Beli ban baru di toko ???. Hati-hati dan selalu perhatikan dibawah ini….

79
15228

Iwanbanaran.com – Kangbro….pertanyaan bagus dan berguna dilempar cak Egi yang sepertinya cukup bingung atas kondisi ban yang ternyata sudah expired. Hal ini berdasarkan tanggal cetakan tertulis di body ban yang doi beli. Pertanyannya….apakah benar ban ada kadaluarsanya ??. Berikut jawabanya…

Cak Egi dibikin bingung atas informasi bahwa ban yang doi beli sudah kadaluarsa. Informasi didapatkan dari salah satu bengkel saat melihat ban tanggal pembuatan ban. Berikut surelnya…

“Mas maaf nih saya mau tanya .. ceritanya kemaren saya ganti ban motor metik kesayangan beli ban nya di bengkel biasa ( pinggir jalan ) kebetulan abang mekaniknya lagi pada ga ada jadi ga bisa pasang di tempat akhirnya saya beli ban nya aja di pasang di bengkel lain…

Nah pas mau di pasang abang mekaniknya bilang ini ban kadaluarsa di lihat dari tanggal pembuatan nya yg di bawah logo SNI itu emang tertulis 0101 2012. Yang mau saya tanyakan apa benar ban ada kadaluarsa nya terus dampak/efeknya apa kalo saya pake itu ban soalnya ya udah terlanjur di beli dan udah di pasang di pake juga .. makasih mas ..

Nah…apik ki pertanyaannya. Apakah ban memiliki masa kadaluarsa dan apa efeknya kalau maksa dipakai ?. IWB akan langsung coba jawab…..

Secara safety jelas ada cak. Karena ban berasal dari karet…..kita harus mengganti ketika ban masuk kategori berumur. Produsen ban mencetak tanggal pembuatan bukannya tanpa alasan. Yakni agar kita selalu awas mengetahui umur ban tersebut. Terus kapan kita bisa sebut berumur ?….

Pada kodisi normal…disarankan maksimal 5-6 tahun harus sudah ganti walau patern masih tebel. Kenapa ?. Sebab walau tidak dipakai alias disimpan digudang dengan baik sekalipun…ban tetap terjadi penuaan (aging). Nggak hanya kita yang bisa tuwo, tapi ban juga. Hal ini akibat adanya proses pengerasan karet secara alami. Efeknya daya cengkram ban menurun saat digunakan. Braking ataupun akselerasi lebih beresiko…..

“Pada kondisi ekstrim karet retak karena usia….”

Gejala ini bisa sampeyan lihat dari kompon yang mulai ada crack alus….lalu karet keras tidak lentur. Pada mobil….karet yang sudah masuk masa uzur rentan pecah. Jadi bahaya puol pakde. Untuk motor mungkin tidak separah itu. Tapi resikonya adalah traksi jauh menurun dan kalau ban tubeless resiko bocor alus terbuka lebar. Belum lagi saat hujan….ban uzur ini membuat grip kurang maksimal. Dan yang jelas durability ban juga bakal lebih pendek. Lawong tuku (beli) ban wis tuwo cak…

Last….dengan alasan diatas IWB selalu sarankan agar sampeya ngintip tanggal pembuatan ban agar tidak mendapatkan ban yang sudah berusia tua saat beli ditoko. Jangan salah…sering lho bengkel menjual ban tua karena tersimpan digudang terlalu lama. Yah..paling nggak kita tarik mundur 6 bulan kebelakang baru oke. Sebenarnya ban secara teori tidak ada masa expired tapi sangat disarankan….demi safety, performa, serta kenyamanan…..usia jangan lebih dari 5-6 tahun. Buat cak Egi…kira-kira demikian yak. Dari sini wis clear durung ki? ……(iwb)

 

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1112

79 COMMENTS

  1. Lek, gawe rubrik “email pembaca” ngono pie lek, terbit seminggu sekali.
    Terus rubrik “tips&DIY” seminggu sekali.
    Mosok tiap hari artikel cakar cakaran lek, iso dikiro blogger kompor smpean lek.
    Sekian masukan dari KOMENGTATOR.

    Salam bledozz

    • Ah kakak kurang piknik ni, lihat dari tanggal produksi bannya kakak….
      Cth. Ban produksi thn 2015… Jika ban uda di pakai…. Maksimal sampai 2020 aja mas, biar pun masi tebal harus ganti… Resiko ban expired muda bunting, karet getas/kaku…..

  2. beli d toko yg rame ato toko yg khusus jual ban, klo d toko yg khusus jual ban biasa ny stock ny cepet muter..
    beda klo d toko variasi umum , selain kurang banyak jenis ban jg stock ny dikit dan lama muter

  3. Tapi gmna kang??pada saat pembelian.,ban nya ditutup..
    Sperti merk Irc n Fdr misal ny…
    Biasa nya nggak di perboleh buka plastik nya sama yg punya toko…
    Ibarat nya buka segel=beli….

    • Di mananya ya bro? Kalo di dinding ban, ane tau bro tapi kalo di pembungkusnya, ane blm nemu. Apa hanya ada di merk ban tertentu aja ya? Soalnya ane jg mau beli ban, pngn ngecek juga kapan produksinya. Tp setau ane adanya di dinding ban, di pembungkusnya ane blm prnh nemu. Apa ane kelewat ya ngeceknya?

    • Setau saya si deket tulisan ukuran ban di pembungkusnya. Kalo gak ada ya brarti emang gak ada, hehehe

    • Sampeyan ngitungnya berdasarkan pembuatan. Mau dipakai atau disimpan maksimal untuk safety jngn lebih dari 5-6 tahun. Tentu dengan pemakain ekstrim berbeda-beda cak. Bisa saja 3 tahun ban sudah crack klo kondisi jalan rusak. Tapi pemakaian normal 5-6 tahun maksimal….

      Administrator
  4. Nah ini baru artukel bagus lek …dpt tmbahan ilmu…kalau artikel beginian masih pada ribut dikomen…jian kebangetan…..

  5. … ‘ kang I. Banaran ? Bikin sesuatu yang berhadiah lagi, dong ? He he … salam Cicak bin kadaaalll … sawah ? Pernah dua – duanya ada di dalam rumaaahhh … ku ! Wk wk wk … 9 X !

    • … ‘ duh, senangnyaaa … 3 X ! Komentarku di balas sama si Akang Iwan. B … yang top bin keren bingit ! Di super makasiiihhh … ya. Hi hi … mungkin, ‘ide formula’ dari saya : yakni, para pembaca bisa buat ilustrasi atas artikel yang mas Iwan. B … lakukan selama ini ? Ilustrasi artikel berita yang para pembaca sukai saja dengan mencantumkan judul artikel ? Ilustrasinya dapat berbentuk gambar kartun hasil coretan pribadi / foto – foto … yang ilustrasinya bisa lucu / unik / cooolll … dst-nya. Mungkin, juga … per / kiriman ilustrasi yang tiba di setiap hari – minggunya ? Bisa di jadikan artikel sama mas I. Banaran ? Dan, ilustrasinya dapat di ‘tayangkan’ plus segala info … dst-nya ! Hingga batas waktu yang mas IWB tetapkan ? Makasiiihhh …

  6. manteb lik ban motor ane batikannya masih tebel tapi udah retak2 maklum 3 tahun belum.ganti sejak beli baru km udah 50ribu bsuk mau ganti aja

    • Setttt dahhhh… dari baru sampe 50 rb km blm ganti. Perasaan pake 20 rb km aja udah pada gundul… merk apaan tuh?

  7. Lek IWB :

    cara mengecek saat beli ban baru,tidak semudah itu Lek..

    karena ban baru yang dijual di toko pasti masih segelan alias dibungkus plastik, mosok ya kita sebagai konsumen mau ngecek kode dengan buka plastiknya (yang berlapis-lapis itu),trus liat kode,begitu kode ban produksi lawas ga jadi beli..iso diamuk sing duwe toko Lek..!!

    Dan kita sebagai konsumen,tentu emoh beli ban baru yang bugil,dalam arti sudah gak ada pembungkus plastik.

    Piye jal..??

    • Minta aja bro gpp ke penjualnya…pembeli adalah raja..toh itu plastik bisa di pasang lagi kok..ga susah.

    • @mex, masalahnya adalah ngga semua penjual mau ngebuka itu bungkusan plastik. Oke ada yang mau ngebuka dan bisa dipasang kembali tapi mau dibuka semuanya? Kan kita ngga tau pasti lokasi kode kapan diproduksinya. Ya iya kalo baru dibuka sedikit, udah ketauan? Lah kalo musti buka banyak, baru tau, gimana?

      Terus udah dibuka dan dipasang kembali bungkusan plastiknya, apakah ngebungkusnya bisa rapi seperti semula? Hebat bener kalo bisa sampai rapi lagi seperti semula. Dan lagi, apakah semua orang mau beli ban yang katanya baru tapi sudah pernah ada tanda kalo sudah pernah dibuka?yang bisa saja ada kemungkinan ban tersebut sudah pernah dipakai tapi dibungkus lagi dan dijual dengan harga baru. Padahal seharusnya sudah masuk ke ban bekas.

  8. Wah.. kayake motorku juga dapet ban usia tua, soale abis ganti ban handling jadi kacau, buat belok rasane malah mbanting, tak cek posisi pasang udah bener, coba kurangin ato tambah angin masih tetep banting,

    • Belum tentu kang bro.
      Ukuran ban, alur/pola ban, dan compon ban, bahkan merk juga bisa mempengaruhi.
      Contoh, smpean pakai pirelli sama IRC pasti beda rasanya.
      CMIIW

    • Itu mungkin jenis profile bannya V-Profile, memang dibuat untuk lebih responsif waktu ubah arah

  9. Ban kedaluwarsa itu ngaruhnya ga banyak, paling rasanya beda dikit agak asin asin bagaiamana gitu…. ada ada saja ban bisa tuwa…

  10. susah nya kan ban dibalut pita plastik lek, trus klo mau cek gmn ya.. sedangkam sungkan jg rasanya klo minta bukakan balutan pita yg merepotkan itu tapi gag jadi beli lek..?

  11. Info buat fb
    Yang ada expirednya biasanya BAN dan ACCU ( aki)

    Bensin pun juga bisa, namanya bensin basi dan biasanya kalo bensin kelamaan di tangki motor atw mobil dan dalam keadaan lama ga di hidupkan ( jalan) cmiiw

    • Setuju kalo bensin.
      Yamaha L2G saya 2 bulan gak disentuh. Bensinnya jadi coklat pekat.
      Syet dah, sampai bongkar karbu sama kuras tangki jadinya.

  12. Nggak signifikan pengaruhnya cak Iwan,, kecuali sampean turun balap terus pakai ban lawas. Salah satu gerobak sy yang jarang jalan pakai ban produksi 2008 karena jarang jalan jadi masih ban masih tebal, mobil lari 100kpj juga nggak ada masalah.

    Yang penting sih jaga tekanan ban dan nggak dijemur terus ban motornya(alias parkir dibawah terik sepanjang hari). Jadi nggak terlalu berpengaruh asal terawat, apalagi cuman buat motor matic 😀 😀

  13. ban asli motor h, cepet rusak ga ya? ban standart mtr y, cepet rompal ga ya……?

    #memancingkerusuhan#hahaha…

  14. Klo misal pada bungkus luar tdk ada tulisan sepertinya cara paling mudah adalah dipejet pejet pake kuku biar bisa ngerasain karetnya msh lembut/mantul atau udah agak keras/getas /kaku mungkin cara ini agak primitif tapi saya yakin ini manjur soalnya ban baru kan cuma dililit pake lapisan plastik tipis,piye mas IWB?

  15. ban sekarang umur di bawah 10 bulan udah ganti, gak usah nunggu sampai 5-6 tahun pemakaian kecuali ban grobak bakso

Leave a Reply