iklan iwb
Home TVS Test akurasi speedometer TVS Apache RTR 160 vs. Runtastic GPS….

Test akurasi speedometer TVS Apache RTR 160 vs. Runtastic GPS….

Sesuai permintaan mzbro sekalian agar dilakukan pengetesan akurasi speedometer TVS Apache RTR 160…..maka IWB coba realisasikan lewat artikel ini. Dan untuk membuat supaya hasil bisa dibandingkan dengan produk lainnya, IWB memutuskan tetap menggunakan aplikasi Runtastic yang diintegrasikan dengan GPS BB. Pola pengetesan tidak berbeda….yakni digeber pada speed yang sudah ditentukan. Seberapa besar ketimpangannya??…monggo diintip….

Untuk memperlancar pengetesan….IWb sengaja mencari suasana sepi tengah malam. Setelah dirasa memenuhi syarat kondisi….siApache diajak lari konstan pada kecepatan 60km/jam. Tidak lupa…start dan recording GPS ON. Jarak tempuh 1,8km IWB rasa cukup untuk mendapatkan data speed. Menepi ditempat aman…merogoh saku, ngintip GPS….hasilnya tertera angka 57.9km/jam atau bisa kita sebut 58km/jam. Hhhmm….not bad. Ketimpangan lumayan tipis. Oke, test kita lanjutkan…….

Running kedua….motor digeber pada kecepatan 80km/jam. Berusaha menjaga ritme untuk tetap konstan diangka yang disebutkan. Jarak 3 km sukses IWB libas dengan smooth….berhenti dipinggir jalan, merogoh BB…hasilnya?? Runtastic menunjuk angka 73.3km/jam. Yup…..penyimpangan makin jauh tapi masih dalam batas toleransi. Segitu saja?? tidak mzbro. Guna memantapkan hati, test terakhir IWb putuskan untuk menggeber pada kecepatan 100km/jam….

Lengangnya lalu lintas malam hari mendukung besar terlaksananya komparasi. Untung bukan hal yang sulit bagi motor racikan TVS untuk tembus 100km/jam. Recording ON….motor melaju manteng diangka yang disebutkan. Butuh 4km untuk meyakinkan hasil supaya akurat. Dirasa cukup….gas dikurangi, tuas rem dipuntir…dibantu engine brake, motor berhenti dengan sempurna. Hasilnya??….ngintip layar BB terpampang angka 93km/jam. Wooowww….penyimpangan tetap sama seperti ketika lari 80km/jam. Yakni hanya beda 7km/jam dibanding GPS….

Umumnya……penyimpangan speedo versus GPS makin besar pada saat speed maksimal. Namun fakta yang ditunjukkan atas raihan TVS Apache RTR 160 mementahkan teori ini. Salut buat rata-rata motor dari India dimana kalibrasi speedometer bawaan pabrikan tidak terlalu jauh meninggalkan perangkat global positioning system (GPS). Project selanjutnya….adalah eksplorasi top speed. Jika Byson mampu meraih 114km (speedo) atau setara dengan 107km GPS. Gimana dengan TVS Apache RTR 160?? tunggu next artikel mzbro……..(iwb)

Speed 60 km/jam speedo….GPS 57,9 km/jam

Speed 80 km/jam speedo….GPS 73,3 km/jam

Speed 100 km/jam speedo….GPS 93 km/jam

51 COMMENTS

  1. Betul Bro Mirip cukup 500~1km hasil tes punya gw app GpSpeedometer atau app Speedtrap BB9900 Green New Apache RTR 160 Tahun 2012 STD.Salam Rider all

Comments are closed.

Exit mobile version