iklan iwb

Walau sudah basi…namun IWB yakin banyak yang kurang ngeh atas perolehan market share tahun kemarin. Karena itu, mumpung Bikeadvice sedang membahas pangsa pasar pabrikan roda tanah air 2011, maka IWB coba untuk share kemzbro semua…

Dalam perjalanannya boleh dibilang tahun 2011 adalah tahun emas buat Honda sebab gap dengan kompetitor dekatnya mampu ditarik makin menjauh. Ihktiar tak berkesudahan mulai dari kelas matic, bebek dan sport membuahkan hasil yang memuaskan. Dari total penjualan? kendaraan bermotor nasional yang mencapai 8,4juta unit…Honda berhasil menjual 4,28juta sementara Yamaha 3,15juta. Jika dikalkukasi secara persentase maka market share pabrikan sayap mengepak menguasai 53,16% sedang Yamaha 39,14%. Sisanya Suzuki 6,15%…Kawasaki 1,25% dll

Jelas torehan pasukan Honda tidak diraih dengan mudah. Mereka kudu berjuang keras, extra effort tak berkesudahan, inovasi, dana dan tenaga dicurahkan untuk menundukkan lawan. Sedang Yamaha…walau posisi market share makin tergerus….tidak bisa diingkari mereka cukup tangguh melayani tekanan lawan. Senjata seadanya…nyaris tanpa merilis produk baru (kecuali Lexam) namun dada tetap membusung tidak kenal putus asa….

iklan iwb

Last…ibarat balap Motogp, musim 2012 telah dibuka. Gerakan Yamaha yang hanya defensive kini sudah terlihat offensive. Sedang Honda….diam tapi tetap tidak bisa dianggap remeh. Sementara kita sebagai biker, hanya bisa mengintip…menunggu…..dan yang pasti menjadi audiences setia yang akan menyambut gembira jika produk yang ditelurkan mampu membuat kita berdecak kagum. Market share 2011…tidak diragukan Honda mendominasi….

Gimana dengan tahun 2012?? apakah pabrikan grup Astra tetap mampu mempertahankan posisinya??. Apakah Yamaha bisa mengejar ketertinggalannya dengan Honda??…monggo berikan analisa dan pendapatnya….(iwb)

48 COMMENTS

  1. tetep OPTIMIS si HONDA tetep akan menguasai market motor indonesia di tahun 2012.
    itu menurut ane sih..
    CMIIW..

  2. honda jangan cuma ngurusin market penjualan mulu. urusin dong skill mekanik2nya yg blm ahli & tidak profesional. mekaniknya cuma bisa bersihin karbu ama ganti oli doang tapi gak bisa reparasi yg lain2. tidak sedikit konsumen yg servis motor tapi ujung2nya motor konsumen bukannya tambah tokcer, tapi malah tambah hancur leburrr.. apa kata duniaaaa… lagi2 konsumen yang jadi merana..

  3. Honda mempunyai system penjualan ???? sdh mapan,service and part jauh lebih baik dibanding competitor..yamaha mempunyai seni art ???? jauh lebih baik dibanding honda,mungkin ??? hubungannya dengan yamaha musik ???? pandai dalam hal seni,design ???? mantap,suzuki boleh dibilang jago dalam hal inovasi,tapi sayang ???? ditunjang managament sales ???? mengena!sayang fanatik suzuki sebenarnya masih kuat ?? indonesia,lha wong divisi mobilnya masih 5besar dalam industri roda empat,kawasaki boleh dikatakan baik dalam hal kestabilan dan rangka,cuma lebih baik,kawasaki lebih baik mengejar segment high class,???? usah memikirkan kelas low class,???? mengena ?? segment bebek ???? jelas tanggung,cust tetap berat dalam soal Dp bebek kawasaki ???? high dibanding competitor…last hati2 dgn bajaj the underdog ???? siap menyerap share kue pasar roda 2 ?? tanah air,sayang belum masuk data Aisi..semua tergantung customer suka+fanatik ???? mana?btw thanksmz bro iwan banaran ???? selalu up to date kasih informasi ???? Benar dan Valid…salut to you,my menthor
    Williamotorcycle
    Motorbagus
    Moh.toha 263b
    Bandung

  4. 15. hadi nur insani – Februari 15, 2012
    honda jangan cuma ngurusin market penjualan mulu. urusin dong skill mekanik2nya yg blm ahli & tidak profesional. mekaniknya cuma bisa bersihin karbu ama ganti oli doang tapi gak bisa reparasi yg lain2. tidak sedikit konsumen yg servis motor tapi ujung2nya motor konsumen bukannya tambah tokcer, tapi malah tambah hancur leburrr.. apa kata duniaaaa? lagi2 konsumen yang jadi merana..
    —————————————————————————————
    lebayyy,,,,emang dikira sedemikan bodohnya apa???dangkal dan maksa banget,,,komentarnya.

  5. Honda susah di tumbangkan pasarnya #dari jaman jebodt klo ngomongin motor ya honda… Ga peduli klo yg di omongin itu motor yamaha,suzuki atau yg lainnya..# klo era sekarang tentunya dah berbeda… Klo saya mah tetep pilih yamaha… Terbukti awet mesinnya tarikannya lumayan njambak n modelnya sexi2 … [Suka suka dachhhh]

  6. AHM emang hebat dalam jualan,,,,di samping itu jga faktor konsumen indonesia yg konserfatif,,,,dan saya yakin sebagian di antara yg 53 % itu mereka pada beli karena faktor eforia masa lalu dan nama besar honda aja,,,,,,,apalagi di daerah2 yg internet dan informasi masih kurang,,,,(IMHO)

  7. AHM makin susah dibendung..
    kecuali YIMM bisa mengulang preatasi dan strategi 2009/10 kala menempel honda.. 🙂
    learningfromlives.wordpress.com/2012/02/15/newcbr-150r-dan-ninja-150rr-harga-nyaris-sama-tapi/

  8. selama kompetitor gak bisa ngasih yg lebih baik dari AHm ya gak bakalan ada yg bisa membendung AHM.
    apalagi sekarang dilihat dari sisi produk, produk AHM masih terlalu superior dibanding kompetitor khususnya di segmen skutik dan bebek.

  9. Honda identik dengan nyaman dan banyak fitur…
    Yamaha itu motor sporty..
    Suzuki punya performa yang bagus..
    Dan kawasaki buanter nguk nguk…
    Nyaris gak ada celah buat pabrikan non jepang yang mau ikut menenggelamkan indonesia dengan motor…

  10. Salut dg honda, wlp juara tp tdk sombong, g kaya tetangga sebelah baru dpt segitu z iklan bombaztis, cenderung ngremehin produk lain.
    Maju terus Honda…!

  11. Honda tetep optimis yaa..kuasai market lagii..
    yamaha di taon ini sudah mule mengejar..
    HOnda lebih laju lagii…
    Go Honda!!
    be one heart & number one..^^

  12. 19. tutug – Februari 15, 2012

    15. hadi nur insani ? Februari 15, 2012
    honda jangan cuma ngurusin market penjualan mulu. urusin dong skill mekanik2nya yg blm ahli & tidak profesional. mekaniknya cuma bisa bersihin karbu ama ganti oli doang tapi gak bisa reparasi yg lain2. tidak sedikit konsumen yg servis motor tapi ujung2nya motor konsumen bukannya tambah tokcer, tapi malah tambah hancur leburrr.. apa kata duniaaaa? lagi2 konsumen yang jadi merana..
    ?????????????????????????????
    lebayyy,,,,emang dikira sedemikan bodohnya apa???dangkal dan maksa banget,,,komentarnya.

    saya setuju ama mas tutug…sorri bukan BC, selama ini saya keberes gak ada masalah, tapi dah 2 bln ini, semakin banyak motor yg diservice, semakin banyak juga penumpukan di beres, otomatis beres menambah pasukannya,,,tapi saya kecewa karena pelayanannya yg bener2 ngasal,,,,,biasanya motor saya enak,,,kali ini gak enak,,,padahl saya dah bilang untuk bersihin cvt…jadi QC untuk penerimaan mekanik lebih ditingkatkan……..

    ohya nih langganan beres yg udah masuk ke 1.5 thn,,,mungkin pegawai baru karena tumben bentar bgt….akhir bulan ini saya mo service lagi dan sekalian complain……hehehehe

  13. menang kalah dalam market share/jualan adalah hal lumrah dalam persaingan…tapi kalo sepanjang hayat selalu menang terus dan bisa membuat kompetitornya ymki di bubarkan itu baru luar binasa wkwkwkwk :mrgreen:

  14. FAD- Feb 2014
    2012 & 2013 bagus pangsa pasarnya. meski semangat terus..capai target..honda..one heart
    NJM
    Dealer Honda Motor
    Paskal 100

Comments are closed.