Hari ini website otomotif Bikeadvice merilis artikel test ride Yamaha YZF R15 versi 2.0. Mulai dari handling, respon mesin hingga top speed. Yah…walau kedatangannya ketanah air masih jauh dari angan, tidak ada salahya IWB coba share informasi berdasarkan impresi sitester. Dan berikut yang berhasil IWB tangkap…

Handling

R15 versi 2.0 jauh lebih stabil ketimbang generasi sebelumnya. Hal ini tidak lepas dari ban tubeless berukuran 130/70-17 (belakang), 90/70-17 (depan) plu sswing arm generasi baru (aluminium). Untuk cornering…mantap tidak kalah lincah dibanding generasi sebelumnya. Hanya saja jika sampeyan demen stopie….versi 2.0 lebih susah akibat bobot kaki makin berat….

iklan iwb

Riding impression

Posisi pengendara nyaris tidak ada perbedaan dengan R15 lawas. Menawarkan posisi berkendara terbaik untuk kelas motorsport. Ban gambotnya menambah rasa percaya diri pada kecepatan tinggi. Apalagi ditunjang suspensi serta swing arm aluminium desain baru. Hasilnya ….lebih anteng digunakan melibas jalan raya bebas hambatan….

Engine

Nih dia yang menarik mzbro. Menurut Nareen, jika dibandingkan versi lawas, ban gambot R15 2.0 sedikit mengorbankan accelerasi bawah khususnya dari 0-4000rpm.? Namun….sekalinya melewati angka yang disebutkan…mesin dengan mulus ngacir tanpa ada kendala. Keunggulan lain..adalah karakter engine yang minim vibrasi….

Berbicara accelerasi tentu berbeda dengan top speed. Dalam test yang dilakukan,? motor berslogan racing instict mampu meraih angka 134km/jam. Yah…lumayan untuk motor inreyen. Sebab M. Nareen mengungkapkan bahwa odometer masih 0.8km alias fresh keluar dari dealer. Doi berkeyakinan..seiring waktu….kilometer bertambah, maka speed akan meningkat pula. Normalnya R15 bisa meraih 140km/jam. Artinya??…kecepatan puncak YZF R15 versi 2.0 vs lawas…..11-12 tidak ada perbedaan….

Kesimpulan

Desain anyar memang luar biasa. Bentuk serba runcing, garis tegas ciri khas DNA racing sejati. Sayang..menurut jurnalis Bikeadvice tersebut, desain mempunyai kelemahan. Split jok terlalu tinggi akan menyiksa serta? menyulitkan boncenger jika terjadi panic brake (merosot) atau accelerasi spontan akibat nihilnya hand grip (kalau ini mah kayaknya nggak masalah ya mzbro. Ninin 250r aja no problemo :mrgreen: ). Untuk urusan performa..lebih kurang mirip dengan generasi lawas. Begitu pula komsumsi bahan bakar. YZF R15 2.0 berkisar 1:38km….lumayan irit mzbro….

Kendati bobot melar 5 kg…performa tidak dikorbankan. Jadi kelebihan versi 2.0 dibanding versi lawas adalah…..new design, swing arm aluminium plus ban gambot (Tubeless type), remapping ECU menyesuaikan kaki-kaki yang besar. Score atau nilai yang diberikan doi? adalah 4.5/5. Gimana mzbro…ada komentar??….(iwb)

216 COMMENTS

  1. Jadi masuk nggk yah???klo pun nantinya kesampaian masuk juga ke Indonesia…Biarlah konsumen yg memilih mana yg lebih jago…CBR150,Ninja150 or R15.

  2. BWWAAAAAHAHAHAHAHAHAHAHA
    ZAAAAAAHAHAHAHAHAHAHAHAHA
    mane yg bilang 22 hp ?!!
    mungkin ini generasi FBY yg cari fashion dan irit BBM
    😈 😈 😈 😈

  3. yamaha…..biasalah jelek mesiinnya….boros…paling kuat 4thn motornya…liat aj mio….klo dah 4 taun..wedeeew..

  4. vixi ane isa sampe 140 km/jam (on spedometer)
    baru ganti knalpot racing, busi iridium NGK, 9 power, oli shell advance AX 7, trus pake pertamax plus…
    sebenernya speed masih isa nambah tapi sayang kena limiter di 10.000 rpm
    itu limiter ga bisa diakalin ya biar isa 10.000++ gt???
    hehehe…

  5. “yaaa mahal”

    dirumah ane ada jupiter z tahun 2000 tapi masih ok tuch masih bisa lari, mesin masih alus. kendaraan bagus & awet itu tergantung rider nya gimana si rider ngerawat nya om kecuali dpt cacat produksi (kalo komen jgn asal njeplak kyk palang pintu kereta api om) peace om.

  6. Jin : Kuberi dua permintaan? monggo!!!!!!!
    Manusia : Kepingin sugeh????????
    Jin : laksanaken…….
    Manusia : Kepingin yamaha YZF R-15????
    jin : Ha ha ha…. Ngimpi??????????

  7. @ 12. lekdjie
    Kudu dicoba…
    @ 14. panijo
    Bisa aja mzbro wkwkwkwk…..
    @ 15. Hourex150L
    Byuh..iso kobong tenan ki mzmul 😆

  8. New CBR pernah bawa di BSD jalanan rada sepi sampe 136 km/jam on speedo. Mungkin masih bisa lebih sedikit tapi sayang masih inreyen 😀

  9. Kalo ymki/petinggi yamah jpn SADAR,selera desian dan kemampuan yg disukai org indonesai rata2 bs universal diterima dinegara lain,beda hal dgn desain china atw india belum tentu diterima yg lain,dan kalau Mereka SADAR mungkin honda dengan astra group ga terlalu mendominasi,mungkin honda mulai lebih mementingkan biker dinegara ini,karena bisa ada potensi yang hampir tanpa batas,n250 aja yg premium laris pada dibeli,ducati yang super premium masih ada yang beli,ini baru punya barang gitu doang udah segitu memnganak tirikan biker indonesia,cobalah KALIAN(yamaha) pikir darimana pendapatan terbesar kalian dari roda 2!
    Itu mungkin poin yg sudah AHM dapat!Semoga ga ada pabrikan lain yang jadi secongak YAMAHA,dengan produk kualitas super!

    SEMOGA CEPAT SEMBUH Ymki

  10. lho cuma segitu tho bro iwan.
    klo cuma segitu sih jelas bukan lawan CBR150R yg bisa tembus 160 kmpj.

  11. Oalah pantesan dulu pas Inreyen V-Ixion kok top speed tembus 125 padahal pakai Pertamax Plus dan Motul Hi-tech…tapi setelah 500 km Top Speed bengkak jadi 140…tapi puas selama pakai V-Ixion touring malang-surabaya sering ketemu NMP, Tiger, CS-1 lewat semua :-D, kalau lawan Satria FU kalah cuy tapi gapnya tipis cuma sebodi

  12. apik apik apik tetep sayang byson
    jaranwesi.wordpress.com/2011/10/04/lubang-menganga-di-jok-bebek/

  13. bukannya kalo pngin vixion tambah ngacir itu di kasih piggyback y..
    kalo nggak salah sich.. hehehe..

  14. joknya terlalu tinggi…!! setuju dg koment tersebut r 15 yg baru memang terlalu tinggi. Menurut gue sih itu aja kekurangan r 15, overall keren…. sayang gak jelas masuk indonesia….

  15. para pemakai vixion memang alay semua.. klo liat motor sport merek lain kumat alaynya suka salip rider motor sport dijalanan..padahal tuh merk lain kayak tiger nmp bajaj lagi enak enak secara normal selayaknya perjalanan sesuai kebutuhan hati.klo sudah berhasil nyalip lantas nulis di blog bahwa dah bisa ngasapin tiger nmp dan bajaj dan bla bla bla
    emang sampai dimana sih ketahanan vixion pernah nyalib tigerku lantas ku ikuti terus lama lama capek tuh vixion..gimana ga capek sepanjang vixion kan cuma jago sprint klo diajak lari kecepatan tinggi terus terusan berkilo kilo encok tuh ridernya.udah cungking posisi bungkuk lagi.hahhaha.
    yang pakai vixion ngaku ga nih…sirik liat motor sport lain dan ga mauu kalah klo lagi kesalip merk motor lain.

  16. @24 valenanda

    kok di bandingin vixion ama CS1 sih??? ya jelas aja kalah CS1…
    klo membandingkan ama NMP dan tiger aj bro

    peace

  17. @24 vale

    jangan-jangan motor yg loe temuin lagi diparkiran…. pasti lewat lah….
    belom tentu diantara motor yg loe temuin itu mao diajak balap, paling juga dia lagi jalan santai…

    # sombong sekali baru punya vixon merasa paling kenceng ckckckck…

    utamakan safety riding apalagi kalo touring jarak jauh .

  18. @mangwa. Ya jelas mknya kalo pingin santai santai beli matic aja ya kalo sport ya kudu di coba….kalo takut jngan beli mtr sport

  19. jgn d banding2in kenceng2an lah gan bwt d jakarta..
    yg pnting nyaman d hati,d kantong,enak d pake..
    mang bli mtr bwt balapan apa dah..inget anak istri..
    klo mo kenceng2an ikut aj balapan bli mtr lsg kyk yg motogp..
    bs’a cm ngasih komentar buruk k produk ato ATPM..
    bs punya mtr kyk yg d gambar aja dah sykr bgt..gk bs jg pake bebek dah brsykr..alhamdulilah bgt yg penting bs jd kpala kluarga yg baik n kluarga bahagia..
    mtr gk d bawa k akhirat ini kan..

  20. Hmmm… 134km/jam ya, tapi masih lebih kenceng dibanding vixion 140km/jam. Speedo digital mestinya lebih jujur dibanding speedo analognya vixion yang lumayan lebaynya…

  21. hmmm
    om iwan, vixion bukan ganti CDI…tp pasang piggyback + inverter…hasilnya??? nendang bgt…
    @wangwa
    wkwkwkwkwkwk…trgantung rider ny, dan emg secara fakta pemakai vixion kan anak2 muda…secara emosi psti gk mau kalah, hmmm ane kutip dikit…
    #gimana ga capek sepanjang vixion kan cuma jago sprint klo diajak lari kecepatan tinggi terus terusan berkilo kilo encok tuh ridernya.udah cungking posisi bungkuk lagi.hahhaha.#
    klo stang ny diganti jepit ato yg lebih rendah dr standar ya jelas encok ridernya…tp klo pake stang standar gak encok kaleee…ckckck ampe sgitu ny sirik ama vixion mentang2 make tiger gk bs salip vixion (kalah power motor yeee)…
    wkwkwkwkwkwkwkwk…

  22. akakkaka ada lagi nih kebodohan manusia manusia alay,, punya motor itu di nikmati,, bukan di geber2,, jalan raya oiii,, tertib lalulintas, perasaan liat rider pake ninin juga nyante2 aje,,, di salipin bebek2, jarang tuh yang ngebut di nikmati, perna liat hayabusa jalan ya pelan2 aje,,,cbr 250 yang baru lahir juga pelan2 aja tuh,, di jalanan luar kota juga ga ngebut2 amat, kecepatan standart,, kalo pengendara vixi mah walopun ga semuanya ya sama aja gayanya selangit merasa motornya paling cepet,, giliran ketemu FU ciut deh nyali heran bener padahal pemakai scorpio sama byson juga ga se alay2 penguna vixi deh,,, akakkak ngakak sumpah baru 150 cc sohc 4 value aja bangga,,, kalo vixi ente uda 150cc dohc 4 silinder 16 value nah baru dah ngebut2,, suaranya juga ga malu2in,,,, heranya banyak gaya beli motor bagus2 ehhhhh ngantrinya bareng bebek,,,, kewk kewk kewk,,,, mana ada naked bike di kasi makan makanan bebek,,,, wkakakka

  23. yang comment disini yg punya vixion pada merasa paling kenceng dijalan raya, ga bisa bro … dijalan raya ga bisa dijadikan tolak ukur. di tubruk tronton baru tau rasa loe….

    ane punya temen pake vixion biasa aja, malah katanya sayang kalo ngebut…. sayang motor apalagi nyawa….

    #safety riding

  24. @all
    ane ga suka kebut2an gan…
    ane cuma pengen coba top speed aja
    itu juga di jalan pantura pas tengah malem gitu
    jadi sepi gitu deh…
    kok malah bakar2an gitu????
    pissss broooo….

  25. nah kalo malem justru lebih berbahaya bro,,,, wkakakak ane kan bilang ga semuanya sok kebut2an, tapi emank mayoritas itu pemakai vixi alay kok,,, perna tuh liat 2 orang sok2an sama vixi di jalan kebut2an, ketemu motor apa aja di salip,, eh sama anak cw sma aja kalah padahal tuh cewe pake bebek lohh ngakak sumpah

  26. wah-wahhh,,,
    yang merasa paling kenceng,, cari lawan itu yg sepadan n selevel..
    sudah boleh anggep ngasepin klo emang tu motor yg di lawan bner2 gas poll,, pling tu lum limiter dh oper gigi..
    orang ancang2 nya beda timing

  27. halah.. Vixen motor lemot aja di banggain! Mana ada vixen lari nyampe 140 kpj!! Versi spido analog lebay meybe.,, versi gps paling 108 kpj udh mentok dul.. :mrgreen:

  28. bener juga sih…
    ane juga ngrasa kalo banyak rider vixi yg suka kebut2an gitu
    tapi ga semuanya kaya gitu kok
    klo ane sih positif thinking aja, mungkin mereka lagi buru2 n ngejar waktu, makanya ngebut gitu
    (haha…pemikiran ngawur….)
    semua kembali ke ridernya masing2

  29. udh jd tradisi vixen langganan jd pecundang nye nmp.. Motor kaleng komstir oblag aja mana bisa kenceng.. Dongo lo blay!!

Comments are closed.