Bro dan sis sekalian….pasti banyak yang penasaran, menang mana sih kira-kira jika keduanya diadu head to head. Statusnya yang sama-sama DOHC 4 klep 150cc membuat siapapun gatal untuk menggali kemampuan masing-masing. Sayang…walau sudah mencicipi, IWB belum pernah menyandingkan keduanya fight secara??terbuka. Sebelum akhirnya mendapatkan sedikit pencerahan dari pengalaman teman kantor…..

Marni0….doi adalah teman kantor penunggang Honda CBR150R PGM-FI. Soal motor, Marnio cukup open dan tidak fanatik. Terbukti dalam keseharian, Marnio lebih sering nunggang Jupiter MX ketimbang sifairing. Ketika IWB tanya….alasannya simpel, ergonomi riding CBR kurang bersahabat digunakan menembus padatnya lalu lintas Jakarta. “Enak MX mas, selain tidak pegel…torsinya gede. Lincah buat nyelap-nyelip!” selorohnya penuh kejujuran. Sedang CeBeEr hanya digunakan sesekali untuk menemani siMX. Yah…ibaratnya sebagai tandem brosis.

Mengingat umur motorsport Honda tersebut masih sekitar 3 bulan, IWB coba korek testimoni dari doi. Menurut siempu, komsumsi bahan bakar Honda CBR150R ternyata cukup irit…..mampu pada kisaran 1:38-40km. Kemudian untuk tenaga, nafasnya panjang banget. Pergiginya bisa dipanteng hingga 11,000RPM. ” Atasnya yang mantap mas…saya puas banget powernya. kalau sudah teriak tenaganya terus ngisi..” ujar Marnio. Dan pada kesempatan itu pula doi bercerita pernah adu geber melawan Satria FU150. Berawal dari bundaran HI menuju arah Blok-M, motor engine generasi FXR150 tersebut memang sengaja mengintimidasi seperti ingin tahu kekuatan kuda besi racikan Honda. Marnio tidak tinggal diam….

iklan iwb

“Saya layanin mz. Selepas putaran kita sama-sama tancap gas” terang Marnio. Pada jam 12 malam…jalan besar Sudirman memang cukup lengang. Menurut Marnio, berputar dipancuran HI….pada gear dua langsung betot gas hingga mentok. Posisi Suzi didepan motor Marnio. “Tarikan awal Satria memang kencang. Gigi dua dan tiga…Satria unggul. Masuk gear 4….baru motor saya mendekat mz. Satria bersih bisa disalip ketika masuk kecepatan sekitar 120km/jam. Masuk Gigi 5 makin jauh mz…..kayaknya sudah kehabisan nafas. Waktu saya melirik speedometer, speed CBR150R saya sekitar 146km/jam. Puas bener saya…asli puas mz sama CBR..” serunya terlihat sumringah tidak dibuat-buat. Cerita yang menarik brosis….

Menurut pengakuannya, dalam drama adu speed Marnio belum sempat memakai gear 6 sebab rute mengharuskan doi belok kearah Semanggi. Open throttle juga natural tanpa menggunakan teknik selip kopling. Hhhmm…..sayang tuh. Padahal bisa cepat mengail RPM tinggi kalau hal itu dilakukan. Otomatis tarikan makin nampol. Btw…kedua joki sudah sama-sama nunduk untuk mengurangi benturan angin depan. Jarak rute memang lumayan panjang…..sekitar 2 km. So, dari penuturan bro Marnio kita setidaknya gambaran…tentang mana yang unggul antara Honda CBR150R versus Suzuki Satria FU??. Namun jika kurang percaya, silahkan dibuktikan sendiri (IWB mah percaya bro, lawong sudah nyicipin keduanya :mrgreen: )

Last….Honda sepertinya memang sengaja menyeting mesin CBR150R pada karakter overbore. Jadi untuk kubikasi sekelasnya…..walau kurang nampol pada putaran bawah, top speed CBR150R adalah rajanya. Karakter ini dipertahankan sejak era Sonic yang nyomot basis engine CBR125. So masih ada yang menyebut CBR150R lemot?? kudu dilihat dulu, apa arti lemot disini…..(iwb)

Noted : Thanks ?bro Marnio, nice story

403 COMMENTS

  1. Terbukti dalam keseharian, Marnio lebih sering nunggang Jupiter MX ketimbang sifairing. Ketika IWB tanya?.alasannya simpel, ergonomi riding CBR kurang bersahabat digunakan menembus padatnya lalu lintas Jakarta. ?Enak MX mas, selain tidak pegel?torsinya gede. Lincah buat nyelap-nyelip!? selorohnya penuh kejujuran.
    ===
    wow………ini bedanya komen pemakai cerdas dan jujur daripada para badut penipu si fbhongkong. Kalo para penipu itu bilang, si cbr150r cuocok buat perkotaan, ergonomi nyaman buat harian………hahahah.

    BTW, gak cuocok la bebek super suzy fu lawan cbr150r…… Cocoknya lawan chicken brutu 250 di stop and go, lampu merah, di perkotaan, di harian……jgn di jalan lempang. Knp bisa malah cocok? Krn kata para penipu tadi si chocken brutu 250 jg cuocok buat stop and go…selap selip. Jadi pas la, itu area permainannya bebek super ini jg.

    Salam one heart yah.

  2. wah mas…sy mantan pengguna motor yg dibilang alay ma org2…kalo mao nandingin jgn cm DOHC sj tp ukuran karbu juga dung…itu saja pesan saya…tu blm jg limiter pd CDI tiap mtr yg beda2…FU 9500rpm djalan dh mentog/berat

  3. ane rasa kalau dilihat dari power to ratio FU Vs CBR…, bejaban lah….

    power to weight ratio FU mencapai angka 0,158 hp / kg sedangkan Power/weight ratio new CBR 150: 0.1478 HP/kg,

    berat joki juga berpengaruh terhadap power to ratio , karena joki berbadan berat pasti lebih kecil angka power to ratio nya, selain skill joki mengendarai motor.

  4. ^^^ betul …. yang paling dahsyat itu scorpio dah ….. motor paling di takuti di sirkuit2 balap …..lihat kehebatan scorpio yang bisa nempel ninja 250 di kejuaraan FFA250

  5. phudan ? Mei 14, 2012

    lha kan bukan ninjanya yg disuruh nambah berat, tapi cuman dikasi jatah ngurangi bobot 7kg 169>>162kg.. terus cbr beratnya 137kg.. kalopun ada yg ditambahi pemberat, itu kan buat tim yg menyalahi aturan(ninjanya lebih ringan dari 162kg) cmiiw.. dan lagi yg kencang itu cuman cbr-nya ART, sementara cbr yg lain masi imbang dengan ninja..
    ???????????-
    yang kaya gini mana diperhatiin sama FBK koplak? yang curang dan dengan ngga malu malu maksain diri nambahin barbel dan palu, eh malah dijadiin pahlawan pula.. di blow up seolah2 sebagai penderita, padahal curang.. udah tau dari aturan yang disepakati, berat ninja cuma boleh dikurangi 7 kg dari standardnya, masih aja ngakal2in ngelebihin pengurangan beban..giliran ketangkep lalu pasang barbel dan palu.. bener2 ngga tau malu.. sekarang gambar si curang ini terus yang dibawa bawa jadi pahlawan geng ijo? bener2 plintiran dan pembodohan publik yang ngga tau malu?

  6. scorpio itu motor 1 silinder dengan power weight ratio terbesar di indonesia … ngak heran scorpio itu di pakai untuk pembibitan pembalap masa depan indonesia menuju moto3

  7. 98. roy – Mei 15, 2012

    dulu fxr buru2 pensiun karena malu sama old cbr! Masak 21hp tewas ame 19hp! G percaya? Googling aja! :mrgreen:
    ———————————————————————————–
    mw nyoba new cbr ahhhh…

    :mrgreen:

    terus FU bakal keok ama 150cc DOHC nya honda???

    NEVA HAPPEN…

    fxr keok ama CBR??? iya kok percaya… KRR aja keok ama CBR… googling aja

    ah seperti biasa… roy yang 1 ini emang memperlihatkan ketololannya…

    :mrgreen:

  8. 109. 234 – Mei 15, 2012

    phudan ? Mei 14, 2012

    lha kan bukan ninjanya yg disuruh nambah berat, tapi cuman dikasi jatah ngurangi bobot 7kg 169>>162kg.. terus cbr beratnya 137kg.. kalopun ada yg ditambahi pemberat, itu kan buat tim yg menyalahi aturan(ninjanya lebih ringan dari 162kg) cmiiw.. dan lagi yg kencang itu cuman cbr-nya ART, sementara cbr yg lain masi imbang dengan ninja..
    ???????????-
    yang kaya gini mana diperhatiin sama FBK koplak? yang curang dan dengan ngga malu malu maksain diri nambahin barbel dan palu, eh malah dijadiin pahlawan pula.. di blow up seolah2 sebagai penderita, padahal curang.. udah tau dari aturan yang disepakati, berat ninja cuma boleh dikurangi 7 kg dari standardnya, masih aja ngakal2in ngelebihin pengurangan beban..giliran ketangkep lalu pasang barbel dan palu.. bener2 ngga tau malu.. sekarang gambar si curang ini terus yang dibawa bawa jadi pahlawan geng ijo? bener2 plintiran dan pembodohan publik yang ngga tau malu?
    ———————————————————————————-
    no pic = hoax…

    masih banyak momen bwt beginian…

    jangan khawatir bonus ente aman kok

    :mrgreen:

  9. nah lho kok jadi ada scorpio sih? salah tema mzbro.
    lagian masa scorpio 225 vs cbr 150? apa kata dunia brother sadaya?

    #salam satu aspal

  10. @ jaos = jagonya omong kosong,os, itu si meong kucrut ada yg mau liat gih,ntar kburu bl beat lho….uda, prcuma mulut kmu berbusa dsini,mending busa bibir kmu dpt dbuat cuci2 barang dagangan…..sono salam yamaha,ntar klo daganganmu kurang laku,cb jual piano ya,khan enak jual spd smbil main piano merk yamahal…..ups…yamaha smkn mengkeret kyk bibir jaos merongos….wkwkwk……

  11. @ 16. azizyhoree
    Sing duwe CBR :mrgreen:
    @ 39. Zidane
    Husss…saru xixixi
    @ 41. nak muda
    Sip, berati cerita marnio jujur
    @ 42. cah ndeso
    Oraaa bro, cerita fakta ini…
    @ 43. radentono
    Istri cuma mesem kayak mz Azis hehehe….
    @ 52. sugiedane
    Wiihh…sampeyan nyalinya gede juga
    @ 55. jaelan..
    Matius lagi temanya. Emang ediaann to bro satu wkwkwk….
    @ 56. Roy Gracie
    Tetap menang tornado. Lawong angin topan….terbang bro :mrgreen:
    @ 59. Roy Gracie
    Walah saya lupa nanya. Tapi mungkin yg baru bro…
    @ 60. asolole
    Ngedrag gitu maksudnya? saya sih mau, marnionya mau nggak?
    @ 61. Mareline
    Nggak tahu bro, saya nggak nanya
    @ 66. aneapaente
    Berar CBR bro pastinya…
    @ 70. Ujang lele
    Kopling disentil pekai perasaan….dikit aja bro. RPM teriak accelerasi juga lebih gila ketimbang puntir gas biasa. Resikonya emang kampas kopling cepat habis. Tapi sesekali bolehlah apalagi kalau adu kencang :mrgreen:
    @ 79. kodokijo
    Komparasnya ama siapa bro. Kalau musuh bebek mah judule tetap is the best wek wek lah xixixi
    @ 81. jajang
    Monggo bro. Setelah itu share testinya….

  12. Cbr nya yg ahm ya?oya mas fotonya bgsan pake cbr..gagah…kl pake fu kaya pake sepeda ontel..hehe……mesinnya fu kaya mesin cukur rambut domba

  13. buseeet ada yg bilang CBR ma FU kenceng! kaga salahhh? ckckck parahhhh….NINJA 150 l ane gass puooll aja serasa masih biasa (Jl. Lintas timur sumatera, ane kaga pernah ngebut ditempat ramai)…jgn bilang ga fair ngebandingin 2T sm 4T…the point is you’re faster than the other bikes. that’s it. ga perlu rogoh kocek dalem2 hanya bwt beli motor yg lebih lemot dari motor murahan yg minumya premium kaya punya ane.

  14. cessssssssssssssssssssssssssssssssssss
    mata matius sampai ngak bergerak mantengin nih
    artikel juihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
    jadi ke iget waktu matius lagi riding sendirian
    trus ketemu klub alay sruntulan yang tiba2 motong cs1 matius degan
    fu nya sambil nyuruh matius minggir kasih jalan ma tuh anggota klub nya
    cessssssssssssssss lu kira apa,, lu kira matius diam yaaaaa
    cus,,,cus,,,cus,,, slongsong cs1 matius blayer2 sambil lirik tuh yang nyuruh matius minggir jiahhhhhhhhhhhhhh akhirnya dia ngikut blayer gas motor fu cebol nya cesssssssssssss brangkat gigi 2 cs1 sukses dimasukan tampa kendala sedikitpun di ikutin degan terangkat nya roda depan cs1 hingga 20meter jauh nya cassssssssssssssssss
    tuh yang make fu lansung keliatan keder menyaksikan apa yang baru dilihat nya,, mungkin dalam hati yang make tuh fu WAUUUUUUUU…..
    WAUUUUUUUUU….WAUUUUUUUUU….WAHHHHHHHHH,,,
    ceeeessss yang lucu nya si fu mundur malah datang yang lain make motor batangan vixion lengkap degan box segede gaban kiri kanan blayer2 gas sambil nunduk2 cessss dalam hati matius nih orang gila tau apa ya, dah penampilan kek kemen rider plus box gaban nya kiri kanan blayer2 gas lagi, ini nihhhhhhhhhhhh ini nihhhhhh pasti ini mbah nya alay seruntulan cesssssss ,,tapi matius ngak ladenin tuh sikemen rider(malu) ngak lama berselang ehhh datang lagi yang make scopio ehhhh malah marah2 bilang gini ehhh lo mau balapan ya kata nya, sini lawan nih motor roadkapten katanya jiahhhh
    okeeeeeee ini nihhhh baru sip kata matius dalam hati, sambil menahan rpm cs1 matius trus melirik tuh kerah rider scopio begitupin rider scopio,, 123 cesssss sontakan tenaga menderu dari dua kenalpot tuh motor cessssss perseling terus dinaikan kecepatan dah di angka 140km mata sudah mulai susah melihat kedepan karna hembusan agin yang kencang,, tampa matius sadari matius terlena dan noleh keblakang sambil dalam hati berkata kamana ya motor scopio tadi kok hilang,, sambil binggung lirik kiri kanan,,
    cess akhir nya matius turunin gas nya cs1 dan jalan pelan2 lagi
    trus tak brapa lama matius berhenti di warung kopi rupanya si scorpio sudah ada dsana sambil di ikuti nyegir sirider scopio yang berkata ayo mau balapan lagi ngak,,, jiahhhhhhhhhhhhhhhh
    kok bisa datang duluan ya nih orang dalam hati matius..
    sambil ngigat2 dalam hati oooooooo,,,,,ooooooooo,,,,oooooo rupanya saat matius noleh kelakang tadi sambil melani cs1 matius memang disalip oleh sebuah motor tapi motor nya bukan motor scopio yang nunging kek yang balapan ma matius tapi tuh motor mirip harlay davidson waktu ngebut stang nya tinggi trus pantat nya ceper,,, jagan2 nih scopio udah dilengkapi suspensi udara kek mobil kontes untuk ngelabui lawan2 nya dijalan,,, cessssss ketipu matius

  15. Roy Gracie pada Mei 15, 2012

    wew? testi yang menarik? kalo berangkat
    kerja ada CBR New yang seruntulan?
    kapan2 tak layani ah seruntulannya?
    lawan menarik neh nu sibir?
    kalo versus Crystal Tornado kira2 siapa yang
    menang mas???
    ———-
    crystal??? yg rem dpannya msh tromol itu ya?? msh ada emg?? woooowww …

  16. Maaf semuanya,
    Temen fbh kita yg bernama matius lepas dari kandang, belum disuntik obat rabies. Bagi yg menemukan matius harap bunuh di tempat

  17. motor 4 tak kalo mau nyaingin kencengnya ninja juga gak irit bro, malah bisa jauh lebih boros,,
    dah banyak tuh CB bore up 300an cc yg bejaban ama ninja, tapi BBM juga buoroosss, dan mesin juga gak bakal setahan ninja, yg 4 tak modifan harus ganti ini itu, kalo mau kencang dan murah memang sih pilih 2 tak

  18. komen di atas untuk si bona,
    piss 😀
    dan yg ditunggu tunggu akhirnya dateng juga tuh,,
    si MATIUS sang mbaurekso, tuan tanah, nongol juga
    #cesssssssssssssss (ngomong ala matius)

  19. mo posting apapun di blog manapun, cs1 matius menghantui…
    fenomena cs1 matius di blogsphere…

  20. kalo ibaratkan Bebek itu New Smash 110R/Titan 115cc.

    tarikan Smooth, putaran menengah keatas menggila.

  21. Dari sekian ulasan diatas yang paling unggul Jupiter MX
    Kalau satria unggul di akselerasi, CBr top speed, MX ungul riding position, torsi, enak nyelap nyelip

    Satria = 1 point (akselerasi)
    CBR = 1 point (Top speed)
    MX = 3 Point ( Enggak pegel, torsi gede, enak nyelap nyelip )

    , Ya tooo ??? any question ??

  22. >120kpj ban belakang FU udah berasa melayang,,,sedangkan sibier sasisnya lebih baik(meski belom pernah coba)

  23. Memang seperti itulah karakter tunggangan sport racing sejati, seperti halnya motor rc213v.. Tarikan awal memang halus, bertujuan mengurangi efek jumping dan traksi liar ban belakang saat melakukan start awal.. Tapi diputaran menengah keatas power semakin ganas dan bringas..

Comments are closed.