Inilah enam sepeda motor termahal didunia....

8

Sepeda motor telah menjadi bagian dari hidup manusia sejak 1,5 abad silam. Tercatat tahun 1860 seorang Amerika bernama Sylvester Howard Roper telah menunjukkan ke khalayak ramai cikal bakal dari sepeda motor. Hingga ketika perang dunia II meletus, sepeda motor merupakan penyumbang tertinggi dalam mobilitas transportasi darat. Sesuai perubahan jaman sepeda motor berevolusi menjadi semakin maju. Mesin yang makin powerful, sasis yang besar kuat dan ringan hingga menghasilkan sebuah maha karya sejati technologi modern…..

Namun ternyata tidak semua motor mempunyai nilai eksotik tinggi untuk dihargai mahal sesuai dengan peruntukan atau konsep pembuatannya. Dan berikut adalah 6 motor termahal didunia yang pernah dicatat berkat harga banderolnya yang gila-gilaan. Nomor pertama adalah termurah dari top six yang disandang :

1.  MV-Augusta F4CC

Motor ini dibanderol dengan harga $ 120.000 atau setara dengan 1,1 milyar. Diciptakan oleh Claudio Castiglioni, director Mv-Agusta merupakan motor spektakular karena uniknya F4CC.  Mengukir nama initialnya sendiri “CC”, MV-Augusta F4CC mampu menorehkan kecepatan puncak hingga 315 km/jam. Tersembur dari engine kubikasi 1078 output power berdaya kuda 198hp. Setiap unit motor seri F4cc disematkan piringan platina kecil berisi nomor 1 – 100membuat motor ini makin eksklusif bagi para pemiliknya.

2. MTT Turbine Superbike

Motor ini dibanderol dengan harga $ 150.000 atau setara dengan 1.4 milyar. Selain mahal motor ini terkenal dengan kencangnya mesin yang dimiliki. Juga terkenal dengan sebutan Y2K turbine Superbike merupakan pemegang guinness record sebagai motor terkencang yang pernah diproduksi oleh sebuah pabrikan secara seri atau berkelanjutan. Mesin dibuat oleh Roll Royce dan mampu memuntahkan tenaga hingga 300hp. Fairing secara keseluruhan berasal dari serat karbon. Motor ini juga pernah dibuat shooting film “Torque”.

3. Icon Sheene

Banderol harga $ 160.000 setara dengan 1,5 milyar. Dibuat secara khusus oleh Andrew Morris guna menghormati pembalap legendaris Inggris Barry Sheene yang meninggal 2003 silam pada usia 52 tahun. Karena itulah motor diproduksi  hanya 52 unit saja. Mesin kubikasi 1400cc mesin output 250hp merupakan kebalikan dari 52. Dari segala pengecatan hingga pernish dilakukan sendiri oleh Mike Fairholme merupakan desainer kepercayaan Sheene dalam mengecat serta mendekorasi helmnya ketika membalap layaknya Aldo Drudi terhadap helm Rossi. Motor akan dibuat dengan pesanan khusus hingga keeksklusifannya terjaga.

4. Macchia Nera Concept

Banderol harga $ 201.000 setara dengan 2 milyar. Merupakan motor yang dibuat menggunakan basic engine dari  Ducati 998RS. Desain dan engineering dilakukan oleh para Italiano yang mengedepankan kualitas, desain serta teknologi tinggi membuat motor ini sangat jarang dijumpai karena tidak dijual pada dealer atau ritel. Komponen engine merupakan bahan pilihan paduan dari logam ringan serta aluminium dan titanium. Tidak jelas tenaga mesin yang dimuntahkan oleh motor ini namun nilai estetika dan desain adalah nilai jual tersendiri.

5. Ecosse Titanium Series RR Limited Edition

Banderol harga mencapai $ 275.000 atau setara dengan 2,5 milyar. Motor ini mempunyai sasis dari titanium dengan bodywork serta roda berbahan dari serat karbon fiber. Bersama fitur yang dibenamkannya yaitu fuel injeksi, intercooler, supercharged 2,150cc engine tenaga mencapai 200hp. Ecosse Titanium mempunyai kelebihan ergonomi yang bisa diatur karena jok motor yang bisa diadjust. Dilengkapi arloji Didesain oleh French Watchmaker BRM, Ecosse Titanium hanya diproduksi 10 unit saja.

6. Dodge Tomahawk V10 Superbike

Banderol harga hingga $ 555.000 atau setara dengan 5,1 milyar. Diproduksi oleh Dodge Concept merupakan motor termahal yang pernah ada didunia. Hingga disebut  “automotive sculpture” karena keunikan serta tenaga yang dihasilkan oleh mesinnya. Ditawarkan oleh Neiman Marcus pada tahun 2003 namun motor itu ditolak berada dijalanan  Amerika karena melanggar aturan hukum otomotif roda dua negeri Paman Sam tersebut. Mesin konfigurasi V10nya mampu digeber hingga 620 km/jam dengan torsi yang cukup mencengangkan yaitu hanya butuh waktu 2,5 detik untuk menggapai kecepatan 100km/jam. Dengan 4 roda yang dibenamkan pada Dodge Tomahack hal itu sangat memungkinkan.

So brother…motor-motor yang disebutkan adalah motor  termahal bagi mereka di luar sana. Bisa dibayangkan jika didatangkan disini, harga yang tertera diatas bisa naik dua kali lipat karena pajak yang dikenakan. Toh untuk memilikinya hanya dalam mimpi saja. Ya nggak …..semoga berguna (iw/14/09/2010)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

8 COMMENTS

  1. 1
    Marwoto oto says:

    Mantap gan,pasti pakai pertamax..

  2. 2
    sirjack says:

    klo ga kena pajak berarti desmosedici rr jadi murah ya om????

  3. 3
    shu_enk says:

    Pesen atu masbro nyang augusta aja…
    Pesen thok, ga tak byr :mrgreen:

  4. 4
    Fr1z says:

    bayangin naik tomahawk ga pake helm…. kulit muka pasti luntur tekewer-kewer… :mrgreen:

  5. 5
    bonex_80 says:

    @ Friz
    Betul bro jiakakakakakak…

  6. 6
    Yadi says:

    gila Tomahawk bisa lari 650km/jam apa gak butuh fairing biar aman. Wah skali ‘nyemplak’ helm langsung kabur, Badan dijamin masuk angin kasep. Enakan naik pesawat bisa lari lebih dari 700kpj sambil duduk liat pemandangan dari atas.Wkwkwk

  7. 7
    cicak says:

    Mbayangke pas naik tomahawk ning ndeso enek pitik nyebrang dalan!!?

  8. 8
    miyanoshita says:

    tambahan info gan MTT turbine atau y2k dan tomahawk itu motor setan giman engak y2k itu pakek mesin helikopter n tomahawk pakek mesin jet yah kita tinggal tunggu motor yang pakek mesin roket

    setuju gak gan???

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here