iklan iwb

Bro dan sis sekalian. Tidak disangka ketika nyambangi PRJ, IWB bertemu dengan teman lawas. Seorang yang bekerja diIndomobil grup roda empat. Basa-basi dan temu kangen membuat kita akhirnya ngobrol panjang lebar. Berbagai tema kita ulas salah satunya tentang otomotif. Dari sanalah terlontar sebuah pengakuan bahwa Suzuki roda dua susah untuk bangkit….

Dari dialah…IWB mendapatkan bisikan bahwa sejak pembukaan PRJ hingga detik ini kuda pabrikan berlambang S hanya mampu menjual sekitar 300 unit motor…gabungan dari berbagai varian. Dia mengeluh pencapaian jauh dari kata memuaskan karena sebagai pabrikan sama-sama Jepang, tetangganya (Booth berseberangan dengan pabrikan garputala) mampu menjual lebih dari 1000 unit. Tentu saja realita ini patut menjadi bahan renungan sebab sebagai karyawan Suzuki, jebule mereka juga merasa miris dan sedih (padahal baru 8 hari 300 unit lak yo lumayan ya bro :mrgreen: )….

Untungnya sales roda empat Suzuki termasuk moncer. Itulah yang menjadi pelipur lara. Ketika IWB tanya kenapa roda dua Suzuki susah bangkit?? teman IWB cuma bisa menggeleng tanpa mampu memberikan analisa jelas. Hanya satu ungkapan dan cukup membuat IWB mengerti…” manajemen kali yah” . Hhhmmm…alasan klasik. Kalau sudah tahu kurang greget…ya kudu dirombak total. Pantesan aja pak Paulus tidak? mampu membuat gebrakan signifikan. Lha sekarang gimana mau mencuri perhatian biker kalau motorsportnya saja hanya mengandalkan Thunder 125 ??!!. Yo berat to mzbro…

iklan iwb

Membangun image itu perlu. Contohlah Kawasaki yang secara brilian bermain disegmen sempit namun sukses merebut mindset konsumen. Motor laki garang dan kencang ?? pasti kita akan teringat dengan geng ijo. Irit dan mesin awet?? Honda!. Accelerasi mumpuni dan handling lincah?? Yamaha. Lha Suzuki??…sedikit susah untuk menjawab. Padahal jaman IWB masih muda…Suzuki identik dengan speed. Sopo ora keder dengar RGR150SS. Siapa yang berani meremehkan Crystal??. Kalau sampeyan biker tulen era 1990an pasti angkat tangan mengakui kedigdayaan Suzuki. Namun itu dulu….15 tahun yang lalu. Sekarang?? butuh perjuangan ekstra keras…..

Last…semoga kehadiran Inuzuma 250 akan membuat segalanya berubah. Pararel engine dengan torsi badak. Sayang banyak yang menyayangkan posisi pricing yang kelewat tinggi. Tapi ikhtiar Suzuki untuk menghadirkan motorsport bertenaga besar patut kita apresiasi. Yang penting pesan kita sebagai biker…sparepart kudu diperhatikan. Jangan seperti nasib Thunder 250 yang berumur beberapa tahun langsung tenggelam. Atau FXR150 yang hanya menawan ditahun pertama dan kedua. ketiganya…keluh kesah susah mendapatkan suku cadang. So bangkitlah Suzuki, kita semua mendukungmu!!!….(iwb)

148 COMMENTS

    • harga jual suzuki inazuma 250cc yang paling realistis adalah di harga Rp36juta, karena masuk pada cruiser touring dan mesin masih SOHC walau 2 silinder, yakin deh jajaran biker yang demen touring akan melipir dan merapat ke suzuki.

  1. akhir nya setelah menunggu ratusan taun lama nya,bs jg pertamax d warung ini.
    Cihuuuyy…

  2. thats TRUE BRO
    pertamax7.wordpress.com/2012/06/23/inna-lillahi-wa-inna-ilaihi-rajiun-saya-mengalami-kecelakaan-menyerempet-pak-haji/

  3. R4 payu lali karo R2 ne….pabrikan no.2 pnjualan dadi no.3 penjualan….dealere do tutup….

  4. desain moge2 suzuki lumayan keren2 n gahar, tp mdesain sport kecil kok gak ada yg oke yah? apa gak minat bermain motor sport cc kecil? inazuma yg bikinan cina (kabarnya) aja kewalahan mensupply k penjuru dunia…hrsx suzuki indo bikin dong mini gixxer or mini gladius yg 200 or 250 cc, yakin deh bs ngangkat citra suzuki di indonesia. Sy rasa bnyk desainer muda berbakat yg bs bikin desainer motor sesuai selera pasar indonesia.

    Hare gene pake thunder 125? itu mah jamannya engkong ak, wkwkwkwk….

  5. suzuki pny image dah lumayan,cm promosi kurang gencar g ky honda….ama kurang beruntung kali ya.#ngomong opo iki

  6. Suzuki mesti merubah manejmenya betul….! perushan tempat saya kerja menehmenya amburadul dulu waktu manejmenya bagus ih order sampai ga ketampung tapi sekarang susahnya minta ampun taun depan saya balik indonesia karena saya mau keluar kerja mau balik kampung jadi petani lagi 😀 curhat

  7. ama itu mtr sport cc kecil nya krg bgs design nya.kalo bebek n metic hrs ada fitur yg unik lain dr pd yg lain.ada kulkas barangkali…#bang iwan ane td pake byson,lmyn kenceng jg!

  8. semakin memprihatinkan suzuki, desain oke tapi penjualannya memble, para petingginya suzuki memangnya sedang menutup mata….???

  9. denger2 si regulasi untuk membrojolkan motor baru di suzuki sangat panjang,,, bsa bertahun2,,, kata temen sii…

    chozinahmad.wordpress.com/2012/06/23/new-tralis-gadungan-wkwkwk/

  10. Suzuki tidak punya tagline yang kuat mas.. seperti Yamaha “Semakin di depan” dan Honda “Oneheart”, Tagline ini kan jadi jiwanya produk, yamaha “semakin di depan” artinya fokus ke produknya, menelorkan produk2 yang punya performa bagus dan teknologi terbaru sehingga startegi marketingnya menunjukkan kelebihan teknologi dan performa produk, sedang Honda dengan “Oneheart” fokus merawat para konsumen loyalnya sehingga konsumen loyalnya tidak hanya melihat teknnologi/performa produk tapi melihat produk sudah seperti bagian dari dirinya sendiri, contoh strategi marketingnya “Cinta indonesia cinta pgmfi” berusaha menanamkan pemikiran kalo ente ngaku orang indonesia ente harus beli honda begitu mas. Nah kalau suzuki apa taglinenya? terus penjabaran di produk seperti apa? lalu strategi marketingnya bagaimana? contoh kasus strategi marketing, mosok iklan suzuki nex pake boyband smash? memangnya yang mau beli nex itu laki2 melambai semua? itu salah satu blunder manajemen memilih icon produk. jadi menurut saya manajemennya yang harus dirombak total.

  11. Wah mas iwb mengingatkan saya…

    Crystal tuh dl motor idamanku mas…mungkin lawannya cma Alfa ya?…klo ga salah dl suzuki ga kalah pamor ma yamaha (sori klo salah)..dl ga trll mengamati perkembangan otomotif sih..blm ada internet…hahaha

    mode on: anti provokator :mode on

  12. Penjualan mobilnya yang jos gandos semenjak kehadiran Ertiga yang sampai sekarang kewalahan melayani inden yang semakin menumpuk.

  13. Kurang All Out di promosi
    Bandingkan dg mio j ,,,utk mengenalkan produk aja promosinya gila2an,,,,media koran2 nasional, koran2 lokal, media layar kaca televisi2 nasional, televis2i lokal, media radio dan Banner2 bertebaran disudut jalan. Bahkan program kampung/ RT yamaha, sampai promosi utk test drive berhadiah 1 milyard.
    Mungkin biaya promosi tak terhingga dan ada yg dikorbankan, bisa2 keuntungan utk beberapa bulan habis utk biaya promosi. Dan yg pasti ada subsidi silang utk masing2 produk.

  14. ayo desain ulang nex, biar matik low end bukan berarti tampilan mesti jelek kan….keunggulan tertutupi tampangny yg jelek,

  15. saatnya suzuki mendengarkan keluh kesah konsumentnya….!!
    Dan segera menindak lanjutinya..!
    Suzuki way of life…

  16. kata temen saya di indomobil suzuki indonesia itu cuman tukang jaitnya desainer nya dari jepun. sekarang jepunnya cuma care ama roda 4 focus ngalahin toyota, roda 2nya prioritas nomor sekian mas.

  17. buat sebagian orang, Suzuki?? ya Satria… yang di kenal cuma Satria F nya doang… ato malahan Suzuki?? ya Ayago! begitu IMHO…

  18. padahal kalo mau bikin FXR150 NAKED (di samping Satria F) bisa buat Jotos-Jotosan ampe berdarah2 sama Vixion tuh dari dulu…

  19. sebenernya yamaha makan porsi suzuki, bukan honda.
    suzuki mending bikin matic 150cc dg desain mirip mirip honda, harga lebih murah, dulu maen sendiri di segmen 125, trus muncul xeon ama v125, sdh gak ada nilai unggul lagi.

  20. kalo waktu itu FXR 150 jotos-jotosan sama Vixion, mungkin Honda VT150 dah keluar 1-2 tahun yang lalu IMHO…

  21. @ 21. absoluterevo
    Wah…kembali kepangkuan ibu pertiwi ya bro. Kapan nih, kudu bancakan ki xixixi…
    @ 22. ivank
    Siapa bilang pelan bro :mrgreen:
    @ 25. juraganneon
    Hahahaha….aduh bikin ketawa malem hari nih sibro. Emangnya Smash melambai yah wkwkwkwk….
    @ 26. Mareline
    Nggak kalah bro. Suzuki saingan berat Yamaha. Crystal Tune teman aja sering ngasepi FiZr
    @ 29. Sipeyang
    Ngaruh emang bro…iklan sangat penting
    @ 35. kupaw
    Byuh…gitu ya bro. Melas tenan…

  22. yah, tapi rasanya saat kita kerja dimanapun selalu ada keluh kesah yg kita rasakan (cmiiw) — tapi tetep setuju bahwa suzuki memang mesti lebih berbenah…..
    ayahandra.wordpress.com/2012/06/23/hondalah-alasan-saya-membeli-yamaha/

  23. kalo SUzuki ya pst identik motor Satria FU 150

    dan harusnya lebih bisa merambah ke motor sport dengan mesin DOHC Satria

  24. Suzuki thunder125 masih laku kok, apalg yg edisi spesial trail. Second thunder125 pun banyak dicari, pake buat kulakan bensin, tengkinya kan gede.

  25. kalo menurut saya yang kurang di promosinya,.. lucu aja ada yang claim bagasinya bisa helm in,.. padahal udah dari dulu bagasi di suzuki bisa muat helm,.. liat aja skywave,.. baru bbrp tahun udah diganti dgn hayate,… pdhl sayang banget tuh,.. modelnya cakep n langsing,.. apalagi buat yg badannya rada bongsor,.. double sok,.. gak kyk yg laen…

  26. Di mobilnya jg berat Mas Bro. Carry 1.0 udah gak jd angkot lagi, pd ganti Grand Max, meski sebagian APV. Grand Vitara kena Pajero. Swift ga ada kabarnya, tenggelam ama jazz & yaris. Karimun estilo berat ngelawan march.
    Giliran ertiga yg ditunggu-tunggu, keluar ga ada matic-nya…..
    Jualan yg aneh..

  27. Dilema buat produk yg dulu bersaing promosi di road race….begitu pamornya turun jadi susah jualan bahkan pembalap yg dulunya selalu identik dgn Suzuki sekarang pakai produk pesaing

Comments are closed.