Bro dan sis sekalian….isu tentang suara ngorok pada produk Honda Vario 125 PGM FI nampaknya semakin kencang. Bisa dilihat dari forum WeloveHonda yang membuka tread khusus membahas perkara ini. Setelah coba IWB baca….dari sekian pembahasan, ada satu yang menarik perhatian yakni ulasan dari seseorang bernick name Hasibuanirfan tentang keberhasilannya menemukan pangkal permasalahan ngorok yang ternyata bersumber dari bearing, crankshaft dan crankcase…..

Secara gamblang doi menjelaskan langkah-langkah kongkrit untuk menghilangkan suara yang timbul. Berikut cuplikan yang bisa IWB copas dari Welove Honda…..

“Pada tanggal 7-6-2012, kami berhasil lagi menghilangkan suara ngorok yang berasal dari engine vario techno 125 PGM-FI. Rencananya besok (tanggal 8-6-2012) kami akan buatkan laporan Kualitas Honda (LKH)-nya ke AHM. Hari ini (tanggal 7-6-2012) merupakan unit yang ke lima yang bisa kami hilangkan suara ngorok nya. Masih ada tiga unit lagi yang harus di selesaikan. Data ukur sudah kami dapat, permasalahannya pun jadi jelas berada di mana. Salam satu hati….”

– Astra Motor Plaju/Ahass 11548 Modern Plaju-

Setelah itu, secara terperinci sang sumber melanjutkan sharing pengalamannya kepada para pengunjung forum……

iklan iwb

“Masalah suara ngorok di Vario 125 PGM-FI berada pada bearing, crankshaft dan crankcase. Prosedur mengatasinya yaitu dengan bongkar bagian drive pully, kemudian dorong as crankshaft ke arah radiator dengan menggunakan case puller kurang lebih 1mm. Kemudian drive pully dirakit kembali, ditambahkan bahwa dengan cara ini, dapat menghilangkan ngorok pada Vario yang baru berjalan dibawah 100km. Sementara yang sudah menempuh jarak lebih dari 500km…..ngoroknya sudah tidak bisa dihilangkan karena clearance crankshaftnya dengan crankcase sudah terlalu besar. Dengan ini harus dengan klaim C2 dengan mengganti crankcase sebelah kanan.”…

-WeloveHonda/forum-

Tujuan sang sumber jelas sangat mulia yakni ingin menginformasikan temuannya agar bisa berguna bagi yang lain. Maklum mzbro….menganalisa lebih berat ketimbang memperbaiki. Dan…mereka sudah melakukannya dengan sempurna. Namun konfirmasi bahwa biang ngorok berasal dari 3 komponen yang saling berhubungan (bearing, crankshaft dan crankcase) tak ayal menimbulkan pertanyaan….apakah benar ada yang kurang sempurna pada produk Vario 125 PGM-FI??. Dan kenapa Honda berdiam diri??…..

Bisa dipastikan ngorok tidak akan mengganggu kinerja mesin secara keseluruhan. Tapi…tingginya keluhan dan desakan terhadap suara yang bagi beberapa konsumen lumayan mengganggu, seyogyanya ditanggapi secara serius oleh Honda. Yah…..untuk mencegah simpang siurnya informasi yang malah akan merugikan image sayap mengepak itu sendiri. Last…..bagi penunggang Vario 125 PGM-FI, bener nggak sih ada suara ngorok yang timbul pada motor sampeyan. Dan kalau iya….apakah demikian mengganggu??. Monggo berikan jawaban dan sharing pengalamannya. Maturnuwunnn…..(iwb)

Sumber : Welove Honda

822 COMMENTS

  1. bletak dah diberesin? ngibul….yg benar, masih dijual yah.
    monggo lanjut lg.

    salam one heart

  2. 241. mildut – Juni 14, 2012
    BDT@BERARTI YAMAHA YG LAKU DIKIT DIBANDING HONDA ,KUALITASNYA LEBIH BAGUS DONG OM!ngibul
    —————————————————————
    itu khan kata om jaos, bukan ane yach

  3. 239. BDT – Juni 14, 2012

    233. mildut ? Juni 14, 2012 ????????????????lah dah tau dari awal , baru dites belum dibeli dah ngorok, dah tau cacat , kenapa juga ente beli ??????

    kenapa baru ribut sekarang?????????

    berarti ente konsumen ngak smart and cerdas , (kalu kata om jaos yah)
    ______________
    Ternyata ente sama gak pinternya.motor dateng br ane tes.sok tau ente.gw gak mau ribut ma orang macem lo.gak ada gunanya malh cuma bikin makin kesel aja.pertanggung jwban produsrn gmana ni…………?

  4. Ane juga udah kirim email ke customer care aham:
    Kepada AHM,

    Saya pemilik honda Vario 125 dari Solo dengan plat nomor ADxxxHU. Saya beli pada 28 April 2012 di dealer Timbul Maridy Jaya Kaliwingko. Sejak kilometer pertama sudah ada gejala suara ngorok jika gas digeber. Pada servis KPB 1 saya tanyakan hal ini kepada mekanik dan dijawab karena ada resonansi di filter udara. Namun semakin kilometer bertambah, gejala suara ngorok semakin keras dan sangat mengganggu. Akhirnya saya bekunjug ke forum We Love Honda dan menemukan thread khusus yang membahas suara ngorok Vario 125.

    Di sana dijelaskan bahwa penyebab suara ngorok sudah ditemukan. Penyebabnya bukan dari filter udara seperi yang dibilang mekanik AHASS, tetapi berasal dari beraing. crankcase, dan crankshaft. Padahal ketiga komponnen itu terbilang penting. Parahnya, bagi motor yang kilometernya di atas 500 harus ganti crankcase dan harus klaim C2. Padahal motor saya sudah menempuh kilometer 1000an.

    Yang saya minta hanya tanggung jawab dari AHM kepada sya selaku konsumen untuk terbuka bahwa memang produknya cacat dan segera melakukan recall.

    Mohon dibalas.
    Terimaksih.

  5. Yg rajin komen kok fby. Yg jelas setelah beli memang sedikit kecewa ttg ngorok. Selain itu kecewa soal gantungan helm, sulit dipakainya. Tapi tetap beli krn kecanggihan mesinnya. Akselerasinya bagus, utk ukuran matic irit banget, dibawa kenceng naik turun gunung dapat sekitar 50kpl. Kecepatan 70kpj, motor hampir nggak bersuara, cuma suara angin di helm saja. Jauh dibanding maticku yg dulu, bahkan valuenya mengalahkan supra x sekalipun.

    Dan lucunya, yg banyak kecewa malah yg nggak beli, logikanya di mana coba?

  6. Nih balesannya. Silakan dikunyah-kunyah.

    Selamat siang,

    Terimakasih sudah menggunakan layanan Honda Customer Care.

    Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan Bapak terhadap produk Sepeda Motor Honda.

    Kami juga mohon maaf yang sebesar – besarnya atas ketidaknyamanan yang Bapak rasakan.

    Menanggapi pertanyaan Bapak mengenai solusi suara ngorok pada sepeda motor Honda Vario 125 PGM FI yang tercantum pada forum pojok welovehonda, kami informasikan bahwa Suara tersebut merupakan mekanisme kerja dari suatu mesin dan bukan merupakan cacat produk selain itu juga tidak mengganggu performa sepeda motor Honda, sehingga tidak ada komponen yang dominan dalam timbulnya suara tersebut.

    Apabila suara ngorok pada sepeda motor Honda Vario Techno 125 PGM FI Bapak rasakan sangat mengganggu, kami informasikan bahwa hal tersebut harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu di AHASS untuk memastikan sumber permasalahan tersebut. Untuk itu kami akan membantu berkoordinasi dengan jaringan kami di wilayah Bapak dan secepatnya akan menghubungi Bapak untuk solusi permasalahan tersebut. Untuk itu mohon kesediaan Bapak untuk menginformasikan data lengkap (nama lengkap, alamat lengkap, no telpon/HP). Besar harapan kami dapat berhubungan langsung dengan Bapak.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan,terimakasih dan selamat beraktifitas kembali.

    Best Regards,

    Aprilina Ariyanti W.

    Contact Center Dept

    Honda Customer Care Division

    PT. Astra Honda Motor

  7. ah, ini hari yg luarbiasa, sodara2….bye bye off dulu yah.

    @joko
    Dan lucunya, yg banyak kecewa malah yg nggak beli, logikanya di mana coba?
    ===
    wow, hal semudah ini u gak ngerti?

    salam one heart

  8. 242. jaos_one heart – Juni 14
    ———————————————————
    sama-sama matik khan om, masih sejenis lah

    maslah bisa buktikan, tanya om DOHC yg lagi disana, wong aku ada di sini kok, tapi ngak usalah, nanti repotin om, biar yg lain aja nanti tanya

    kalu satu segment ada yg ngorok, goodlah, artinya yg beli ntuh motor khan cerdas om

    lagian kalu bapaknya ganteng, 100% pasti turunannya ganteng?

    lagian para blongger juga bilang, suara ngorok itu timbil pada saat kesepatan dibawah 40km/h ndak selama tuh mesin nyala

  9. mas iwb,masalah vario 125 ngorok.memang ada,walau banyak tapi gak semuanya.buat yang vario 125 nya bermasalah,claim ajah ke ahass acs.kalo bisa ahass-ahass yang besar atau ahass perwakilan dari main dealer…………..

  10. @scnk
    eksis bentar heheheh
    ngapain sih numbangin hendi ahahem? emang mau dikemanai ribuan karyawannya…?? itu bedanya dengan fanboihongkong macam kalian yang jahat dan sakit…yg doain yg lain bangkrut, biar tambah permasalahan.

    salam one heart

  11. 248. jaos_one heart – Juni 14, 2012
    bletak dah diberesin? ngibul?.yg benar, masih dijual
    ——————————————————————–
    loh yg bilang dah diberesin ahm siapa????????????

    khan om sendirir

  12. @Joko

    gue ini pemilik Vario125 dan gue kecewa. Masih bisa bilang lucu?

    Kalau elu puas2 aja dengan tu suara ngorok ya silaken. Yang jelas saya gak mau jadi konsumen bodoh.

  13. wow, masih lanjut neh !! buat para FBY dan yg gak ngaku FBY apakah kalian gak sadar? semakin kalian ekspos permasalahan vario 125 ini, maka semakin tenar pula motor vario 125 ini, saya kasih contoh waktu masalah stater bletak beat !!. Dulu kan diekspos banget tuh bletaknya beat, tapi malah tenar beat jadinya sekarang.

  14. Kalo merk honda
    -ngorok itu indah
    -tarikan lemot itu lembut

    kalo merk lain
    -ngorok itu jelek
    -tarikan lemot itu loyo

  15. Hahaha…klo ngomongin kekurangan Honda semangat banget euyyy….ngakak aja deh…

    Gile mpe 250 komen lbh…ayo tmbh semangat…klo prlu tinggalin pekerjaan bwt mantengin nih blog….

    sori gue pamit duluan…gue pny krj yg lbh penting drpd ribut2 ga jelas…hahaha..

    mode on: anti provokator :mode on

  16. Solusinya adalah gunakan Resonator
    Jelasnya Baca ini :

    motorplus.otomotifnet.com/read/2011/09/28/323859/33/12/Fungsi-Resonator-Pada-Filter-Udara-Honda-Supra-X-125-Helm-In

  17. kita tunggu bersama2.. hasil perteman om joni dengan juagan sales ahm sabtu besok….

    *kalo jadian.. jangan lupa makan2nya ya…. :mrgreen:

  18. kita tunggu bersama2.. hasil perteman om joni dengan juragan sales ahm sabtu besok….

    *kalo jadian.. jangan lupa makan2nya ya…. :mrgreen:

  19. kita tunggu bersama2.. hasil pertemuan om joni dengan juragan sales ahm sabtu besok….

    *kalo jadian.. jangan lupa makan2nya ya…. :mrgreen:

  20. itu kan cuma pendapat si AHASS Astra motor Plaju aja…
    username bisa aja dibuat. Vario ku nggak ada masalah tuh.

  21. Sudahlah gak perlu di besar-besarkan masalah ngorok ini la. Kan sudah jelas klo mau claim silahkan menghubungi nick masterxeon atau datangi dealer ahass terdekat la. Gitu aja kok repot la.
    Muoossoookk iya pabrikan sebesar dan setajir hendi penguasa MS gak bisa hendel masalah kecil ini? Pasti bisa la. Ai yakin la.

    Apalagi menyongsong era MS yang semakin naik dan siap-siap mengantisipasi pasti bangkrutnya pabrikan kompetitor la. Karena nanti semuanya kan bakalan beli hendi karena memang gak ada pilihan lain la. Jadi harus siap-siap dari sekarang la.

    Buat yang suka produk Y, K, S, dll mending beli buru-buru sekarang la. Karena sebentar lagi pabrikan-pabrikan itu bakalan bangkrut la. Siapa tau nanti bisa jadi barang antik la.

    ok? yes
    bye bye fanatik merk
    salam one heart / semakin didepan / inovasi tiada henti / bagian hidupku.

  22. waduh klo ganti email avatar berubah juga yah?
    *traumadituduhklonengan.com xixixixixi…

  23. demungan fbj (fansboy jaos) tapi anti fansboy merk apapun – Juni 14, 2012
    ——————————————————————————
    lah kalu ngaku smart dan cerdas , napa takut bangkrut, bukannya tertantang, malah dah pesimis duluan

  24. Buat bro masterxeon ai salut sama tindakan cepatnya menerima klaim konsumen hendi. Dan buat mas Joni semoga masalah ngoroknya solved la. Jangan lupa oleh-olehnya berupa photonya yaaaa…

    ok? yes
    byebye fanatik merk apapun
    salam one heart / semakin didepan / inovasi tiada henti / bagian hidupku.

  25. 263. Ujang Lele – Juni 14, 2012
    Yg bikin miris, masak harus bongkar mesin waktu ngambil dari dealer?
    Hadeuuh?

    ————————————————————————
    yg bongkar khan teknisi dong om, jangan ente lah, khan dau tau masalahnya, masa konsumen bongkar sendiri, kerajinan ah

  26. Memang,sekarang sepertinya Divisi QC nya harus rombak total. Bukan hanya S, B, Y, H, K, dll.
    Coz sudah terlalu banyak kejadian (sambil ingat2 ya, saya ambil dari berapa review dan surat pembaca)
    1. B= ada seperti patahan besi di dlm mesin dan electronik gen p135
    2. Y= velg mio
    3. H= masalah di gen vario lama dan baru
    4. K=jok gen edge
    Mungkin itu aja.
    QC nya doooooooooooooong

  27. Dulu pakai supra x 125 tali gasnya sering nyangkut kalau hujan ataupun kedinginan, sudah ganti 3x masih juga, pernah dibilang sama mekanik bengkel gak resmi, kalau itu penyakit supra x 125 n kharisma, saya pikir tuh mekanik sok tau
    eh pas di AHASS di bilang begitu juga, wah wah, seharusnya di recall dong yg bermasalh, kan berbahaya kalau gas nyangkut saat hujan jalan berpasir, sejak itu saya jadi anti honda selama masih di pegang AHM

  28. YG KOMEN KOK ORANGNYA ITU-ITU AJA YA?? DI GAWANGI OLEH FANBOY MAHO SAKIT DJIWA KEK SI ASUU JAOS, THOLOL, PEYEK PEKOK ETC,, TRUS YG PUNYA VARIO125 BENERAN MANA NIH???

  29. dah ah… baru ngorok aja diributin.. sampe kebakaran bulu ketek…
    contoh noh.. penunggang tigong.. rantena berirama kroncong.. penunggang nmp.. ada kecoak yang nggak mempan sama semprotan baygon aja fine2 aja tuh…..

  30. Broww…. Klo ada yg mo jokul 8 jt….kabarin ane di fb yah….posting aje…. Ntar ane pm deh…,

  31. @BDT

    ai gak pernah mengaku smart dan cerdas la. mungkin idola ai yang begitu (kang jaos) xixixixi…
    ai kan ngefans sama gaya penulisan beliau tapi ai sama sekali gak ngefans sama merk apapun la. ok? yes

    soal bangkrut, lha kan itu memang penerawangan fansboy H yang yakin banget merk selain H bakalan bangkrut dalam waktu cepat. Buktinya penjualan dan MS H naik drastis. ok? yes

    byebye fanatik merk apapun
    salam one heart / semakin didepan / inovasi tiada henti / bagian hidupku.

  32. dulu q pernah coment v125i ngorok..e langsung dcap BC…tuz dtuduh FBY…hohoho…kadang sakit jg dfitnah gt…tp yar lah,yar tuhan saja yg balas perbuatan mrk

  33. bulan kemaren vario 125i terjual 75000an unit!! Wajar aja kalo ada hal yg gk penting kek gini di bc mati-matian ama sales yamaho! Gw pengen tau sampe dmn bacot fby dalam nge bc in vario125i ini!

  34. @titok

    kita senasib masbero. Susah mau komen yang netral di blog sekarang. selama ini ai :

    – dituduh sbg FBY berkali2 > Padahal ai gak miara motor Y
    – dituduh sbg FBH beberapa kali > Yah gpp deh ai terima. Toh ai kebetulan miara skutik H dirumah.
    – dituduh sbg FBS sekali-kali.
    – Gak pernah sekalipun di tuduh sbg FBK > Padahal ai miara motor K dirumah xixixixixi

    ok? yes
    byebye fanatik merk apapun
    salam one heart / semakin didepan / inovasi tiada henti / bagian hidupku.

  35. 287. demungan fbj (fansboy jaos) tapi anti fansboy merk apapun – Juni 14, 2012
    ————————————————————————-
    baguslah kalu begitu, kalu mau belajar yach sama yg smart dan cerdas

    kalu ms yg satu naik, apa pasti ms yg lain bangkrut,

    noh si S , gak bangrut kok,

    bangkrut itu kalu jualannya ngak laku, mungkin karena menipu atau bossnya kabur

  36. sebenarnya suara ngorok ini hanya soal ‘rasa’ buat individu masing2 aja kok! Bagi gw no problem.. Vario125i Punya gw udh hampir 2bulan! g ada tuh gejala ngorok! emang si gw minumin pertamax!! Waktu masih gress dari dealer emang dikasih premium tp overall g ada istilah ngorok! Kalo suara mesin yg lg langsam memang iya dan itu wajar..

  37. @ demungan fbj (fansboy jaos) tapi
    anti fansboy merk apapun:

    bnr bro…skg sabar ae…
    toh fakta bicara kl soal v125i mang benar ada ngoroknya…dan q rasa mslh ngorok gt y yg harus nanggepi&nangani y beres honda sendiri…bkn nutup dengan ngmg BC orang yg sharing

  38. he he ikutan komen ah..>?????/mumpung dah tembus nomer urut hampir MENDEKATI NOMER URUT 300an.h ehe he???/hebattt jooosss?mecahke rokor MURI BLOGER KOMEN TERBANYAK TERPANAS HOT TENAN YAKIN SUMPAH.campur bawur.GADO GADO TENAN SIP JOS? BLOGER KOMENT PUYENG ABIZ.salud salud,komennya idem.kenapa harus ngorok ya?dah bawaannya kali ya?dari yg buat rancangan mesinnya.bravo…ymh.sbm-pordjo.

  39. buat asuu jaos, roy gila n all fby etc! Mendingan lo urusin tuh jualan dagangan lo yg kagak laku itu kek mio j-elek, fino series, soul gt etc! Dan pastikan bulan ini jangan sampe bonus ente raib gara2 g becus jualan! So g usah ngurusin lapak orang laen2 karena yg kek beginian udh ada yg ngurusin! Paham??

Comments are closed.