Bro dan sis sekalian….isu tentang suara ngorok pada produk Honda Vario 125 PGM FI nampaknya semakin kencang. Bisa dilihat dari forum WeloveHonda yang membuka tread khusus membahas perkara ini. Setelah coba IWB baca….dari sekian pembahasan, ada satu yang menarik perhatian yakni ulasan dari seseorang bernick name Hasibuanirfan tentang keberhasilannya menemukan pangkal permasalahan ngorok yang ternyata bersumber dari bearing, crankshaft dan crankcase…..

Secara gamblang doi menjelaskan langkah-langkah kongkrit untuk menghilangkan suara yang timbul. Berikut cuplikan yang bisa IWB copas dari Welove Honda…..

“Pada tanggal 7-6-2012, kami berhasil lagi menghilangkan suara ngorok yang berasal dari engine vario techno 125 PGM-FI. Rencananya besok (tanggal 8-6-2012) kami akan buatkan laporan Kualitas Honda (LKH)-nya ke AHM. Hari ini (tanggal 7-6-2012) merupakan unit yang ke lima yang bisa kami hilangkan suara ngorok nya. Masih ada tiga unit lagi yang harus di selesaikan. Data ukur sudah kami dapat, permasalahannya pun jadi jelas berada di mana. Salam satu hati….”

– Astra Motor Plaju/Ahass 11548 Modern Plaju-

Setelah itu, secara terperinci sang sumber melanjutkan sharing pengalamannya kepada para pengunjung forum……

iklan iwb

“Masalah suara ngorok di Vario 125 PGM-FI berada pada bearing, crankshaft dan crankcase. Prosedur mengatasinya yaitu dengan bongkar bagian drive pully, kemudian dorong as crankshaft ke arah radiator dengan menggunakan case puller kurang lebih 1mm. Kemudian drive pully dirakit kembali, ditambahkan bahwa dengan cara ini, dapat menghilangkan ngorok pada Vario yang baru berjalan dibawah 100km. Sementara yang sudah menempuh jarak lebih dari 500km…..ngoroknya sudah tidak bisa dihilangkan karena clearance crankshaftnya dengan crankcase sudah terlalu besar. Dengan ini harus dengan klaim C2 dengan mengganti crankcase sebelah kanan.”…

-WeloveHonda/forum-

Tujuan sang sumber jelas sangat mulia yakni ingin menginformasikan temuannya agar bisa berguna bagi yang lain. Maklum mzbro….menganalisa lebih berat ketimbang memperbaiki. Dan…mereka sudah melakukannya dengan sempurna. Namun konfirmasi bahwa biang ngorok berasal dari 3 komponen yang saling berhubungan (bearing, crankshaft dan crankcase) tak ayal menimbulkan pertanyaan….apakah benar ada yang kurang sempurna pada produk Vario 125 PGM-FI??. Dan kenapa Honda berdiam diri??…..

Bisa dipastikan ngorok tidak akan mengganggu kinerja mesin secara keseluruhan. Tapi…tingginya keluhan dan desakan terhadap suara yang bagi beberapa konsumen lumayan mengganggu, seyogyanya ditanggapi secara serius oleh Honda. Yah…..untuk mencegah simpang siurnya informasi yang malah akan merugikan image sayap mengepak itu sendiri. Last…..bagi penunggang Vario 125 PGM-FI, bener nggak sih ada suara ngorok yang timbul pada motor sampeyan. Dan kalau iya….apakah demikian mengganggu??. Monggo berikan jawaban dan sharing pengalamannya. Maturnuwunnn…..(iwb)

Sumber : Welove Honda

822 COMMENTS

  1. setelah postingan artikel ini oleh kang iwan, mari kita lihat pengaruhnya kedepan!!! Salam semakin didepak..

  2. Saya pengguna VarTech125, bunyi itu muncul dr motor pertama dateng, dan tentu ganggu sekali, kmn nih claim nya? vartech saya uda lebih 500km

  3. kyk ada bau2 prengus nich??

    oo ternyata fanboy yahomo pada nyangkem..
    :mrgreen:
    y udh lanjuut dech sampe mulut lo somplak!! Wkakakakkk..

  4. wewww.., another opinion comes… but a sticth in time saves nine… yg lama pun ada ngorok y… dan dalam dunia ilmu medis klu istilah ngorok tuh ad sst yg tdk beres… dan jng sampai menimbulkan chatter yg dapat merambah.. salam damai

  5. asyiiiikkk…..dah nomer 300 sekian……ayo…ayo….ayo….!!
    yg mau komen ditunggu sampai gerbong 555 xixixiiiii…….
    yg curhat atau yg nyanggah monggo…bebas tp beradab ya…..

  6. khan pck dah pke 150

    apa nanti kalu ngoroknya ngak beres, mesin pck 125 ditemplokin ke varion ini????

    tapi nunggu new xeon muncul, tapi harga naek dikit, minim sama dgn xeon

    kira-kira skenerionya gini ngak yach??

  7. @301. hamsick – Juni 14, 2012
    anda beruntung, temen ane sejak bli dah ngorok plus getar…….tp dah complain dan sudah ada yg diganti dibagian CVT katanya….skrg lumayan berkurang…..tp ane blm nyoba lagi yg setelah diperbaiki, moga aja aman.

  8. @Joko
    Yg rajin komen kok fby. Yg jelas setelah beli memang sedikit kecewa ttg ngorok. Selain itu kecewa soal gantungan helm, sulit dipakainya. Tapi tetap beli krn kecanggihan mesinnya. Akselerasinya bagus, utk ukuran matic irit banget, dibawa kenceng naik turun gunung dapat sekitar 50kpl. Kecepatan 70kpj, motor hampir nggak bersuara, cuma suara angin di helm saja. Jauh dibanding maticku yg dulu, bahkan valuenya mengalahkan supra x sekalipun.

    Dan lucunya, yg banyak kecewa malah yg nggak beli, logikanya di mana coba?
    =====================================================
    logika ente itu gimana
    sudah jelas itu vario itu ngorok dan bermasalah , ada bukti korban
    kalau ente tidak punya argumen yang cukup untuk menjelaskan mending ente diam saja

  9. ada yang bisa ngatasin lewat box filter udaranya
    nih webnya
    mymotobike.com/article/read_article/54421/171/2012/05/29/Atasi-Bunyi-Ngorok-Honda-Vario-125-Helm-In-PGM-FI.html

  10. bagi vario sobat yang bermasalah claim ajah ke ahass acs/ahass perwakilan main dealer.mudah-mudahan masalahnya cepat teratasi.kalo ngga ditanggapin lapor saja ke hc3….thank’s

  11. masalahnya bunyi ngorok itu mengganggu pada kinerja n keawetan mesin apa enggak? safety apa enggak?? Kalo enggak berarti ini cuman soal kenyamanan pribadi pada masing2 pemakainya aja dan itu berarti memang udah karakternya! Minat yo monggo gak minat yo beli aja skutik tetangga! Gitu aja kok repottt….

  12. @ om joni

    semoga sabtu besok klaimnya dipermudah.. tapi sayang juga ya motor baru 1000 Km sudah harus turun mesin..

  13. wahh.. Banyak rider vario jadi-jadian nich… Usaha terus yaa bc nya… Dasar fby goblookk!! Wkakakakk

  14. @316. roy – Juni 14, 2012
    masalahnya ini hanya terjadi pada sebagian motor aja bro…..sedangkan yg lain adem2 aja……kalo terjadi pd semua mungkin saja itu hal yg wajar. tp apa wajar kalo tiap kali tarik gas ada suara spt mobil telat ngoper gigi? dan bergetar pula? ntahlah….gmn pendapat bro & sis ?

  15. 293. tom – Juni 14, 2012

    sebenarnya suara ngorok ini hanya soal ?rasa? buat individu masing2 aja kok! Bagi gw no problem.. Vario125i Punya gw udh hampir 2bulan! g ada tuh gejala ngorok! emang si gw minumin pertamax!! Waktu masih gress dari dealer emang dikasih premium tp overall g ada istilah ngorok! Kalo suara mesin yg lg langsam memang iya dan itu wajar..

    ————————————–

    ngorok itu bukan rasa om tapi suara yang terdengar mengganggu akibat design mesin yang kurang sempurna sehinggal menimbulkan suara menggangg.. dan kata mekanik ahass kalau lewat 500 km telat diperbaiki maka harus ganti crankshaftnya dan crankcase..

  16. Walah hari ini Jaos menggila itulah gambaran FBY konsumen sejati, xiii,.. Penganguran yang ngaku orang sibuk dan orang pintar.

    Aneh juga baru naik xeon aja bisa ngaku cerdas. Mungkin orang tercerdas didunia maiknya cuma kelas xeon kali ya.

    Tapi semakin banyak komen Jaos semakin jelas bahwa anak ini. kurang perhatian dari lingkungan atau tempat kerja.

    Dan satu lagi semakin banyak komennya semakin enek yang lain bacanya semakin turun penjualan ymh heheks, omongan setingkat lulusan SMP atau di bawahnya ngakunya pintar welehweleh.

    Kalau dalam lingkungan RT cara menanggapi Joas paling bisa adalah digaparin rame-rame, baru dia sadar kalau dia asal mangap.

  17. @ 322. hadi

    baca artikel diatas ga sih? ditulis mekanik di salahsatu ahas menangani 8 keluhan ngorok.. itu baru satu ahass, bagaimana kalau se-indoesia ada berapa ahass? ini kan produk baru dan gak semua konsumen sadar, 8 keluhan dalam 1 bengkel itu sudah wow menurut ane

  18. @BDT,
    Eh, mksud gw bkn itu bego…
    Coba aja deh ente, gmn rasanya kalo punya mtor baru hrus trun mesin? Ntar, tmen2 ente nanya,tu motor kok udh turun msin, gmn kualitasny??
    Itu yg gw pertanyakan,

  19. buat yg merasa terganggu silahkan lihat saran2 diatas (jgn dengerin fanboy maho!) N buat yg tidak merasa terganggu ya di rawat baik2 vario125i-nya kasih minum pertamax(kalo mampu! g yo g papa) pakai olie matic yg lebih berkualitas! Sepengalaman gw Dengan demikian maka akan minimlah gejala ‘ngorok’ tersebut silahkan di coba..

  20. emang da mas iwb, tp muunculnya cma d’rpm rendah bget, tp mnurut saya g ngganggu sich, malah asik mainin gas wktu brhenti, ngok… ngok… ngok…. 😀 (pngalaman mtor cewe ane)

  21. mau tanya klo jadi FBH bayarannya berapa y sebulan

    sama klo jadi FBY bayarannya berapa sebulan

    thanx b4

  22. Suara ngorok pada Vartech 125 memang timbul, tapi tidak mempengaruhi kerja mesin. Untuk saat ini segala info ttg Vartech 125 kan belum ada kebenarannya,AHM pasti jg akan melakukan perbaikan untuk produk yang telah diluncurkan dan pasti akan dishare kepada kita semua, ga perlu saling nge-BC. Hehehe…piss…

  23. FBH: ini pasti konspirasi untuk ngejatuhin vario 125 yang laris,
    Ingat!!!! Konspirasi :mrgreen:

    =================================================
    cacat ya tetep aja cacat, jangan ditutup-tutupi (yang menutup-nutupi disini cuma sales dan yang punya kepentingan dengan jualan mereka). jangan sampai terkenal karena cacatnya, konsumen jangan dibegoin (“katanya” sales paling cerdas, tapi kerjanya begoin komentator blog).

  24. 329. Ujang Lele – Juni 14, 2012
    ————————————————
    segitu pinternya ente, sabar om

    kalu motor baru mesti turun mesin, emang ini karena mesin nya dah ambrol????????

    khan cuma suara ngorok, kecuali mesti turun mesin karena mesin rontok, nah ente minta ganti dah sana

  25. DISINYALIR FBH GAK PERNAH DENGER NGOROK NGOOOOK BAB* NYA?MANGKANYA NGOrOK DIBILANG KEREN……….

  26. RUAMENEEE…

    Besok regulasi DP berlaku. Apakah masyarakat sudah pada tahu? (SURVEY)

    wawwiwiwaw.blogspot.com/2012/06/survey-dp-kredit-motor-minimal-20-mulai.html

  27. 335. mildut – Juni 14, 2012
    FBH GAK TERIMA DIBILANG PROD H CACAT?!LHA EMANG CACAT mau dibilang apa?
    ——————————————————————
    beda ngak om, cacat dgn efek akibat dari sesuatu??????

  28. 337. mildut – Juni 14, 2012
    DISINYALIR FBH TIDAK PUNYA VARTEC 125 INI?kasian kasian??

    ——————————————————————————–
    masa sih om, wong bonusny gede kok, emang karywan ymii yg cuma sakit sehari cuma dapet jatah kontrak 1 tahun dan ngak dapet bonus????????

  29. 344. mildut – Juni 14, 2012
    Kan cuma NGOROK??..NGOOOOOOK
    ——————————————————————-
    persis kaya ente om

Comments are closed.