iklan iwb

Bro dan sis sekalian….dalam lawatan IWB keTasikmalaya 10 hari lalu, IWB sempat mampir ke dealer AHASS Priangan Timur. Melihat aktifitas para mekanik serta kondisi bengkel dalam melayani para konsumen. Dari sekian pemandangan yang terpampang, ada satu yang menarik perhatian yakni hadirnya sebuah kertas berwarna putih dengan note lugas, detil serta sangat berguna bagi para biker yang ingin umur tanki BBM awet. Seperti apa? Monggo diintip….

Menjaga kebersihan tanki itu penting. Terutama jika kendaraan dipakai untuk mobilitas sehari-hari. Nah…umumnya, kondensasi akan terbentuk ketika bensin tidak terisi penuh. Karena itulah bagi para brosis semua, disarankan tidak membiarkan tanki hanya terisi 1-2 liter. Sebab dengan ruang udara yang luas bakal memicu terjadinya penguapan yang ujung-ujungnya timbul kondensasi. Wis..sampeyan bisa tebak….kondensasi identik dengan unsur air. Akibatnya karat menyerang tanki dalam. Gejala tanki yang terkontaminasi karat bisa dideteksi dengan cara membuka mur tutup kran dengan kunci 10mm. Berikut beberapa faktor penyebab karat…

1. Kondisi tanki sering kosong atau hanya terisi sedikit pada saat diparkir semalaman. Kebiasaan ini bakal mengakibatkan terjadi pengembunan yang bisa menghasilkan uap air. Hasilnya? Karat mengintai…

iklan iwb

2. Mencuci motor dengan mesin steam bertekanan tinggi. Disadari atau tidak, daya semprot air yang diatas rata-rata…kadangkala bisa menyusup ke lubang pernafasan tanki. Maklum brosis….para pencuci motor biasanya tidak peduli water gun mengarah ketutup tanki. Padahal percikan air kuat tidak disarankan digunakan untuk mencuci sisi tersebut…

3. Kualitas seal rubber tutup tanki sudah tua. Seiring bertambahnya usia, karet penyekat biasanya sudah aus sehingga fungsi isolator menurun drastis. Pada saat hujan deras…air bisa saja merembes masuk.

So….berdasarkan dari tiga uraian diatas, berikut yang bisa kita lakukan….

1. Pastikan bensin selalu terisi penuh saat motor diparkir semalaman

2. Posisikan tuas kran pada posisi ON. Hal ini dimaksudkan agar bensin yang mengalir ke karbu selalu difilter oleh saringan kasa halus (strainer). Dengan kata lain….katup RES/cadangan hanya digunakan pada saat kondisi darurat.

3. Hindari cuci steam. Kalau tidak ada pilihan lain, sarankan tukang cuci agar tidak menyemprot bagian tutup tanki.

4. Pengurasan secara berkala per-6 bulan sekali untuk memastikan tidak ada unsur air didalam tanki.

5. Karet tutup tanki disarankan diganti jika dirasa telah melar atau kurang rapat.

Nah….brosis semua, apakah sampeyan sudah melakukan seluruh tips diatas? Jika belum…monggo bisa dicoba mulai dari sekarang. Jika sudah dan ternyata masih tetap berumur pendek, mau nggak mau kita kudu beli tanki baru. Apapun itu, tips dari Honda yang IWB rangkum terlampir patut dicoba. Semoga berguna….(Iwb)

333 COMMENTS

  1. di lem masih bsa mas iwb,,, dari pda beli baru,,, wkwkwk

    chozinahmad.wordpress.com/2012/08/26/mau-ke-pangandaran-baru-nyampe-wangon-sudahmelihat-3-kecelakaan/

  2. Ninja ane kagak pernah tuh diperlakukan seperti yg diatas.. Bocorpun kgk prnah. Padahal sejak tahun 2003 lho, apakah tergantung bawaan material aslinya ?

  3. not recommend kang nyuci di tempat cuci yg pake water gun..kalo di motor sport, air pasti masuk lewat tutup tank bbm..
    *pengalaman dan hampir harus ganti fuel pump..

  4. tips dari honda,untuk,khusus dan cuma buat motor honda . . . . moga2 raptor besok ga begini,bisa remuk injeksinya kalo maintenance tankinya masih pake tradisi lama 🙂

    “menghangatkan suasana dipagi hari.peyek mode: on

  5. @ 7. 4-pple & 8. Nichoz Ahmad
    Solusi lain kalau ingin lebih ngirit….
    @ 9. endo
    Material juga ngaruh pastinya bro…
    @ 12. Andrie D MzPoetra
    Tips buat semua. Maksudnya sumbernya dari Honda mbak Andrie…
    @ 13. drive2
    Tipsnya dari Honda mz, bukan terjadinya sama Honda
    * Haduh….pada mancing-mancing nih :mrgreen:

  6. Sebetulnya gak cuma bwt honda doang,motor sport lain juga harus gitu

    Nb:siap2 kebakaran,siapkan air 1 tanki

  7. @mas IWB
    Lah. . . terakhir saya kedealer yamaha panggung motor(solo),saya nanya soal maintenance inner tank,malah disaut mantap sama mekaniknya “kuras tanki?nda usum no mbak!motor’e punya njenengan niku(si biang SOHC) sampun wonten lapisan anti karat 😀 ” gitu mas iwan. . . . .BTW,sampeyan sudah pernah nguras tanki blue angel mas iwan??

    kan saya baik,menyarankan si raptor untuk beralih ke tradisi yang baru,dimana tangkinya udah prih mentenan(free maintenance) 🙂

  8. @ 19. Andrie D MzPoetra
    Betul mbak, memang produk yang sampeyan maksud sudah ada lapisan anti karat atau zinc plate-nya. Untuk injeksi wajib mbak hukumnya..
    * Belum mbak Andrie, males je :mrgreen:

  9. 19. Andrie D MzPoetra – Agustus 27, 2012
    @mas IWB
    Lah. . . terakhir saya kedealer yamaha panggung motor(solo),saya nanya soal maintenance inner tank,malah disaut mantap sama mekaniknya ?kuras tanki?nda usum no mbak!motor?e punya njenengan niku(si biang SOHC) sampun wonten lapisan anti karat ? gitu mas iwan. . . . .BTW,sampeyan sudah pernah nguras tanki blue angel mas iwan??

    kan saya baik,menyarankan si raptor untuk beralih ke tradisi yang baru,dimana tangkinya udah prih mentenan(free maintenance)
    ====================================================
    ya smoga aja ini bisa didengar ahm biar memperbaiki kualitas bahan tangkinya,,,soalnya kebanyakan kasus tangki bocor kan motorsport honda,,,

  10. 1. Kondisi tanki sering kosong atau hanya terisi sedikit pada saat diparkir semalaman. Kebiasaan ini bakal mengakibatkan terjadi pengembunan yang bisa menghasilkan uap air. Hasilnya? Karat mengintai?
    ===================================================
    kbanyakan kasus tangki bocor kan semprot honda,,,,klo alasan tangki sering kosong,,,kok bisa ya padahal honda kan terkenal iritnya aturan ga pernah kosong dong bensinya 😀

    *belajar koplak sambil mancing

  11. *Biar tetep bagus tangkinya. two thumbs up lah AHM ! Ga mau bilang tangki bocor ntar ada yang marah.
    z1riders.wordpress.com/2012/08/27/picts-ketika-forged-piston-berubah-jadi-fogging-piston-hehehe/

  12. 12. Andrie D MzPoetra – Agustus 27, 2012

    tips dari honda,untuk,khusus dan cuma buat motor honda . . . . moga2 raptor besok ga begini,bisa remuk injeksinya kalo maintenance tankinya masih pake tradisi lama 🙂

    ?menghangatkan suasana dipagi hari.peyek mode: on
    ==================================================
    FBY nge BC berkedok kelamin :mrgreen:

  13. ah motor saya masih aman aja tuh walau gak pernah full tank…
    mungkin tergantung kualitas materialnya nih sekarang aja dah penyok karena tabrakan tapi kagak bocor
    gw pake pulsar 180 2007

  14. Sebenarnya kondensasi terjadi jika ada udara bisa masuk ke dalam tanki ( bisa dari lubang ventilasi atau dari tutup tanki sendiri), jika masuknya udara bisa diminimalisir maka jumlah air dari hasil kondensasi juga akan sangat sedikit. ( udara bersifat hydrokopis, karena unsur oksigen dan hydrogen akan membentuk senyawa H2O atau molekul air). Material logam juga mempunyai peranan besar dalam terjadinya karat karena unsur Fe (bisa diminimalisir dengan meng-coating permukaan logam dengan material non Fe atau bahkan metalurgi dari tanki sendiri dibuat dengan Fe minus), karena karat menyerang berdasarkan konsep katoda dan anoda.
    Jadi karat bisa dihindari atau diminimalisir diantaranya dengan cara:
    1. udara tidak bisa masuk dalam bejana ( lubang ditutup rapat atau tekanan dalam bejana lebih tinggi dari tekanan atmosfir).
    2. temperatur area bejana dijaga tidak terlalu lembab, karena bisa menyebabkan pengembunan
    3. Material logam dibuat dengan sistem Fe minus ( elektron dari senyawa air tidak menyerang logam karena sifatnya lebih negatif (katodik).
    3. diberi lapisan coating pada permukaan logam sehingga terbentuk isolator dan menghambat elektron menempel di permukaan logam Fe positif.
    4. Diberi proteksi kutub positif bayangan ( katodik protection / zinc anode ), sehingga material logam seng yang bersifat Fe positif akan diserang dulu oleh elektron dari atom oksigen bebas.

    YANG TERPENTING ADALAH MATERIAL LOGAM JANGAN BERSIFAT SEPERTI SENG ( talang air dari seng adalah contoh nyata).

  15. cuma tangki merk honda yang banyak keluhan bocor. merk lain ada, tapi tidak sebanyak honda :mrgreen:

    *bakar menyan biar si oneng keluar. ntar pasti ada yang reply bilang ane BC, padahal anak TK juga tau tangki bocor itu tangki apaaaaa….?

  16. tong fang – Agustus 27, 2012

    cuma tangki merk honda yang banyak keluhan bocor. merk lain ada, tapi tidak sebanyak honda :mrgreen:

    ============

    ah bego bener ente, karena motor honda paling banyak, makanya juga lebih banyak kasus

    gitu aja ga tau
    :mrgreen:

  17. @ayumi ting ting
    iye, honda paling banyak kan MS no 1. dari GL series kan? taun berapa tuh? tapi kejadian tangki bocor tetep ada sampe sekarang, kan?
    begitukah yang dinamakan peduli konsumen?

    *kipas-kipas menyan

  18. Motorku pgm-fi anyar gress fresh bocor krn suka ngebut salip2. Setelah diisi penuh gak bocor lagi, he..he..he..he..

  19. motor sport murah macem thunder 125/ produk india aja tangkinya maintenance free masa sport honda operpress harus repot2 perawatan ini itu..?

  20. artikle mantaaab ne mas iwaaan,
    masukan yang bagus,,,
    ne artikle bagus bangeet buat om tiger 26,,
    :mrgreen:
    agar kasus tangki bocor berkurang,,,
    :mrgreen:

  21. Artikel MotoGP, tangki, irit, speed, body, ngorok, D/S-OHC injeksi, pasti ujung2nya duel Ymh vs Hnd… ninja yg bkn produkny jg ujung2nya yg komen FBY vs FBH…. lanjut2… sneng aj bca komen para FB…
    Lempar mercon 1 dus (walo lbaran dah lewat)… 😀

  22. 34. ayumi ting ting – Agustus 27, 2012

    tong fang ? Agustus 27, 2012

    cuma tangki merk honda yang banyak keluhan bocor. merk lain ada, tapi tidak sebanyak honda :mrgreen:

    ============

    ah bego bener ente, karena motor honda paling banyak, makanya juga lebih banyak kasus

    gitu aja ga tau :mrgreen:
    ……………………………………………………………………………………..

    alaaah ngeles sampeyan,
    banyak kasus berarti kualitasnya rendah,,,

    apalagi motor sport honda sekarang, banyak penyakitnya,

  23. tangki gampang bocor kok konsumen yang jadi beban.
    tapi emang konsumennya mau dibebanin sama kelakuan ahem yang dari dulu gak pernah mau perbaiki kwalitas tangkinya.

  24. MONGTOR SEMPORT ANE YANG JELAS BUKAN honpret AMPIR 9 TAUN GAK ADA ISTILAH KURAS TENGKI BENGSIN

    BIASA…KLO honpret MOTORNYE ADA MASALAH YANG DISALAHIN PASTI KONGSUNGMEN, KURANG MERAWAT……..honpret MAH SELALU ‘BENAR’ :mrgreen:

  25. waduh…mas iwan ke tasik?kalo ane tau dah suruh mampir tuh mas iwan ke rumah ane.
    Btw perasaan kalo bensin penuh ko ky nya agak irit ya,beda ama yg isinya dikit.nice info mas…

  26. ada yang komen diatas honda peduli konsumen ngasih tips gampangan kek gini.
    knpa ahem gak mau lebih peduli perbaiki mutu tangki mleduk.

    *peduli ngerjain konsumennya, tapi konsumennya gak merasa dikerjain.

    wkwkwkwk….

  27. paling enak tanki kondom, jatoh gak penyok, lecet tinggal ganti kondom, yang pasti lebih murah dari besi kaleng

  28. wah,klo inf. tu ane uda tau dr dl,mas iwb…ane tau krn dksh tau mekanik,bag.rawan tiger emang tangki…cm yg repot,fby always bawel,sll berisik spd tiger sll bocor pdhl yg bocor mulut fby
    :mrgreen:
    …apapun spdnya klo ga terisi penuh jelas suatu saat ya bocor,trus ane tambahi mas,spd batangan sebisa mgkn qta cuci dw,coz yg tau bag jeroan cm qta,abis tu jgn lupa semprot anti karat utk bag las tangki pke stp
    😉

Comments are closed.