Spyshot Yamaha hanya gimmick marketing ??…..

267
563

Iwanbanaran.com – Buanyakkk kang….asli banyak bener yang komen ke IWB gara-gara banyaknya spyshot Yamaha new R15 nongol diwarung ini. Spyshot yang buanyakkk dan terkesan berseri. Tidak heran reader kritis ini sontak menuding IWB memiliki kerjasama dengan YIMM dengan tujuan membantu nge-blast calon gacoan anyar mereka. Kasarnya…spyshot wira-wiri dijalan hanyalah gimmick marketing Yamaha. Apakah demikian??….

“Kenapa ya Yamaha perasaan lebay selalu tebar spyshot dijalanan sebelum produk rilis?. Kayaknya strategi marketing nih biar menjadi pusat perhatian…”seru salah satu reader IWB sebut saja Bunga. Beda Bunga beda juga dengan Kuntul (nama samaran). Doi malah membandingkan dengan Honda yang tidak main spyshot jalanan malah moro-moro njedul sudah launching…

“Yamaha sepertinya kerjasama dengan Blogger buat blast produknya. Spyshot sengaja disebar tim marketing YIMM yang memberikan pada Blogger untuk dikeluarkan pelan-pelan. Basi !”celotehnya. Komen pro kontra yang sangat menarik cak. IWB wae sampe manggut-manggut sehingga tergelitik meracik artikel. Kenapa??….

spyshoot vixion

IWB sendiri ora urus masalah marketing…horaaa sudi mikir. Biarin wae pakemnya masing-masing. Namun setahu IWB, tes jalanan Yamaha ini bukanlah hanya setingan agar menjadi pusat perhatian. Sepertinya bukan kangbro. Kenapa?. Sebab IWB pernah ngobrol dengan mantan RND YIMM (nama nggak bisa IWB sebutin) yang membeberkan secara gamblang tes terbuka Yamaha….

Pada intinya….mereka memang memiliki tahapan-tahapan yang harus dilalui. Salah satunya adalah tes jalan sesungguhnya hingga target 30 ribu kilometer. Tiap 10 ribu kilometer ada tim khusus yang mantau dan ngecek keausan komponen…lalu dicatat dan diteruskan pada bagian terkait jika mengalami kerusakan…

Selain komponen, kekuatan casing juga dicek. Apakah saat melibas jalanan rusak dan menempuh jarak puluhan ribu kilometer casing bergetar, posisi baut ataupun perubahan lain ditemukan ?. Semua ada datanya. So…diharapkan dengan tes uji jalanan sesungguhnya akan mampu mendapatkan kualitas maksimal sesuai yang dipatok pabrikan. Terus kenapa spyshot banyak bener diumbar di Blog atau internet?….

Mungkin karena faktor kebetulan belaka kang. Saking banyaknya rider awas pasti pergerakan mereka dijalanan tidak luput dari mata kamera. Kenapa IWB yakin?. Lawong beberapa foto dijepret reader langganan IWB yang nobabene hanya karyawan biasa tidak ada korelasi dengan pabrikan. Lalu kenapa Honda tidak melakukan hal yang sama dengan Yamaha agar bisa heboh ?….

Tiap pabrikan punya regulasi. AHM sendiri lebih merasa aman jika produk dites didalam sirkuit internal pabrikan tertutup untuk umum. Bebebarap variable dimasukkan simulasi seperti layaknya rintangan dijalanan sesungguhnya. Dari pengamatan IWB memang hanya Honda yang super ketat soal ini….

Kawasaki dan Suzuki masih termonitor tes jalanan. Sebut saja Ninja RR Mono ataupun GSX-R/S150…..kedua produk contoh kongkret mereka melakukannya. Artinya….tes jalanan dan terjepret tidak selalu gimmick marketing. Kecuali jika foto menggunakan tipe DSLR pro….lek kuwi emboh…..

Last….kalau menurut sampeyan sendiri piye cak. Masih yakin bahwa seluruh spyshot yang diumbar di Blog merupakan setingan pabrikan alias sengaja untuk menarik perhatian para biker??. Punya opini soal ini pakde?….(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
6378411

267 COMMENTS

    • Saya tertawa melihat artikel ini

      FBH FBY dan antek-antek sales, bakar-bakaran cuman gara-gara spyshots yang belum jelas, alias hoax.

      Sungguh disayangkan artikel yang dirilis belakangan ini kurang memberikan dasar informasi yang akurat mengenai produk otomotif terbaru. Cuman muter-muter di spyshot-render-spyshot-render dan begitu seterusnya sampai bikin bingung semua.

      Saran aja kang, kalo ada artikel informasi sing wis confirmed wae, biar gak ada kebohongan informasi. Sekarang udah banyak berita-berita hoax yg gk jelas asal-usulnya, asal jeplak ra enek referensi valid.

    • Itung” bantu promosiin yamimi tong
      Kalo mereka mau nelorin produk baru
      Biar yg mau beli produk nganu di cancel dulu.
      Biar lah sales” berimajinasi tong.

    • Strategi opo ra ndhuwe sirkuit????

      Hedehhh fasilitas uji kok nang embong umum..

      #Yg ada strategi ngelesss,lirik kasus kkebbbuuul 8rb rpm

    • …. tes jalan sampai 20.000 km tapi velg peang masih di pertahanin, seenggaknya pasti test rider mengalami gejala velg peang, komstir oblak, dititik ini gw bisa bilang yamaha ACUH/BODO AMAT soal ini. because they want all their product have a racing soul.

    • Mudah2an klo ada rejeki,, ni motor sy angkut,, trus mesinnya sy ganti pke mesin blender miyako.soalnya rpm 8000 pun tdk ngebul asap bau mengkudu basi.. Usd fong zhengnya sy jdikan piala kehormatan.

    • Halaaahhh lagu lama

      Contoh foto awal New Rongsok15
      Gambar 1 gak keliatan usdnya
      Tahu2 dapat dua hari keliataN UsDnya

      Sayange pelaku lupa background mobil di foto pertama sama kedua udah beda..

      Tulalittttt tolelottt…

    • gimik itu termasuk fitur gk guna, tbw cbr yg cm beda 1 hp tiap riding mode..beda dg supersportt superbike riding mode sngt berguna..mtr lemot d kash tbw itu lebaayyyy…gilaniiii

    • Bro iwan..
      Maaf sy sungkan tuk brtnya lagi nih..
      Bnar kah kata org klo ni motor klo bejek gas rpm 8000 kluar asap bau mengkudu basi ?? Scara kan mesinya pake rpm blender miyako dan usd fing zheng cina tiongkok.
      Mohon. D jwb bro iwan , soalnya sy mau beli ni motor spek bangladesh corp.

    • Strategi yg berbelit belit,sambil menunggu produk kelar diharapkan konsumen menunggu untuk membeli produk yamaha.dg memberikan potongan demi potongan gambar,padahal gambar utuhnya dah ada.mulai dari gambar bag belakang,samping,knalpot,speedo dan moncong depan.

    • Berbelit utekmu mlilit, iwb kn sudah bilang, pabrikan punya cara masing2 mengetest produknya…ini bukn murni marketing, tpi mmg saking antusiasnya para biker terhadap kemunculan produk baru yamaha.

    • Mau ditest strategi marketing lah, gimmicklah, hora urus. Iku urusane pabrik? Sing komplain paling ikua sales kang. Yakin aku.
      Sing penting pabrikan jalankan prosedur terbaiknya. Konsumen dapat produk berkualitas dari produsen tersebut. Iku sing penting!!!

    • Ni promo tipu2 lagi.. Motor cina kolaborasi fong zheng dan brand dhaka corp bangladesh.. Motor yg sngat2 d ragukan Kualitasnya.

    • ckckck ..sing jelas ae iki ora gimik…

      sepeedo new r15 kyk android 7 inch full color…gamblang di liat.

      laah cbr ibrt hp jadul thn 2000 an item putih…pke zluupp biar keliatan..

      ezzz ngono ae

    • Berikan dohc powerfull dikelas sport premium 150cc.bukan sohc yg kalah power dan top speed.Ok dg pembalap yg bagus,mekanik yg hebat,riset yg panjang,spare part racing yg hebat bisa mengubah sohc yg power dan top speednya paling rendah bisa juara irs.tapi apa yg didapat konsumen,mesinnya kalah power dan top speed.lambat laun konsumen bakal tahu,kalau produk yg didapat inferior.lihat pergerakan honda yg loyal.hasilnya sport 150cc bisa diambil alih kan,2 bulan kedepan sport 250cc kayaknya jg diambil alih honda.

    • dohc honda kaya kutu, powernya gak senampol sijuki wkwkwk, desain nanggung gak kaya yamaha, motor serba tanggung

    • Kacooong ngondah ngeeeleees terooooss………. FAKTANYA mesin nyang KUAT OPREK pasti DAYA TAHAN lebih BAGUS,,,,lirik ngondiaaah CBR150R dioprek ratusan juta malah MELEDAK berjamaah di Kejurnas IRS…………… FAKTA cung!!!

    • Strategi opo ra ndhuwe sirkuit????

      Hedehhh fasilitas uji kok nang embong umum..

      #Yg ada strategi ngelesss,lirik kasus ngebul 8000rpm

    • Sirkuit OMR maksud loch?! Biarpun ngetesnya di jln, tpi justru ngamplengin motor yg di test di sirkuit (krg goni)

  1. Kalo menurut ane sih memang harusnya di tes di jalanan sesungguhnya, la wong nanti motor dijual buat dipake di jalanan yang sungguhan lek, bukan jalanan sirkuit yang didesain sedemikian rupa itu. . .

  2. Selama bukan black campaign tidak masalah dong. Konsumen kan juga suka diberi update perkembangan motor terbaru sama pabrikan.

    Apalagi kalau sampai diberi kesempatan untuk memberi masukan

  3. Jelas2 memang marketing lek.. Foto bagus2 yg di jepret, malah di edit supaya g terlalu nampak di blog nya kang iwan.. Jaman skrang masak iya kamera g bagus.. Kecuali mereka yg foto masih pakek nokia jaman dlu, itu pun g ada lg

  4. honda sama yamaha sama saja bro…. tidak ada bedanya. yg beda cuma fansnya sering hujat menghujat. padahal belinya motor murah kreditan depe termurah.

  5. makanya tester2 Yamaha bawa backpack, itu isinya data2 semua, semacam telemetri kali ya?
    baik buruknya suau produk tentu tak lepas dari taste-nya sang tester…

    • Kalo kate ane sh itu backpack, mending di isi brosur dah.
      Ngetest motor baru sekalian nebar brosur kan ajieb tong.
      Siapa tau penjualan langsung njengat.
      Ekekeke

    • O jadi gitu isi otak ente…
      Apapun kerjaan ente pasti ga ada yg bener, pikiran ente aja udah bobrok ky gitu. Miris hidup ente..
      Org kerja yg bener ya disuport dan diksh saran positif, lha ente..
      Sudahlah.. kasihan ente

  6. Mending Rayakan Tahun Baru Dengan **TELOLET-TELOLET OM**.
    Dari Pada Berantem.
    **Om TELOLET-TELOLET OM**
    **BAHAGIA ITU SEDERHANA**

  7. beda kasus kalo ngahaem yg tes jalan,,,, kalo baru jalan 10rb KM body udah pada geter, cat mulai kusam, yg ada malah dibully,,, makanya di tes di sirkuit internal pake gimmick seolah2 kondisi real di lapangan,,, begitu produk keluar kelihatan kinyis2, mesin halus,,,, bagitu dipake 10rb KM penyakit aslinya muncul,, body geter, cat kusam,,, khas ngahaem

  8. Nah ini, kalo menurut opiniku spyshot new product yg dari dulu sering bertebaran di internet ada yang memang spyshot murni (tanpa disengaja) dan ada spyshot dgn tujuan marketing. Dalam kasus ini YIMM, melakukan tes jalanan merupakan pedang bermata dua. Dalam satu sisi mereka harus melakukannya demi tes kelayakan (karena mereka ga pny sirkuit pribadi yg memadai seperti AHM), tp disisi lain jika YIMM melakukan tes jalanan maka kerahasiaan product mereka akan bocor. Namun, ada sisi positifnya bagi YIMM, dgn ada nya spyshot maka bisa jadi calon konsumen product kompetitor akan mengurungkan niatnya dan memilih wait and see terhadap product spyshot tsb, hal ini tentu menguntungkan YIMM. Selain itu, ada spyshot yg memang untuk mendongkrak marketing, contohnya yaitu beberapa product dari AHM dan YIMM yang dulu kena spyshot, dari sekian banyak yang bertebaran di internet dan blog kok hasil fotonya remuk semua? Dan difoto dari sudut yg terkesan janggal jika foto tsb merupakan hal yg tdk disengaja. Hal yg aneh di zaman modern ini, dimana hampir semua masyarakat mempunyai ponsel dgn kamera yang bagus, masa hasil fotonya remuk kayak zaman majapahit wkwkwkwkwk

  9. Sing penting kowe podo pantengin wae up date e para bloger ben ra kurang informasi otomotif khususe roda 2,ojo pusing2 ben saling menguntungkan walaupun ga beli……..yo ra kang…..

  10. Opini saya sih ini emg strategi marketing, kalo lalu menuding blogger kongsi dgn produsen sangatlah kurang bijak.
    Sdh sepantasnya blogger spt lek iwan ini menulis ttg apapun mengenai sepeda motor.
    Heheh

  11. Wow, itulah istimewanya Jongos Satu HATI.
    Dikala sabotase pemberitaan di Media Cetak, elektronik, bahkan ada juga dengan sebutan beberapa blogger ternakan yang memang dengan sengaja di ternak serta di pelihara dengan baik.
    Dan maka itulah mereka menutup mata demi ketuhanan yang maha Ho**a.
    Terutama saat launching product DOHC 150cc.

    Note: Kalau gue mah ketawa aja, itu sih bukan marketingnya yang Jago… Tapi karena modal yang gede, anak SD juga bisa ko.

    Spyshoot kaya gini ecek2 buat MODAL Ho**a, ingat loh ya MODAL nya bukan Marketingnya.

  12. ulah di denge lek iwan komen komen nu kitu..
    abaikan saja.
    udah bagus di bikinin artikel serpihan tekateki motor baru. malah di bilang gimmicks ? hedeehhh..
    sing sabar wae lek sabar
    sales emang gitu kelakuan nya

  13. Nah keliatankan, mana produsen yg lebih aware dgn kualitas produk? Kebanyakan hanya test di sirkuit internal. Nanti pas udah sampe ke konsumen, bak ke roncong, body bergetar, rantai berisik dll. Ingat gak kl warung ini pernah publish spy shot xabre di Kalimantan? Bagi yg disana pasti tau gimana “asoy” nya jalan disana yg cocok buat test suspensi usd nya xabre. Sampe begitu concern nya buat build quality. Ini bukan bc ya, hanya ingin memperlihatkan fakta yg kebetulan jg di released sm warung ini.

  14. Joss lek…lanjutkan,kami butuh informasi otomotif…coba kl iwb ndak buat artikel ttng motor walaupun bahan dr foto2 spyshot,kita orng awam ndak bakalan tahu kl mau ada motor baru…plng ndak kita bisa ancang2 untuk milih motor kluaran terbaru nanti

  15. Ya bukan gimmick lhh kalo saya ( inyong ) kepapasan ( kepetuk ) apa ijig ijig jalan bareng ( melaku bareng ) sama tes rider montor baru di jalanan ea jelas pingin mem foto ..transfer gambar meng bloger lhh..ben pada ngerti ( biar pada tahu ) …malah jdi bikin greget kaya kuwe…sayang inyong ra tau kepapasan / kepetuk.

  16. Kasihan sekali fby,dah berharap desain bagus malah begitu desain depan keliatan pada kecewa,belum lagi mesinnya masih sohc kayak verza dan thunder..yg sabar ya cung.

  17. Emange fbh sukanya digobloki pabrikan, produk tanpa tes durability ujug2 brojol. AHM gak mau ada tes jalan, krn begitu orang tau ada facelift takut curent produk gak dibeli orang. Wong mikire yg penting untung, konsumen mah bodoamat…Wkwkwkwk mikir dikit ngapa

  18. memang sekali lagi komentator di blog mas iwan ini agak konyol, masih mandang merk yg dia dukung dan bandingin motor tidak sesuai

  19. Gimik yg dibumbui pembodohan doang tuh, semua motor yimmi yg dites dulu sebelum jual psti ada part yg cacat setelah pemakaian bbrapa kilometer
    Contoh pigsen dg komstir oblak,ngebul boros oli, gampang protol shock dn pelk, arm cekluk2, deltaseng cpet kropos. bebek+matic commuter dg ngeden &geal geolnya. nmex dg sock glodakan+stang miring. Dan msh banyak lg!
    Mana yg katanya tiap 10rb km di cek klo ternyata yg d tangan konsumen penyakitan produknya??
    Ngahem juga payah gk berani tes di jalanan alhasil kualitas alakadare.
    Jangan dibutakan oleh brand luar, Indonesia cuma dpet fee dikit jepun Untung banyak itu fakta cung
    Note: ane bukan fbh/fby

  20. Ga usah di tenggepin lek iwan… biarin aja.. namanya spyshoot ko. Beda kalo di photo di studio baru tuh lek iwan ada main dg yimm. Lha wong di jalan raya yg ambil gambar juga jelas bukan karyawan yimm. Biarin aja mungkin yg komen begitu baru nongol di warung lek iwb

  21. walah komentar berbau prasangka dari segelintir kerjaan aja sampe dibikinin artikel om…. mau beneran gimmick marketing atau murni tes jalanan ngapain mereka ikutan pusing yak? :/

  22. walah komentar berbau prasangka dari segelintir org kurang kerjaan aja sampe dibikinin artikel om…. mau beneran gimmick marketing atau murni tes jalanan ngapain mereka ikutan pusing yak? :/

  23. masih lah kang, udah pada tahu trik marketing, enjoy aja bacanya sih..

    ni artikel juga bisa jadi titipankan? (ada story titipan agaknya) heheh, semua perlu makan sih, gak ada masalah juga rasanya.. peace kang, lumrah kok.. suudzon mode = on ?

    dan lucunya spyshot juga percuma utk beberapa produk yamaha Indonesia, wong versi full dah dirilis di luar duluan..

    aplgi photo terakhir yg keliatan muka test ridernya, gk sgajakah?

    ok2 aja triknya, mgkn buat galau dan hype fans atau calon buyers, smbil mengira2 dan waw efek begitu keluar, and yang jelas mgkn menghold penjualan lapak merk sebelah..

    jadi inget gmana hype GSX, eh trnyata ter… designya gk sperti ityuu..

  24. Ibarat komik ato cerita berseri selalu dibikin tidak tuntas biar pada penasaran, trus nunggu n nyari lagi. Tehnik ituuuu… tapi namanya apa ya?
    Sah saja kok itu. It’s a must instead

    Kalo pmbaca warung ini memang demen sama gaya tulisannya. Kayak saya kesel juga kena jaring tp balik lagiii…

  25. Gimmick marketing hanya point plus lek…intinya selain ymh suzuki kawasaki melakukan tes jalanan untuk mendapatkan data part yang akan rusak dalam waktu dekat,shg pihak terkait bisa mengantisipasinya, entah dgn cara menyediakan spare part atau menambah kualitas part yg rusak dalam jangka pendek.

  26. Gimmick marketing hanya point plus lek…intinya ymh suzuki kawasaki melakukan tes jalanan untuk mendapatkan data part yang akan rusak dalam waktu dekat,shg pihak terkait bisa mengantisipasinya, entah dgn cara menyediakan spare part atau menambah kualitas part yg rusak dalam jangka pendek.

  27. Namae juga pabrikan modal cupet kang.. jangankan sirkuit internal buat test…. punya lahan buat parkir njemur setelah di cat ulang aj udah bagus kang….

    Lirik yaMaho pabrikan tukang Cat ulang motor hasil RRRRRRijekan india..

  28. yaMaho Di test blusukan kampung 7tahun 7turunan (gk punya sirkuit test) maslaah mesin Ngebul aj sampe skrng masih belum bisa temukan solusinya kang..

    Mesin tingal jiplak honda GL MAX tahun 80an aj masih ngebul..

  29. Setelah di test blusukan kampung di temukan part Gheal gheol ya gmana lagi kang.. la wong Part aj masih Import dari india… ya tetep di pake n masih di jual ke FBY…

    Ostosmastis jaminan di pake FBY sebulan ya udah Gheol Gheol kang..

  30. 7 tahun 7 turunan di test n Injeksi nembak nembak khas yaMaho Bhret bhret Door trus solusinya mana kang…??? gk ad.

    Sampe tangan konsumen FBY ya sama aj knalpotnya masih nembak nembak n buorosnya hora ketulungan…

  31. hasil test 7 tahun 7 turunan Komstir oBlak trus solusinya mana kang..??

    Sampe di terima FBY ya dalam sebulan Komstir masih oBlak trus.. la wong partnya Import India…

  32. hasil test 7 tahun 7 turunan Spakbor body Miring trus solusinya mana kang..??

    Sampe di terima FBY ya dalam sebulan ya jaminan spakbor n body miring kembali.. la wong partnya Import India…

  33. hasil test 7 tahun 7 turunan mesin Klotok klotok Ambrol bin Prothol trus solusinya mana kang..??

    Sampe di terima FBY ya masih tetep. service pertama langsung bongkar bongkar turun Mesin.. la wong daleman mesin Plastik Import India kang… lirik yaMaho Rhoembeng Plastik25..

  34. Jangan samain Honda Ama Yamaha…Yamaha tuh sekelas Viar dan minerpah…sama2 pairing,USD,deltabok lampu sen bohlam yg mengejutkan sama2 sohc…power 11-12 pula

  35. Ada info motor baru ya baca aja terus klo minat ya tinggal tunggu launch .. pada repot2 banget sampe mikir sana sini.. ? ngoahahaha

  36. Biasa ni pasti opini para fbh idiot n sales2 kacung hondut..
    Otaknya pade tolol bin govlok smua..maklum gara2 keracunan sayap emprit..

  37. Sock standard yaMaho Atos glodakan tanpa merk rawan patah pateng pecotot keluar pernya toeng towng toeng y banyak di keluhkan FBY itu solusinya mana kang..??

    Ko malah yaMaho Iming iming jualan Sock merk Ohlins di jual terpisah..
    pertanda bahwa butuh dana ekstra buat motor FBY yaMaho jadi nyaman dikit….

  38. Di test Blusukan kampung 7 tahun 7 turunan juga gk bakalan berubah kang… mesin, rangka, juga masih sama hasil jiplakan teknologi jadul jaman GL MAX..

    Pabrikan laen udah lama ini malah masih test aj ngalor ngidul masih Lemot bin Ngebul… Kuno.. yaMaho jadinya kang..

  39. Namae juga pabrikan Lebay kang. khas yaMaho.. Lihat aj iklan iklan Ploduknya.. semua Lebay malah kliatan Norak kampungan… makae testnya blusukan kampung ngalor ngidul gk jelas….

  40. Test jalan biasanya untuk test suaru produk udah siap atau masih perlu ada perubahan/perbaikan. Menurut saya test langsung di jalan lebih “terasa”, karna langsung berhadapan dengan kondisi jalan yang sesungguhnya. seperti hujan, panas, jalan belubang, krikil dll.
    Terlepas itu bagian dari cara marketing yaa biarin saja! toh kita juga dapet manfaatnya jadi tau produk yg akan di luncurkan. Kalaupun ada kerjasama antara blogger dan Prodesen ya biarin aja..
    Lagian untungnya apa ngurusin itu gimmick marketing atau ngga?, kecuali ente sales.. yang panas dingin klo pabrikan lain mau ngeluncurin produk baru

  41. Tadi nya gk sengaja kena spyshot..

    gitu liat respon Jas jes jos dari pembaca blog.. mulai yakin bakal laku keras Elahdalah.. suueekk yg jas jes jos ora beli.. aseemm..

    Nantikan kehadiran nya Yamaha R155VVA New Generation Sang jawara IRS

    • Ya ditunggu aja bro. Biasanya kan Honda gak bs diem kalo liat kompetitor lbh hebat. Wkwkwkwk. Kita sbg konsumen cuma bs nonton panggung hiburan ini. Paling jg owner all new CBR alias FBH yg nyumpah serapah. Hehehe.

  42. Si nickname Bruud merupakan seorang anak yg dulu dilahirkan lewat lobang pantat ame emaknye barengan kluarnye ame tai..
    Makanya ampe sekarang otaknye gak bisa dipake mikir lg gara2 isi otaknye kecampur ame tai..

  43. Saya pribadi tidak serta merta menuduh bhw pabrikan bekerja sama dengan bloger untuk urusan spy shot.
    Tapi saya punya asumsi bhw pabrikan “mungkin” memang menggunakan pihak ke3 untuk memberikan spy shot kepada blogger.

    Mengapa saya hanya berani berasumsi? Karena menurut saya,spy shot itu bisa mengakibatkan dua hal. Yaitu positive dan negative.
    Positivenya adalah untuk menahan potensial buyer agar jangan dulu membeli produk kompetitor.
    Tapi ada juga sisi negativenya,yaitu produk current-nya menjadi tidak laku. Karena calon konsumen tahu bhw akan segera muncul produk yg baru.

  44. VVA atau VVTI kurang lebih fungsinya mirip sama KIPS, YPVS, Honda RC Valve di era mesin 2 tak. Teknologi tersebut diciptakan untuk efisiensi bahan bakar di putaran bawah. Ruangan mesin sesungguhnya baru kebuka di putaran atas. Jd istilahnya kalo mau tau rasanya jambakan motor 2 tak macam Ninja RR atau Yamaha TZM yg sebenarnya itu saat putaran atas —-> yaitu ketika power valve nya kebuka penuh (KIPS/YPVS-powervalve).

    Fungsinya VVA mirip. Jadi bisa dibilang keberadaan VVA itu sama skali ngga nambah power motor. Justru VVA itu fungsinya supaya konsumsi bbm lbh efisien di putaran bawah.

    Jd kalo power mesin misalnya 19 HP, kalo pake VVA ya akan ttp segitu powernya. Jd jelas penambahan VVA di sebuah mesin bukan untuk menambah power tapi untuk efisiensi bahan bakar. Tetep yg namanya power gak bs boong.

    • Semua motor 150cc bisa aja di set 20ps.
      Mau sohc atau dohc.
      Cuma kalo ga ada vva kan boros banget.
      Tau sendiri kan konsumn indonesia?
      Mau kkencang tapi harus irit.
      Apalagi kelas 150cc, masih sensitif dengan isu irit.
      Lagian vva kan bisa jadi trade mark sendiri.
      Seperti honda bikin trade mark dohc kencang.
      Padahal cs1 yg sohc juga kencang banget

  45. jadi pada tahu kan kenapa rata2 led H itu nyrosot bikin mata pedih,, soale saat test motor, ga tahu reaksi yg dari arah berlawanan

  46. Aku sih yess…

    Yamaha R155VVA Bakal jadi lawan tangguh CBR250RR..

    USD
    Banana Arm
    Underyoke
    SOHC VVA (Generation Jawara)
    Headlamp LED
    Sein Bohlam
    Deltabox

    R155VVA Sang Jawara yang melampaui batas lawan-lawannya..

  47. biarin aje nape urusan masing2 pabrikan. mau ngetes di jalanan kek mau ngetes di sirkuit internal kek. yg penting mah hasilnya toh.
    mau gimick marketing kek namanya juga lagi jualan.
    di tunggu aja hasilnya kalo uda di tes macem macem masih klotok klotok, masih ngebul yg g****k siape jadinya.
    bikin motor kok ga jelas, yang atu mukanye gepeng yang atu di kasih tempelan. yang atu klotok klotok yang atu ngebul. halah

  48. Karena R15 sudah tak perlu pembuktian lagi di sentul sebagai yg terceepat..

    Maka dari itu rencana nya R155VVA akan TestRide/Fun Race ,oleh VR46,M.vinales25 plus media & Blogger di sirkuit Sepang Malaysia atau Qatar ..sekalian ambil data buat part racing.

  49. Hahahaha tak ngguyu sik kang mosok spyshoot dikira MARKETING, komentar yang terlalu dangkal, dalam dunia otomotif pabrikan sebelum rilis produk baru jelas ada perancangan, pembuatan, kemudian di uji coba. Uji coba real kondisi dijalanan. Mobil2/motor baru sblm rilis juga sering di tes jalanan gak cuma di Indo.
    Honda gak pernah tes jalanan mungkin tes nya di internal sirkuit. Tau2 mbrojol eh klotok2
    *sorry bukan BC

  50. kalo di honda ga perlu di tes sm pabrik, konsumen disuruh tes sendiri, tp beli loh. nah kalo casing getar ato rusak ya tanggung sendiri, wong jual merk… kata honda.

  51. tuduhan fbh memang norak, banyak sok taunya malah kadang membalikkan fakta. mungkin mereka mulai ketakutan dengan produk sembahan mereka karena yang mereka beli adalah DOHC abal dan rongsokan, takut mereka kecewa dan memalukan sudah beli DOHC kok tambah kalah lawan SOHC

  52. pantas saja pabrikan sebelah klo brojol produk baru selalu ada masalah. yg klotok klotok lah, yg body geter lah. beda sma yamaha yg benar2 ditest d jalanan indonesia, jdi bisa benar2 sesuai dengan kondisi jalanan d indonesia. makanya jarang bermasalah. beda klo test d sirkuit tertutup. mw disetting bagaimanapun yg namanya sirkuit ya tetep beda kondisinya sma jalanan asli. kita lihat aja penyakit baru dari pabrikan sebelah yg baru brojol kemarin.

  53. btw kalo tentang Hondut raja MS, mana ada berita seperti ini cooooy, ora iso dilawan coooy
    wong CBRr250/300 jomblo recall berjamaah aja (nyaris) semua blog pada mingkem .
    kemaren abiiz gathering berita inazuma recall aza seeeeepi kaya kuburan….

  54. kok banyak orang yang komen SOHC itu udah jadoel dan advance dan menkultuskan DOHC, lawong kami konsumen aja gak gitu gitu amat, terserah Pabrikan dong mau nelurin SOHC atau DOHC, kita sebagai konsumen cuman tinggal milih, lek gak sukak SOHC yo wes, cukup sampe gak suka aja, gausah sampe bece-becean, menjijikkan sekali sales sales sesembahan merek itu

  55. btw kalo tentang Hondut raja MS, mana ada berita seperti ini cooooy, ora iso dilawan coooy
    wong CBRr250/300 jomblo recall berjamaah aja (nyaris) semua blog pada mingkem .
    kemaren abiiz gathering berita inazuma recall aza seeeeepi kaya kuburan….

  56. hasil test 7 tahun 7 turunan mesin Klotok klotok Ambrol bin Prothol trus solusinya mana kang..??

    Sampe di terima FBY ya masih tetep. service pertama langsung bongkar bongkar turun Mesin.. la wong daleman mesin Plastik Import India kang… lirik yaMaho Rhoembeng Plastik25..

    la opo gunae test selama ini brooo…???

  57. Jujur kang saya heran sama orang2 yg kerjanya ngejelekin produk lain tanpa pertimbangan,pdhal mereka jg pd ngrti motor,ada apa di balik itu semua??? Toh semua ada plus minusnya,,ga ada yg perfect kali..honda,kawasaki,yamaha,suzuki dll punya strategi masing2,,,salam roda dua

  58. Disinyalir pabrikan nya sendiri masih ragu dengan kekuatan motornya. makae di test ngalor ngidul gk jelas…

    maklum part partnya masih Import India tanpa merk. jadi masih meragukan butuh test tahun tahunan… ya gini ini hasilnya.. masih gheal gheol, Atos Glodakan, Klotok klotok Ambrol bin prothol…. khas yaMAho..

  59. KALO MENURUT SAYA JUGA SETTINGAN, KENAPA DALAM POSISI MOTOR BERHENTI GA DI FOTO FUL DEPAN BELAKANG, SAMPING KIRI SPYDOMETERNYA,
    CONTO SPYSHOT PAS PENGENDARA LAGI BERDIRI DI SEBELAH MOTOR, KENAPA YANG DI FOTO BAGIAN PAHANYA PENGENDARA? DALAM POSISI SEPERTI ITU KAN BISA PUAS JEPRET2….
    DAN SPYSHOT2 YANG BEREDAR HANYA SETTINGAN BELAKA KALAU MENURUT SAYA….
    NGOAHAHAHAHAHA…..

  60. All new r15 patut di tunggu .. sohc overbore 18.5 ps plus vva+ akselerasi dahsyat dg mufler pendek… Desain moge lock… Tenaga dan power ga beda jauh dg gsx r

  61. mesin dari jaman Majapahit ko di test mlulu.. gonta ganti kemben tok.. macem priyayi ngadiningrat kembenan jalane Lemot ngeden bin ngebul……

  62. PERTINYIINNYIIIII!!!!
    Kalo spyshot murni apa masalah loe???
    Kalo spyshot marketing apa masalah loe??????
    Trus emang ada regulasi spyshot atau spyshot-spyshotan???
    Biarin aja kenapa. Mau booming apa kagak bukan urusan loe, namanya juga usaha kali ye. Daripada usahanya koment nyinyir doang…
    KRITIS TAPI TULUL…..

  63. Motor ngebul asap putih bau oli itu wajar,, mgkin krena udh usang ,rusak krena pemakaian lama dan kurangnya perawatan..
    Tapi ini motor cina made in fong zheng usd kolaborasi dhaka corp bangladesh, masih baru keluar pabrik kok udh keluar asap bau mengkudu basi..

  64. Pertama, saya minta maaf karena telah menuduh kang IWB turut serta dalam strategi marketing pabrik, saya yakin sekarang kalau anda memang tulus memberi informasi keada pembaca, thanks kang!
    Kedua, dalam konteks spyshot, saya yakin pihak pabrik sudah sadar seandainya produknya bakal ketangkap kamera publik. Jadi seandainya tersebar, mereka akan pura2 marah padahal senang karena itung2 iklan gratis wkwkwkw
    Ketiga, tentang team marketing, dulu mereka memang punya team yang menyebarkan produk baru ke komunitas2 yang mereka percayai, saya sendiri pernah dikirim foto Scorpio Z lewat email (kala itu masih produk Scorpio G), trust me kang, sangat berat menanggung kepercayaan pegang rahasia saya dan kawan2 komunitas karena memang pesan mereka seperti itu, dan it is free tidak sepeser rupiah pun kami terima. Maaf kepanjangan mudah2an bisa menjadi masukan, thanks

  65. Waduhh,, klo sy kendarai ni motor, sy kuatir. Bsa2 sy dkeroyok rider dari belakang, coz asap dri knalpotnya keluar bau mengkudu basi.
    Tapi gpplah,, yg penting usdnya fong zheng yg keren itu.

  66. wkwkwkwk kocak lihat sales ini kobongan gara2 beginian, lumayan hiburan dah 😀

    ntah apa yang ada di dalam otaknya para sales kobongan itu, wong MUI aja gak ngeluarin fatwa haram ngelakuin strategi beginian kok kalian para sales itu heboh yak, mestinya be calm aja, toh kalau emang produk situ bagus pasti laku kok, gak usah khawatir masalah rejeki, itu sudah ada yang ngatur 😀

  67. saya percaya ini murni marketing pabrikan, pabrikan tdk masalah kalo ada spyshoot atau gambar renderan apalah yng dgn gamblang atau tdk menggambarkan produk baru mereka toh hal ini ada efek buat para calon buyer untuk tahan nafsu untuk beli produk lain dan pelan” juga mengenalkan produknya ke khalayak umum, kalo memang ini buat tes RnD dll yng berhubungan dgn standart pabrik terbukti maih bnyak kekurangan di berbagai sisi di produk baik dari mesin body dll. mungkin jg sekali nyelam minum air jg karana selain tes produk hal sprti ini jg bs jd marketing cocok lah, yng orng bego pasti bilang lah ini bloger antek lah inilah halo ini strategi marketing bego

  68. Bisa iya….bisa juga tidak….tapi apapun itu semua akan berpulang pada produknya sendiri….apakah memenuhi tuntutan konsumen? Apakah memiliki kualitas yang bagus A.k. A handal dan mempunyai durability yang baik….karena tanpa itu semua gimmick marketing apapun akan menjadi percuma jika produk tersebut tidak bisa memenuhi harapan konsumennya….built quality nya asal2an….durability nya meragukan ….apalagi di bandrol mahal….wes alamat menggali lubang kubur sendiri itu namanya….betul apa betul?

  69. Tiap 10 ribu kilometer ada tim khusus yang mantau dan ngecek keausan komponen…lalu dicatat dan diteruskan pada bagian terkait jika mengalami kerusakan…

    Selain komponen, kekuatan casing juga dicek. Apakah saat melibas jalanan rusak dan menempuh jarak puluhan ribu kilometer casing bergetar, posisi baut ataupun perubahan lain ditemukan ?.

    Pantes, pabrikan wings separo banyak yang pada geter. Perbandingan nyata punya jupe burung hantu ama supri 125 sama sama keluaran tahun 2008 eh yang jupe masih seger bodinya, cuma di holder agak ilang warna itemnya maklum pake besi di deket handlenya bukan full casing kaya supri

  70. Fbh kojel2 lihat rumput tetangga lebih hijau
    Pada ngiri dan takut ga bisa makan krna jualan cebok bisa menurun klo begini critanya alhasil bunga dan quntol mewek
    Muehehehehe…
    Jlubh..

  71. Sekali tepuk dua nyamuk kena..
    Sekalian tes sekalian gimik marketing, wajar aja sih menurut saya, anggap aja teaser.. lagian kan sejak blog motor rame banyak orang jadi ngerti dan ngikutin perkembangan motor nasional.. jadi kalo dulu2 test cuma sekedar test gak ada yang ngeh, lain halnya sekarang, bisa sekalian jadi gimik marketing..
    Gitu kang kira2 opini saya..

  72. Layak Di tunggu….. Wkwkwkwkwkwkwkwkwk

    Gk inget ap dlu menyembah nyembah YIMM untuk import motor Rhoembeng15 dari India.. ndilalah sudah import terbukti hora eneng seng tuku malah jadi penunggu gudang…

    Skrng di ulangi lagi.. nasip FBY congor tok di gedein beli juga Engak… pantesan MSnya Nyungsep.. YIMM di kibulin FBY tok…

  73. Ngakak aja lihat komen para sales H cacad dan fbh dongok memamerkan kethololan nya masing-masing yang jadi hiburan sendiri buat gua, btw mau itu gimmick marketing atau apa namanya ya mungkin itu salah satu strategi dari marketing nya Y, dan itu sah2 aja menurut gua selama ga ngejatuhin/ngejelekin/ngerugiin pihak lain, bersaing ya secara sehat bro

  74. Saya sebagai pengguna suzuki hanya bisa berharap ayo honda,yamaha,terus banyakin produk dan berjualan ayo ayo …..,toh motor ane gak kalah kenceng,n cuma rutin ganti oli n isi bensin 15tahun pake rc bravo,2009 nambah spin,alhmdllh 2011 kebeli hayate,ampe sekarang 3 3nya lancar jaya,onderdil yg slowmoving juga banyak,ganti gir punya rc ama rante banyak dibengkel pinggir jalan, hahahahahaha, moga tabungan cukup buat beli seri gsx yg r atopun yg s nya,

  75. gila emang, jadi ngga masuk akal kalo ngga ada benefit ketika lihat komentator sekalian.. begitu bersemangat dan ada pula yang antusias sungguhan.. saling serangpun jadi lumrah..

  76. Banyak sales karbitan yang pada hujat…
    Hahahaa
    Di Pecat pindah merk H, dipecat pindah merk Y, dipecat lagi…. Kelaut aja tuh sales….
    Hanya orang internal dan pusat yang tau prosedur testing produk baru seperti apa !!!

  77. Udah yang BC jangan didengerin kang, LOGIKAnya kok bisa orang komentar bersahut sahutan di beberapa blog sekaligus kalo bukan dijadikan sumber penghasilan.

  78. Selain komponen, kekuatan casing juga dicek. Apakah saat melibas jalanan rusak dan menempuh jarak puluhan ribu kilometer casing bergetar, posisi baut ataupun perubahan lain ditemukan ?. Semua ada datanya. So…diharapkan dengan tes uji jalanan sesungguhnya akan mampu mendapatkan kualitas maksimal sesuai yang dipatok pabrikan. Terus kenapa spyshot banyak bener diumbar di Blog atau internet?….
    #kyknya merk sebelah ga ada tes ini ya jdnya. Casing cepet kendor ??

  79. misi nih fbh dan fby, pilih motor ya jangan berdasarkan merknya atuh. kalo emang sekarang cbr pegoh lebih bagus dari r15 trus emang kenapa? trus nanti kalo ‘seandainya’ r15 lebih bagus dari cbr pegoh gimana? dikelas pegoh begini yang masih pada nyicil mulutnya pada katrok semua. kalo emang keren ya angkut, kalo jelek ya jual. jangan karna punyanya produk yang abal abal jadi pada menghina hina. yang satu produknya klotok klotok, muka gepeng, finishing abal abal, cat abal abal. yang satu produknya fogging mulu, mesin konstruksi murmer, gaada larinya. karna gasanggup beli produk yang lain jadinya pada nyocot sana sini. kalo mau finishing+cat bagus, ada larinya, ga fogging, ga klotok klotok, mukanya ga gepeng naik kelas dong ke 250cc++ jangan malah bacot gajelas ah lol

  80. Ah ga sgitunya perasaanku kang IWB.waktu cbr 250 sama aja dan kmrin suzuki ..malahan cbr juga IWB ngetes di sentul..nnti jga pas r15 dah krluar..sepi lagi dn ganti dgn tipiq brikutnya

  81. beneran mas….saya bukan penggila merk tertentu….(netral)trus terang sya ada dua motor honda n yamaha…..yang honda belum 2 tahun udah pada kemlothak…..klo jalan di jalan gk rata….klo yang yamaha masih pengkuh(KUAT) meski jalan yang saya lalui sama juga…..apakah karena honda test produknya di sirkuit internal honda yang ditutupi(dirahasiakan) sedangkan yamaha test nya dijalan sebenarnya….(rata-halus-jalan lubang jalan kerikil..dlll) makasih

  82. Ealah fansboy ki mesti

    Dikira motor ki diproduksi cuma buat main di sirkuit apa, mbok kira tamiya atau gimana, motor ini nanti dijual dipakai di jalan umum, lha kalo misal kayak M1 gitu baru test nya di sirkuit. Gimana pun juga kalo tujuan produksi buat dipake di jalan umum ya sebaiknya ditest langsung di jalan umum, Jalan umum ki beda sama Sirkuit lek ??

    Njerr marai ngekek tenan iki ??

  83. Setiap pabrikan punya aturan & kebijakan sendiri dlm melakukan test produk, mungkin yg test internal bertujuan utk menutup rapat2 pruduk sebelum rilis, sedangkan yg test jalanan mungkin merasa produknya mau dipake utk jalanan umum, jd ya di test disana

    Hanya para sales gila dari masing2 merk aja yg mendadak berubah jd dukun/paranormal, sehingga langsung bisa tahu kelemahan merk lain meski motor blm keluar

    Gitu aja deh

  84. Kalau memang IWB ora urus masalah marketing….kenapa juga komentar seperti itu di BAHAS di forum ini…komentar seperti itu biasanya komentar seorang SALES yg takut produck jualannya kagak laku atau TAKUT TERSAINGI….wkwkwkwkwkw…..

  85. SPYSHOT atau BLOW UP sama saja…strategi marketing seperti ini sdh umum digunakan oleh semua pabrikan termasuk HONDA dan YAMAHA….SPYSHOT dan BLOW UP sangat merugikan bagi seorang SALES PRUDUCK KOMPETITOR….tapi justru sangat menguntungkan konsumen sebagai informasi kedepannya untuk memilih produck terbaru…..

  86. Itulah brengseknya fbh, klo blogger bahas motor non honda langsung diserang, fanboy laen gak segitunya krn cuma fbh mayoritas alay otakk udang.

  87. hahahah ni semua kayanya para haters ya………… mau strategi marketing atau apapun itu intinya cuma satu pak de… kita disajiakan teknologi perkembangan motor yang up to date….. jadi gak usah saling ejek, sing penting motor di indonesia itu bervariasi mau beli oke gak mau beli ya gak usah menghina toooo…….

  88. Ini bru bnr2 tes kyk pabrikan S,K,Y soalnya qta mke produk mrk dijalanan bkn disirkuit ini sich pendapat mklum ane kan org bodoh tp ngrti bda lagi sma org printer tp ga ngerti ????????????????

  89. law q si g masalah kang,,,namanya jg jualn…butuh strategi promosi yg bagus…yg penting sportif..jangaan saling menjelekan saja

Leave a Reply