iklan iwb
Home Uncategorized Satu gearbox Honda RCV213v seharga satu rumah mewah!!. Walah…

Satu gearbox Honda RCV213v seharga satu rumah mewah!!. Walah…

Tidak banyak yang tahu betapa mahalnya motor prototype motogp. Maka dari itu jangan heran kalau banyak tim gurem yang babak belur dan ujung-ujungnya gulung tikar mengundurkan diri jika tidak ada sponsor yang kuat. Nah…kebetulan hal ini diungkapkan oleh Shuhei Nakamoto, Vice President Honda racing kala diinterview oleh Gpone. Berikut penuturannya….

The bikes will all be equal to start the year, aside from the transmission.? The satellite teams that want to use the new gearbox must pay for it separately; it’s very expensive, and costs more than the house I live in! The design isn’t relevant for use on production bikes, however, since it’s only designed to work at very high revs.? It wouldn’t be useful on the street.? Honda will not be selling engines alone, only complete bikes.”

– Gpone-

” Basic konsep RCV213v mengambil dari generasi sebelumnya..RCV212v. Tentu ada beberapa penyesuaian sasis untuk menerima mesin 1000cc. Tahun depan semua motor akan sama (antara tim HRC Repsol dan satelit)…yang digunakan tidak ada perbedaan spek kecuai transmisi. Tim satelit harus membeli dari kita jika mereka menginginkannya. Artinya…pembayaran harus terpisah sebab harganya sangat mahal . Bahkan lebih mahal dari rumah yang sekarang aku tinggali!. Desain tidak relevan digunakan untuk motor masal. Transmisi ini didesain hanya bekerja pada rpm sangat tinggi. Jadi tidak cocok untuk motor jalanan. Honda tidak akan menjual mesin terpisah, harus satu kesatuan dengan motornya…” ujar lelaki nomer dua diHRC tersebut…

Tidak bisa dibayangkan berapa harga secara nominal. Apalagi rumah seorang petinggi Honda Jepang. Dan asal mzbro tahu…rumah dinegara sakura jika diconvert kerupiah bisa sangat mahal. 1Milyar rupiah??…bisa jadi lebih mzbro. Untuk sebuah gearbox???? 😯 ….(iwb)

69 COMMENTS

  1. wuii, pemborosan… Jgn2 yg modalin buat bikin gear box masyrakat indo.. Tuh penjualan motor ampe jutaan unit/th.

  2. ya iyalah mahal.. lha wong ducati gp9 yg dijual massal aja harganya 2 miliar, apalagi prototype murni, perbandinganya aja dana yg dibutuhkan 1 team pabrikan motogp bisa buat membiayayai 1 musim WSBK plus dana semua teamnya…

  3. tetep aja mahal karena penelitian kan,, berarti operpresss….. kalo ga percaya,,, ya penelitian mahal tapi ternyata kalo di produksi murah..??? bener kan…??? kenapa mahal…??? bukan harga sampel DLL,, cuma orang bego yang bilang gitu,, tentu bayar penelitinya,,, itu alesanya di indo ga ada prototype yang memumpuni, kenapa habibie ke jerman,,,, bukan karena mahal penelitian,, tapi mahal otak yang neliti, jadi intinya.,… kalo gearbook orang indonesia yang bikin ga nyampe 20 jt

  4. jelas mahal tho.

    lha wong untuk bikin satu produk alatnya lbh mahal dr alat yg dipakai u/ mass produk.
    katakanlah satu pisau untuk bikin 1 barang khusus balap.
    dilain sisi, ada satu pisau u/ bikin produk masal.

    jgn cuma diliat barang jadinya aja. yg didesain kan bukan barangnya aja. tp alat u/ bikinnya juga hrs didesain secara teliti.

  5. 40. Safety Rider – Agustus 17, 2011
    gue pernah baca di tabloid,satu paket motor prototype seperti M1 pabrikan atau rcv pabrikan lebih dari 15 M.kalo satelit,tergantung satelitnya kalo tim gurem ga’ nyampe 10 M.makanya jarang tim gurem yang kompetitif.

  6. YG BILANG KEMAHALAN ITU DIKASIH UANG 2 MILYAR PUN BLUM TENTU BISA BUAT YG SAMA CANGGIHNYA.

    ITULAH HAK PATEN ILMU PENGETAHUAN DARI INSINYUR2 YG BUATnya !! emang MAHAL BUNG.. BUKAN BARANG MURAHAN YG GAMPANG DITIRU atau rusak.
    APALAGI TRANSMISI INI HANYA DIPAKE DI MOTOGP, BALAPAN MOTOR TERCEPAT… TERCANGGIH DAN BERGENGSI DI DUNIA.
    bahkan masa2 sekarang pun
    pabrikan kaya BMW, KTM, Harley, Buell,Triumph, MV Augusta, kawasaki sulit mau bikin motor prototype yg kemampuannya Menyaingi motor2 Honda,Suzuki, Yamaha,dan Ducati di moto gp.

  7. mas iwan biar gak ada orang2 yg komen gak pada juntrungnya kasi data aja harga-harga motor di MotoGP harganya berapaan….jadi biar tahu en gak asal ngomong overpriced ato over apalah….motor prototype kok disamain motor produksi massal…..kalo mo jujur liat aja harga bebek road race siap kompetisi…paling cuma bisa melotot liatnya….

  8. mau mahal juga ga pa2,toh dari pihak honda,yamaha,ducati,or suzuki belum ada yang bangkrut..& pemasukannya juga ada (ini juga perlu dihitung)..dengan kata lain masih rasional lah..serasional seperti pegawai kelas biasa di Indonesia pada belinya motor,kalo belinya mobil seharga 1 milyar itu baru ga rasional..

Comments are closed.

Exit mobile version