iklan iwb

Akhirnya datang juga….(halah udah kayak acara TV 😆 ). Rasa ingin tahu akan keakuratan speedometer Byson terhadap alat yang biasa dikenal dengan GPS alias Global Positioning System Sukses dijalani……

Byson adalah kuda besi pertama speedo full digital yang dikeluarkan oleh YMKI. Karena masih baru, motor ini membikin rasa penasaran atas akurasi speedo yang disematkan padanya. Artikel sebelumnya pasti brother sudah pernah baca…yaitu test akurasi speedometer Yamaha Byson disandingkan dengan Pulsar200, Satria FU serta Vario. Dan disitu menghasilkan tingkat differensiasi bervariasi. Oke…kita tidak akan bahas itu lagi. Melainkan langsung ketopik utama yaitu menggunakan GPS yang didengungkan-dengungkan sebagai alat ukur terpercaya akurasinya. Kali ini dengan dibantu Garmin diintegrasikan lewat HP Nokia 5230, maka test dimulai…..

Dari posisi berhenti sign kecepatan GPS Garmin menunjuk speed 0.0 km/jam (sayang saya hanya sendiri jadi tidak bisa ambil gambar waktu melaju). Ketika motor mulai dijalankan pelan tapi pasti? speed GPS juga bergerak naik. Kebetulan jalan yang saya lewati masih ditutupi pohon-pohon cukup besar sehingga ketika kecepatan Byson mencapai angka 25km/jam, Garmin GPS angka speed kurang stabil, fluktuatif antara 22-24km/jam. Karena kurang puas maka saya putuskan cari route lebih terbuka hingga test diteruskan disekitar Gunung Putri Bogor dimana jalanan sangat lebar dan lancar….Nah disinilah saya dibikin tercengang. Ketika speedometer digital Byson dipanteng pada kecepatan 25km/jam, alat GPS dengan meyakinkan menunjukkan angka 23,4km/jam. Wowww……hampir akurat!!!….

iklan iwb

Differensiasinya bisa dibilang sangat tipis. Angka 23,4….kadang bergerak turun hanya 23 dan kemudian naik lagi 23,3 dan terus seperti itu. Dari sini bisa diambil kesimpulan Speedometer digital Byson hampir mendekati real. Dan saya pikir perbedaan yang hanya 2km/jam sudah lumayan akurat.? Mengingat dulu juga pernah test Megy lawas differensiasi hampir mendekati 10km/jam. Jadi mybro…..saya cuma berpesan kepada para penunggang Byson supaya hati-hati ketika melaju kencang. Karena sudah lazimnya biker tidak puas dengan angka speedo yang tertera ditunggangan. Ketika hanya 90km/jam maka biasanya kita akan berusaha untuk terus membetot gas lebih dalam. Alhasil ketika terjadi kecelakaan impact akibat cedera akan? lebih besar. So, better always keep safety riding.…..slowly but sure….alon-alon sing penting kelakon. Yo ora bro. Semoga berguna…. (iw/2/12/2010)

 

42 COMMENTS

  1. @ Red
    Boleh juga mzbro. Tapi kayaknya lari segitu kalau hanya utk ngetest akurasi sama GPS kurang aman dan berbahaya……

  2. Walah..Nice artikel nih..pantesan ane waktu geber byson d kecepatan 72kmpj aja kerasa bgt angin nerpa badan ane. btw d bandingin dulu wkt pk tiger 06 dgn angka kec yg sama.yg pasti keep safety riding..!

  3. mas nanya 5230 kan bawaany udah ad gps kan??itu maksudny Garmin diintegrasikan lewat HP Nokia 5230, brarti instal lagi?sori gaptek..

  4. Klo speedo 25kpj kmudian di gps 23,4kpj brati selisih 1,6kpj, nah biasanya selisih ini di jadikan % Bro..
    Maka => 1,6kpj : 0.23 = 7% (6,9565%)

    jd klo boleh saya simpulkan sendiri bahwa speedo baru Blue angel di setting 7 %an melebihi kecepatan sebenarnya..

    IMHO:

    PISS N KIP BRADEHUD
    Oia Septi riding Bro..

  5. @ Okil
    bener mzbro….sebenarnya feeling kita sudah berbicara
    @ Puff
    Yup. Sampeyan benar. GPS bawaan Nokia kurang powerfull plus nguras kantong soale menggunakan jaringan GPRS. Jadi kita install kembali menggunakan Garmin yang notabene aplikasi pihak ketiga. Hal ini bisa bekerja sempurna karena Nokia 5230 sudah terintegrasi kemampuan GPS (antena terhubung kesatelit). Gratis lagi tanpa dipotong pulsa xixixi….
    @ Hourex
    Wihhh…mzbro ilmu itung-itungan canggih bener. Btw maturnuwun atas bantuannya. Jadi differensiasi 7% dari GPS. Nice share bro Hourex

  6. @ Mercon
    Yang penting spek HP sudah mendukung GPS plus cek operating system HP support Garmin nggak. Saat ini Garmin yg bertebaran diinternet kebanyakan buat Symbian mzbro….

  7. Wahhh, mantap mas iwan reviewnya, di tempat sana kok tengkepan sinyal kurang sip ya mas…
    nih buat nyang mau indtall GPS monggo mampir sini
    adicuzzy.wordpress.com/2010/11/03/install-gps-garmin-mobile-xt-di-hp-nokia-symbian-n78/

  8. kurang lengkap testnya bro.. Baiknya boncengan, biar boncenger yg fokus melihat spido & gps.. Jd bisa didapat data dgn kecepatan yg bervariasi.. Ane pernah coba pk P135 & Nokia 6110 navigator.. Utk kec 30 di spido=28 di gps, 50 spido=47 gps, 70=64, 90=81,5, 119=107.. Jd semakin cepat, semakin besar simpangannya..

  9. saya juga pingin bikin artikel kaya gini, saya refer ke blog nya spyn pak bro ya? ijin kopas data datanya juga…

    saya biasanya jalan 80-90 an km/jam.. sampe rumah orang rumah tanya, loh kok cepet? padahal saya kira dah pelan..hehe

  10. @ Adicuzzy
    Nice share mzbro….
    @ Van damn
    Wah saya jg udah lupa. Cb cari dimbah google bro. Bnyk koq. Ntar deh saya coba cari lagi buat bro van
    @ Sembarang
    Nggak pny CS1 jd lum bisa ngetest. Kudu cari pinjaman bro 😆
    @ Sam
    Saya pernah 113km/jam…tp jalan keburu habis. Maklum JKT ramai bro..ngeri
    @ Destroyer
    Nice info nih. Sip bro..kpn2 dicoba lagi deh…
    @ Raiderobie
    Monggo bro dng senang hati…

  11. kalau baca di forum MXRider atau cysers banyak yg bilang kalau speedo MX itu lebay banget.
    dgn speed yg sama di spido MX udah nunjukin angka 120-130 kmpj, sedangkan di CS1 baru 105 kmpj.
    itu gmn bro?

  12. Speedo digital aja gak akurat2 banget ya. Kalah dong ama speedo mobil hyundai atoz lawas saya bro, padahal msh analog lho. Pernah saya bandingin dgn speed di gps garmin nuvi 765i yg terpasang di mobil, sama persis bro, saat speedo mobil di angka 100 km/j, saya lht di layar gps juga tertera 100 km/jam (fluktuasinya minim sekali).

  13. bro, ada yang mau modif byson jadi fairing-an.. foto menyusul kalo dah jdi, untuk sekarang foto byson’a baru 50%.

  14. gw dah test top speed gw dg byson ternyata dapet cm 106 km/h, gw jg kaget kq cm segini doang, trnyata spedometernya lumayan akurat. Mgkin kl di yamaha vixion udh 120 kmh kali ya.

  15. infonya mangstab nih.. pantesan, kdang2 topspeed di speedo udah tercapai, tapi kerasanya masih kurang cepet aja.. rupanya untuk alasan keselamatan juga ya, dibikin berapa km/jam lebih tinggi..

  16. bro iwan dpet top speed 113 kmh dg byson pdhl msh bs naik lg. Lha gw kq cm 106 kmh ya, pdhl riding posisi dh nunduk nempel tangki trek lurus 1 km. Apa krn gw terlalu brat ya (74 kg)…
    Bro kl bs ada review spedometer motor lainya..terutama mtor2 yg kec fantastis ky ninja 150rr atau scorpio, biar yg pny g trlalu bangga mengklaim ampe 185 kmh krn gw yakin kl dg gps g nyampe 150 kmh, atau pio ad yg klaim std bs ampe 145 kmh mngkn jg relnya cm 120 kmh. Thanx

  17. @ Broer
    Saya malah berat 77kg. Walah…saya lari dapat segitu jarak 2 km bro wkwkwkwk…didepan kuningan Casablanca…posisi juga nunduk. Soale lagi lg geber2an sama ***** dilalah sikebo bisa nempel 😆 > Tentang review dengan motor lain patut dicoba. Ditunggu saja mzbro….

  18. @Mz Bro Iwan
    ninja & megapro lawas saya tak relakan buat di tes pke gps sampeyan Bos..
    Monggo monggo silakan…

    Pasti Sampeyan ga brani kan..
    Lawong harus merenangi lautan dulu utk bs smpe tempat saya..
    Hehehehe PISS..

  19. Ikut comment bro..gw juga pernah test komparasi speedometer vixi gw sama GPS hp nokia N78. Kalo kecepatan segitu ga jauh beda bro sama GPS. Coba bro naikin di 100km/h, coba bandingin. Kalo emang simpangan antara GPS dan speedometer masih sedikit,berarti emang akurat speedo meter byson. Pernah baca2 di forum navigasi, kalo pengen ngetes akurasi speed harus konstan dalam beberapa menit,masalahnya perjalanan antara satelit ke receiver GPS di hp kita juga mengalami keterlambatan entah karena cuaca,udara atau penghalang lainnya.. Ditunggu test selanjtnya

  20. Ya Bro gw setuju ama bro redlight & Aldy so test jangan dibawah 100Km/h coz klo cuma kisaran0-25 KM motor analog semacam supri jg hampir mendekati so da ngaco klo udah 40km ke atas apalgi da angka 100 da jauh banget penyimpangannya so klo bisa test ngan konstan dan diangka 100km/h tu baru real. kabarin lagi klo da uji coba kayak gitu bro..

  21. @Apa_Chep?

    kalo menurut g sih gak usah di test bgitu juga, kan tinggal diambil persenannya aja seperti kata bro Hourex yaitu spido Byson 7% lebih cepat dari kecepatan aslinya atau dengan kata lain kecepatan asli Byson adalah 93% dari kecepatan yang tertera pada spidometernya..
    Jadi kalo misalnya kecepatan yang tertera pada spido Byson adalah 100km/h, berarti kecepatan aslinya hanya 93Km/h (100Km/h X 93%)
    ,bgitu seterusnya..
    CMIIW

  22. gue tunggu perbandingan dengan another bike ya. Nice info n Part II kami tunggu lho…

    blogpakyo.wordpress.com/2010/12/09/peningkatan-layanan-samsat/

  23. @Bro Iwan
    Wah, bahaya tuh mas kalau ngetes pak?
    GPS, dlm kondisi dipegang gitu…

    Kalo aq begini mas…

    i240.photobucket.com/albums/ff72/WiroSP/GPS-Wiro.jpg

    Jadi pak? yg ada rekamannya, supaya kita
    bisa “serius” liat jalan.

    Lebih safetynya ya tak pasang disini.
    Meski CS1 saya digital… 🙂

    i240.photobucket.com/albums/ff72/WiroSP/Bebazzzz/16102010472.jpg

    Kurang lebih begitu mas.

    Btw, saya sendiri tidak terlalu berpatokan
    sama GPS saya. Karena nurut saya, mungkin
    GPS punya militer yg lebih akurat.
    Kalo untuk iseng?…
    cukuplah yg ada… 🙂

  24. waktu ngetest pakai vixy dulu.. gps nokia e71 tercatat 100.6 km/h, di speedo 110 kmh…., klo terlalu cepat membetot gas terkadang gps tidak akurat,… sempat ngetest vixy antara jalan santai dan langsung ngebut… , klo yang langsung ngebut… gps 60 kmh, kalo yang di urut… gps 75 kmh… (pada kecepatan yang sama di speedo 80 kmh)

  25. ane juga ngetest Mio pake garminXT . Speedo Mio lebih cepat 2-3kmph. Tapi si mio udah ganti velg ring 17″.

  26. Sama bro. Gw pernah tes lewat 5800 gw yang di install garmin 5.0.
    Pakenya jupimx. Jarum Speedo jupie diangka 60km/h, tapi di garmin kecepatannya berfluktuasi antara 54-58 km/h.
    apa mungkin penghitung kecepatan di gps itu tergantung dari kestabilan koneksi? sehingga keakuratannya belum tentu terjamin.

  27. gw prnh test bw vixion, adek gw bw p200, temen gw bw revo hasilnya dalam kondisi jln bareng speedometer yg tertera adlh:
    * beda2 tipis pd kcptn 20-40kpj
    * 60kpj (p200), 65(vx), 70(revo)
    * 80 (p200), 90 (vx), 90 (revo)
    * 90 (p200), 112 (vx), 115 (revo)
    * 118 (p200), 140 (vx), 135 (revo)
    hasil yg tertera gk pas banget soalx utk nyamain motor bareng2 susah aplgi dtpt rame, mungkin ad penyimpgn 2-4kpj.
    trs gw penasarn pake gps boncengan sm adek gw bw p200. trnyta akurat nh motor gw suruh ad gw jln diberbagai kcptn. sdgkn vx sm revo ad peyimpgn skitar 8-15kpj, makin cpt mkn besar simpangannya.

  28. nih… saft7.com/?p=270
    sedikit review yah…
    pulsar (gen awal) simpangan 4,4% lebih cepat dari rata2 dua gps yg dpake (paling mndekati keakuratan gps), untuk yg laen:
    scorpio (13,7-17,2 %)
    jadi di pio 140 kpj= 116-120kpj di gps…..yang dipulsar skitar 120-124kpj

  29. kalo pengen akurat gps memang punya syarat seperti kondisi cuaca yang cerah tanpa awan. dan ada delay informasi karena proses pengiriman data makanya perlu kecepatan konstan agak lama. dan gps sendiri juga gak akurat 100% tergantung kemampuan perangkat menangkap sinyal satelit. Biasanya disoftware tertera deviasi untuk jaraknya dan itu macem2 ada yang 5 meter 10 meter dll. Mungkin akan seru kalo bisa dilakukan rame2 dengan berbagai jenis motor dan beberapa tipe gps seperti yang pernah dilakukan saft7.com sekalian silaturahmi

  30. Jyaahhh..
    Ngetest’y di berbagai tingkat kecepatan donk..
    Gw juga sering komparasi speedometer di mtr&mobil di kompare dgn garmin..
    Kesimpulan yg gw dpt..Utk kecepatan 0-50kpj perbedaan’y mmg ga jauh..tp diatas 50kpj mulai keliatan jomplang perbedaan’y..terutama di kecepatan 90-130kpj dispeedometer motor,perbedaan’y 15-20kpj dgn di garmin..klo mobil ga terlalu jauh perbedaanya..
    Makanya hasil test ente blm valid mnrut gw..di test’y jd cuma 25kpj..tp test di beberapa tingkat kecepatan broo..

Comments are closed.