iklan iwb

ktm

Iwanbanaran.com – Pakde….cukup menarik mengamati pergerakan perubahan strategi dari masing-masing pabrikan untuk berkompetisi di kelas MotoGP. Seperti Honda yang terindikasi sudah meninggalkan mesin Screamer dan beralih pada tipe big bang. Indikasi tersebut memberikan sebuah kesimpulan bahwa pabrikan saat ini sudah sangat fokus pada cornering Speed serta life time ban. Praktis Kini Tinggal hanya KTM yang menggunakan mesin screamer. Pertanyaane ki cak…. perlu gak sih KTM mengikuti langkah Honda secara pabrikan yang memiliki jam terbang cukup tinggi didunia racing ini malah beralih ke Big bang??. Hmm…menarik ki….

Seperti yang kita tahu Honda memutuskan untuk beralih dengan tipe mesin Bigbang tahun depan. Sementara KTM lewat RC16 saat ini dipersenjatai mesin Screamer. Keputusan Honda ini bukannya tanpa alasan karena seperti kita tahu Marc Marquez seringkali mengeluhkan wheelie ketika keluar tikungan. Masalahnya kangbro…. mesin screamer memiliki ledakan tenaga yang sangat besar. Hal ini cocok untuk meraih top speed maksimum namun kurang bagus untuk akselerasi di tikungan….

iklan iwb

Dengan mundurnya elektronik yang kini disuplai oleh magneti marelli membuat kelemahan mesin Screamer cukup terasa. Power delivery yang agresif juga dipandang menguras tenaga rider. Tidak heran Cal saat pertama jajal RC213V dari sebelumnya nunggang M1 menyebut RC213V sebagai the beast. Padahal Honda adalah satu-satunya pabrikan yang hingga tahun 2016 masih setia menggunakan tipe screamer. Baik Suzuki, Yamaha ataupun Ducati sudah menggunakan tipe mesin model Bigbang. Dilalah….ketika KTM memutuskan menggunakan mesin Screamer, Honda malah meninggalkan tipe ini. Terus piye nasibe KTM RC16 kiii??..

Mika kallio yang ngetest RC16 ternyata juga sempat memikirkan perkara ini. Sebagai pembalap yang dipercaya oleh KTM untuk memberikan masukan data kepada tim Austria, Mika cukup terpengaruh dengan kondisi tersebut. ” Tentu hal ini kita pikirkan cukup dalam. Mesin mana yang terbaik yang akan kita gunakan. ?sepertinya suruh pabrikan Saat ini fokus kepada tenaga bawah akselerasi. Mereka mencoba membuat umur ban lebih panjang serta mencari traksi tambahan di tikungan. Strateginya adalah menggunakan mesin tipe big bang..”seru Mika seperti dilansir Crash. Pertanyaanya….apakah KTM terindikasi akan putar haluan dengan mesin Big Bang dengaj mesin screamer seperti yang dilakukan oleh Honda??…

” Sangat sulit untuk memastikan mana yang terbaik. Memang saat ini kami kesulitan untuk mendapatkan traksi. Namun aku rasa ini bukan mutlak masalah mesin. Melainkan lebih kepada kombinasi antara sasis serta komponen swing arm. Selain itu bukan aku yang memutuskan tentang mesin tahun depan. Tes berikutnya kami akan mengembangkan engine dan ini bakal menarik. Akan tetapi menurutku saat ini masalah utama Kami adalah pada sasis bukan mesin…”tukas Mika….

Last…. dengan kondisi di atas bisa dipastikan bahwa saat ini hanya KTM menjadi satu-satunya pabrikan yang menggunakan mesin tipe scremer. Baik Aprilia, Ducati, Yamaha, Honda ataupun Suzuki semuanya sudah di big bang. Akan menarik bagi kita untuk melihat dan mantengi kiprah KTM RC16 di ajang MotoGP. Jika musim 2017 kurang Cemerlang, bisa saja tahun 2018 akan dirombak. Big bang vs Screamer??. Menurut sampean perlu nggak sih KTM juga mengikuti Honda meninggalkan Screamer???…..(iwb)

 

144 COMMENTS

    • Menarik musim depan,mesin inline mirip angkot carry 1000 diwakili yamaha dan suzuki.dan mesin V diwakili honda,ducati dan ktm.dg mesin screamer aja honda dah juara konstruktor dan pembalap,apalagi dg mesin V big bang.big bang mainan honda sejak nsr500 yg merajai moto gp????????????

        • Pedro gak punya mental juara dan kurang agresif.dikasih motor hebat g bakal jurdun.tuh liat marq dg rcv ditahun pertama bisa langsung juara(masih belajar)bisa ngalahin rossi dan lorenzo yg master gp.dulu aja rossi dg mudahnya juara dg honda,sekarang apa?zonk 7 tahun berturut????

    • Mungkin honda pingin ngerasain bisa juara dg mesin big bang,soalnya kemaren terlalu mudah juara dg nyisain 3 seri dg mesin screamer.ngeri..

      • bkn bgtu..honda pndah bigbang ya krna sreamer mentok di ecu, sreamer honda dl bengis kn gr gr ecu.nah ecu kn skr udah downgrade lah kasarnya…mau gk mau lbh efisien pke bigbang….pke sreamerpun skr gk bd cpet….yg mngherankn itu mesin ducati..kok bisa knceng mnguasai top speed gt jeroannya gmn gk ykin lah cm krna desmodromik bisa knceng….

        urutan mtr mtgp dr topspeed

        1. ducati
        2. ymhA
        3.juki
        4.aprilia
        5.ktm
        ,6.honda

  1. Jika punya rumus yg membuat screamer lbh berjaya mengapa tdk.tp jika ttp liar ya mesti ganti “big bang”

  2. mau nanya nih bang , apa bener penemu mesin bigbang itu orang indonesia? soalnya takut salah aja biasa di artikel2 internet itu suka ngaku2 penemuan nya .

    maaf kalo ada kata2 yg salah

    • Mesin screamer itu punya tenaga yg besar di putaran atas tapi rider sulit menentukan di rpm berapa ribu si mesin screamer bisa mengail tenaga terbaik. sedangkan big bang itu tenaganya lebih merata dan stabil,punya akselerasi lebih baik di putaran bawah. rider juga lebih mudah mengontrol mesin big bang dan lebih mudah dalam mengail tenaga. screamer vs big bang sama aja top speed vs akselerasi. kalo ga salah motor jalan raya ga ada yg menganut sistem screamer.

      • Wkwkwkw, ente salah referensi bro, mesin screamer dan big bang 4 slinder inline supersport ato superbike, smua menganut screamer, hanya r1 yg pake big bang plus crossplane crank, sisanya pke screamer smua. Krna screamer adalah firing order normalnya semua 4 slinder inline,

Comments are closed.