Sejarah asal muasal rem cakram......yuk kita kupas sama-sama

15

Kita pasti sudah tahu yang namanya disk brake system atau boso kerennya rem cakram. Sudah menjadi tuntutan wajib motor dilengkapi perangkat ciet canggih tersebut. Daya pengereman yang jauh lebih aman dan pakem ketimbang sistem tromol plus menambah ciamik penampilan menjadikan rem cakram tidak tergantikan. Namun tahu nggak gimana sih asal muasal sejarahnya rem favorit para biker ini. Yuk kita ulas disini……

Sejatinya disc brake sistem dikembangkan untuk kendaraan roda empat. Penyelidikan serta riset pertama kali dikembangkan diInggris sekitar tahun 1890. Namun baru pada tahun 1902 sistem ini diproduksi secara masal serta dipatenkan oleh Frederick William Lanchester dari Birmingham lewat mobil bermerk Lanchester. Pada periode tersebut cakram masih terbuat dari tembaga. Hal ini dikarenakan keterbatasan bahan logam yang berkualitas serta kondisi jalan yang buruk dan berdebu membuat pemakaian bahan tembagapun kurang efektif karena cepat kehilangan daya cengkram. Membutuhkan inovasi waktu hingga setengah abad sistem rem cakram lebih maju bisa digunakan secara luas kembali. Tercatat baru tahun 1949 sistem disk brake modern diaplikasikan ke mobil Crosley serta Chrysler’s Imperial. Berturut-turut kemudian mobil balap Jaguar C-Type (dikembangkan oleh Dunlop…bukan merk ban lho bro xixixixi) pada tahun 1953 kemudian menyusul DS Citroen (1955) hingga semua mobil modern seperti saat sekarang.

Sayang perkembangan ini tidak diikuti oleh kendaraan roda dua yang terbilang lambat. Pendobrak pertama kali motor berperangkat rem cakram adalah Honda CB750 pada tahun 1969. CB750 adalah motor racing pertama yang memakai sistem cakram buat pengereman. Kesuksesan Honda ini dikuti oleh pabrikan lain. Waktu itu CB750 rem cakram hanya berbentuk piringan logam tanpa ada lubang-lubang pelepas panas. Sesuai dengan perkembangan tehnologi maka rem cakram jadi semakin rumit dan canggih. Yang dulunya kaliper disk hanya single pot kini bisa sampai 6 pot pada moge. Bahkan kampas rem keramik sudah menjadi temuan brilian dari para insinyur plus piringan berbahan karbon. Sifatnya yang tahan gesek dalam temperature tinggi telah menjadikannya standart perangkat rem pada motor racing khususnya Motogp. Kombinasi tersebut ditambah ABS sistem (antilock brake system) sehingga pada perkembanganya rem cakram menjadi semakin sempurna dan aman. Hingga kini sudah bukan hal baru motor bercc kecil menggunakan rem cakram. Selain mempunyai fungsi yangย  sangat penting, perangkat tersebut disinyalir mampu mengupgrade penampilan tunggangan. Jangan harap bakal laku jika motor hanya menggunakan sistem tromol. Dilirik aja nggak. Ya nggak bro……(iw/1/10/2010)

Note : Sumber dari wikipedia

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

15 COMMENTS

  1. 1
    shu_enk says:

    Pertamaxxx Dulu Gan

  2. 2
    Hourex says:

    Ih Bro Sugeng mborong pretamaxx trus.. Pa ga meluap- luap tu d tangki si vixiny..
    Bagi2 napa..
    *Gra2 Klamaan di FB ni..

  3. 3
    Kodok Ijo says:

    Sindiran halus buat YMKI, “Hari gini rem belakangnya masih tromol? Apa kata dunia?” ๐Ÿ˜‰

  4. 4
    Hourex says:

    @Bro Iwan
    tlg liat FB nya, klo ada yg ad dng propil org bw klewang tu sya Bro..
    *Njemput ank skolah dulu..

  5. 5
    Hourex says:

    Jangan gtu Bro kodok aka satria ninja..
    Ada Bradher kita yg lgi kepencut pruduk ymki loh.. Biarpun pke Tromol..

    Nglirik2 yg pnya warung.. Kabur jemput anak ah..
    [email protected]

  6. 6
    damhar says:

    ooo..honda to yg duluan pakai..
    *bahanbakar2an.com :mrgreen:

    Keren jg ya cakram kalo nggak ada bolong2nya..kalo pada pemakaian sehari2 (non-komuter) aman2 aja kan?

  7. 7
    shu_enk says:

    @ Bro Hourex
    Dipersori wae ya bro ni udah top gear jadi yang lain ga bisa ngikutin… hehehe

    Keren yang ada lubangnya ah, Jadi Rodo nYeni… :mrgreen:

  8. 8
    iwanbanaran says:

    @ Kodok Ijo
    Bener bro kodok. Tapi YMKI emang bebel nggak mau dengerin para biker..
    @ Hourex
    Hahahahahahaha…iso wae sampeyan ki. Drng maz bro…lagi wait and see dulu wakakakakak…..(Entek aq disindiri terus hehehe…)
    @ Damhar
    Sebenranya aman aja bro. Cuma klo nggak ada bolongannya krng asyik…
    @ Shu_enk
    Wis jan kompor tenan pancene. Lek iki aq setuju mas…enak ada lubangnya xixixi….

  9. 9
    Mr_Long'S says:

    Gw kirain malah nich artikel nyindir yg punya warung.
    *sambil ngelirik mega pro lawas Rem belakang ny msh tromol. ha ha ha

  10. 10
    iwanbanaran says:

    @ Mr_longs
    Eit tunggu bro. Ngeliriknya bagian depan aja jng kebelakang hahahaha…..
    * Ssstttt Athleteku yo wis double ckaram lho mas xixixixi…(Ngeles Mode:ON)

  11. 11
    shu_enk says:

    Just Kidding Koq koq Bro iwan… ๐Ÿ™‚

  12. 12
    iwanbanaran says:

    @ Shu_enk
    hajar bro biar awet enom xixixixi………

  13. 13
    Basho says:

    Waduuuh! Keren banget itu motooor! Keren banget itu motooor!!!

  14. 14
    bonex_80 says:

    Keren sing ndi bro????? diatas??? itu mah bokap jg pny. Tuh CB100, kan mirip wkwkwk….

  15. 15
    Yadi says:

    Apalagi Skr motor2 pelan aj dah biasa pke dobel cakram contohnya motor bebek dah bnyk yg pke, atau jg motor sport turing spt Tigor.mnurut gue sbnarnya klo motor biasa gak wajib pke dobel cakram, cz larinya gak kencang2 amat, malah dirasa memaksakan mesin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here