iklan iwb

Bro dan sis sekalian…perhari ini Yamaha sudah merilis jagoan anyar mereka new JupiterZ FI diSentul Bogor. Dihadiri oleh media otomotif tanah air. Untuk memperkuat gaung peluncuran, YIMM mengeluarkan press release Jupiter series. Mereka menjabarkan dengan begitu komplit tentang sejarah, pencapaian hingga transformasi total sikuda besi. Dari sekian uraian, yang menarik adalah penjabaran gen anyar yang ternyata mengadopsi teknologi motor balap YZ Crankshaft seperti yang digunakan motor trail Yamaha YZ450F. Berikut press releasenya….

Pengembangan produk-produknya yang dilakukan Yamaha terbukti selalu diterima baik di pasar Indonesia. Jupiter Z contoh inovasi tiada henti Yamaha yang memetik sukses besar bagi kebutuhan konsumen. Motor bebek 4 tak ini pengembangan dari produk sebelumnya, Crypton, Jupiter dan Vega. Jupiter Z mendongkrak pamor Yamaha sebagai produsen motor yang melahirkan produk-produk berkualitas tinggi di segmen bebek. Jupiter Z bisa dibilang layaknya Mio di kategori matik yang mengangkat nama Yamaha. Di pasaran penjualannya berkontribusi baik dan DNA racing Yamaha tersalurkan melalui karakter speed Jupiter Z yang terbangun dari mesinnya.

Metamorfosis Jupiter Z dimulai di tahun 2000. Nama awalnya Jupiter, diambil dari salah satu planet. Tiga tahun kemudian ditambahkan Z menjadi Jupiter Z di 2003. Penambahan ini karena alfabet Z adalah alfabet terakhir yang diartikan sebagai Jupiter Z memiliki teknologi paling terakhir dan terkini. Tahun 2009, menjadi tahun kelahiran generasi ketiga Jupiter Z dengan konsep baru. Yah baru, sebab generasi Jupiter Z 2003 s/d 2009 berkapasitas mesin 110 cc, sedangkan New Jupiter Z? berbasis mesin 115 yang merupakan desain mesin baru dari Yamaha.

iklan iwb

Bukan hanya mesin yang menjadi semakin tangguh, perbedaan generasi Jupiter Z dengan New Jupiter Z juga ada pada tiga konsep desain yang cukup mencolok. Pertama desain body. New Jupiter Z mengapresiasi kemenangan Yamaha di MotoGP dengan menyematkan Design Frame Diamond berbasis konsep R1 & R6, sehingga lebih gagah, kokoh dan seimbang. Kelahirannya menjawab semua impian rakyat bikers yang mengidamkan motor tangguh untuk melintasi semua medan. Terbukti selama di tes pada event Yamaha Jupiter Amazing Tour (YJAT) 2009, dengan rute Jakarta Bali dan Jakarta Medan selama 2 minggu berturut-turut, New Jupiter Z semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat.

Kedua, desain fisik di area speedometer yang futuristik dilengkapi LED berwarna biru yang elegan. Kegagahan New Jupiter Z semakin lengkap dengan kombinasi warna biru yang eye catching, terlebih saat malam hari. Pada bagian ini terlihat sekali tangan dingin insinyur Yamaha dalam mengemas satu kesatuan antara teknologi dan penampilan yang menarik. Dan ketiga adalah desain mesin yang berubah menjadi 115cc? dari 110cc. Inilah Yamaha, spiritnya bukan hanya mengganti casing motor untuk memenuhi keinginan rakyat bikers. Tidak tanggung-tanggung Yamaha mengganti mesin Jupiter Z dengan mesin barunya dengan segala kelebihan yang dimilikinya.

Bahkan bukan hanya mesin saja yang dirubah, untuk menunjang daya gedor yang mumpuni, insinyur Yamaha mengkreasikan setting karburator dilengkapi dengan Coating Enriche serta gear transmisi setting yang lebih responsif. Alhasil konsumen Indonesia dimanjakan New Jupiter Z dengan model yang stylist dan sporty design sekaligus riding feeling premium, sehingga pengguna New Jupiter Z dapat merasakan sesuatu yang berbeda di banding model sejenisnya, terlebih dengan feeling yang spontan dan smoot saat berakselerasi di setiap perpindahan kecepatannya.

Di bulan Januari 2012, Yamaha melakukan perubahan minor pada Jupiter Z white. Tampilan Jorge Lorenzo di layar kaca mempresentasikan elegan dan mewahnya New Jupiter Z white, menjadi puncak perkenalan perubahan terbaru pada motor bebek kebanggaan Yamaha itu. Warna putih kembali dipilih Yamaha untuk menciptakan tren ditambah fitur-fitur baru yang memberikan kesan sangat lelaki. Putih menjadi warna keenam Jupiter Z setelah sebelumnya tersedia warna merah, hitam, hijau, biru dan emas. Jupiter Z putih yang disebut sebagai hero bike ini dibuat paling beda yang dapat dilihat dari flasher (lampu sen) dan tail light (lampu belakang) yang warnanya diubah menjadi berefek smoke, dari sebelumnya warna silver. Sedangkan head light (lampu depan) tetap silver.

Harga yang dilempar ke pasaran tidak berubah dari Jupiter Z sebelumnya, 14,6 juta rupiah on the road Jakarta dan sekitarnya. Jupiter Z white juga dilengkapi Automatic Headlight On (AHO) seperti Jupiter Z dengan lima warna sebelumnya. Lampu sen dan lampu belakang warna hitam memberikan kesan atraktif dan lebih macho khususnya akan sangat terasa di siang hari.

Lima fitur Jupiter Z white yaitu cover handle, leg shield, panel front, cover under dan cover (tengah) juga tampil beda dilihat dari warna dibandingkan dengan Jupiter Z sebelumnya yang terakhir mendapatkan perubahan minor tahun lalu. Cover handle dan leg shield Jupiter Z white berwarna putih sedangkan panel front, cover under dan cover (tengah) berwarna hitam. Jupiter Z dengan warna utama merah, hitam, emas, biru dan hijau pada panel front, cover under dan cover (tengah) sesuai warna utama sedangkan cover handle dan leg shield berwarna hitam.

Velg Jupiter Z white cast wheel (SW) atau yang dikenal awam velg racing, sama dengan Jupiter Z emas, biru dan hijau. Velg spoke wheel (SW) atau velg jari-jari digunakan pada Jupiter Z merah dan hitam. ?Jupiter Z putih berwarna lebih putih atau bright. Yamaha memang menargetkan semua motornya akan memiliki warna putih yang lebih terang. Warna putih menampilkan kesan elegan dan mewah, tambah istimewa untuk Jupiter Z untuk mengangkat imej motor dengan kecepatan yang sudah teruji di lintasan sirkuit kompetisi-kompetisi balap nasional yang memberikan prestasi gemilang bagi Yamaha,? terang Indra.

Di tengah derasnya penjualan dan trek matik di pasar otomotif roda dua Tanah Air, Yamaha melakukan inovasi terbaru spektakuler untuk motor bebek perdananya berteknologi Fuel Injection (FI). Dari hasil inovasi itu lahir All New Jupiter Z1 tetap dengan karakter cepat namun memiliki mesin baru dan berteknologi FI, sesuai taglinenya Yang Lain Semakin Ketinggalan Lagi dan key message Mesin Baru, Fuel Injection, Performa Semakin Dahsyat.

Mesin baru All New Jupiter Z1 membuat performance-nya meningkat 20 persen karena mengadopsi teknologi motor balap YZ Crankshaft Technology, Low Friction Technology dan Forged Piston. YZ Crankshaft Technology meningkatkan akselerasi dan torsi, sudah digunakan di motor trail Yamaha YZ450F. All New Jupiter Z1 yang diluncurkan Yamaha kian sempurna dengan Low Friction Technology yang memperkecil hambatan tenaga akibat gesekan sehingga tenaga mesin menjadi lebih optimal. Forged Piston yang memiliki daya tahan tinggi dan ringan sehingga mampu menyalurkan tenaga mesin yang besar serta menjadikan motor lebih mudah berakselerasi.

Mesin baru All New Jupiter Z1 juga didukung teknologi Fuel Injection yang membentuk high performance karena akselerasi yang lebih responsif dan pastinya makin canggih buat balapan. Kecanggihan teknologi FI semakin menyempurnakan All New Jupiter Z1 yang kesohor dengan karakter kecepatannya. Identitas speed ini bisa dibuktikan lewat akselerasi responsif dalam kondisi apapun (low-middle-high performance). Kecepatan dan performance All New Jupiter Z1 dilengkapi bodi motornya yang didesain lebih efisien untuk menembus angin. Mudah bermanuver dan menikung meskipun saat traffic jam.

Dengan All New Jupiter Z1, feeling berkendara semakin nyaman sebab perpindahan gigi dan suara mesin lebih halus. Suara knalpot yang lebih bertenaga membuat pengendara lebih gagah saat menunggangi All New Jupiter Z1. Feel seperti itu yang disebut Yamaha premium riding feeling. Keunggulan All New Jupiter Z1 lainnya yaitu perawatan lebih mudah pastinya disukai konsumen.

All New Jupiter Z1 benar-benar fantastis dari mesin, teknologi serta striping dan warna baru. Grafisnya bertemakan gold metal dragon heart (naga emas dari emas yang tengah mencakar). Naga emas metal ini diibaratkan seperti naga robot yang dihidupkan teknologi FI yang canggih dan futuristik. Yamaha mengambil elemen material metal untuk memperkuat kesan canggih modern. Grafis unik All New Jupiter Z1 disematkan pada cover side dan leg shield. Desain pada tubuh All New Jupiter Z1 bertambah menarik dengan tulisan Fuel Injection pada leg shield kanan dan kiri. Lalu di dekat front panel ada stiker Jupiter Z1.

Untuk menyegarkan tampilan All New Jupiter Z1, hero bike warna putih dibuat beda sendiri dengan tiga warna, dasarnya putih dikombinasikan dengan merah dan hitam. Warna merah ditempatkan pada center backbone, ini pertama kalinya warna merah ada di bagian itu untuk motor bebek di Indonesia. Merah menggambarkan kecanggihan FI. Yamaha menggunakan ini untuk All New Jupiter Z1, motor bebek pertamanya dengan mesin injeksi.

Warna putih kombinasi merah dan hitam hanya buat All New Jupiter Z1 CW (Cast Wheel). Varian velg racing itu tersedia juga empat warna lainnya, biru kombinasi warna hitam, hitam dengan hitam, hijau hitam dan merah hitam. Untuk empat warna itu bagian centre backbone nya berwarna hitam. Fiturnya pun makin kaya dan bergaya dengan pinstripe berwarna merah buat All New Jupiter Z1 CW warna merah, hitam dan putih. Sedangkan All New Jupiter Z1 CW warna biru dan hijau pinstripe nya dipilih berwarna putih. Yamaha juga menyediakan All New Jupiter Z1 Spoke Wheel (velg jari-jari) warna hitam kombinasi hitam dan warna merah kombinasi hitam.

Yup, itulah sejarah singkat dari JupiterZ. Rasa penasaran terjawab sudah atas uraian yang begitu detil. Semua terkupas tuntas kecuali banderol. Infonya…tidak akan jauh dari angka 14-15jutaan.? Kita tunggu saja. Last…berikut foto-foto jepretan dari beberapa media online tanah air dan monggo berikan komentarnya. Maturnuwun….(YIMM PR/iwb)

Noted : Image Motorplus & Dapurpacu

164 COMMENTS

  1. warna item sangar abisss,,,,,,buntut mkin meruncing,,,,woww,,, magic season 2..

    roda2makassar.wordpress.com/2012/07/10/bebek-kembar-yang-bermesin-4-tak-dan-2-tak/

  2. manteb mas

    silvervaio.wordpress.com/2012/07/10/analisis-ringan-peluang-omset-rp-200-milyar-andaikan-dinas-tiap-kabupatenkota-mau-saja-beli-satu-saja-unit-motor-nasional-seharga-10-juta/

  3. bisa jadi mesin balap donk ya..

    Mw share nih bisnis online bisa dapet duit GRATIS..
    cuma tinggal daftar trus sponsorin ke orang lain ntar bisa dapet duit ..
    gw aja anak kuliahan bisa..

    gratis-bisnisonlinee.blogspot.com/

  4. ditunggu tes ridenya, jangan sampai kejadian seperti meong j, dari cepat, gesit, relatif menjadi lemot, gak responsif, meragukan!!!!!

  5. ?Mulai MotoGP Mugello, tulisan
    New Jupiter Z1 akan ditempelkan
    di buntut motor dan wearpack.
    Untuk di wearpack ada dua
    bagian yaitu bagian tangan dan
    punggung bagian bawah
    pembalap. Tulisan ini akan nempel
    mulai seri Mugello hingga akhir
    musim 2012,?

  6. tetep mau pake tetek bengek apa mesin design ato apa diupgrade tetep bagusan jupiter z yg lama, nyatanya lebih laris sm harga secondnya lebih baik. yang terbaru sm yg paling baru kynya tetep kalah sm yang dulu. menurutku yamaha bagusan design2 lama ga terlalu lebay.

  7. @22. bandhot tua – Juli 10, 2012

    tetep mau pake tetek bengek apa mesin design ato apa diupgrade tetep bagusan jupiter z yg lama, nyatanya lebih laris sm harga secondnya lebih baik. yang terbaru sm yg paling baru kynya tetep kalah sm yang dulu. menurutku yamaha bagusan design2 lama ga terlalu lebay.
    ———————————————————————————–
    apalagi NHB…

  8. can cimeng can cimeng..kacang garing..kacang garing masih anget,,..ayo..ayo siapa yang mau.kreditan masih lama

  9. mau turun harga, diragukan kualitasnya????
    mau naik harga, langsung dicap operpret????
    mau harga tetap, gak rugi pabriknya????

  10. lumayan 😀

    yudibatang.wordpress.com/2012/07/10/video-top-speed-yamaha-vixion-yudibatan-setelah-empat-tahun-pemakaian-masih-150-kmjam/

  11. Buat Fbh perhatikan baik baik itu mesin YZ450F sejak 2010 sudah menggunakan konfigurasi terbalik , trotle-body didepan head dan knalpot dibelakang head Cylinder

    teknologi yg dicontek honda di NRS250 untuk Moto3 wkwkwkwk

  12. penjabaran mesin Jupi Z1 yang canggih dari mas IWB seakan dianggap NOL BESAR bagi para FBH dikarenakan Jupi Z1 belum pake RDB…

    jadi menurut FBH superioritas motor bebek bukan pada mesin, sasis dan desainnya yang bagus…, tapi hanya pada RDB nya…,

    seperti yang sekarang diwujudkan lewat NHB…, Jupi Z1 serasa ketinggalan jaman

  13. gak usah nunggu lama, nanti tagline ini ama FBH menjadi YAMAHA SEMAKIN KETINGGALAN LAGI….. PERCAYALAH SAMA GUE…

  14. GAYA PENULISANNYA KOK BEDA BANGET DENGAN KARAKTER IWANBANARAN YA!!
    APA SUDAH DI DRAFT SAMA YAMAHA KAH !!???

  15. 37. bangfuadz

    penjabaran mesin Jupi Z1 yang canggih dari mas IWB seakan dianggap NOL BESAR bagi para FBH dikarenakan Jupi Z1 belum pake RDB?

    jadi menurut FBH superioritas motor bebek bukan pada mesin, sasis dan desainnya yang bagus?, tapi hanya pada RDB nya?,

    seperti yang sekarang diwujudkan lewat NHB?, Jupi Z1 serasa ketinggalan jaman

    ————————————————————-

    namanya juga pensboy fanatik merek bro gak melihat teknonogi apapun pokoknya paling bagus ya merek itu mau seperti apapun bentuknya.. :mrgreen:

  16. 40. juraganneon – Juli 10, 2012

    37. bangfuadz

    penjabaran mesin Jupi Z1 yang canggih dari mas IWB seakan dianggap NOL BESAR bagi para FBH dikarenakan Jupi Z1 belum pake RDB?

    jadi menurut FBH superioritas motor bebek bukan pada mesin, sasis dan desainnya yang bagus?, tapi hanya pada RDB nya?,

    seperti yang sekarang diwujudkan lewat NHB?, Jupi Z1 serasa ketinggalan jaman

    ????????????????????-

    namanya juga pensboy fanatik merek bro gak melihat teknonogi apapun pokoknya paling bagus ya merek itu mau seperti apapun bentuknya.. :mrgreen:
    =====================================================

    mereka bukan FBH sejati.

    yg komentar emang para SALES ya selain dagangan nya ya jelek.

    lihat aja “masterxeon” dulu bilang konsumen potensial, ujung nya sales ‘keceplasan’ dan gak nongol lagi ganti nickname baru.

    anti yamaha keceplosan ngomong jebule saleh honda.

  17. 37. bangfuadz – Juli 10, 2012

    penjabaran mesin Jupi Z1 yang canggih dari mas IWB seakan dianggap NOL BESAR bagi para FBH dikarenakan Jupi Z1 belum pake RDB?

    jadi menurut FBH superioritas motor bebek bukan pada mesin, sasis dan desainnya yang bagus?, tapi hanya pada RDB nya?,

    seperti yang sekarang diwujudkan lewat NHB?, Jupi Z1 serasa ketinggalan jaman
    ——————————————————————————–
    FBH itu lupa bahwa bebek pertama yang pake Disk Brake itu Yamaha…

    :mrgreen:

  18. 42. Drs. parto SH. – Juli 10, 2012

    mereka bukan FBH sejati.

    yg komentar emang para SALES ya selain dagangan nya ya jelek.

    lihat aja ?masterxeon? dulu bilang konsumen potensial, ujung nya sales ?keceplasan? dan gak nongol lagi ganti nickname baru.

    anti yamaha keceplosan ngomong jebule saleh honda.
    ——————————————————————————-
    udah ganti nick dia setelah kasus nya Joni ya kalo gak salah di trit sebelah…

    hadeeehhhhh…

  19. 15. MWDS – Juli 10, 2012
    berarti downgrade donk, ternyata jaman sekarang jamannya downgrade?..!!!
    ==========
    kok saya melihatnya jupi z1 malah dengerin sebagian pengguna jupi z yang cenderung untuk dioprek… klo pakai diasil tentu akan banyak ditinggakin user yang punya gen balap dan dini bisa dilihat jupi z masih merahai indoprix… jadi gak salah dong klo gak pakai diasil 😀

Comments are closed.