Bro dan sis sekalian…..seperti janji IWB kemarin, polling antara dua motorsport yang saat ini sedang dipajang di JMCS kita akhiri perhari ini. Suara yang masuk dan memberikan vote-nya mencapai 4,694 responden (thanks brosis)…..woww, luar biasa. Sebuah record tersendiri. Padahal selama IWB melakukan polling sejak Blog resmi dibuka 3 tahun silam, maksimal partisipan hanya sekitar 2000an. Jelas Yamaha new Vixion serta Honda CB150R menyita perhatian biker dari Sabang sampai Merauke. Btw….siapa yang unggul?. Mari lanjutkan bacanya……

Faktor fitur atau pernik-pernik lain IWB kesampingkan. Hal ini untuk memudahkan para pembaca memberikan penilaian tanpa terganggu dengan hal-hal teknis. Pertanyaan yang IWB ajukan cukup sederhana yakni….Honda CB150R vs Yamaha new Vixion, desain mana yang terbaik dalam opini sampeyan?. Pilihan pertama adalah Honda CB150R, kedua Yamaha new Vixion dan opsi terakhir…tidak dua-duanya. Suara yang masuk dalam polling mencapai 4,694 orang. Hasilnya cukup mencengangkan!!….

Desain Honda CB150R mendapatkan peringkat tertinggi dengan perolehan suara mencapai 2.952 votes atau 63%. Artinya….kali ini racikan desain AHM sukses mendapatkan tempat tersendiri dihati para biker tanah air. Perolehan suara unggul mutlak dibandingkan new Vixion yang dipilih 1.272 votes (27%). Sedang yang memilih netral mencapai 470 suara (10%). Jujur….polling result lumayan diluar dugaan sebab Vixion merupakan motorsport pemegang tampuk kekuasaan market share. Artinya….bisa saja pilihan akan terdistorsi akibat mindset yang sudah mendarah daging bahwa Vixion merupakan motor terbaik. Dilalah kali ini tidak. Btw…apakah artinya kedatangan DOHC 150 engine bisa mengancam eksistensi Vixion??…

iklan iwb

Terlalu prematur kita menyimpulkan. Toh polling di IWB hanya sebagian kecil suara konsumen diluar kenyataan lapangan sesungguhnya. Akan tetapi setidaknya…lewat hasil ini, AHM bisa sedikit percaya diri menyongsong persaingan segmen motorsport kedepan. Lawong desain sudah diterima para biker je. Last...masukan aja untuk Honda agar berani bermain coloring pada sasis supaya terlihat lebih eye catching. Kenapa? Sebab strength point CB150R diluar engine adalah frame. Tidak usah gengsi belajar dari pabrikan garputala yang memang selalu kreatif serta pintar olah visual. Btw….Honda CB150R?. Kayaknya Yamaha memang kudu waspada nih. Gimana bro, ada opini lain??…(iwb)

648 COMMENTS

  1. 237. Roy (X-Road Wannabe – Trellis Edition) – November 2, 2012
    @until

    itu agar mesin tidak mudah baret. kalo sejak ente bayi, berarti ente baru beberapa tahun umurnya sekarang.
    pantes? ternyata masih bocah.
    ————————————————————-
    -tak bisa baca ini org…
    baca lagi gih komen ai..

  2. nih motor cibi yang bakal ngalahin si vixi ama fu
    body yang gede ditambah mesin dewa
    cepat atau lambat kedudukan raja segera diambil alih
    good luck AHM!!

  3. Komentator makin sadis, terutama dari sekte Oonda, jumawanya mulai pulih & terlihat lebih pandai dari sebelumnya.
    Dari yamahoax kelihatan sudah kurang bisa bicara banyak & hanya muter2 ke hal2 tak penting (mungkin minder juga kali, hehehe).
    Terlihat sekali bahwa kali ini aliran yamahoers tersudutkan oleh getokan penganut sekte Oondah.
    Kubu netral lebih condong ke plagiator yang menurut ane memang menarik untuk di eksplorasi.
    Nu pigson meskipun ada inovasi tapi gregetnya tenggelam dihantam badai plagiator.

    # Anggota sekte honda, selamat atas penantiannya selama ini. Kubu yamaha sing sabar yo nerimo perlakuan anggota sekte honda.
    pipis ah…..!!

  4. wkwkwkw……kesimpulan

    yg dimaksud canggih oleh roy yg bisa ane tangkap dr komen2nya

    1. kerumitan dalam membuatnya
    2. dari sisi material matematika, fisika dan metalurgi.
    3. dr sisi ketahanan aka awet

    kalo menurut ane canggih itu… hasil akhir dari suatu proses pembuatan/pembentukan, penciptaan atau penemuan yg mempunyai unsur lektronika……

    monggo roy kalo masih kurang di tambah kan……

  5. aloo roy….
    ai tanya, mesin tetap harus dibongkar kan?
    apakah komponen yg lain tdk pengaruh?

    garansi 5 thun ymaki itu hanya dua bahan itu aja,, bukan mesin secara keseluruhan,..

    yg ai istilahkan, nenek ai sejak bayi..
    bukan ai..
    tak smart ini anak baca tulisan ai

  6. ingak?ingak njkb cb150r 16,9jt

    kalo ahm ngasih harga menyentuh 25jt (versi standart), alamat kejadian cbr150 terulang, banyak yg mis*h2 wkwkwk :mrgreen:

  7. roy mati*an belain si KLINGON JR.
    Yang ada koyo dijidat gara2 kalah ma si CiBi150eR
    Dari head lamp aja dah keliatan apa lagi turun ke sasis,
    Apa lagi turun ke mesin DOHC
    :mrgreen:
    Konsumen sekaranp dah pinter bos,
    Yu mau ngeBC juga,ai tetep milih si CiBi.
    Apa yu dah dibutakan dengan logo garpu karat ,
    Apa yu sales yakampret,
    😆

  8. 227. until (Yamahal: Motor Tanpa Engkol itu Canggih Ciiiiiiin) –
    bed ewey?/
    intinya motor yg yu kasih link td perlu dibongkar gak?
    –> perlu dibongkar
    ada komponen lain yg harus diperbaiki tak?
    –> ganti piston dan ring nya

    atau tetap bs jalan sampe seterusnya dengan 2 teknologi unggulan td? tnp service tuh motor?
    –> piston dan silinder gak baret masbro

    sekarang pertanyaan gw buat lu,

    1. kalo piston dan silinder biasa gimana nasibnya?
    2. kalo piston n silinder baret untuk ganti part ori + korter kira2 brapa duit dibandingkan dengan kasus diatas yang cuma habis 300rb an.
    3. kalo piston n silinder di korter perlu inreyen lg gak atau langsung pemakaian normal?

    monggo dikunyah

    😉

  9. kalo di liat* lagi tuh body belakang gak mirip ama old vixi
    justru lebih mirip satria fu, cuman lebih gede dkit
    coba aja lu pantengin

  10. 224. until (Yamahal: Motor Tanpa Engkol itu Canggih Ciiiiiiin) – November 2, 2012
    ai hanya ingin tekaknkan ke rekan ai yg smart yg lain

    jdi sejak jaman nenek saya msh bayi, ymki telah ngembangkan teknologi fogging piston and dyasil hanya utk membantu mesin saat kehabisan oli?

    ai terkejut sekali denger berita ini..
    ai sempat terbangun dri mimpi..
    ——————————————————————————
    emang kapan YMKI ngembangin disil n fog tepatnya?

    😉

  11. kegunaan disil n fog yang menurut ente tak guna n kalah canggih dari sisi metalurgi dan fisika antara lain

    1. bebas perawatan
    2. makin irit bahan bakar
    3. Tahan lama, tidak mudah aus.
    4. Suhu muai lebih tinggi.
    5. Koefisien gesek lebih rendah.
    6. Berat piston lebih ringan.
    7. Menghasilkan ?noise? lebih kecil.
    8. Mencegah piston seizure (piston macet)
    9. Biaya produksi yang efisiensi lapisan timah berfungsi untuk mencegah piston baret sehingga terlihat ?berkilau? walaupun bergesekan dengan dinding Cylinde.

    nah pertanyaan gw untuk lu lg nih… sorry gw kan goblok dan situ pintar…
    kalo piston dan silinder biasa menurut ente bisa gak memenuhi kriteria kegunaan diatas?

    😉

  12. 259. Roy

    udah ah Roy…ente ga bisa nangkap apa yg untill maksudkan…
    ente cm jawab dan bertanya sekena nya saja…. sebenarnya kata engkong yg psikologi di sebelaah rumah ane, ente itu org yg kaku….. maap maap kalo engkong itu keliru…ngakak

  13. kayaknya yamaha nge-poer nih..liat aja iklannya di detik yg diliatin cm 80km/jam kl ga salah liat..kencang dan irit..di kecepatan 80 km ya?

  14. @klingon v2

    bantu until untuk jawab ini

    1. kalo piston dan silinder biasa gimana nasibnya?
    2. kalo piston n silinder baret untuk ganti part ori + korter kira2 brapa duit dibandingkan dengan kasus diatas yang cuma habis 300rb an.
    3. kalo piston n silinder di korter perlu inreyen lg gak atau langsung pemakaian normal?
    4. dari sisi metalurgi dan fisika, lebih canggih mana antara disil dan fog?

    monggo 2 orang yang pintar menjawab

    😉

  15. baru perkenalan gan, belum bisa dilihat klo belum dijual. pointnya adalah bagaimana Honda membuat strategi sehingga motor ini nantinya medapat tempat tersendiri di masyarakat.
    btw AHM, plis keluarin Tiger 250 dong… jgn dilupain. club2 Tiger lagi pd nungguin itu. grrrrrr…

  16. 257. Roy (X-Road Wannabe – Trellis Edition) – November 2, 2012
    227. until (Yamahal: Motor Tanpa Engkol itu Canggih Ciiiiiiin) ?
    bed ewey?/
    intinya motor yg yu kasih link td perlu dibongkar gak?
    ?> perlu dibongkar
    ada komponen lain yg harus diperbaiki tak?
    ?> ganti piston dan ring nya

    atau tetap bs jalan sampe seterusnya dengan 2 teknologi unggulan td? tnp service tuh motor?
    ?> piston dan silinder gak baret masbro

    sekarang pertanyaan gw buat lu,

    1. kalo piston dan silinder biasa gimana nasibnya?
    2. kalo piston n silinder baret untuk ganti part ori + korter kira2 brapa duit dibandingkan dengan kasus diatas yang cuma habis 300rb an.
    3. kalo piston n silinder di korter perlu inreyen lg gak atau langsung pemakaian normal?

    monggo dikunyah
    ——————————————————
    makanya ai tekankan am yu..

    sangat jarang terjadi kelalaian oli habis…

    dan itu bukan salah diteknologi donk, wong yg habis oli nya,,
    ai tanya, smua org yg melek internet pasti tau kpn harus ganti oli..
    jd sbenrnya utk komuter tak ada pengaruh menurut ai terhdap 2 komponen td..

    jawaban utk 3 nya tuh udh ai rangkkum..

    jika ada kelalaian konsumen, mreka pasti sadar, dan jgn salahkan teklogi di motor..
    klo kelalaian bengkel, tuntut aja,, atau sperti curhat yu kmren, tinggalkan,
    kan gampang bukan?

    ai bukan bela merek, tpi ai cuma tegaskan, aplikasi 2 komponen tdi tak maksimal dirasa konsumen dibanding fitur ecek2 sperti kata yu…

    jdi terlalu ringkih jika yu menggunakan pengandaian sperti jaos, oli habis lah..

  17. dugaan gak meleset, sesuai dengan hasil terawang mbah dukun..
    once again, selamat utk cb150r..salam satu hati.
    yg gak terima, yah harus terima dan mengakui..

  18. btw, yu bangga dengan teknologi tuh 2 tempahan..
    tpi motor yu tak pake itu dua kompone..
    motor yu 2 tak?
    kadang yu bilang kebo..
    tak jelas menurut ai..
    harusnya yu sebagai pengagum teknologi itu, ya gunakan lah,,,
    gampang kan…

  19. @until

    ente tidak menjawab pertanyaan ane… masalah kehabisan oli itu salah user dan disil n fog membantu user agar tidak perlu mengkorter motor ketika terjadi kehabisan oli. dan itu memang benar2 terjadi. ente setuju itu benar2 terjadi? masalah jarang or gak bwt gw gak ngepek. yang jadi perhatian gw adalah ketika ente n kroni2 ente bilang disil n fog gak guna.

    ibaratnya disil n fog adalah payung ketika musim hujan tiba. itu adalah helm ketika kita naik motor. gunanya? untuk melindungi diri sendiri. kalo disil n fog? mencegah baret yang berlebihan jika kita kehabisan oli itu adalah salah satu kegunaan dari disil n fog.

    berikut kegunaan dari disil n fog
    1. bebas perawatan
    2. makin irit bahan bakar
    3. Tahan lama, tidak mudah aus.
    4. Suhu muai lebih tinggi.
    5. Koefisien gesek lebih rendah.
    6. Berat piston lebih ringan.
    7. Menghasilkan ?noise? lebih kecil.
    8. Mencegah piston seizure (piston macet)
    9. Biaya produksi yang efisiensi lapisan timah berfungsi untuk mencegah piston baret sehingga terlihat ?berkilau? walaupun bergesekan dengan dinding Cylinde.

    nah sekarang jawab pertanyaan ane…
    1. kalo piston dan silinder biasa gimana nasibnya?
    2. kalo piston n silinder baret untuk ganti part ori + korter kira2 brapa duit dibandingkan dengan kasus diatas yang cuma habis 300rb an.
    3. kalo piston n silinder di korter perlu inreyen lg gak atau langsung pemakaian normal?

    😉

  20. @until

    sejak kapan gw bilang gw pake kebo? kalo ada silahkan post dimarih.
    dan gw beliin lu pulsa 100rb kalo gw pernah ngetik kalo gw make kebo. kalo gak apa lu mw meminta maaf terbuka disini kalo tuduhan lu itu salah? 😉

    motor gw emang gak pake 2 teknologi diatas, gw cuma mw berdebat secara terbuka dengan ente dan kroni2 ente menyangkut masalah PBL dan SKS.

    motor yang gw punya dirumah,

    1. tornado gs
    2. mio
    3. kharisma

    nah sekarang jawab pertanyaan gw

    1. kalo piston dan silinder biasa gimana nasibnya?
    2. kalo piston n silinder baret untuk ganti part ori + korter kira2 brapa duit dibandingkan dengan kasus diatas yang cuma habis 300rb an.
    3. kalo piston n silinder di korter perlu inreyen lg gak atau langsung pemakaian normal?
    4. PBL dan SKS vs Disil n Fog canggihan mana dari sisi metalurgi dan fisika?

    sorry gw tambahin 1 pertanyaan lg…

    😉

  21. cibi dan nu pikson ……
    mwuahahahahaha …. 2 2 nya masih butuh bensin toh (mau pertamax mau premium namanya sama2 gasoline klo di Indoneisakan jadi bensin)
    mwuahahahahaha …. 2 2 nya klo ngebut juga masih nyedot bensin toh
    mwuahahahahaha……

    JADUL!!!!!!!!!!!!

  22. 266. Roy

    ente ga usah mengalihkan perhatian atas ke tololan ente

    awal dr ente ini cuy…

    PBL + SKS vs Diasil Silinder + Fogging Pistn menurut ente canggihan mana sih?

    kalo soal yg thread sebelah ntar aje…… soale ente maen nabrak ga pada tempatnya……… ente tuh sama persis kaya Nobita ….. ane ga bilang ente Nobita…… mungkin cara ente berdialog yg mengungkapkan itu….xuixixi

  23. @Klingon V2

    gw minta jawaban lu atas kecanggihan 4 hal diatas

    PBL + SKS vs Disil n Fog

    sebab rekan2 kutangers lainnya bilang PBL + SKS lebih canggih. nah yang gw tanya dari sisi metalurgi dan fisika. kalo dari sisi kegunaan jelas PBL dan SKS lebih canggih. gw setuju.

    ente sebenernya sanggup jawab gak masalah kecanggihan PBL + SKS vs Disil Fog?

    kalo gw tolol ya monggo dijawab pertanyaan gw… jangan men judge orang lain tolol. kalo ente merasa pintar seharusnya ente memberikan data dan informasi bukan mencela orang lain tolol.

    PBL + SKS vs Disil n Fog dari sisi metalurgi dan fisika lebih canggih mana?

    😉

  24. warna buat tralis mnrt sya buat senjata cadangan mgkn mas,minor change kdpny! mana mgkin sbuah produk diberikan lgsg sempurna..termsk ban gambot..
    Aye
    HO O ORA MAZ

  25. Ane mungkin g bakal beli keduanya. Ane lebih milih bangun cb tua ane.
    Desain New vixion agak mengecewakan. Padahal katanya yg desain org yg biasa desain motor bagus.
    Desain cb150 lebih bagus. Tp itu adalah vixion lama menurut ane. Agak mengecewakan karena honda ternyata tidak bisa desain motor baru yg bagus.

    Drpd kayak gini mending yamaha tetep pake desain vixi lama. Tinggal ganti sistem injeksi, ban blkg gede dgn penyesuaian mesin n final gear plus rdb. Honda g perlu repot nyontek, cbr lama aja telanjangin.
    Beres g perlu bikin heboh, sekalinya keluar ternyata gitu aja

  26. @281
    Honda CB150R meniru CB500R (BUKAN Old Vixie)
    overbore.wordpress.com/2012/11/02/apakah-desain-honda-cb150r-niru-old-vixion/

  27. @nobita..klw n9eBC n9aca dulu sana…
    DOHC vs SOHC..,,,??
    ya jelas un99ul SOHC lah..(jawab si nobita )..ketawan alay buta 9a tau mesin…mendin9 elu les piano atau biola aja sana…wkwkwkwkwk…dikelas sport 150 klw diadu mesin ya jelas nupiksi bakal dikasih voor dulu….wouiihhhh jembatan ampe runtuh loh wowwww..

  28. Honda CB 150 benar-benar barang baru yang menawarkan sensasi beda mesin DOHC dibalut rangka unik untuk kebanyakan bikers penggila modif street bike.
    Sedangkan Yamaha New Vixion cuma ngandalin redesign dan untuk mesin dimotor sport sepertinya Yamaha Indonesia masih terlalu pede dengan SOHC “berbalut rangka deltabox yang jadi mubazir karena mesin SOHC jadulnya!”
    Kenapa ngga dikembangin ke DOHC, ngga mau apa belum mau?
    Tanya kenapa?

  29. Roy…

    ente ga usah plintat plintut…..

    PBL + SKS vs Diasil Silinder + Fogging Pistn menurut ente canggihan mana sih?

    jelas lebih canggih pbl dan sks…. coz berdua itu punya unsus eletronik…… gitu aja ya ente koq ngeyel ye…

    contoh….. anggap nyu pixong atau CB150 lah biar balance…….

    kalo itu nyu pixong dan cb pake seher porget, diparkir di jalan yg agak nanjak jalan ga tu dua mongtor itu yg pake seher porget?

    jelas jalan…

    sekarang, kalo itu nyu pixong dan cb pake seher porget ditambah pbl, diparkir di jalan yg agak nanjak jalan ga tu dua mongtor itu yg pake seher porget?

    ga jalan kan……

    so dr hal yg sederhana ini saja lah…….. ngakak

  30. kalo gw perhatiin udah mulai byk maho’ers2 yg rada insap dan kembali ke jalan yg bener.. Diantaranye saudara samsi suardi, miko n bukan fb.. Sementara saudari jaos, Roy maho, peyek n crank90 masih berkutat di lembah sepitenk… :mrgreen:

  31. 276. Roy (X-Road Wannabe – Trellis Edition) – November 2, 2012

    @Klingon V2

    gw minta jawaban lu atas kecanggihan 4 hal diatas

    PBL + SKS vs Disil n Fog

    sebab rekan2 kutangers lainnya bilang PBL + SKS lebih canggih. nah yang gw tanya dari sisi metalurgi dan fisika. kalo dari sisi kegunaan jelas PBL dan SKS lebih canggih. gw setuju.
    ================================

    om roy,

    konsumen mah pikrannya ngak sampe gitu, botak nanti pale,

  32. Honda CB150R meniru CB500R (BUKAN Old Vixie)
    overbore.wordpress.com/2012/11/02/apakah-desain-honda-cb150r-niru-old-vixion/

  33. @klingon v2

    hadeeehhhhh….

    yang gw tanya dari sisi metalurgi dan fisika dijawab dari sisi elektronik.

    contoh yang lu beberkan adalah contoh kegunaan, yang gw tanyakan adalah dari sisi teknologi metalurgi dan fisika.

    Indonesia udah sanggup membuat KCR 60 dengan teknologi aluminium dan elektronika vs cobham armour yang sampe detik ini Indonesia gak sanggup buat.

    dari sisi elektronika jelas KCR menang, tapi dari sisi metalurgi?

    😆

    added:
    gw udah beberkan fakta kalo kehabisan oli gimana nasibnya.
    itu juga ente gak mw jawab or gak bisa jawab.

    😆

Comments are closed.