Kendati sukses mengantarkan kedua pembalap mereka menjadi yang tercepat pada final tes Sepang kemarin, ternyata tidak serta merta membuat Shuhei Nakamoto berpuas diri. Kenapa?? melihat data time sheet serta simulasi race sesungguhnya, vice president HRC mengungkapkan bahwa motor mereka sudah lagi bukan yang terbaik……..

Jorge Lorenzo berhasil melakukan simulasi race 19 lap dengan torehan waktu konsisten dibawah 2’02”. Kenyataan ini sungguh mengejutkan Nakamoto sebab karakteristik ban Bridgestone anyar biasanya ngedrop setelah 5 lap pertama yang kemudian secara simultan mengalami kemunduran performa. Pada kenyataannya, hal itu tidak terjadi pada Lorenzo. Fakta diatas mengindikasikan bahwa Yamaha M1 2012 tidak hanya mempunyai keseimbangan yang sangat bagus (well balanced bike) namun juga tetap bisa dipacu dengan kencang pada kondisi ban sudah aus akibat terkikis aspal….

The M1 is very fast and represents a significant obstacle for us. We aren’t at the same level.? The Honda is very powerful, but the Yamaha has great handling.? As a package, they have the best bike at the moment.”

-Shuhei Nakamoto-HRC/GPone

Honda memang kurang beruntung pada test Sepang hari kedua kemarin. Engine Pedrosa mengalami masalah sehingga memaksa HRC menghentikan latihan sebab mesin kudu dikirim keJepang untuk dilakukan penyelidikan. Sedang Stoner…tidak bisa melakukan simulasi balap panjang akibat cuaca serta chattering yang mendera tunggangan ketika sudah melaju diatas 6 lap. Jadi selama ini best lap yang bisa mereka raih justru ketika baru 2-3 lap berputar. Apa komentar Nakamoto tentang hal ini??…

iklan iwb

We have some other small issues to resolve, but chattering remains our main problem.? It isn’t so much a problem on the brakes as it is mid-corner.? The frequency of the vibration changes significantly, depending on the shape and speed of the corner.”

-Shuhei Nakamoto-HRC/GPone-

Dari informasi pentolan HRC…..frekuensi vibrasi timbul dan berganti secara siknifikan tergantung bentuk tikungan serta kecepatan kendaraan. Atas masalah diatas…..analisa mengarah pada bobot motor yang kini mekar dari 153 kg menjadi 157kg serta kompon Bridgestone anyar yang kurang klop dengan RC213V 2012. Pihak Bridgestone sudah berusaha keras mambantu memecahkan masalah yang terjadi. Sayang chatter malah berkurang ketika motor dibekali dengan grade kompon yang paling rendah. Bukan satu solusi cerdas tentunya…..

Best lap memang bukan patokan nomer satu untuk memenangkan sebuah balapan. Karena konsistensi perlap-lah yang menjadi acuan utama. Dengan mengintip hasil test diSepang kemarin, secara jujur…lelaki Jepang nomer dua diHRC mengakui bahwa M1 2012 adalah yang terbaik saat ini. Urusan power mereka unggul. Tapi handling??….RC213V masih satu tingkat dibawah Yamaha M1. PR yang kudu dipecahkan oleh Honda sesegera mungkin supaya pada test Jerez nanti, mereka mampu melengkapi dua aspek diatas. Kita tunggu saja….(iwb)

144 COMMENTS

  1. “Jika memungkinkan, saya ingin membeli sasis Yamaha. Mesin kami tidak terlalu cepat, tapi pembalap kami cepat,” kata Shuhei Nakamoto wkwkwkwkwkwk….

  2. sipp jozz…

    —-
    13. EISCELL – Maret 7, 2012

    salut.. PETINGGI HONDA memang LOW PROFILE? apakah ini sekedar manipulasi kekuatan? alias sekedar SAY WAR?
    —-
    Psy War kali bro… heheheh

  3. mantap…
    kyaknya di sebelah depan wartawan PowertotheRider sudah ada motor 250 cc (mungkin konsep) cuma masih misteri… apakh naked atw full sport…

  4. saya terkesan dengan coment bro CHM. Dan saya juga penasaran jika kanjeng mas jaos yang OK punya’ dan Guanteng banget menanggapi coment bro CHM ini???? Seperti apa tanggapannya???…. Saya tunggu lho den mas jaos….

  5. powerfull vs handling….
    pilih mana gan????
    pilih yang the best aja..tetep Honda..xixixixi
    tiap k0mpetitor punya keahlian masing-masing..Honda lebih powerfull,yamaha handling nya bagus..hmm…jika salah satu dari pabrikan itu bs powerpull+handling nya manteeepp…
    wedalaahhh ga usa di bilang lageee….keren+top markotop banget dha itu…

  6. mas iwan,,
    bisa request ga
    pembahasan tentang new cbr dan new rr dperbanyak lg,,
    trutama tentang akselerasinya…
    kenyamanan berkendara
    tingkat ke iritan bahan bakar…
    maksi mas iwb
    ?????????

  7. yang penting hasil Racenya saja… tes kan buat mencari setup dan perbaikan buat race…

  8. 50. cilukba – Maret 7, 2012

    yang jelas sih Rossi besar di Honda ,,,sedangkan yamaha naik dari kubangan sampah karena Rossi ? lihat tuh setelah di tinggal rossi balik lagi ke kubangan sampah :mrgreen: ?wkwkwk ..

    .gua masih inget jaman doohan selama 10 tahun (1 dekade) yamaho jadi kacung nya honda ?boro2 bisa juara 1 , bisa juara 3 aja udah selamatan potong otong :mrgreen:
    ————————————————-
    Rider yang membesarkan Honda
    1. Doohan
    2. Rossi
    3. Stoner

    selain itu gak ada.

    Yamaha
    1. Wayne Rainey (Doohan yang jadi kacungnya nih)
    2. Rossi
    3. Lorenzo (not yet shown)

    61. cilukba – Maret 7, 2012

    kalo melihat fakta yang ada , sudah jelas yamaho bisa juara karena ketergantungan thdp pembalap starnya ? ambil contoh gampang yaitu rossi yang berhasil ngangkat yamaho dari kubangan sampah ?lihat pula setelah di tinggal rossi , ya balik lagi ke bantar gebang :mrgreen:

    kalo Honda ? dari faktanya aja yah ? dari menciptakan legenda spt Doohan,Rossi ..sampe ke pembalap abal2 macam alex criville, nicky hayden yg bisa di bikin juara 😀

    ANY QUESTION :mrgreen:
    ————————————————-
    Gak terbalik juga? selama era 800cc kemana aja Honda gan??? Doohan cuma kacung di era GP 500 di depan wayne rainey dan kevin shcwantz suzuki. ketika Rainey crashed, Kevin pensiun sebagai penghormatan kepada dirinya. kemudian Doohan naik tahta. ketika itu Honda cuma kacung nya Yamaha dan Suzuki.

    Dimana Honda ketika Rainey di yamaha??? dengan teknologi yang bejibun aja dibawah Yamaha. seud dah… dimana Honda di GP 800??? hanya stoner yang sanggup menaikan kembali strata Honda di atas…

    —————————————-
    93. wong ndeso – Maret 7, 2012

    bener kan? RCV unggul power, akselerasi
    M1 unggul handlingnya?
    ——————————————
    Power dan akselerasi milik RC dan handling milik M1 dan sebagai bukti dari era F1z sampai Jupiter handling Yamaha lebih bagus. bahkan lebih stabil dari pada Suzuki RC Series.

  9. mana neh cilukba enga nongol lg
    pengen maen cilukba lg..
    padahal si cilukba uda ada fans yg namanya spoiler
    😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆

  10. @ cilukba

    benar banget bro, yamaha itu gak pernah juara kalau bukan karena rossi. jadi semua juara yang diraih yamaha itu karena rossi semua….., begitupun tahun2 kedepan kalau yamaha juara lagi, itu pasti karena rossi., begitu kan bro..??
    tapi honda dapat jurdu motogp 16 itu, konst atau pembalap?? kalau pembalap, satunya darimana..?? tahun 2012 udah dihitung ya..?? :mrgreen:

    @cilukba lagi

    nah kalo lihat data di bawah terlihat banget pengganti pembalap yang sudah pensiun pun di teruskan tradisi juaranya ?bukannya malah ancur lebur seperti yamaho yang masuk kubangan sampah setelah di tinggal rossi
    ================================================

    benar banget bro, pengganti pembalap utama honda yang pindah atau pensiun pasti tradisi juaranya diteruskan….

    lihat aja MAX BIAGGI, yang menggantikan rossi yang pindah…, Max Biaggi langsung Juara dunia ya..?, jadi tradisi juaranya dipertahankan, atau Pedrosa yang menggantikan hayden, juga langsung juara dunia ya bro,
    Intinya sepanjang sejarah honda di motogp selalu jadi juara dunia ya..?? karena para pembalapnya selalu meneruskan tradisi juara pembalap sebelumnya……, juara terus….

    kalau yamaha sih boro-boro, rossi masih diyamaha aja pembalap yamaha lain gak bisa juara, apalagi kalau rossi pergi, yamaha pasti masuk kubangan lumpur.
    jadi tahun 2010 kemarin itu sebenarnya bukan yamaha/lorenzo yang juara dunia, tapi honda, begitu kan bro…???

    begitu kan bro…??? hahahahahahahaha….

    cuih…..
    begini nih hasilnya makan merk…….

  11. @ cilukba

    wayne rainey atau kenny robert, atau eddy lawson yang juara di yamaha itu juga pasti karena Rossi kan bro….???
    jadi benar deh, yamaha bisa juara karena Rossi

  12. namanya jg buatan manusia, ga ada yg sempurna…..yg ini power menang tp handling kalah, tp yg itu sebaliknya

  13. Muke Gile!!
    Nakamoto bikin Geger jagad Blog. :mrgreen:

    GP800, era membanggakan bagi Yamaha, sekaligus era paling memalukan. Memalukan krn ternyata selama ini yg menang om Rossi.

    Tahun ini pertarungan makin sangit keknya. 😀

  14. @fby2 dongo!
    Udh lah kalo kalah mah kalah aja g usah ngeles mlolo! Yg jelas all histori race in the world honda is number 1! N yamaha is number 1 juga.. Tp pake mesin potong rumput! Wkwkwkw. :mrgreen:

  15. @ idog

    GP800, era membanggakan bagi Yamaha, sekaligus era paling memalukan. Memalukan krn ternyata selama ini yg menang om Rossi.
    ===========================================

    kalau gini gimana mas…??
    : GP800, era memalukan bagi honda, memalukan karena jarang juara dan memalukan karena ternyata butuh seorang stoner agar bisa kebagian 1 gelar…
    :mrgreen:

  16. Si anak blo’on aka nobita dongo lg menghibur diri… Pd Kemane nich yahomo2 yg laen coy?? :mrgreen:

  17. @ roy

    Si anak blo?on aka nobita dongo lg menghibur diri? Pd Kemane nich yahomo2 yg laen coy??
    ===================================

    halah, lagu lama fanboy penyembah honda koplak, klo gak bisa komen langsung komentator lain yang dihina….

  18. 129. Rio – Maret 8, 2012

    Si anak blo?on aka nobita dongo lg menghibur diri? Pd Kemane nich yahomo2 yg laen coy?? :mrgreen:
    —————————————————————————–
    Dibutuhkan seorang stoner untuk naik tahta kembali si Honda… Yamaha??? yah… Liat aja dovi deh…

    stoner adalah penyelamat muka Honda di era GP 800 hehehehehahahahahahhahaaha

  19. oh ternyata si stoner penyelamat muka mahonda?
    untung ada stoner, kalo gak, gak kebagian gelar juara deh hihihihihi

  20. 65. cilukba – Maret 7, 2012
    kalo mau mempermasalah sesuatu biasanya gua lihat fakta hitam di putih sih alias FAKTA ?nah dari FAKTA yang gua tau antara Honda dan Yamaha yah sbb :
    ???????????????????????????????
    Honda 60 Constructors World titles, 630 victories in all classes
    Yamaha 36 Constructors World titles, 450 victories in all classes

    Motogp : Honda 16 Yamaho 15
    250cc : Honda 20 Yamaho 14
    125 cc : Honda 15 Yamaho 4

    WSBK : Honda 5 Yamaha 1
    Supersport 600cc : Honda 8 Yamaho 3

    F1 mobil : Honda 6 kali juara (1986-1991 ; William Honda 2 & Mclaren Honda 4)
    Yamaho : 100 kali juara tapi untuk kelas mesin potong rumput sirkuit F1
    ???????????????????????????????

    nah kalo lihat data di bawah terlihat banget pengganti pembalap yang sudah pensiun pun di teruskan tradisi juaranya ?bukannya malah ancur lebur seperti yamaho yang masuk kubangan sampah setelah di tinggal rossi

    lihat data di bawah ini , suksesi pergantian pembalap tetap mempertahankan tradisi juara. sekalian juga data menunjukan kalo yamaho tanpa Rossi cuma kacung yang berkubang di sampah.

    masa2 yaHOMO ileran di motogp :

    2003 ? Valentino Rossi (Honda) Moto GP
    2002 ? Valentino Rossi (Honda) Moto GP
    2001 ? Valentino Rossi (Honda) GP 500
    2000 ? Kenny ROBERTS Jr. (Suzuki) GP 500
    1999 ? Alex CRIVILLE (Honda) GP 500
    1998 ? Mick DOOHAN (Honda) GP 500
    1997 ? Mick DOOHAN (Honda) GP 500
    1996 ? Mick DOOHAN (Honda) GP 500
    1995 ? Mick DOOHAN (Honda) GP 500
    1994 ? Mick DOOHAN (Honda) GP 500
    ===

    Ini “FAKTA” SAMPAH…..benar tapi cuma setengah benar…..SETENGAH BENAR = NGIBUL. Kenapa ngibul? Nah, saya kasih kesempatan buat fbhongkong BELAJAR berpikir, cari data dan berembuk di kantor pusat kalian…eh jangan…nanti ngibul lagi….berembuk la dengan orang cerdas.

  21. 114. ikhwan – Maret 8, 2012
    saya terkesan dengan coment bro CHM. Dan saya juga penasaran jika kanjeng mas jaos yang OK punya? dan Guanteng banget menanggapi coment bro CHM ini???? Seperti apa tanggapannya????. Saya tunggu lho den mas jaos?.
    ===
    ow ow ow…..ada apa toh mas ikhwan? Sehingga mas jao* mesti nanggapin si bro chm?
    kalo komen saya sih, nakamoto, selama saya baca dari site motomatte**, dia REAL dan tidak sedang bermain politik…jadi bukan sedang rendah hati tapi memang menyatakan apa adanya walau gak seluruhnya.

    Bagi fb hongkong yg gemar angkuh, memang sikap nakamoto begitu mulia cemerlang di mata mereka…..saya bisa maklumin itu karena fbhongkong sebenarnya jijik sama diri mereka sendiri yg gak sanggup dan tidak bisa seperti mr nakamoto.

    oh ya kembali lagi, yg menakutkan memang si george yg begitu konsisten, dan semua pembalap yamaka merasa bahagia dgn improve M1. Soal hendi risol ada problem setelah lampu di motr pedrosa kedap kedip, itu masih misteri. Bgaimanapun jg, kompetisi akan tangguh antara dua team ini.

    sekian…

  22. @CHM,

    biasa psywar biar seru… rossi juga psywar dengan ada di posisi tengah. siapa tw pas mulai langsung beringas…. heheheheheh

  23. memang kalau urusan sasis yamaha memang no.1,bodi nya ga getar,stabil,bodinya ga gampang pecah,contoh jupiter z thn 2006 luar biasa tu motor awet banget bro

  24. FBY kya kucing diksih ikan asin di trit ini,sikattt,g ush pke otak,yg penting pasang muka tmbok,JAOS????wkwkwk lgi 3G bro GELISAH,GUNDAH GULANA karena vartech 125,ksih ksmpatan dulu

  25. khas fansbo banget deh, begitu ga bisa counter data & argumen langsung deh nyerang personal.
    ckckck..fansboy..fansboy..DIPAKE DONK OTAKNYA..JANGAN CUMA JADI FANATIK BUTA.

  26. Nyuwun Sewu om IWB—->salim dulu

    Wooooooiiii, FBH, FBY, FBS, FBK, FBB & FBlain-lainnya yg pada fanatik gak ketulungan & masih ABABIL

    Biasa aja knp?

    Lo punya motor yaudah rawat tu motor lo msing2. Pake bwt mnunjang aktifitas lo shari-hari….
    Kagak usah ngributin motor tetangga yg gak se-merk ky punya lo….

    Jadi orang skali-kali pinter sbentar knp?
    Dasar FBY, FBH, FBK, FBS, FBP, FB……….MASIH ABABIL

Comments are closed.