Sejak meruncingnya perdebatan antar fansboy dan berakhir dengan kata-kata yang kurang senonoh, maka sudah hampir satu bulan kebelakang jaring pengaman wordpress via Akismet IWB perketat. Sayang…..akibat setingan yang begitu sensitif, banyak dari komentator yang harusnya diluar target juga menjadi korban terjaring moderasi!

Jujur…IWB lebih suka jika jaring longgar seperti awal warung ini dibuka. Setiap pengunjung bisa dengan leluasa menyampaikan pendapatnya tanpa perlu was-was terjebak moderasi. Namun seiring perjalanan waktu, kondisi? lumayan kurang kondusif. Umpatan, makian hingga hinaan seringkali dilontarkan dikolom komentar. Pelan dan pasti…setiap kata IWB? sortir guna dimasukkan dalam blacklist. Efek positifnya….komentar diwarung sedikit enak dilihat. Sisi negatifnya…saking ketatnya sekarang Akismet seperti membabi buta. Seringkali komentar adem tetap menjadi korban. So, maaf jika sampeyan menemukan kondisi, sudah ngetik panjang-panjang…..di enter tidak nongol!

iklan iwb

Secara pribadi…sempat terpikir untuk meniadakan kolom komentar. Akan tetapi, IWB sadar….artikel tanpa komen bagaikan masakan tanpa garam. Artikel tanpa celotehan brosis semua bakal garing tanpa nyawa. Dengan fitur kolom itu pula, IWB bisa berinteraksi secara langsung dengan para pembaca. Untuk ajang sharing ataupun diskusi. Tentu saja jika semua dilakukan dengan benar tanpa harus saling memaki atau menjatuhkan. Debat boleh…tapi monggo lakukan dengan sehat. Say no to dirty word, nyampah, nyepam, nyerang pribadi, sara, agama, suku, porno, binatang ataupun fisik. Setuju nggak kira-kira brosis?. Ciaaaa, Qwerty, Juraganneon, Jaos, Roy, Ryan, peyek, Thole, Bukan FB, Imam, Taqi tiktak, Tiger26, Kucrut, Pemerhati, [email protected],? BC-Mania, Miko, Rodagila, Gakngorosketek, dan sobat lain….deal?? :mrgreen: . (iwb)

?

283 COMMENTS

  1. telat neh blg stuju, bkal rindu celotehan fbeha nech . . .xi . . .
    Cba deh renungin sama2 fby ma non fbh msh ada dbat diartikel piksen malah ada fby yg mangkel krna dsain piksen elek artinya walau fby tp msh rasional tp yg sbelah ya dinilai sndirilah sodara2 knp ampe muncul nonfbh la ngomen real aja dipatil,
    tp bc msh perlu asal jgn kelewatan klo gak ntar pabrikan kasih motor asal2an mas iwan

  2. Setiap komentar menandakan sifat asli si penulis. Kalo suka mengejek, menghina, ya seperti itulah di kehidupan nyata, naudzubillah!!
    motorrio.wordpress.com/2012/10/28/free-ktm-rc-8-superbike-mau/

  3. saya sangat setuju dengan Pak IWB mengakomodir perdamaian dalam mengemukakan pendapat dengan cara sehat dan berkualitas seperti itu, blogger yang dewasa dan terhormat selalu melakukan hal yang luar biasa seperti ini tentunya. akan lebih baik kalo penggunaan bahasa uraian juga lebih banyak memakai bahasa baku dalam kaidah tata bahasa yang disempurnakan, untuk topik yg sensitif sepertinya memang harus idealis dalam menguraikan nya. Appreciated buat Pak IWB.

  4. deal kang,, tapi jujur aja nih kadang yg bikin artikel tu jadi menarik ya komen2 dibawahnya yg seru… tapi akhir2 ini memang lebih banyak komen yg sepertinya sengaja memancing dan mengadu domba fansboy, kasihan yg mudah terpancing jd ikut-ikutan memperkeruh suasana. so bwt fb.. be a smart fansboy..ok:)

  5. postingan blog tanpa komen fb itu…
    rasanya ada yg kurang..
    udahlah gk usah difilter..
    biar seru..

  6. yes, ane gak kesebut.. 😀
    (komeng yg wajar2 aja laah..)
    komeng gak wajar=gak dapet duit (blacklist)
    komeng wajar=gak dapet duit (disegani)
    it means, ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN!! 😀

    keep blogging suhu IWB.. cemangatt!!
    😀

  7. wadduh ane termaksud tenyata..,
    xixixixixixixii,,

    mas Iwan Sebelumnya ane minta maaf,,,,
    ane sangat setuju atas tindakan dari empunya blog ini,,
    😉

  8. Fby banyak bener..fbh dikit..mungkin klonengan fbh ga diitung wkwkwk
    Selamat hari minggu

  9. saling serang memang bikin seru,kadang lucu jg.sayang dgn kata-kata kasar jd kurang enak dibaca.setuju harus ada jaring pengaman sosial biar warungnya tetep nyaman

  10. @cb150 trellis = old vixion wannabe – Oktober 28, 2012

    Fby banyak bener..fbh dikit..mungkin klonengan fbh ga diitung wkwkwk
    Selamat hari minggu
    ==========================

    nah nih kang IWB, salah satu contestant klonengan fansboy…kong

  11. ndak setuju ach……entr takot.ny blog jadi sepi kalo sering di moderasi..=====>>>>kabooorrrr

  12. yuh
    diseneni seng duwe warung,,
    mulane nek pada utang cepet dibayar

    deal ga brow,
    he.e.e

  13. setuju mas IWB, bikin ketat jaringnya. Saya minta maaf kalo komen2 saya terlalu pedas menusuk shg banyak alay2 yg gak kuat mental jadi mengamuk dan meledak….shg suasana tidak kondusif.
    Hope ke depan, saya komen lebih lembut….
    sip sip………

  14. tnang mas ane komen kalo kesel ngeliat ada yg maen fisik sara dan sebagainya kalo adem ane juga ga komen kok 😀
    contoh kemaren ada si ryan ajah ane baru komen nyepamnya ituloh ga enak di liat mana caps ke lock terus :mrgreen: apa emang ga ada tombol matiin capslocknya ya :mrgreen:

  15. Sip lah kang iwan..apapun merk motornya..tetep kita semua bersatu jgn gontok2an lah. damai itu indah..

  16. Yang disebut namanya tolong maju ke depan…
    kaki kiri diangkat, tangan kanan pegang telinga kiri.
    Boleh kembali ke bangku setelah pelajaran selesai,….
    Mengerti!!!

  17. saya sangat setuju. akhir2 ini sy pribadi mulai malas baca komentar karena sebagian komentarnya tidak bermutu. mari kita ciptakan diskusi yang sehat wal-afiat

  18. dulu ane suka banget baca komen2 ketika berdiskusi tentang teknologi motor.. tapi semenjak ragunan dipindah keblog ini.. jadi males baca komennya.. cukup artikelnya aja.. semoga kita semakin dewasa.. malu ama umur dah..

  19. bagus mas biar gak banyak tuyul alay,
    eh iya, yuk tasyakuran bakar sate, ntar gue traktir sate semua, hihihi
    merayakan kemenangan

  20. bener banged,
    heran, dulu waktu 2008 dan jamannya kafemotor, komennya enak-enak, sekarang bikin eneg.
    satu sama lain suudzon, dan selalu menganggap yg bersebrangan dianggap FansBoy, padahal maling teriak maling.
    sumpah deh, cuma bikin sampah aja di rumah orang.

  21. waduh… sori… telat.. :mrgreen:
    ane paling pertama setuju kang iwan…
    lagian ane juga udah pernah ngusulin kayak gini sebelumnya ama kang iwan…
    🙂
    siap komandan… 86 ndan…… 🙂

    buat fbh:
    semoga dengan artikel ini.. kalian lebih dewasa ya… nggak matil2 lagi… nggak suka ngasih link parno lagi… apalagi sebalap kesayangan fbh nyungsep… plis… jngan mewek ya…. 😆
    oh ya…. daped mungkin ndlosor karena kepleset upil ane kali…. :mrgreen:

  22. semangat bang IWB !! berantas orang orang perusak kolom komen di warung ini … tapi kadang kadang ketawa ngakak sendiri liat komen komen orang orang itu… heran , mereka dibayar brapa ya sama pabrikan yang mereka bela ? hahahaha

  23. @184 peyek
    lobang koin nya, yek, ketutup upil u, jadi pada lengket semua di dalem……..heheheh…..
    hati2 u sudah diincar shukei nakamoto gara2 itu……..heheheh

  24. 139. ?? qwerty ?? – Oktober 28, 2012

    @thole
    yoi, nyampah dijalan sambil bagiin brosur keknya!

    @ian
    ahh decoy aja luh, biar gak di cap fby atau fby yahh
    ———————————————————————————
    ada juga gerombolan lo………………..yang mesti balik keasalnya,ke bantar gebang coy……………….

  25. Jadi fans boleh tapi tunjukan bahwa kalian itu fans yang cerdas berbudi luhur. Kalau bisanya cuma bawa2 nama anggota kebun binatang, kata2 jorok, kalian ga ada bedanya dengan anak kecil, umur dan badan boleh besar tapi mental, perilaku dan sifat ya mirip anak kecil.

    Lagipula dari kata2 bisa menunjukan siapa yang benar, siapa yang benar2 cerdas dan siapa yang bisa memajukan “sesuatu” yang dibelanya krna fanatik.

Comments are closed.