iklan iwb
Home Otomotif Keluh kesah seseorang yang bekerja diSuzuki….

Keluh kesah seseorang yang bekerja diSuzuki….

Bro dan sis sekalian. Tidak disangka ketika nyambangi PRJ, IWB bertemu dengan teman lawas. Seorang yang bekerja diIndomobil grup roda empat. Basa-basi dan temu kangen membuat kita akhirnya ngobrol panjang lebar. Berbagai tema kita ulas salah satunya tentang otomotif. Dari sanalah terlontar sebuah pengakuan bahwa Suzuki roda dua susah untuk bangkit….

Dari dialah…IWB mendapatkan bisikan bahwa sejak pembukaan PRJ hingga detik ini kuda pabrikan berlambang S hanya mampu menjual sekitar 300 unit motor…gabungan dari berbagai varian. Dia mengeluh pencapaian jauh dari kata memuaskan karena sebagai pabrikan sama-sama Jepang, tetangganya (Booth berseberangan dengan pabrikan garputala) mampu menjual lebih dari 1000 unit. Tentu saja realita ini patut menjadi bahan renungan sebab sebagai karyawan Suzuki, jebule mereka juga merasa miris dan sedih (padahal baru 8 hari 300 unit lak yo lumayan ya bro :mrgreen: )….

Untungnya sales roda empat Suzuki termasuk moncer. Itulah yang menjadi pelipur lara. Ketika IWB tanya kenapa roda dua Suzuki susah bangkit?? teman IWB cuma bisa menggeleng tanpa mampu memberikan analisa jelas. Hanya satu ungkapan dan cukup membuat IWB mengerti…” manajemen kali yah” . Hhhmmm…alasan klasik. Kalau sudah tahu kurang greget…ya kudu dirombak total. Pantesan aja pak Paulus tidak? mampu membuat gebrakan signifikan. Lha sekarang gimana mau mencuri perhatian biker kalau motorsportnya saja hanya mengandalkan Thunder 125 ??!!. Yo berat to mzbro…

Membangun image itu perlu. Contohlah Kawasaki yang secara brilian bermain disegmen sempit namun sukses merebut mindset konsumen. Motor laki garang dan kencang ?? pasti kita akan teringat dengan geng ijo. Irit dan mesin awet?? Honda!. Accelerasi mumpuni dan handling lincah?? Yamaha. Lha Suzuki??…sedikit susah untuk menjawab. Padahal jaman IWB masih muda…Suzuki identik dengan speed. Sopo ora keder dengar RGR150SS. Siapa yang berani meremehkan Crystal??. Kalau sampeyan biker tulen era 1990an pasti angkat tangan mengakui kedigdayaan Suzuki. Namun itu dulu….15 tahun yang lalu. Sekarang?? butuh perjuangan ekstra keras…..

Last…semoga kehadiran Inuzuma 250 akan membuat segalanya berubah. Pararel engine dengan torsi badak. Sayang banyak yang menyayangkan posisi pricing yang kelewat tinggi. Tapi ikhtiar Suzuki untuk menghadirkan motorsport bertenaga besar patut kita apresiasi. Yang penting pesan kita sebagai biker…sparepart kudu diperhatikan. Jangan seperti nasib Thunder 250 yang berumur beberapa tahun langsung tenggelam. Atau FXR150 yang hanya menawan ditahun pertama dan kedua. ketiganya…keluh kesah susah mendapatkan suku cadang. So bangkitlah Suzuki, kita semua mendukungmu!!!….(iwb)

148 COMMENTS

  1. susah dah kalo kebijakan management tidak mensupport R2. Padahal setelah merasakan nyamannya pake shogun 125 2005 saya langsung kesemsem sama suzuki dan langsung menjadi pembeli pertama skywave 2007 (pagi motor dianter,malam baru launching di TV night rider series). Dilanjut dengan Hayate 2011 ( malam motor dianter,besok paginya motor launching)…. Sebetulnya sangat puas dgn suzuki tapi sayang kurang berani berinovasi dan fight total dgn kompetitor… Ayo suzuki, keluarkan kartu AS mu di semua segment…. buat mas bro semua, komen jgn ejek2an ya.. ga ada untungnya… Salam silaturahim….

  2. Ngenes yo
    Tapi kyna ude mulai main api dengan munculin skutik entry level mencoba menggoyang dominasi

  3. No Pain No Gain. Pepatah begini aje Suzuki Indo belum tentu ngerti. Mendingan bangkrut aje deh kek pabrik Suzuki Malaysia.

  4. Sbg pengguna suzuki ane puas dgn motor ini: irit (utk tipe yg sama imho lebih irit dari honda), kuat dan harga komponen murah. Sayang bengkel resminya dikit…org akan lebih nyaman beli motor yg bengkel resminya banyak. Kawak jg bengkel resminya dikit tapi yg dijual adalh motor2 yg ‘tidak umum’, makanya tetap laku

  5. hahhaha..
    susuki harusnya mulai memperbanyak varian bebeknya sama motor sportnya..
    kalau tidak ya tidak bisa berkembang..

    coba bisnis online gratis dan menguntungkan..
    gratis-bisnisonlinee.blogspot.com/

  6. Sama kek ini doong….

    bennythegreat.wordpress.com/2012/06/21/curhatan-kawan-ahm-mulai-kacau-pelayanannya

  7. ah masa sih mas iwb? dulu RGR 150 paling kencang di sekolah ane aja keok ama rx king ane, wkwkwkwk *tergantung joki dan nasib*

  8. kalo imagenya thunder 125 berat mas…
    emang kuwalik udele, yang bebek dikasi 150cc DOHC,
    yang batangan, mesinnya 125cc alakadarnya, dari jaman om farhan masih muda sampe pensiun jadi penyiar delta FM, model gak berubah2…

  9. 25. juraganneon – Juni 23, 2012
    Suzuki tidak punya tagline yang kuat mas.. seperti Yamaha ?Semakin di depan? dan Honda ?Oneheart?, Tagline ini kan jadi jiwanya produk, yamaha ?semakin di depan? artinya fokus ke produknya, menelorkan produk2 yang punya performa bagus dan teknologi terbaru sehingga startegi marketingnya menunjukkan kelebihan teknologi dan performa produk, sedang Honda dengan ?Oneheart? fokus merawat para konsumen loyalnya sehingga konsumen loyalnya tidak hanya melihat teknnologi/performa produk tapi melihat produk sudah seperti bagian dari dirinya sendiri, contoh strategi marketingnya ?Cinta indonesia cinta pgmfi? berusaha menanamkan pemikiran kalo ente ngaku orang indonesia ente harus beli honda begitu mas. Nah kalau suzuki apa taglinenya? terus penjabaran di produk seperti apa? lalu strategi marketingnya bagaimana? contoh kasus strategi marketing, mosok iklan suzuki nex pake boyband smash? memangnya yang mau beli nex itu laki2 melambai semua? itu salah satu blunder manajemen memilih icon produk. jadi menurut saya manajemennya yang harus dirombak total.
    ======
    oh jadi icon pake SM*SH itu salah ya… mending BENNYBEIBER saja, biar image suzuki NEX itu kuat, dinaiki beruang ecesssss saja…
    padahal mestinya di NEX ini suzuki sudah menambah banyak value dibanding kompetitor sesama karbu (beat dan mio cw)

    • @ Juke
      Jiaahhh, ngeliatin aja mzbro nih :mrgreen: . Ntar deh saya kasih gambar lain…
      @ Ipunk
      Sama-sama mzbro. Sukses yah…
      @ Kacer
      Mungkin intervensi dari Jepang begitu tinggi kali yah..
      @ arm
      Standart?? Joki RGR-nya kudu bnyk belajar bro :mrgreen: . Oprekan?? Nggk kaget sebab tergantung kepiwaian mekanik. Tapi jika kondisi sama2 normal standart…King kalah mzbro!!
      @ iwak tempe
      Iya juga yah…koq malah kebalik yak

  10. bener bro kayaknya ada yang salah sama manajemennya, kayaknya ada gap antar lini dari hulu ke hilir,

  11. saya pengguna suzuki yang sudah lama, dan sangat puas. sampe sekarang masih ada tuh suzuki bravo, sama satria 2 tak. suku cadang banyak, apalagi yang satria shocbreker ga ada lawan kalau masalah suspensi. Dibanding Byson suspensinya masih enakan satria 2 tak.

  12. Wooww…!!!
    Satria fu150 di beri sdikit sentuhan pada sasis, dan di beri tanki yang di tempatkan di dpan mnggunakan tanki vixion ternyata mak nyuss top margotop mantab cuy…
    Knp suzuki gak brfikir begitu ya..
    Pdahal kan klau suzuki mau bangkit dan berinovasi, suzuki gak perlu membuat motor yg 100% baru untuk membuat mtor sport batangan, ckup dengan sedikit mengoprasi si fu aja karena harga untuk mrubah satria fu ke mtor btangan hanya dengan melakukan sedikit pnyesuaian pada sasis dan tanki depan biayanya gk trlalu mahal, sehingga suzuki bisa memiliki motor sport batangan yg mampu bersaing dengan vixion dan calon mtr sport honda tralis, baik dlm segi kcepatan dn juga harga,. Krn dngan hny mrubah mtor yg sdah ada tentu dpat menekan biaya/cost produksi nya, sehingga bisa di jual dengan kisaran harga yg murah juga,, klo hrganya murah kan psti bnyak yg berminat. Oyeach gak tuh….
    dan dengan adanya motor sport batangan/motor sport laki2 yang larinya kenceng+berharga murah namun dengan kualitas suzuki yg terjamin, ane fikir pasti bisa membantu mendongkrak penjualan motor suzuki. Oyeach lagi gk tuch… Ohok ohok…
    Semoga suzuki mau mendengarkan masukan ini.
    Dan semoga masukan ini bisa berguna bagi suzuki.
    Ane Permisi.. Cmiw…..

  13. @arm:
    suzuki rgr standar gampang kok ngasepin king korek… yang penting start gas panteng di 7000-8000 rpm, setengah kopling…. ngaciiiiirr….. kalo ngurut dari bawah 7000 rpm suka brebet…. pengalaman nih jadi “joki” rgr waktu sma hehehehe tapi tetep.. tergantung joki n korekannya jawara apa kagak.. percaya king korekan bisa jabanin rg korek…. (tapi kalo ama ninja 2 tak n nsr nyeraaaaah daaah hehehehehe)

  14. dulu waktu punya shogun kebo, sangat2 bisa diandalkan, tapi sparepartnya yg mahalnya minta ampun, kampas kopling belinya mesti 1set 450rb kalo beli di dealer 610rb, bandingkan dgn jupiter mx di dealer cuman 20-30rb itupun bisa ngecer..

  15. Suzuki lebih sayang kepada Roda empatnya….apalgi pemilihan bintang iklannya yang kadang2 ga pas…REVOLUSI BUAT MANAGEMENT SUZUKI..

  16. produk suzuki sekarang yang bermutu (desain, performa) cuma fu, yang lain END
    apalagi nex ikonnya pake band tusbol lagi

  17. suzuki motor cm andalin FU,hayate,nex…varian produk lainnya gag gt bt minat orang tuk beli…
    kalo saya sih suzuki mang manajemennya harus dbaikin lagi…segi jualan aja banyak bgt varian matic nya tp g taw arah/sasaran nya buat sapa..blm lagi denger2 soal kelola keuangannya..

  18. 4. ivank – Juni 23, 2012

    akhir nya setelah menunggu ratusan taun lama nya,bs jg pertamax d warung ini.Cihuuuyy?
    ======================================================
    Trus ane mesti bilang waawww gt gan???

  19. saya termasuk orang yang sangat prihatin sama kondisi suzuki saat ini. koleksi motor suzuki saya ada 4, puas banget pake suzuki.
    orang bilang sperpart mahal sm boros bbm, sepertinya ga juga lah, iritnya bisa di adu sama honda, sperpart ori mahal ya wajar, kalo di adu sama part ori honda harganya sama koq.
    cuma makin kesini desainnya makin kacau, jangankan mo koleksi, liat aja dah males.
    ayo suzuki, brubah buat orang banyak. kesian karyawan lo kalo mandek gini.

  20. semoga inazuma moncer trus keluar inazuma 125 😀

    balik meneh ke jaman Thunder dong…?
    :ngakak

    nitip ya bro,,,

    pemakai Converse masuk sini
    pandahitam.wordpress.com/2012/06/24/converse-original-vs-converse-kawe/

  21. suzuki itu ‘ inovasi tiada henti ‘ atau ‘ ride the wind of change ‘? malah iklan di tv yg sempet nongol suzuki GSR 750 nya beda tagline lg. btw oot dikit tuh kalo gsr 750 berani di bonsai disini yoi kaya nya

  22. Suzuki Spin ane mesin nya bagus, larinya juga lumayan, cuma kalah di merk sama spare part yg kurang diluaran, klo di dealer resmi sih ada.. menurut ane sih mesin nya udah bagus, cuma dukungan yg lain2 ini yg masih kurang, dan marketing nya harus lihai liat apa maunya konsumen, misal: Upgrade produk Thunder 150 pake mesin satria F150, masalah sparepart kan jadi lumayan ngirit krn tipe mesin nya sama, dll… itu hanya sekedar contoh… atau Upgrade Thunder pake mesin Inajuma 150cc 2 silinder, blum ada tuh, 1 silinder nya berarti 75cc kecil juga yah.. haha..

  23. Yo wajar mas bro pemain bertahan ya begitu….beda sama sayap kepak dan garputala agresif menyerang jadi banyak inovasi disetiap lini dari itik,bebek hingga batangan….ya gak…

  24. Dulu pernah pake Suzuki Shogun kebo d medio awal 2000-an, pake bbrapa tahun (trus djual krn ganti motor), sangat puas. Trus tahun kemarin mencoba matic pertama kalinya utk istri, ambil Skywave 2nd, jg sangat2 puas overall, great value.

    Sayang Suzuki ga konsisten membangun industri R2 nya d sini, padahal dulu Suzuki Shogun 110 series adalah fondasi yg bagus, eh malah dirusak sm Shogun 125 dan Smash awal yg ancur2an kualitasnya. Inovasi yg berhenti di motor sport batangan, serta matic yg mesinnya OK tp desain bodi pas2an, hadeuhh.

  25. dulu ingat awal 2000an an setelahnya suzuki moncer di arena road race n yamha di belekangnya,klo ga salah msnya yamaha n suzuki sama2 20an persen n suzuki unggul dikit dari yamaha,tapi semenjak yamha di motogp bangkit dgn rossi n disusul bangkitnya yamha di arena road rce nasional n di barengi turunya pamor suzuki di motogp n road race(klo ga salah gara2 digantinya shogun ke smash karena shogun dah discontinue,maka di road race pake smash ee malah loyo kesalip jupiter),penjualan suzuki juga makin menurun kayaknya,

  26. 78. yo ko & bibi lung – Juni 24, 2012

    produk suzuki sekarang yang bermutu (desain, performa) cuma fu, yang lain END
    apalagi nex ikonnya pake band tusbol lagi
    =====================================================
    ada jg yg beli gara2x band tusbolnya itu loh bro..
    temen kantor punya anak cewe masih smp ngerengek2x minta dibeliin nih motor krn iming2x bs foto bareng tuh band. yg gilanya dibeliin lagi :mrgreen:

  27. 92. samsi suardi – Juni 24, 2012
    yg pnting motor suzuki gak ada fitur tangki bocor & body vibrator??

    ————————————————————————————–
    saya tambahin bro : yg pnting motor suzuki gak ada fitur komstir oblag & velg peyang juga !!

  28. Perbaiki juga model2 motornya …
    Kelihatannya kurang bisa diterima oleh masyarakat …

    nofgipiston.wordpress.com/2012/06/24/motor-injeksi-mogok-perlu-didorong-nggak/

  29. Suzuki itu mmng bnyak faktor yg sangat berat untuk membuatx menjadi lebih baik..misal seperti bentuk body smua produknya kurang keren d banding honda dan yamaha trus sparepart lebih susah dari pada honda atau yamaha pemasaran juga kurang gencar…inazuma mngkin berat jika harus bertarung di kelas ninja atau cbr 250….ya tp yang penting semangt maju dan mrubah minusx jd lebih baik dan body motor yg uptudate psti bisa membuat suzuki bangkit kembali……

  30. issue sparepart mahal ma jual kembali jelek itu salah, harusnya suzuki berani ngeluarin model yg out of the box, gak cukup di satria, itu axello amit2 jelek banget buntut belakangnya,lampu belakangnya,ampun ancur desainnya gimana mau laku…thunder?harusnya discontinue bikin motor sport baru yg lebih keren dr vixion, nex juga msh kurang sporty,cuman menang di irit, hayate yg lebih lumayan… coba deh manajemen suzuki belajar kesalahan, bikin motor jgn nanggung2 perubahannya, langsung bwt yg keren, masa designer/arsiteknya kurang kreatif dibanding kompetitor,yakin deh klo tongkrongan udah keren, masalah irit,sparepart mahal,durability mesin itu no 2

Comments are closed.

Exit mobile version