknologi lapisan linernya ane yakin ada dan mumpuni macam teknologi honda jazz yg dinamakan torque boost resonator intinya bikin gesekan minin,kuat,dan tahan tekanan dan panas yg tinggi ya mungkin sebanding dg diacylnya yamaha atau SCEMnya suzuki. cuma honda sengaja gak gembar gemborin teknologi tsb sprti yamaha dg diacylnya. bahkan piston honda ternyata di bagian crown pistonnya dilapisi lapisan molibdenum kayak piston honda kharisma. itu sebabnya honda mesinnya kecil2 kompak tp output powernya mak nyos…
    kesimpulan
    galau memang tp akhirnya new vixion jd pilihan krn reputasi selama 7 tahun gak pernah atau jarang banget trouble, perawatannya gampang, spare partnya itu lho murah pdhal genuine aplg yg kw….?
    klo honda cb kan blm ada pengalamannya tp ngliat mesin sang pendahulu cbr150 wow spare partnya mahal2, trus di thailand sana ada kasus overheat dan suara yang kasar.. jd trauma dg kasusnya vario 125 bolak balik bengkel mlulu ganggu pekerjaan, malu sering ijin dsb.

  7. MazPed pada Desember 24, 2012 pada 4:56 PM

    Sales pada kemana nih?.

    brosur mana brosur..
    ——
    lah itu juraganneon du atas lg nyebar brosur wkkkk

  8. 145. Hamtaro – Desember 24, 2012
    ane yakin mas iwan lebih cenderung ke cb150r? alasannya???
    liat aja judu2l artikelnya.. ??memilih cb atau vixion??
    penulisannya cb duluan,, yg ada di otak kanan penulis cenderung cb duluan drpd vixion?

    bandingin dgn blogger sebelah?
    kalo ngebandingin, pasti judul artikelnya ?? new vixion atau cb150r??
    nahhh? brarti dia cenderung ke new vixion? simpel tapi mmg begitulah adanya?

    salam sok tau?
    buat mas iwan : gak usah dihiraukan comment saya ini? pissss

    kalo saya lebih milih cb150r? sreg sama tampang n mesinnya yang DOHC 6 Speed.. mudah2an ada rejeki lebih buat meminangnya.. aamiiin?

    =============================

    Kalau Mas Iwan selalu memulai dengan CB atau Vixion, itu karena beliau mentaat prinsip “in alphabetical order”.

    He he he ….

  9. Kenapa anda harus bingung..!! Ntar malem gelar sajadah,sholat istikhoroh,mohon ptunjuk ma Alloh SWT…insya Alloh di htimu akan muncul sesuatu keyakinan,dan kemantaban,dan hilanglah keraguan ..,apapun hasil istikhoroh adalah yg terbaik..karena dtang dari Alloh SWT..Moga bermanfaat..

  10. new vixion aj…
    Tutup tangki rata, ada O2 sensor, body moge look, irit , handling nyaman, ban besar tapak lebar…
    G banyak duit kalau mau di modif lagi,.
    DOHC perawatan mesin mahal, tutup tangki jendul,,,,, gak banget…

  11. aye mah nunggu mbak Verza aja ah….buat ngangkut sayur/rumput dari kebon..soale lgi smangat2nya beternak nih…hehehe..
    Ato bsa jga diubah jadi cafe racer..soale udah bosen liat mtr2 semprot …

  12. Udah milih CB aja, cb plg joz tauk, nih alasannya :
    1. Mesinnya dohc downgrade yg bs dikasih premium, sangat kencang sob, bs mendekatkan dri kita sm tuhan kalo pamer topspeed d jalan. 😀
    2. sasis tralis bro, kalo suatu saat nabrak trus sasis peyang tinggal beli di tkg besi tua, byk kok yg jual pipa ukuran nanggung gitu.
    3. Bensin boros bro, jd sering maen spbu kan?kalo petugas spbunya cewe ckp bs sekalian pdkt
    4. Ini nih yg terakhir, alasan plg joz. Kalo lo make cb di jalan pasti cewe2 pada lirik ke lho trus mikir dlm hatinya “GILAA..TU COWOK KEREN BANGET NAEK VIXION”

    Gmn logis kan alasan gw? Buat CB gw kasih 4 jempol deh, menghadap ke bawah tapi!wkwkwk

    Motor plagiat dibeli, malu2in aja, kasusny bkal kyk pemakai minerva cbr yg byk dicemooh orang2!

  13. condong ke New Vixion, kita pilih motor buat kebutuhan sehari2, dalam keadaan itu tentu butuh yg namanya irit BBM dan tampilan oke, siapa sih yg gak tau iritnya vixion dan terbukti diisi premium tetep oke gara2 ada diaasil dan forge pistonnya, tuh dah 5 taun lalu-lalang di jalanan. dan tampilan NVL beda antara realita dan fotonya, bagusan kenyataannya.

  14. gue jg bingung bgt nih, mw beli cb150r atw new vixion, td keliling kota mampir di tiap dealer honda&yamaha, yamaha stok lebih bnyk tp klo mau belinya cash diprsulit, kalau honda stok sdikit tp klo ada bisa di beli secara cash tnpa inden.

  15. 137. casper – Desember 24, 2012
    jika anda sampai membaca komen ini berarti anda mungkin ingin mencari komen yang berkualitas.

    dan ini saran saya berdasarkan ilmu yang saya dapat dari bangku kuliah

    -DOHC VS SOHC
    DOHC jelas merupakan evolusi lebih sempurna dari SOHC. Potensial power DOHC lebih tinggi dari SOHC. Motor balap 150cc SOHC tidak mungkin bisa mengungguli 150cc DOHC. Tetapi beda kasus cb150 vs vixion. keduanya di batasi oktan maksimum 88. sehingga superioritas mesin DOHC tidak akan tampak.

    Cb150 mempunyai power 17ps, sedangkan vixion 0.5ps dibawahnya. akan tetapi CB150 memperoleh power tersebut pada 10.000 rpm sedangkan vixion di 8.500rpm. jika orang awam seperti saya jelas akan berkata wah cb lebih superior karena 17ps. akan tetapi jika dianalisa lebih lanjut power 17ps bukanlah di dapat dari DOHC akan tetapi kompresi 1:11 nya. sedangkan vixion cuma 1:10,4. dan vixion mendapat power 16,5ps pada 8.500.

    Efisiensi power bukan terletak pada peak power akan tetapi luas kurva. dampaknya tentu Efisiensi bahan bakar. cb150 power 17ps konsumsi bbm 36km/liter. new vixion 16,5 ps konsumsi bbm (misal 43km/liter). jadi mana yang lebih efiisien? kalau orang awam seperti saya ngomongnya ?semua pabrik juga bisa membuat power besar tapi boros?. (perlu pengujian bbm lebih lanjut).

    -sensor O2
    merupakan salah satu komponen yang dilepas pada cb150 untuk deferensiasi dengan cbr150. pada new vixion justru di lengkapi dengan sensor o2. Vixion mempunyai poin lebih dalam hal ini. karena jelas peran sensor o2 tidak tergantikan dengn AIS

    -body
    jika masalah desain. ini masalah selera.
    ups? tapi pernyataan tersebut juga kurang tepat. buktinya semua orang bisa bedain cewek cantik sama jelek termasuk ustad.

    cb150 body ?meniru? old vixion yang sudah diterima masyarakat. sehingga kemungkinan body cb150 diterima masyarakat sangat-sangat besar. New vixion mencoba untuk membuat desain baru yang diharapkan lebih elegan dan berkelas. ups.. is it work?

    The answer is. oke overall membandingkan 2 produk tersebut pilihan saya jatuh pada new vixion. akan tetapi karena bentuk headlamp nya saya mengurungkan niat saya untuk memboyongnya. dan menurut saya itu kesalahan fatal.
    how about next year, Vixion fairing? R15 v2.0? CKD cbr150??

    saya senang jika ada yang ingin berdiskusi ilmiah. tapi untuk saling merendahkan mohon maaf saja.

    =====

    Ini baru pencerahan!!!

  16. @ speedlover

    Jelas sekali sampeyan terpengaruh iklan motor pujaan hati sampeyan,,

    Tapi saran saya,, sebaiknya sampeyan jgn bangga dgn aksi kebut2an di jalan.
    Kecuali Klo sampeyan memang berencana menambah jumlah korban di jalan raya,
    kehilangan nyawa, cacat seumur hidup, atau mengakibatkan orang lain jadi korban.

    Ngasih komentar yg cerdas dikit bro,,
    Zaman sudah maju, bukan lagi zaman batu..

  17. Gsusah bingung…rombak motor lawas aja!!
    Kayak gini nih

    appa2.wordpress.com/2012/12/23/zx100-cocok-buat-acuan-modif-nih/

    :mrgreen:

  18. Bingung juga tapi setelah di timbang2 lagi akhirnya pilih NVL selain mesin yg udah teruji 5 thn juga bodi keren(minus lampu dpn & tempat nopol). Sumpah klo liat langsung aslinya lebih ganteng beda bgt ma yg di photo2. Tinggal modif dikit dah cakep

  19. asli gw jg bingung gan…tp pada akhirnya memilih bukan keduanya waakakkakak…. milih dtracker aja deh…

  20. Salut sama komentar2 cerdas sebagian pengunjung blog ini.. keep up the good work guys, your comments are indeed enlightening..!!
    Dan salut jg bagi komentar2 ngasal ga jelas yg intinya lebih ke BC aja. Apa sih gunanya BC, cuma nambah2in musuh aja.. Grow up, men!! Peace.. 😀

  21. klo ane si lebih baik nunggu beberapa bulan kedepan aja,soal mesin emang vixion udah terbukti awet dan bandel ditambah body yg makin fresh (kec nopol) tp klo emang mw beda ya milih SF yg udah DOHC tp tetep yg namanya produk baru harus ada pengujian jalanan ampe beberapa bulan baru bisa ketahuan bagus gak nya

  22. Pigson ae bro, lebih IRIT, tarikan RINGAN, LINCAH, premium OKE, ban GEDE, Tutup tangki MODERN, gak takut tangki BOCOR, gak perlu NGURAS tangki,,rante gak BERISIK,, akselerasi KiLAT..
    Mau ngebut dimana?

  23. mesin sama2 4T sama2 injeksi, kalo buat harian gak akan jauh berbeda perfomanya. kalo yg suka speed n ngorek mesin, beli 2T ato 4T yg karburator. pake motor standar gak usah gaya2an ngebut.
    kalo aku disuruh milih lebih milih CB150 aja, desain fresh,
    analisa pribadi akan jadi motor sejuta umat kaya old vixion.

  24. INGAT!
    petir 1liter = 50km
    api 1 liter = 36km.
    Tiap 1liter = selisih 14 km WoW!
    Kalo Isi full tank selisihnya bisa nyampe 170 km.. Ediyannn…

    Siapkan Celenganmu!

  25. Thunder 125 aja, mantep irit, handling nyaman, mesin awet, suspensi empuk. dll cocok buat dalam kota dan touring luar kota. terbukti sejak 2004-2012. bisa cash atau kredit.
    pilihan lain inazuma 250 jg joss.

  26. John Klingon – Desember 24, 2012

    INGAT!
    petir 1liter = 50km
    api 1 liter = 36km.
    Tiap 1liter = selisih 14 km WoW!
    Kalo Isi full tank selisihnya bisa nyampe 170 km.. Ediyannn?

    Siapkan Celenganmu!

    ==============

    kekekekek..sales banget
    mau irit beli bebek aja wkwkwk

  27. 181. John Klingon – Desember 24, 2012

    INGAT!
    petir 1liter = 50km
    api 1 liter = 36km.
    Tiap 1liter = selisih 14 km WoW!
    Kalo Isi full tank selisihnya bisa nyampe 170 km.. Ediyannn?

    Siapkan Celenganmu!
    ——————————————————————————————–
    bc bc. kapan tes nya? yg tes siapa? metode tes bgmana?

    bc mu gak mutu wkwkwkwkwk
    kalo dapet berita tuh di cross cek dolo dan di saring terus di pikirkan masuk akal ga.

    entar denger berita matahari terbit di barat ente percaya lagi wkwkwkwkk

  28. Gilaa…msh ada ???? milih barang gara2 takut disalip alay, alay g?? perlu dipusingin, tapi ‘pusingin’ diri anda dgn tagihan kredit, taruhan nyawa di jln, konsumsi bbm, pencurian

  29. Ane pertama sih naksir cb tapi setelah dipikir 2x kayaknya mantep yamaha nvl soalnya saya perlu motor yg tarikannya kuat dan irit, klo dohc saya musti mikir biaya service yg pasti agak mahal sama sparepart honda yg mana tahan. lagian klo jalan sama bini plg jalan 50 km/jam itu aja sdh kencang 😛

  30. Saya memahami mas iwb,.. untuk menjaga perasaan dr para merk…Dengan alasan independensi, obyektifitas dan tanpa prasangka….he..he…he…Jangan paksa mas iwb untuk mengambil keputusan…..

  31. Jelas pilih CB150. Kenceng,boros,old vixion bgt. Di jamin laris maniiiss..
    Ga percaya??? Tanya aja sama salesnya (klingon z1,bocah80an,ayumisinting*eh,ayumi tingting*,waynerondo,chaos dll,qwerty msk ga ya?) wkwkwkwk
    piisss broooo…

  32. Gw new vixion aja deh… mantap tuh komennya yudikendal…
    bener banget krn sbg orang bengkel yg pernah belah mesin cbr 150 dan juga mesin old vixion, ane cenderung pilih gen vixion, lebih mantap komponennya terutama ya itu filter oli catridge nya yg tidak dimiliki motor sekelasnya bahkan honda tigerpun gak punya lho…
    aplagi diacyl silindernya terbukti memang mantap banget, dr semua trouble mesinnya vixion rata2 tahan linernya.
    klo cbr kebanyakan klo udah ancur ya minta ampun deh ancurnya udah gitu harga sparepartnya muahal buanget…
    beda dg vixion yg genuine nya aja murah…aplgi yg KW..?
    kenceng mah nomor sekian krn kentjang tergantung skill ridernya, dijalanan alayer yg pake mio beat aja biasanya sruntulan ngacir banget tuh kentjang juga krn skill nya memang oke..

  33. NVL motor galau, segalau pabrikannya, sampai mengorbankan brand kencangnya selama ini, berubah jadi irit. Kata konsumen, kapan yahomo bisa irit. Mau niru si raja irit dengan harapan bisa sama lakunya. Padahal dulu yahomo sempat moncer karena brand kencangnya, diperkuat daya terik rossi di moto gp. Nah kini rossi kembali lagi ke tim yahomo, tapi mengapa justru para FBY pada kampanye irit, apa gak kontradiktif dan kontraproduktif? Atau mungkin FBY yang sekarang malang melintang di blok2 R2 sebenarnya mantan para alayer pemuja Vega R, Jupi Burhan Jupi MX yang sudah beranjak dewasa dan mulai berfikir lebih logis? Kalau konsumen oonda umumnya sudah sangat rasional dalam memilih motor sejak dari mudanya. IMHO. Yang ingin naggapi silaken.

  34. @ cb isdebes
    yakampred tukang ngibul!! engine bebek mx bore up aja ngakunya technologi balap!! mana ada motor semprot pake sohc 5 speed!! wkwkwkwkwk

Comments are closed.